Home » √ Pengertian Branding Menurut Ahli, Fungsi, Tujuan, Unsur & Jenisnya
√ Pengertian Branding Menurut Ahli, Fungsi, Tujuan, Unsur & Jenisnya
Pengertian Branding Menurut Ahli, Fungsi, Tujuan, Unsur & Jenisnya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang branding. Penjelasan disini adalah tentang pengertian branding menurut para ahli, fungsi branding, tujuan branding, unsur branding, jenis jenis branding yang akan dibahas dengan lengkap dan mudah dipahami.
Pengertian Branding Menurut Ahli, Fungsi, Tujuan, Unsur & Jenisnya
Langsung saja simak ulasan dibawah ini dengan seksama.
Pengertian Brand Menurut Para Ahli
Berikut ini adalah definisi dari brand menurut ahlinya.
1. Kotler Dan Amstrong (1997: 283)
Pengertian Brand menurut Kotler dan Amstrong adalah janji penjual untuk menyampaikan kumpulan sifat, manfaat, dan jasa spesifik secara konsisten kepada pembeli.
2. Bilson Simamora (2001: 149)
Pengertian Brand menurut Bilson Simamora adalah nama, tanda, istilah, simbol, desain atau kombinasinya yang ditunjukan untuk mengidentifikasi dan mendiferensiasi (membedakan) barang atau layanan suatu penjual dari barang atau layanan penjual lain.
3. Lamb, Hair, dan Mc. Daniel (2001: 421)
Pengertian Brand menurut Lamb, Hair, Mc. Daniel adalah istilah, simbol, desain, atau gabungan keempatnya, yang mengidentifikasi produk para penjual dan membedakannya dari produk pesaing.
4. Janita (2005: 15)
Pengertian Brand menurut Janita adalah ide, kata, desain grafis dan suara/bunyi yang mensimbolisasikan produk, jasa, dan perusahaan yang memproduksi produk dan jasa tersebut.
5. Kotler (2009: 332)
Pengertian Brand menurut Kotler adalah nama, istilah, tanda, simbol, atau rancangan, atau kombinasi dari semuanya, yang dimaksudkan untuk mengidentifikasikan barang atau jasa atau kelompok penjual dan untuk mendiferensiasikannya (membedakan) dari barang atau jasa pesaing.
6. Keller (2008)
Pengertian Brand Image menurut Keller adalah brand image is perception about brand, as reflected by the brand association held in consumer memory
7. Setiadi (2003)
Pengertian Brand Image menurut Setiadi adalah keseluruhan persepsi terhadap suatu merek yang dibentuk dengan memproses informsi dari berbagai sumber setiap waktu.
8. Rangkuti (2004)
Pengertian Brand Image menurut Rangkuti adalah sekumpulan asosiasi merek yang terbentuk dan melekat di benak konsumen.
9. Neumeier (2003: 54)
Pengertian Brand menurut Neumeier adalah reputas, merek yang memiliki reputasi adalah merek yang menjanjikan sehingga publik mempercayai dan memilih merek tersebut.
Pengertian Branding Menurut Para Ahli
Untung branding sendiri berikut definisinya menurut ahli.
Wikipedia
Pengertian Branding menurut Wikipedia adalah proses penciptaan atau peninggalan tanda jejak tertentu di benak dan hati konsumen melalui berbagai cara khusus yang memberikan dampak bagi kehidupan konsumen.
Landa (2006:4)
Pengertian Branding menurut Landa telah berkembang dari sekedar merk atau nama dagang dari produk, jasa atau perusahaan yang berkaitan dengan hal kasat mata dari merek seperti nama dagang, logo, atau ciri visual lainnya, kini juga berarti citra, kredibilitas, karekter, kesan, persepsi, dan anggapan di benak konsumen.
Fungsi Branding
Fungsi dari branding adalah sebagai berikut:
Pembeda
Suatu produk atau barang akan mempunyai perbedaan dengan pesaingnya jika memiliki brand yang kuat, sehingga sebuah brand bisa dengan mudah dibedakan dari brand merk lain.
Promosi Dan Daya Tarik
Produk yang mempunyai brand akan lebih mudah untuk dipromosikan dan menjadi daya tarik konsumen. Promosi sebuah brand akan membuat mudah mempromosikan produk dengan menampilkan logo brand tersebut.
Pembangunan Citra, Pemberi Keyakinan, Jaminan Kualitas, Dan Prestise
Fungsi brand adalah membentuk citra dengan memberi alat pengenalan pertama kepada konsumen.Keyakinan, kualitas dan prestise sebuah produk akan melekat dalam sebuah brand berdasarkan pengalaman dan informasi dari produk tersebut.
Pengendali Pasar
Pasar bisa dengan mudah dikendalikan oleh suatu brand yang kuat. Brang tersebut akan menjadi peringatan bagi para pesaingnya untuk mengambil setiap langkah yang diambilnya, selain itu masyarakat akan mudah diberi informasi tambahan dengan adanya brand yang di ingat olehnya.
Tujuan Branding
Menurut Neumeier (2003: 41) Tujuan membangun brand yaitu:
Membentu Persepsi
Membangun Kepercayaan
Membangun cinta (kepada brand)
Unsur-Unsur Branding
Unsur yang paling penting dari suatu brand adalah nama dagang atau merek. Tetapi brand tidak cukup bilan hanya dengan logo atau simbol visual yang secara konsistem dan sistematis diterapkan pada berbagai media pendukung komunikasi promosi suatu brand. Untuk itu unsur-unsur branding adalah sebagai berikut:
Juru Bicara: pesohor, tokoh pendiri, tokoh dalam perusahaan, tokoh pencipta, maskot
Kata-kata: akronim, slogan, tag line, jingle
Suara: lagu, icon bunyi/nada, lagu tematik
Jenis-Jenis Branding
Jenis-jenis branding adalah sebagai berikut:
Product Branding
Produk branding atau branding produk yaitu suatu yang umum dalam branding. Merek atau produk yang sukses adalah produk yang bisa mendorong konsumen untuk memilih produk miliknya diantara produk pesaing.
Personal Branding
Personal branding merupakan sistem pemasaran yang paling terkenal pada kalangan publik figur seperti selebriti, politisi, musisi, pengusaha dan lain sebagainya, sehingga mereka mempunyai pandangan sendiri di mata masyarakat.
Geographic Branding
Geographic branding atau regional branding yaitu branding dengan tujuan untuk memunculkan gambaran dari produk/jasa saat nama lokasi tersebut disebutkan oleh orang lain.
Cultural Branding
Cultural branding merupakan branding yang memunculkan reputasi tentang lingkungan dan orang dari lokasi tertentu atau kebangsaan. Seperti pada objek
Corporate Branding
Corporate branding sangat penting dalam mengembangkan reputasi sebuah perusahaan di pasar, yang berkaitan dengan semua aspek perusahaan tersebut dari produk/jasa yang ditawarkan sampai kontribusi karyawan mereka terhadap masyarkat.
√ 25 Pengertian Arsitektur Menurut Para Ahli (Pembahasan… 25 Pengertian Arsitektur Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang arsitektur. Dimana yang akan kami berikan ini adalah pengertian arsitektur dengan pandangan ahli yang…
Kebugaran Jasmani : Pengertian, Komponen, Konsep, Unsur,… Kebugaran Jasmani : Pengertian, Komponen, Konsep, Unsur, Tujuan, Manfaat dan Bentuk Latihannya - Apa yang di maksud dengan Kebugaran jasmani ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang Kebugaran Jasmani dan…
√ 15 Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli,… 15 Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli, Tugas, Tujuan, Fungsi, Konsep, Unsur - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang manajemen pemasaran. Pembahasan yang meliputi pengertian, tugas, tujuan, fungsi, konsep,…
Pencak Silat : Pengertian, Sejarah, Ciri, Tujuan, Teknik,… Pencak Silat : Pengertian, Sejarah, Ciri, Tujuan, Teknik, dan Tingkatannya - Adakah yang belum tahu apa itu Pencak Silat ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang Pencak Silat dan hal-hal lain…
√ 23 Pengertian Tanah Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) 23 Pengertian Tanah Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang pengertian tanah menurut para ahli. Yang mana pengertian berikut adalah sudah berdasarkan yang dikemukakan…
Iman Kepada Qada dan Qadar : Pengertian, Dalil, Hikmah dan… Iman Kepada Qada dan Qadar : Pengertian, Dalil, Hikmah dan Fungsinya - Apakah yang di maksud dengan Iman Kepada Qada dan Qadar ?Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan…
30 Pengertian Tari Menurut Para Ahli 30 Pengertian Tari Menurut Para Ahli - Kali ini izinkanlah Seputar Pengetahuan membahas tentang Tari. Tari atau tarian sangat melekat dengan budaya orang Indonesia. Hampir disetiap daerah memiliki tarian yang khas…
23 Pengertian Konflik Menurut Para Ahli 23 Pengertian Konflik Menurut Para Ahli - Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan tentang konflik. Yang mana penjelasan ini berdasarkan pendapat para ahli yang sudah dirangkum dalam ulasan dibawah ini.…
√ 27 Pengertian Psikologi Sosial Menurut Para Ahli (Bahas… 27 Pengertian Psikologi Sosial Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) - Pada pembahasan kali kami akan menjelaskan tentang psikologi sosial. Salah satu cabang ilmu dalam bidang ilmu psikologi yang mempelajari tentang hubungan…
√ Pengertian Experiential Marketing, Fungsi, Manfaat,… Pengertian Experiential Marketing, Fungsi, Manfaat, Strategi, Karakteristik dan Implementasinya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang experiential marketing. Yang meliputi pengertian experiential marketing yang dikemukakan oleh para ahli,…
Perangkat Keras Komputer : Cara Kerja, Jenis, Contoh dan… Perangkat Keras Komputer : Cara Kerja, Jenis, Contoh dan Fungsinya - Di era Komputerisasi saat ini pasti kita sudah tak asing dengan Komputer dan Perangkatnya.Namun, mungkin ada yang belum tahu…
Kecerdasan Moral : Pengertian Menurut Para Ahli, Tujuan,… Kecerdasan Moral : Pengertian Menurut Para Ahli, Tujuan, Aspek, Komponen Dan Cara Mengembangkannya - Apakah yang di maksud dengan kecerdasan moral dan cara membangunnya?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya…
√ 23 Pengertian Perpustakaan Menurut Para Ahli (Bahas… 23 Pengertian Perpustakaan Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang perpustaan. Penjelasan pengertian perpustaan berdasarkan pendapat para ahli terlengkap. 23 Pengertian Perpustakaan Menurut Para…
√ 29 Pengertian Knowledge Management Menurut Para Ahli… 29 Pengertian Knowledge Management Menurut Para Ahli (Lengkap) - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang knowledge management atau manajemen pengetahuan. Penjelasan yang didasarkan oleh pendapat para ahli dengan lengkap…
√ Definisi : Pengertian, Macam, Jenis Beserta Contohnya Definisi : Pengertian, Macam, Jenis Beserta Contohnya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Definisi. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian definisi, macam, jenis beserta contohnya…
23 Pengertian Desa Menurut Para Ahli 23 Pengertian Desa Menurut Para Ahli - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang desa. Penjelasan disini merupakan berdasarkan menurut para ahli. Simak uraian lengkapnya dibawah ini dengan seksama.…
Materi Pramuka Siaga : Tingkatan, Kode Kehormatan dan Syarat… Materi Pramuka Siaga : Tingkatan, Kode Kehormatan dan Syarat Kecakapan Umum - Apa saja materi untuk pramuka tingkat siaga ? Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya, meliputi tingkatan pramuka siaga,…
Turunan Fungsi Aljabar : Rumus, Aplikasi, Notasi, Perkalian… Turunan Fungsi Aljabar : Rumus, Aplikasi, Notasi, Perkalian Pembagian Dua Fungsi dan Contoh Soal - Apakah kamu mengerti apa yang di maksud dengan Turunan Fungsi Aljabar ? Pada kesempatan kali…
√ 23 Pengertian Komitmen Organisasi Menurut Para Ahli… 23 Pengertian Komitmen Organisasi Menurut Para Ahli (Lengkap) - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang komitmen organisasi. Yang mana penjelasan disini adalah berdasarkan pendapat para ahli dengan masing-masing yang…
√ 26 Pengertian Piutang Menurut Para Ahli (Pembahasan… 26 Pengertian Piutang Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang piutang. Penjelasan yang meliputi pengertian piutang yang berdasarkan pendapat para ahli yang lengkap dan…
38 Pengertian Manajemen & Dasar Manajemen Menurut Para Ahli 38 Pengertian Manajemen & Dasar Manajemen Menurut Para Ahli - Ketika kita sudah menginjak perguruan tinggi, disana kita akan bertemu salah satu mata kuliah yaitu Manajemen. Pada mata kuliah tersebut kita…
21 Pengertian Marketing Menurut Para Ahli (Pembahasan… 21 Pengertian Marketing Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Kali ini Seputar Pengetahuan akan membahas mengenai apa itu Marketing, dalam perkuliahan khusunya di jurusan manajemen kita akan menemukan pembahasan mengenai…
Personal Selling Adalah: Pengertian, Tujuan, Sifat, Jenis… Personal Selling Adalah : Pengertian, Tujuan, Sifat,Jenis dan Tahapannya - Personal selling terjadi ketika perusahaan mengirimkan salesman mereka untuk menjual atau menawarkan produk dan layanan dengan langsung bertatap muka.Pada kali…
Ambassador Adalah : Pengertian, Karakteristik, Peranan dan… Ambassador Adalah : Pengertian, Karakteristik, Peranan dan Manfaat - Pernah dengar kata Ambassador ? Pasti pernah bukan?Menurut KBBI,ambassador artinya adalah duta besar ,Tapi yang di maksud adalah duta besar untuk…
Makalah : Pengertian, Ciri, Fungsi, Jenis, Struktur, Cara… Makalah : Pengertian, Ciri, Fungsi, Jenis, Struktur, Cara Membuat dan Contoh - Apa yang di maksud dengan Makalah dan bagaimana Penulisannya yang baik dan benar ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan…
√ 22 Pengertian Seni Lukis, Teknik, Unsur, Alat, Bahan,… 22 Pengertian Seni Lukis, Teknik, Unsur, Alat, Bahan, Aliran & Contohnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang seni lukis. Pembahasan yang meliputi pengertian seni lukis menurut para ahli,…
√ Pengertian Ekuitas Merek (Brand Equity), Fungsi, Manfaat &… Pengertian Ekuitas Merek (Brand Equity), Fungsi, Manfaat & Dimensi - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang ekuitas merek atau brang equity. Yang meliputi pengertian ekuitas merek, fungsi dan manfaat…
Pidato Lingkungan : Pengertian, Tujuan, Karakteristik dan… Pidato Lingkungan : Pengertian, Tujuan, Karakteristik dan Contohnya - Bagaimana susunan teks pidato lingkungan yang baik dan benar ?, Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentu hal-hal yang…
√ Pengertian Bank Syariah, Sejarah, Fungsi, Tujuan, Ciri,… Pengertian Bank Syariah, Sejarah, Fungsi, Tujuan, Ciri, Jenis dan Produknya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Bank Syariah. Yang meliputi pengertian, sejarah, fungsi, ciri-ciri, jenis dan produk dari…
Pengertian Novel : Ciri, Struktur, Unsur dan Jenis Novel Pengertian Novel : Ciri, Struktur, Unsur dan Jenis Novel - Apa itu Novel?Novel merupakan sebuah karya sastra yang berbentuk prosa dengan narasi yang panjang menceritakan tentang kehidupan dan karakter.Pada kali ini…