Home » √ Pengertian Strategi Pemasaran, Tujuan, Fungsi dan Jenisnya
√ Pengertian Strategi Pemasaran, Tujuan, Fungsi dan Jenisnya
Pengertian Strategi Pemasaran, Tujuan, Fungsi dan Jenisnya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang strategi pemasaran. Yang meliputi pengertian strategi pemasaran, tujuan strategi pemasaran, fungsi dan jenis strategi pemasaran dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami.
Pengertian Strategi Pemasaran, Tujuan, Fungsi dan Jenisnya
Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.
Pengertian Strategi Pemasaran
Strategi Pemasaran yaitu suatu cara sebuah perusahaan untuk meraih tujuan, karena potensi untuk menjual proposisi terbatas pada jumlah orang yang mengetahui hal tersebut. Secara umum strategi pemasaran adalah usaha memasarkan produk atau jasa dengan memakai pola perencanaan dan metode supaya bisa berhasil menjual lebih banyak apa yang dijual.
Tujuan Strategi Pemasaran
Tujuan dari strategi pemasaran antara lain:
Meningkatkan kualitas koordinasi kepada tim pemasaran
Mengukur hasil pemasaran menurut standard prestasi yang berlaku
Memberikan dasar yang masuk akal didalam setiap mengambil keputusan
Meningkatkan kemampuan dalam beradaptasi apabila terjadi perubahan dalam pemasaran
Fungsi Strategi Pemasaran
Fungsi atau manfaat dari strategi pemasaran adalah sebagai berikut:
Meningkatkan Motivasi Dalam Berpikir Jernih Ke Depan
Strategi pemasaran mengharuskan manajemen perusahana untuk berfikir out of the box, hal ini sangat disarankan dalam menjaga ritme atau berlansungnya perusahaan. Upayakan tidak terus mengikuti ritme pasa, namun sesekali mencoba menggebrak pasar dengan sesuatu yang baru.
Koordinasi Pemasaran Yang Lebih Efektif Dan Terarah
Strategi pemasaran fungsinya sebagai pengatur arah dan jalannya perusahaan sehingga membuat tim koordinasi menjadih jauh lebih baik dan terarah
Dapat Merumuskan Tujuan Perusahaan Yang Akan Dicapai
Dengan strategi pemasaran, pelaku usaha dapat dibantu untuk merinci tujuan yang hendak dicapai perusahana, baik itu tujuan jangka panjang ataupun jangka pendek.
Pengawasan Kegiatan Pemasaran Lebih Efektif Atas Standart Prestasi Kerja
Pengawasan aktivitas anggota tim lebih diperhatikan supaya peningkatan mutu dan kualitas semakin terjamin
Jenis-jenis Strategi Pemasaran
Assauri (2008:163) mengemukakan ada tiga jenis strategi pemasaran yang dapat dilakukan perusahaan yakni
Strategi pemasaran yang tidak membeda-bedakan pasar (Undifferentiated marketing)
Strategi pemasaran yang membeda-bedakan pasar (Differentiated marketing) dan
Strategi pemasaran yang terkonsentrasi (Concentrated marketing)
Berikut adalah penjelasan dari masing-masing jenis strategi pemasaran diatas.
Strategi Pemasaran yang tidak membeda-bedakan Pasar (Undifferentiated Marketing)
Strategi jenis ini menganggap pasar adalah keseluruhan, sehingga perusahaan hanya memperhatikan kebutuhan secara umum. Produk yang dihasilkan dan dipasarkan seringkali hanya satu produk saja dan berusaha menarik konsumen dengan satu rencana pemasaran saja.
Strategi Pemasaran yang membeda-bedakan Pasar (Differentiated Marketing)
Strategi pemasaran ini melayani keperluan sebagian kelompok tertentu dengan satu jenis produk tertentu pula. Sehingga produsen atau perusahaan menghasilkan produk yang berbeda sesuai dengan segmen pasar. Dengan kata lain produsen dan perusahaan menawarkan berbagai variasi produk yang disesuaikan keperluan dan keinginan kelompok konsumen yang tidak sama dengan program pemasaran yang khusus diharapkan tingkat keberhasilan penjualan pada setiap segmen tersebut dapat tercapai.
Tujuan pemasaran ini adalah untuk menambah kepercayaan kelompok konsumen tertentu di suatu produk yang bervariasi sesuai keperluan dan keinginan konsumen.
Strategi Pemasaran yang Terkonsentrasi (Concentrated Marketing)
Strategi pemasaran ini mengkhususkan pemasarn produk kepada sebagian segmen pasar dengan pertimbangan keterbatasan sumber daya yang ada ada perusahaan.
Keuntungan strategi ini adalah perusahaan akan memperoleh posisi yang kuat di segmen pasar yang dipilih. Karena perusahaan akan lebih fokus dan mempunyai pengalaman yang lebih baik didalam melaksanakan pendekatan untuk memenuhi keperluan dan keinginana dari konsumen.
Kelemahan dengan strategi ini adalah produsen wajib mewaspadai terhadap risiko besar apabila hanya tergantung di satu atau sebagian segmen pasar saja. Karena dikhawatirkan terjadi perubahan kebutuhan konsumen atau meningkatnya kemampuan daya saing dari perusahaan lain yang lebih baik.
Selain jenis-jenis yang telah disebutkan diatas, masih ada beberapa macam atau jenis strategi pemasaran, yakni:
Strategi Kebutuhan Primer
Strategi untuk merancang kebutuhan primer adalah:
Menambah jumlah yang memakai
Meningkatkan volume pembeli
Strategi Kebutuhan Selektif
Strategi kebutuhan selektif dengan cara:
Mempertahankan Jumlah Pelanggan Seperti:
Menjaga kepuasan pelanggan
Memudahkan proses pembelian
Mengurangi ketertarikan atau jelang untuk peralihan merk.
Menjaring Pelanggan “Acquistion Strategier”
Menempati posisi berhadapan atau head to head positioning
Menempati posisi berbeda atau different positioning.
Untuk lebih lengkapnya, strategi pemasaran dibedakan menjadi empat jenis, yakni:
Sebagai perangsang kebutuhan primer dengan menambah jumlah pemakai
Sebagai perangsang kebutuhan primer dengan cara membesarkan tingkat pembelian
Sebagai perangsang kebutuhan selektif dengan memberikan perhatian pada pelanggan yang telah ada
Sebagai perangsang kebutuhan selektif dengan cara menjaring pelanggan baru.
4 Pengertian Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli… 4 Pengertian Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli (Terlengkap) - Pemasaran adalah hal yang sangat penting bagi perusahaan, mengapa demikian? Perusahaan biasanya mempunyai produk atau sesuatu yang mempunyai nilai jual untuk ditawarkan…
Materi Sepak Bola: Pengertian, Manfaat,Tujuan, Tehnik,… Materi Sepak Bola: Pengertian, Manfaat,Tujuan, Tehnik, Peraturan Sepakbola - Tentu kita semua telah mengetahui apa itu olahraga Sepak bola bukan?. Sepak Bola merupakan cabang berolahraga yang sangat terkenal serta sangat…
Label Adalah : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Ketentuan Label… Label Adalah : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Ketentuan Label Produk, Menurut Para Ahli - Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Label. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan…
Financial Distress : Pengertian Menurut Para Ahli, Penyebab,… Financial Distress : Pengertian Menurut Para Ahli, Penyebab, Jenis, Kategori Dan Cara Mengatasinya - Apakah yang di maksud dengan Financial Distress dan apa penyebabnya?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya…
Iman Kepada Qada dan Qadar : Pengertian, Dalil, Hikmah dan… Iman Kepada Qada dan Qadar : Pengertian, Dalil, Hikmah dan Fungsinya - Apakah yang di maksud dengan Iman Kepada Qada dan Qadar ?Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan…
✓ Pengertian Literasi Keuangan, Tingkat, Aspek dan… Pengertian Literasi Keuangan, Tingkat, Aspek dan Indikatornya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Literasi Keuangan. Yang meliputi pengertian, tingkat, aspek dan indikator literasi keuangan dengan pembahasan lengkap dan…
Kata Kata Bijak Islami Kata Kata Bijak Islami - Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang Kata Kata Bijak Islami dan contohnya.Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat…
√ Pengertian Holding Company, Ciri, Tujuan, Kelebihan,… Pengertian Holding Company, Ciri, Tujuan, Kelebihan, Kekurangan, Proses, Contoh - Di penjelasan kali ini kalian akan mempelajari tentang Holding Company. Yang mencakup pengertian, ciri-ciri, tujuan, kelebihan, kekurangan, proses pembentukan dan contoh…
Jenis-Jenis Surat Dinas, Ciri, Fungsi Dan Contohnya Jenis-Jenis Surat Dinas, Ciri, Fungsi Dan Contohnya - Apa sajakah jenis jenis dari surat dinas itu?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya tentang hal lain yang juga melingkupinya.Mari…
√ Pengertian BUMS, Ciri, Tujuan, Fungsi, Jenis dan Contohnya Pengertian BUMS, Ciri, Tujuan, Fungsi, Jenis dan Contohnya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang BUMS. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian BUMS, ciri, jenis, fungsi,…
Promosi Adalah : Pengertian dan Tujuannya Promosi Adalah : Pengertian dan Tujuannya – Dalam melakukan bisnis pasar serta penjualan di butuhkan ide yang tepat dan pasti agar semua dapat terkendali dengan baik. Langkah dalam penjualan barang…
√ Pengertian Experiential Marketing, Fungsi, Manfaat,… Pengertian Experiential Marketing, Fungsi, Manfaat, Strategi, Karakteristik dan Implementasinya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang experiential marketing. Yang meliputi pengertian experiential marketing yang dikemukakan oleh para ahli,…
Contoh Perusahaan Dagang : Pengertian, Karakteristik, Jenis,… Contoh Perusahaan Dagang : Pengertian, Karakteristik, Jenis, dan Cirinya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang perusahaan dagang. Yang meliputi pengertian perusahaan dagang, jenis perusahaan dagang, ciri-ciri perusahaan…
32 Pengertian Metode dan Metodologi Menurut Para Ahli… 32 Pengertian Metode dan Metodologi Menurut Para Ahli (Lengkap) - Metode berasal dari kata methodos yang terdiri dari kata metha yaitu melewati, menempuh atau melalui dan kata hodos yang berarti cara atau jalan. Metode artinya…
√ 16 Pengertian Perusahaan Menurut Para Ahli (Pembahasan… 16 Pengertian Perusahaan Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang perusahaan. Pembahasan tentang pengertian perusahaan ini berdasarkan para ahli. Untuk lebih jelasnya silakan simak…
35 Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli 35 Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli, Ciri, Tujuan, dan Teorinya – Kali ini disini akan kami bahas mengenai apa itu kewirausahaan, banyak dari kita mungkin sering mendengar kata tersebut. Ya,…
Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel : Ciri, Komponen,… Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel : Ciri, Komponen, Metode Penyelesaian dan Contoh Soal - Apa yang di maksud dengan Sistem persamaan tiga variabel ?Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya…
√ Pengertian Teks Iklan, Fungsi, Struktur, Jenis, Ciri,… Pengertian Teks Iklan, Fungsi, Struktur, Jenis, Ciri, Kaidah & Contoh - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Teks Iklan. Yang meliputi pengertian teks iklan, fungsi teks iklan, struktur teks…
Tujuan Pameran : Pengertian, Fungsi, Manfaat, Jenis, Unsur… Tujuan Pameran : Pengertian, Fungsi, Manfaat, Jenis, Unsur dan Prinsip Pameran - Apa yang dimaksud dengan pameran atau exhibition? Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah itu Pameran dan hal yang…
38 Pengertian Manajemen & Dasar Manajemen Menurut Para Ahli 38 Pengertian Manajemen & Dasar Manajemen Menurut Para Ahli - Ketika kita sudah menginjak perguruan tinggi, disana kita akan bertemu salah satu mata kuliah yaitu Manajemen. Pada mata kuliah tersebut kita…
Perencanaan : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Tahapan… Perencanaan : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Tahapan dan Syaratnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang perencanaan. Yang meliputi pengertian perencanaan, tujuan perencanaan, fungsi perencanaan, manfaat perencanaan, tahapan dan…
Administrasi Pendidikan : Pengertian, Tujuan, Fungsi,… Administrasi Pendidikan : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Prinsip, Tugas dan Ruang Lingkup - Bagaimanakah Administrasi Pendidikan itu ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apa itu administrasi pendidikan dan unsur -unsur lain…
Nilai Perusahaan : Pengertian, Jenis, Faktor, Pengukuran dan… Nilai Perusahaan : Pengertian, Jenis, Faktor, Pengukuran dan Struktur Modal - Apakah Nilai Perusahaan itu?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apa yang dimaksud Nilai Perusahaan dan unsur -unsur lain tentangnya.Mari kita…
Materi Pramuka Siaga : Tingkatan, Kode Kehormatan dan Syarat… Materi Pramuka Siaga : Tingkatan, Kode Kehormatan dan Syarat Kecakapan Umum - Apa saja materi untuk pramuka tingkat siaga ? Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya, meliputi tingkatan pramuka siaga,…
Teks Cerpen : Pengertian, Ciri, Struktur, Unsur dan Contoh Teks Cerpen : Pengertian, Ciri, Struktur, Unsur dan Contoh - Apakah itu Teks Cerpen ?Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang Teks Cerpen dan hal-hal yang melingkupinya. Mari kita…
Ekonomi Kreatif : Pengertian, Ciri, Jenis dan Sektornya Ekonomi Kreatif : Pengertian, Ciri, Jenis dan Sektornya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Ekonomi Kreatif. Yang meliputi pengertian, ciri-ciri, jenis dan sektor ekonomi kreatif dengan pembahasan lengkap…
Ruang Lingkup Psikologi : Pengertian, Macam, Tugas dan… Ruang Lingkup Psikologi : Pengertian, Macam, Tugas dan Metodologi Penelitian Psikologi - Apakah itu ruang lingkup psikologi ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah itu Psikologi dan hal yang melingkupinya.Mari kita…
√ 10 Pengertian Kinerja Keuangan, Tujuan, Pengukuran dan… 10 Pengertian Kinerja Keuangan, Tujuan, Pengukuran dan Penilaian serta Analisisnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang kinerja keuangan. Penjelasan yang dimaksud adalah pengertian kinerja keuangan menurut para ahli,…
√ Pengertian Struktur Modal, Komponen, Teori & Faktornya… Pengertian Struktur Modal, Komponen, Teori & Faktornya (Lengkap) - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Struktur Modal. Yang meliputi pengertian struktur modal, komponen struktur modal, teori struktur modal, dan…
√ Produk Domestik Bruto : Pengertian, Jenis dan Rumusnya Produk Domestik Bruto : Pengertian, Jenis dan Rumusnya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Produk Domestik Bruto. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian produk domestik…