√ Pengertian Reboisasi, Manfaat, Tujuan dan Fungsinya (Lengkap)

Pengertian Reboisasi, Manfaat, Tujuan dan Fungsinya (Lengkap) – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Reboisasi. Yang meliputi pengertian, manfaat, tujuan dan fungsi reboisasi dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Reboisasi, Manfaat, Tujuan dan Fungsinya (Lengkap)

Mari kita bahas pengertian reboisasi terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Reboisasi

Reboisasi merupakan penanaman kembali hutan yang sudah ditebang, hutan tandus atau hutan yang gundul. Reboisasi bermanfaat dalam peningkatan kualitas kehidupan manusia dengan menyerap polusi dan debu yang berasal dari udara, mengembangkan kembali habitat dan ekosistem alam, pencegahan pemanasan global dengan menangkap karbon dioksida dari udara dan juga memanfaatkan hasilnya terutama kayu.

Reboisasi adalah penanaman hutan yang sudah gundul karena di tebang atau sebab bencana alam seringkali dilaksanakan pada hutan atau lahan kosong atau gundul. Hutan yang dimaksud disini yaitu hutan yang telah ditetapkan oleh peraturan.

Dengan seperti itu, membuat hutan yang baru ada area bekas tebang habis, bekas tebang pilih, lahan gundul ataupun pada lahan kosong lain yang terletak pada kawasan hutan tersebut masuk dalam reboisasi.

Reboisasi berkaitan dengan proses penghijauan, dengan menjalankan penggalakan penghijauan sehingga lingkungan sekelilingnya akan lebih sejuk untuk ditinggali, membuat air tersedia dan terjamin serta dapat meningkatkan kesuburan tanah. Dan juga kegiatan reboisasi bisa menurunkan pemanasan global (global warming).

Pengertian Reboisasi Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah pengertian reboisasi menurut ahlinya berdasarkan hasil risetnya.

1. PP No. 35 Tahun 2002

Definisi reboisasi menurut PP No. 35 Tahun 2002 adalah kegiatan menanam pohon pada kawasan hutan yang rusak atau lahan kosong yang biasanya berisi alang-alang dan semak belukar supaya fungsi lahan tersebut bisa dikembalikan sebagaimana mestinya dengan baik.

2. Kepmenhut 797/Kpts-II/Tahun 1998

Definisi reboisasi menurut Kepmenhut 797/Kpts-II/Tahun 1998 adalah kegiatan peremajaan pohon dan penanaman kembali pohon pada kawasan hutan yang rusak dan kegiatan ini dilakukan sebagai kegiatan penunjang keselamatan hutan. Penanaman hutan ini juga dilakukan pada pohon yang memang diperuntukkan untuk menjadi hutan atau lahan hijau.

3. Kepmenhutbun No. 778/menhutbun V/Tahun 1998

Definisi reboisasi menurut Kepmenhutbun No. 778/menhutbun V/Tahun 1998 adalah kegiatan untuk memulihkan kembali serta meningkatkan produktivitas hutan yang kondisinya sudah sangat mengenaskan dan rusak atau yang masih berupa lahan kosong. Reboisasi ini juga dilakukan supaya tanah tersebut bisa menjadi lebih subur dan bisa menyerap air sehingga bisa menimbulkan banyak manfaat bagi manusia dan kehidupan di bumi ini.

4. Kepdirjen No. 16/Kpts/V/Tahun 1997

Definisi reboisasi menurut Kepdirjen No. 16/Kpts/V/Tahun 1997 adalah kegiatan menanam kembali dan memulihkan fungsi hutan sebagaimana mestinya dengan mengacu pada aturan yang telah ditetapkan.

5. Manan (1976) dan Supriyanto (1984)

Definisi reboisasi menurut Manan dan Supriyanto adalah kegiatan menanam pada lahan kosong namun bukan merupakan hutan melainkan lahan milik pribadi atau milik rakyat dan ditanam dengan jenis pohon keras. Contohnya adalah pohon buah seperti mangga, rambutan, petai, jeruk, sengon dan lain-lain. Hal ini dilakukan karena biasanya lahan pribadi hanya ditanami dengan tanaman lunak seperti sayuran dimana tanaman tersebut tidak bisa menguatkan tanah sedangkan tumbuhan keras bisa membuat tanah lebih kuat dan lebih subur serta bisa juga mencegah berbagai bencana alam.

6. Manan (1978)

Definisi reboisasi menurut Manan adalah kegiatan penghutanan kembali pada lahan yang gundul dan terdapat bekas tebangan maupun lahan-lahan kosong yang ada di dalam hutan.

7. Kadri dkk (1992)

Definisi reboisasi menurut Kadri adalah suatu upaya pembangunan hutan baru pada area hutan yang telah dilakukan tebang habis maupun tebang pilih, serta pembangunan hutan pada lahan kosong yang terdapat pada kawasan hutan tersebut.

8. Wikipedia

Definisi reboisasi menurut Wikipedia adalah penanaman kembali hutan yang telah ditebang (tandus, gundul).

Manfaat Reboisasi

Manfaat dari reboisasi yaitu untuk menjaga keseimbangan alam karena lama membutuhkan penyeimbang supata manusia hidup dengna baik, dan juga reboisasi memiliki manfaat dalam pencegahan terjadinya banjir, akar dari pohon akan terlindung oleh tanah dan menahan air supaya tidak turun kebawa dan menjadikan banjir.

Tujuan Reboisasi

Tujuan dari reboisasi atau penanaman hutan kembali adalah sebagai tindakan dalam meningkatkan kualitas hidup makhluk hidup utamanya manusia melalui kualitas peningkatan sumber daya alam.

Pengertian Reboisasi, Manfaat, Tujuan, Fungsi

Fungsi Reboisasi

Fungsi dari reboisasi atau penanaman hutan kembali yaitu sebagai berikut:

  1. Sebagai pelestarian Sumber Daya Alam (SDA)
    Unsur tata lingkungan biofisik yang nyata dan juga memiliki potensi untuk memenuhi keperluan manusia, yang bertujuan untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Maka perbuatan eksploitasi harus diikuti dengan peraturan dalam memanfaatkan dan melestarikan dari sumber daya alam (SDA).
  2. Untuk mengurangi pencemaran lingkungan
    Pencemaran lingkungan hidup utamanya pencemaran pada udara karena polusi asap kendaraan bermotor dan industri, dengan tingginya pengguna kendaraan bermotor dan aktivitas industri seperti pabrik dan pertambangan sudah banyak merusak ekosistem hidup, untuk itu harus dilakukan penanaman kembali atau saat ini lebih dikenal dengan kegiatan Go Green supaya bisa mencegah atau mengatasi global warming.
  3. Sebagai pelestarian hutan dan pencegahan terdapatnya bencana banjir, longsor dan bencana alam lainnya.
  4. Sebagai peningkatan SDA (Sumber Daya Alam) dan pelestarian.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Reboisasi, Manfaat, Tujuan dan Fungsinya (Lengkap) semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi