√ Pengertian Branding Menurut Ahli, Fungsi, Tujuan, Unsur & Jenisnya

Pengertian Branding Menurut Ahli, Fungsi, Tujuan, Unsur & Jenisnya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang branding. Penjelasan disini adalah tentang pengertian branding menurut para ahli, fungsi branding, tujuan branding, unsur branding, jenis jenis branding yang akan dibahas dengan lengkap dan mudah dipahami.

Pengertian Branding Menurut Ahli, Fungsi, Tujuan, Unsur & Jenisnya

Langsung saja simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Brand Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi dari brand menurut ahlinya.

1. Kotler Dan Amstrong (1997: 283)

Pengertian Brand menurut Kotler dan Amstrong adalah janji penjual untuk menyampaikan kumpulan sifat, manfaat, dan jasa spesifik secara konsisten kepada pembeli.

2. Bilson Simamora (2001: 149)

Pengertian Brand menurut Bilson Simamora adalah nama, tanda, istilah, simbol, desain atau kombinasinya yang ditunjukan untuk mengidentifikasi dan mendiferensiasi (membedakan) barang atau layanan suatu penjual dari barang atau layanan penjual lain.

3. Lamb, Hair, dan Mc. Daniel (2001: 421)

Pengertian Brand menurut Lamb, Hair, Mc. Daniel adalah istilah, simbol, desain, atau gabungan keempatnya, yang mengidentifikasi produk para penjual dan membedakannya dari produk pesaing.

4. Janita (2005: 15)

Pengertian Brand menurut Janita adalah ide, kata, desain grafis dan suara/bunyi yang mensimbolisasikan produk, jasa, dan perusahaan yang memproduksi produk dan jasa tersebut.

5. Kotler (2009: 332)

Pengertian Brand menurut Kotler adalah nama, istilah, tanda, simbol, atau rancangan, atau kombinasi dari semuanya, yang dimaksudkan untuk mengidentifikasikan barang atau jasa atau kelompok penjual dan untuk mendiferensiasikannya (membedakan) dari barang atau jasa pesaing.

6. Keller (2008)

Pengertian Brand Image menurut Keller adalah brand image is perception about brand, as reflected by the brand association held in consumer memory

7. Setiadi (2003)

Pengertian Brand Image menurut Setiadi adalah keseluruhan persepsi terhadap suatu merek yang dibentuk dengan memproses informsi dari berbagai sumber setiap waktu.

8. Rangkuti (2004)

Pengertian Brand Image menurut Rangkuti adalah sekumpulan asosiasi merek yang terbentuk dan melekat di benak konsumen.

9. Neumeier (2003: 54)

Pengertian Brand menurut Neumeier adalah reputas, merek yang memiliki reputasi adalah merek yang menjanjikan sehingga publik mempercayai dan memilih merek tersebut.

Pengertian Branding Menurut Para Ahli

Untung branding sendiri berikut definisinya menurut ahli.

  1. Wikipedia

    Pengertian Branding menurut Wikipedia adalah proses penciptaan atau peninggalan tanda jejak tertentu di benak dan hati konsumen melalui berbagai cara khusus yang memberikan dampak bagi kehidupan konsumen.

  2. Landa (2006:4)

    Pengertian Branding menurut Landa telah berkembang dari sekedar merk atau nama dagang dari produk, jasa atau perusahaan yang berkaitan dengan hal kasat mata dari merek seperti nama dagang, logo, atau ciri visual lainnya, kini juga berarti citra, kredibilitas, karekter, kesan, persepsi, dan anggapan di benak konsumen.

Fungsi Branding

Fungsi dari branding adalah sebagai berikut:

  1. Pembeda
    Suatu produk atau barang akan mempunyai perbedaan dengan pesaingnya jika memiliki brand yang kuat, sehingga sebuah brand bisa dengan mudah dibedakan dari brand merk lain.
  2. Promosi Dan Daya Tarik
    Produk yang mempunyai brand akan lebih mudah untuk dipromosikan dan menjadi daya tarik konsumen. Promosi sebuah brand akan membuat mudah mempromosikan produk dengan menampilkan logo brand tersebut.
  3. Pembangunan Citra, Pemberi Keyakinan, Jaminan Kualitas, Dan Prestise
    Fungsi brand adalah membentuk citra dengan memberi alat pengenalan pertama kepada konsumen.Keyakinan, kualitas dan prestise sebuah produk akan melekat dalam sebuah brand berdasarkan pengalaman dan informasi dari produk tersebut.
  4. Pengendali Pasar
    Pasar bisa dengan mudah dikendalikan oleh suatu brand yang kuat. Brang tersebut akan menjadi peringatan bagi para pesaingnya untuk mengambil setiap langkah yang diambilnya, selain itu masyarakat akan mudah diberi informasi tambahan dengan adanya brand yang di ingat olehnya.

Tujuan Branding

Menurut Neumeier (2003: 41) Tujuan membangun brand yaitu:

  1. Membentu Persepsi
  2. Membangun Kepercayaan
  3. Membangun cinta (kepada brand)

Unsur-Unsur Branding

Unsur yang paling penting dari suatu brand adalah nama dagang atau merek. Tetapi brand tidak cukup bilan hanya dengan logo atau simbol visual yang secara konsistem dan sistematis diterapkan pada berbagai media pendukung komunikasi promosi suatu brand. Untuk itu unsur-unsur branding adalah sebagai berikut:

  1. Nama Merek
  2. Logo: logo, logotype, monogram, bendera
  3. Penampilan visual: desain kemasan, desain produk, desain seragam, desain bangunan, desain kendaraan
  4. Juru Bicara: pesohor, tokoh pendiri, tokoh dalam perusahaan, tokoh pencipta, maskot
  5. Kata-kata: akronim, slogan, tag line, jingle
  6. Suara: lagu, icon bunyi/nada, lagu tematik

Pengertian Branding Menurut Para Ahli, Fungsi, Tujuan, Unsur, Jenis Branding

Jenis-Jenis Branding

Jenis-jenis branding adalah sebagai berikut:

  • Product Branding

    Produk branding atau branding produk yaitu suatu yang umum dalam branding. Merek atau produk yang sukses adalah produk yang bisa mendorong konsumen untuk memilih produk miliknya diantara produk pesaing.

  • Personal Branding

    Personal branding merupakan sistem pemasaran yang paling terkenal pada kalangan publik figur seperti selebriti, politisi, musisi, pengusaha dan lain sebagainya, sehingga mereka mempunyai pandangan sendiri di mata masyarakat.

  • Geographic Branding

    Geographic branding atau regional branding yaitu branding dengan tujuan untuk memunculkan gambaran dari produk/jasa saat nama lokasi tersebut disebutkan oleh orang lain.

  • Cultural Branding

    Cultural branding merupakan branding yang memunculkan reputasi tentang lingkungan dan orang dari lokasi tertentu atau kebangsaan. Seperti pada objek

  • Corporate Branding

    Corporate branding sangat penting dalam mengembangkan reputasi sebuah perusahaan di pasar, yang berkaitan dengan semua aspek perusahaan tersebut dari produk/jasa yang ditawarkan sampai kontribusi karyawan mereka terhadap masyarkat.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Branding Menurut Ahli, Fungsi, Tujuan, Unsur & Jenisnya, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung.

Daftar Isi