√ Pengertian Strategi Pemasaran, Tujuan, Fungsi dan Jenisnya

Pengertian Strategi Pemasaran, Tujuan, Fungsi dan Jenisnya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang strategi pemasaran. Yang meliputi pengertian strategi pemasaran, tujuan strategi pemasaran, fungsi dan jenis strategi pemasaran dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami.

Pengertian Strategi Pemasaran, Tujuan, Fungsi dan Jenisnya

Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Strategi Pemasaran

Strategi Pemasaran yaitu suatu cara sebuah perusahaan untuk meraih tujuan, karena potensi untuk menjual proposisi terbatas pada jumlah orang yang mengetahui hal tersebut. Secara umum strategi pemasaran adalah usaha memasarkan produk atau jasa dengan memakai pola perencanaan dan metode supaya bisa berhasil menjual lebih banyak apa yang dijual.

Tujuan Strategi Pemasaran

Tujuan dari strategi pemasaran antara lain:

  • Meningkatkan kualitas koordinasi kepada tim pemasaran
  • Mengukur hasil pemasaran menurut standard prestasi yang berlaku
  • Memberikan dasar yang masuk akal didalam setiap mengambil keputusan
  • Meningkatkan kemampuan dalam beradaptasi apabila terjadi perubahan dalam pemasaran

Fungsi Strategi Pemasaran

Fungsi atau manfaat dari strategi pemasaran adalah sebagai berikut:

Meningkatkan Motivasi Dalam Berpikir Jernih Ke Depan
Strategi pemasaran mengharuskan manajemen perusahana untuk berfikir out of the box, hal ini sangat disarankan dalam menjaga ritme atau berlansungnya perusahaan. Upayakan tidak terus mengikuti ritme pasa, namun sesekali mencoba menggebrak pasar dengan sesuatu yang baru.

Koordinasi Pemasaran Yang Lebih Efektif Dan Terarah
Strategi pemasaran fungsinya sebagai pengatur arah dan jalannya perusahaan sehingga membuat tim koordinasi menjadih jauh lebih baik dan terarah

Dapat Merumuskan Tujuan Perusahaan Yang Akan Dicapai
Dengan strategi pemasaran, pelaku usaha dapat dibantu untuk merinci tujuan yang hendak dicapai perusahana, baik itu tujuan jangka panjang ataupun jangka pendek.

Pengawasan Kegiatan Pemasaran Lebih Efektif Atas Standart Prestasi Kerja
Pengawasan aktivitas anggota tim lebih diperhatikan supaya peningkatan mutu dan kualitas semakin terjamin

Jenis-jenis Strategi Pemasaran

Assauri (2008:163) mengemukakan ada tiga jenis strategi pemasaran yang dapat dilakukan perusahaan yakni

  • Strategi pemasaran yang tidak membeda-bedakan pasar (Undifferentiated marketing)
  • Strategi pemasaran yang membeda-bedakan pasar (Differentiated marketing) dan
  • Strategi pemasaran yang terkonsentrasi (Concentrated marketing)

Berikut adalah penjelasan dari masing-masing jenis strategi pemasaran diatas.

Strategi Pemasaran yang tidak membeda-bedakan Pasar (Undifferentiated Marketing)

Strategi jenis ini menganggap pasar adalah keseluruhan, sehingga perusahaan hanya memperhatikan kebutuhan secara umum. Produk yang dihasilkan dan dipasarkan seringkali hanya satu produk saja dan berusaha menarik konsumen dengan satu rencana pemasaran saja.

Strategi Pemasaran yang membeda-bedakan Pasar (Differentiated Marketing)

Strategi pemasaran ini melayani keperluan sebagian kelompok tertentu dengan satu jenis produk tertentu pula. Sehingga produsen atau perusahaan menghasilkan produk yang berbeda sesuai dengan segmen pasar. Dengan kata lain produsen dan perusahaan menawarkan berbagai variasi produk yang disesuaikan keperluan dan keinginan kelompok konsumen yang tidak sama dengan program pemasaran yang khusus diharapkan tingkat keberhasilan penjualan pada setiap segmen tersebut dapat tercapai.

Tujuan pemasaran ini adalah untuk menambah kepercayaan kelompok konsumen tertentu di suatu produk yang bervariasi sesuai keperluan dan keinginan konsumen.

Strategi Pemasaran yang Terkonsentrasi (Concentrated Marketing)

Strategi pemasaran ini mengkhususkan pemasarn produk kepada sebagian segmen pasar dengan pertimbangan keterbatasan sumber daya yang ada ada perusahaan.

Keuntungan strategi ini adalah perusahaan akan memperoleh posisi yang kuat di segmen pasar yang dipilih. Karena perusahaan akan lebih fokus dan mempunyai pengalaman yang lebih baik didalam melaksanakan pendekatan untuk memenuhi keperluan dan keinginana dari konsumen.

Kelemahan dengan strategi ini adalah produsen wajib mewaspadai terhadap risiko besar apabila hanya tergantung di satu atau sebagian segmen pasar saja. Karena dikhawatirkan terjadi perubahan kebutuhan konsumen atau meningkatnya kemampuan daya saing dari perusahaan lain yang lebih baik.

Selain jenis-jenis yang telah disebutkan diatas, masih ada beberapa macam atau jenis strategi pemasaran, yakni:

Strategi Kebutuhan Primer

Strategi untuk merancang kebutuhan primer adalah:

  • Menambah jumlah yang memakai
  • Meningkatkan volume pembeli

Strategi Kebutuhan Selektif

Strategi kebutuhan selektif dengan cara:

Mempertahankan Jumlah Pelanggan Seperti:

  • Menjaga kepuasan pelanggan
  • Memudahkan proses pembelian
  • Mengurangi ketertarikan atau jelang untuk peralihan merk.

Pengertian Strategi Pemasaran, Tujuan, Fungsi, Jenis

Menjaring Pelanggan “Acquistion Strategier”

  • Menempati posisi berhadapan atau head to head positioning
  • Menempati posisi berbeda atau different positioning.

Untuk lebih lengkapnya, strategi pemasaran dibedakan menjadi empat jenis, yakni:

  • Sebagai perangsang kebutuhan primer dengan menambah jumlah pemakai
  • Sebagai perangsang kebutuhan primer dengan cara membesarkan tingkat pembelian
  • Sebagai perangsang kebutuhan selektif dengan memberikan perhatian pada pelanggan yang telah ada
  • Sebagai perangsang kebutuhan selektif dengan cara menjaring pelanggan baru.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Strategi Pemasaran, Tujuan, Fungsi dan Jenisnya. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi