√ Pengertian Green Marketing, Tujuan, Manfaat dan Komponennya

Pengertian Green Marketing, Tujuan, Manfaat dan Komponennya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang green marketing. Yang meliputi pengertian green marketing menurut para ahli, tujuan green marketing, manfaat dan komponen green marketing dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami.

Pengertian Green Marketing, Tujuan, Manfaat dan Komponennya

Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah dengan seksama.

Pengertian Green Marketing Menurut Para Ahli

Sebelum mengetahui pengertian green marketing yang dinyatakan oleh para ahli, terlebih dahulu kita mengetahui pengertian green marketing secara umum.

Green Marketing (pemasaran hijau) yaitu suatu upaya strategis dalam membuat usaha yang berbasis lingkungan dan kesehatan yang telah dikenal sejak akhir tahun 1980-an dan awal 1990-an. Terdapat nama lain dari green marketing ini antara lain environmental marketing, sustainable marketing, greener marketing, societal marketing, ecological marketing.

1. Peattie

Pengertian Green Marketing menurut Peattie adalah sebagai proses manajemen holistik yang bertanggung jawab untuk mengidentifikasi, mengantisipasi dan memuaskan keinginan konsumen dan masyarakat dengan jalan yang menguntung dan berkelanjutan.

2. Lozada (2000)

Pengertian Green Marketing menurut Lozada adalah aplikasi dari alat pemasaran untuk memfasilitasi perubahan yang memberikan kepuasan organisasi dan tujuan individual dalam melakukan pemeliharaan perlindungan dan konservasi pada lingkungan fisik.

3. Salmon Dan Stewart dalam Irandust and Bamdad (2014)

Pengertian Green Marketing menurut Salmon dan Stewart adalah strategi pemasaran yang mendukung lingkungan dengan menciptakan keuntungan terhadap lingkungan hal ini didasarkan oleh apa yang konsumen harapkan.

4. Polonsky (1994)

Pengertian Green Marketing atau environmental marketing menurut Polonsky adalah konsistensi dari semua aktivitas yang mendesain pelayanan dan fasilitas bagi kepuasan kebutuhan dan keinginan manusia dengan tidak menimbulkan dampak pada lingkungan alam.

5. Henion dan Kinnear (1976)

Pengertian Ecological Marketing menurut Henion dan Kinnear adalah sebagai ilmu yang mempelajari dampak positif dan negatid dari aktivitas pemasaran pada polisi, penipisan energi dan penipisan sumberdaya non energi.

Tujuan Green Marketing

Tujuan dari green marketing bukan hanya melihat profit/keuntungan menjadi satu-satunya tujuan perusahaan, tetapi terdapat tambahan kepedulian pada lingkungan. Didalam buku “The Green Marketing Manifesto” John Grant (2007) memjelaskan tujuan green marketing dibagi menjadi tiga tahap yakni:

  • Green
    Memiliki tujuan pada arah berkomunikasi bahwa merek atau perusahaan peduli kepada lingkungan hidup. Tahap ini menjadi tahap awal untuk perusahaan yang menerapkan konsep green marketing.
  • Greener
    Greener mempunyai tujuan yang pertama untuk komersial, tujuan perusahana juga untuk meraih tujuan yang akan mempengaruhi daripada lingkungan hidup. Perusahaan akan mengubah gaya konsumen mengonsumsi atau menggunakan produk. Seperti contohnya penghemat kertas, memakai kertas bekas ataupun kertas rycycle, menghemat air, menghemat listrik, pemakaian AC dan lain sebagainya.
  • Greenest
    Perusahaan berupaya mengubah kebiasaan konsumen pada arah yang akan peduli kepada lingkungan hidup. Budaya konsumen yang diinginkan adalah menjadi peduli kepada lingkungan didalam seluruh aktivitas tanpa dipengaruhi oleh produk perusahaan yang ditawarkan.

Manfaat Green Marketing
Pengertian Green Marketing Menurut Para Ahli, Tujuan, Manfaat, Komponen

Konsep dari green marketing adalah suatu pilihan lain yang dapat dimanfaatkan pemasar dalam melaksanakan aktivitas pemasaran dengan memanfaatkan sumber daya yang terbatas dengan efisien dan efektif. Dengan konsep green marketing yang seperti demikian, bisa diambil kesimpulan bahwa manfaat green marketing antara lain:

  • Menjadi penghasil produk yang ramah terhadap lingkungan
  • Produsen dan pemasang iklan melakukan pengembangan produk yang mereka usahakan untuk memenuhi keinginan masyarakat yang peduli terhadap lingkungan
  • Inovasi. Kecintaan pada lingkungan akan membuat perusahaan menjadi lebih inovatif, baik inovatif dalam input, process, output sampai strategi marketing atau pemasaran.

Komponen Green Marketing

Komponen dari green marketing antara lain sebagai berikut:

Green Customers
Green customers merupakan orang-orang yang membeli dan mengonsumsi produk-produk yang aman untuk tubuh dan untuk lingkungan tempat ia tinggal, supaya lingkugannya tetap terjaga

Green Production Process
Green production process merupakan sebuah cara produksi dengan teknologi yang mengurangi polusi atau mempunyai manfaat kepada lingkungan sekitarnya.

Green Financial Affairs
Green financial affairs merupakan macam-macam pendekatan akuntansi yang mencoba dalam pertimbangan nilai-nilai keuangan dan moneter untuk invenstasi ekologi dan kerusakan hutan.

Reasons Of Being Green
Reasons of being green merupakan suatu alas seseorang atau perusahaan dalam mengubah tingkah laku agar peduli kepada lingkungan.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Green Marketing, Tujuan, Manfaat dan Komponennya, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi