√ Pengertian Green Marketing, Tujuan, Manfaat dan Komponennya
Pengertian Green Marketing, Tujuan, Manfaat dan Komponennya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang green marketing. Yang meliputi pengertian green marketing menurut para ahli, tujuan green marketing, manfaat dan komponen green marketing dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami.
Pengertian Green Marketing, Tujuan, Manfaat dan Komponennya
Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah dengan seksama.
Pengertian Green Marketing Menurut Para Ahli
Sebelum mengetahui pengertian green marketing yang dinyatakan oleh para ahli, terlebih dahulu kita mengetahui pengertian green marketing secara umum.
Green Marketing (pemasaran hijau) yaitu suatu upaya strategis dalam membuat usaha yang berbasis lingkungan dan kesehatan yang telah dikenal sejak akhir tahun 1980-an dan awal 1990-an. Terdapat nama lain dari green marketing ini antara lain environmental marketing, sustainable marketing, greener marketing, societal marketing, ecological marketing.
1. Peattie
Pengertian Green Marketing menurut Peattie adalah sebagai proses manajemen holistik yang bertanggung jawab untuk mengidentifikasi, mengantisipasi dan memuaskan keinginan konsumen dan masyarakat dengan jalan yang menguntung dan berkelanjutan.
2. Lozada (2000)
Pengertian Green Marketing menurut Lozada adalah aplikasi dari alat pemasaran untuk memfasilitasi perubahan yang memberikan kepuasan organisasi dan tujuan individual dalam melakukan pemeliharaan perlindungan dan konservasi pada lingkungan fisik.
3. Salmon Dan Stewart dalam Irandust and Bamdad (2014)
Pengertian Green Marketing menurut Salmon dan Stewart adalah strategi pemasaran yang mendukung lingkungan dengan menciptakan keuntungan terhadap lingkungan hal ini didasarkan oleh apa yang konsumen harapkan.
4. Polonsky (1994)
Pengertian Green Marketing atau environmental marketing menurut Polonsky adalah konsistensi dari semua aktivitas yang mendesain pelayanan dan fasilitas bagi kepuasan kebutuhan dan keinginan manusia dengan tidak menimbulkan dampak pada lingkungan alam.
5. Henion dan Kinnear (1976)
Pengertian Ecological Marketing menurut Henion dan Kinnear adalah sebagai ilmu yang mempelajari dampak positif dan negatid dari aktivitas pemasaran pada polisi, penipisan energi dan penipisan sumberdaya non energi.
Tujuan Green Marketing
Tujuan dari green marketing bukan hanya melihat profit/keuntungan menjadi satu-satunya tujuan perusahaan, tetapi terdapat tambahan kepedulian pada lingkungan. Didalam buku “The Green Marketing Manifesto” John Grant (2007) memjelaskan tujuan green marketing dibagi menjadi tiga tahap yakni:
Green
Memiliki tujuan pada arah berkomunikasi bahwa merek atau perusahaan peduli kepada lingkungan hidup. Tahap ini menjadi tahap awal untuk perusahaan yang menerapkan konsep green marketing.
Greener
Greener mempunyai tujuan yang pertama untuk komersial, tujuan perusahana juga untuk meraih tujuan yang akan mempengaruhi daripada lingkungan hidup. Perusahaan akan mengubah gaya konsumen mengonsumsi atau menggunakan produk. Seperti contohnya penghemat kertas, memakai kertas bekas ataupun kertas rycycle, menghemat air, menghemat listrik, pemakaian AC dan lain sebagainya.
Greenest
Perusahaan berupaya mengubah kebiasaan konsumen pada arah yang akan peduli kepada lingkungan hidup. Budaya konsumen yang diinginkan adalah menjadi peduli kepada lingkungan didalam seluruh aktivitas tanpa dipengaruhi oleh produk perusahaan yang ditawarkan.
Manfaat Green Marketing
Konsep dari green marketing adalah suatu pilihan lain yang dapat dimanfaatkan pemasar dalam melaksanakan aktivitas pemasaran dengan memanfaatkan sumber daya yang terbatas dengan efisien dan efektif. Dengan konsep green marketing yang seperti demikian, bisa diambil kesimpulan bahwa manfaat green marketing antara lain:
Menjadi penghasil produk yang ramah terhadap lingkungan
Produsen dan pemasang iklan melakukan pengembangan produk yang mereka usahakan untuk memenuhi keinginan masyarakat yang peduli terhadap lingkungan
Inovasi. Kecintaan pada lingkungan akan membuat perusahaan menjadi lebih inovatif, baik inovatif dalam input, process, output sampai strategi marketing atau pemasaran.
Komponen Green Marketing
Komponen dari green marketing antara lain sebagai berikut:
Green Customers
Green customers merupakan orang-orang yang membeli dan mengonsumsi produk-produk yang aman untuk tubuh dan untuk lingkungan tempat ia tinggal, supaya lingkugannya tetap terjaga
Green Production Process
Green production process merupakan sebuah cara produksi dengan teknologi yang mengurangi polusi atau mempunyai manfaat kepada lingkungan sekitarnya.
Green Financial Affairs
Green financial affairs merupakan macam-macam pendekatan akuntansi yang mencoba dalam pertimbangan nilai-nilai keuangan dan moneter untuk invenstasi ekologi dan kerusakan hutan.
Reasons Of Being Green
Reasons of being green merupakan suatu alas seseorang atau perusahaan dalam mengubah tingkah laku agar peduli kepada lingkungan.
Pengertian Plastida : Fungsi, Struktur, Ciri, Jenis,… Pengertian Plastida : Fungsi, Struktur, Ciri, Jenis, Klasifikasi Dan Perbedaannya Dengan Mitokondria - Apakah yang di maksud dengan plastida?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya tentang hal lain…
√ Pengertian Pembelajaran Berbasis Proyek, Prinsip,… Pengertian Pembelajaran Berbasis Proyek, Prinsip, Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangannya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang pembelajaran berbasis proyek. Yang meliputi pengertian, prinsip, karakteristik, kelebihan dan kekurangan dengan pembahasan…
24 Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli (Pembahasan… 24 Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli (Pembahasan lengkap) - Di bidang manajeman dan bisnis tentu kita sering mengenal istilah pemasaran dan biasanya pemasaran identik dengan sales. Pemasaran merupakan salah satu…
33 Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli (Pembahasan… 33 Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) - Pembahasan kali ini akan membahas tentang sebuah wadah yang didalamnya terdapat beberapa orang untuk melakukan kegiatan sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan.…
√ Teks Ulasan : Pengertian, Tujuan, Struktur dan Contohnya Teks Ulasan : Pengertian, Tujuan, Struktur dan Contohnya - Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Teks Ulasan. Yang mana menjelaskan pengertian teks ulasan, tujuan, ciri, struktur, jenis dan…
Hardware adalah : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contohnya Hardware adalah : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contohnya – Pada pembahasan kali ini kami akan mengulas tentang hardware. Penjelasan yang meliputi pengertian hardware, jenis hardwarae, fungsi hardware dan contoh harware…
9 Pengertian Lingkungan Hidup Menurut Para Ahli (Bahas… 9 Pengertian Lingkungan Hidup Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) – Lingkungan hidup merupakan suatu hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Segala sesuatu yang yang terjadi dengan lingkungan akan berimbas…
Ergonomi Adalah : Tujuan, Manfaat, Prinsip dan Ruang… Ergonomi Adalah : Tujuan, Manfaat, Prinsip dan Ruang Lingkupnya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Ergonomi. Yang meliputi pengertian ergonomi, tujuan, manfaat, prinsip dan ruang lingkup yang…
Arbitrase : Pengertian Menurut Para Ahli, Dasar Hukum,… Arbitrase : Pengertian Menurut Para Ahli, Dasar Hukum, Syarat, Tujuan, Jenis, Manfaat Dan Contohnya - Apakah itu Arbitrase ?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya tentang hal lain…
Alat Optik : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Bagian Bagiannya Alat Optik : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Bagian Bagiannya - Apakah itu alat optik dan apa saja jenisnya? Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya tentang hal lain yang…
Makalah : Pengertian, Ciri, Fungsi, Jenis, Struktur, Cara… Makalah : Pengertian, Ciri, Fungsi, Jenis, Struktur, Cara Membuat dan Contoh - Apa yang di maksud dengan Makalah dan bagaimana Penulisannya yang baik dan benar ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan…
4 Pengertian Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli… 4 Pengertian Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli (Terlengkap) - Pemasaran adalah hal yang sangat penting bagi perusahaan, mengapa demikian? Perusahaan biasanya mempunyai produk atau sesuatu yang mempunyai nilai jual untuk ditawarkan…
√ Pengertian Penerimaan Diri, Komponen, Ciri-Ciri, Tahapan… Pengertian Penerimaan Diri, Komponen, Ciri-Ciri, Tahapan dan Faktor Yang Mempengaruhinya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang penerimaan diri. Yang meliputi pengertian penerimaan diri, komponen penerimaan diri, ciri-ciri penerimaan…
Materi Pramuka Siaga : Tingkatan, Kode Kehormatan dan Syarat… Materi Pramuka Siaga : Tingkatan, Kode Kehormatan dan Syarat Kecakapan Umum - Apa saja materi untuk pramuka tingkat siaga ? Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya, meliputi tingkatan pramuka siaga,…
√ 15 Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli,… 15 Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli, Tugas, Tujuan, Fungsi, Konsep, Unsur - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang manajemen pemasaran. Pembahasan yang meliputi pengertian, tugas, tujuan, fungsi, konsep,…
27 Pengertian Kurikulum Menurut Para Ahli Dan Komponennya 27 Pengertian Kurikulum Menurut Para Ahli Dan Komponennya - Dalam dunia pendidikan tidak akan terlepas dari kurikulum. Dalam pembahasan kali ini kita akan membahas tentang apa itu kurikulum dan apa saja komponen…
√ 4 Pengertian Kesehatan Lingkungan Menurut Para Ahli &… 4 Pengertian Kesehatan Lingkungan Menurut Para Ahli & Tujuannya – untuk kesempatan kali ini seputarpengetahuan akan memberikan sebuah informasi tentang kesehatan lingkungan. Tentu saja kita tahu bahwa lingkungan merupak hal yang…
√ 11 Pengertian Budaya Politik Menurut Para Ahli, Jenis,… 11 Pengertian Budaya Politik Menurut Para Ahli, Jenis, Ciri, Komponen, Tipe dan Contohnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang budaya politik. Pembahasan yang meliputi pengertian budaya politk, jenis,…
Pengertian Motherboard : Fungsi Jenis dan Komponennya Pengertian Motherboard : Fungsi Jenis dan Komponennya - Seseorang yang sudah mengenal dunia komputer dengan baik tentunya tahu akan salah satu hardwere yang satu ini. Fungsi dan kegunaannya pun amatlah…
Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel : Ciri, Komponen,… Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel : Ciri, Komponen, Metode Penyelesaian dan Contoh Soal - Apa yang di maksud dengan Sistem persamaan tiga variabel ?Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya…
Teks Pidato Perpisahan Kelas 6 : Isi Pokok, Karakteristik,… Teks Pidato Perpisahan Kelas 6 : Isi Pokok, Karakteristik, Tujuan dan Contoh Pidato - Bagaimana susunan teks pidato perpisahan kelas 6 yang baik dan benar serta mengharukan ?,Pada kesempatan kali…
√ Pengertian Teknologi Informasi Menurut Para Ahli, Tujuan,… Pengertian Teknologi Informasi Menurut Para Ahli, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Komponen & Contohnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang teknologi informasi yang dikemukakan oleh para ahli dan juga tujuan,…
√ 16 Pengertian Agribisnis Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) 16 Pengertian Agribisnis Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Agribisnis. Penjelasan yang berdasarkan pendapat para ahli dirangkum dengan lengkap dan mudah dipahami. Untuk…
Doa dan Dzikir Setelah Sholat Doa dan Dzikir Setelah Sholat - Bagaimana bacaan Doa dan Dzikir sesudah sholat ?,Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya hal-hal lain yang juga melingkupinya.Mari kita simak bersama pembahasannya…
Pidato Lingkungan : Pengertian, Tujuan, Karakteristik dan… Pidato Lingkungan : Pengertian, Tujuan, Karakteristik dan Contohnya - Bagaimana susunan teks pidato lingkungan yang baik dan benar ?, Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentu hal-hal yang…
Tujuan Pameran : Pengertian, Fungsi, Manfaat, Jenis, Unsur… Tujuan Pameran : Pengertian, Fungsi, Manfaat, Jenis, Unsur dan Prinsip Pameran - Apa yang dimaksud dengan pameran atau exhibition? Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah itu Pameran dan hal yang…
√ Pengertian Internet Marketing, Tujuan, Manfaat, Komponen &… Pengertian Internet Marketing, Tujuan, Manfaat, Komponen & Jenisnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Internet Marketing. Yang meliputi pengertian internet marketing, tujuan internet marketing, manfaat internet marketing ,…
Peluang Usaha Adalah : Ciri, Faktor, Sumber dan Contohnya Peluang Usaha Adalah : Ciri, Faktor, Sumber dan Contohnya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Peluang Usaha. Yang meliputi pengertian, ciri-ciri, faktor yang mempengaruhi, sumber dan contoh…
Tujuan Teks Eksplanasi : Pengertian, Struktur, Ciri, Kaidah,… Tujuan Teks Eksplanasi : Pengertian, Struktur, Ciri, Kaidah, Contoh – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang teks eksplanasi. Yang meliputi pengertian teks eksplanasi, tujuan teks eksplanasi, struktur teks…
Pencak Silat : Pengertian, Sejarah, Ciri, Tujuan, Teknik,… Pencak Silat : Pengertian, Sejarah, Ciri, Tujuan, Teknik, dan Tingkatannya - Adakah yang belum tahu apa itu Pencak Silat ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang Pencak Silat dan hal-hal lain…