√ Pengertian Strategi Pemasaran, Tujuan, Fungsi dan Jenisnya
Pengertian Strategi Pemasaran, Tujuan, Fungsi dan Jenisnya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang strategi pemasaran. Yang meliputi pengertian strategi pemasaran, tujuan strategi pemasaran, fungsi dan jenis strategi pemasaran dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami.
Pengertian Strategi Pemasaran, Tujuan, Fungsi dan Jenisnya
Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.
Pengertian Strategi Pemasaran
Strategi Pemasaran yaitu suatu cara sebuah perusahaan untuk meraih tujuan, karena potensi untuk menjual proposisi terbatas pada jumlah orang yang mengetahui hal tersebut. Secara umum strategi pemasaran adalah usaha memasarkan produk atau jasa dengan memakai pola perencanaan dan metode supaya bisa berhasil menjual lebih banyak apa yang dijual.
Tujuan Strategi Pemasaran
Tujuan dari strategi pemasaran antara lain:
Meningkatkan kualitas koordinasi kepada tim pemasaran
Mengukur hasil pemasaran menurut standard prestasi yang berlaku
Memberikan dasar yang masuk akal didalam setiap mengambil keputusan
Meningkatkan kemampuan dalam beradaptasi apabila terjadi perubahan dalam pemasaran
Fungsi Strategi Pemasaran
Fungsi atau manfaat dari strategi pemasaran adalah sebagai berikut:
Meningkatkan Motivasi Dalam Berpikir Jernih Ke Depan
Strategi pemasaran mengharuskan manajemen perusahana untuk berfikir out of the box, hal ini sangat disarankan dalam menjaga ritme atau berlansungnya perusahaan. Upayakan tidak terus mengikuti ritme pasa, namun sesekali mencoba menggebrak pasar dengan sesuatu yang baru.
Koordinasi Pemasaran Yang Lebih Efektif Dan Terarah
Strategi pemasaran fungsinya sebagai pengatur arah dan jalannya perusahaan sehingga membuat tim koordinasi menjadih jauh lebih baik dan terarah
Dapat Merumuskan Tujuan Perusahaan Yang Akan Dicapai
Dengan strategi pemasaran, pelaku usaha dapat dibantu untuk merinci tujuan yang hendak dicapai perusahana, baik itu tujuan jangka panjang ataupun jangka pendek.
Pengawasan Kegiatan Pemasaran Lebih Efektif Atas Standart Prestasi Kerja
Pengawasan aktivitas anggota tim lebih diperhatikan supaya peningkatan mutu dan kualitas semakin terjamin
Jenis-jenis Strategi Pemasaran
Assauri (2008:163) mengemukakan ada tiga jenis strategi pemasaran yang dapat dilakukan perusahaan yakni
Strategi pemasaran yang tidak membeda-bedakan pasar (Undifferentiated marketing)
Strategi pemasaran yang membeda-bedakan pasar (Differentiated marketing) dan
Strategi pemasaran yang terkonsentrasi (Concentrated marketing)
Berikut adalah penjelasan dari masing-masing jenis strategi pemasaran diatas.
Strategi Pemasaran yang tidak membeda-bedakan Pasar (Undifferentiated Marketing)
Strategi jenis ini menganggap pasar adalah keseluruhan, sehingga perusahaan hanya memperhatikan kebutuhan secara umum. Produk yang dihasilkan dan dipasarkan seringkali hanya satu produk saja dan berusaha menarik konsumen dengan satu rencana pemasaran saja.
Strategi Pemasaran yang membeda-bedakan Pasar (Differentiated Marketing)
Strategi pemasaran ini melayani keperluan sebagian kelompok tertentu dengan satu jenis produk tertentu pula. Sehingga produsen atau perusahaan menghasilkan produk yang berbeda sesuai dengan segmen pasar. Dengan kata lain produsen dan perusahaan menawarkan berbagai variasi produk yang disesuaikan keperluan dan keinginan kelompok konsumen yang tidak sama dengan program pemasaran yang khusus diharapkan tingkat keberhasilan penjualan pada setiap segmen tersebut dapat tercapai.
Tujuan pemasaran ini adalah untuk menambah kepercayaan kelompok konsumen tertentu di suatu produk yang bervariasi sesuai keperluan dan keinginan konsumen.
Strategi Pemasaran yang Terkonsentrasi (Concentrated Marketing)
Strategi pemasaran ini mengkhususkan pemasarn produk kepada sebagian segmen pasar dengan pertimbangan keterbatasan sumber daya yang ada ada perusahaan.
Keuntungan strategi ini adalah perusahaan akan memperoleh posisi yang kuat di segmen pasar yang dipilih. Karena perusahaan akan lebih fokus dan mempunyai pengalaman yang lebih baik didalam melaksanakan pendekatan untuk memenuhi keperluan dan keinginana dari konsumen.
Kelemahan dengan strategi ini adalah produsen wajib mewaspadai terhadap risiko besar apabila hanya tergantung di satu atau sebagian segmen pasar saja. Karena dikhawatirkan terjadi perubahan kebutuhan konsumen atau meningkatnya kemampuan daya saing dari perusahaan lain yang lebih baik.
Selain jenis-jenis yang telah disebutkan diatas, masih ada beberapa macam atau jenis strategi pemasaran, yakni:
Strategi Kebutuhan Primer
Strategi untuk merancang kebutuhan primer adalah:
Menambah jumlah yang memakai
Meningkatkan volume pembeli
Strategi Kebutuhan Selektif
Strategi kebutuhan selektif dengan cara:
Mempertahankan Jumlah Pelanggan Seperti:
Menjaga kepuasan pelanggan
Memudahkan proses pembelian
Mengurangi ketertarikan atau jelang untuk peralihan merk.
Menjaring Pelanggan “Acquistion Strategier”
Menempati posisi berhadapan atau head to head positioning
Menempati posisi berbeda atau different positioning.
Untuk lebih lengkapnya, strategi pemasaran dibedakan menjadi empat jenis, yakni:
Sebagai perangsang kebutuhan primer dengan menambah jumlah pemakai
Sebagai perangsang kebutuhan primer dengan cara membesarkan tingkat pembelian
Sebagai perangsang kebutuhan selektif dengan memberikan perhatian pada pelanggan yang telah ada
Sebagai perangsang kebutuhan selektif dengan cara menjaring pelanggan baru.
√ Produk Domestik Bruto : Pengertian, Jenis dan Rumusnya Produk Domestik Bruto : Pengertian, Jenis dan Rumusnya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Produk Domestik Bruto. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian produk domestik…
√ 18 Pengertian Propaganda, Jenis, Sifat, Sistem, Metode &… 18 Pengertian Propaganda, Jenis, Sifat, Sistem, Metode & Contohnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang propaganda. Penjelasan yang meliputi pengertian, jenis dan contoh secara lengkap. 18 Pengertian Propaganda,…
Sistem Informasi Manajemen : Pengertian, Manfaat, Fungsi,… Sistem Informasi Manajemen : Pengertian, Manfaat, Fungsi, Tujuan dan Jenis Penerapannya - Apa itu yang di maksud dengan Sistem Informasi Manajemen?,Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentu pula…
√ Pengertian Perusahaan Perseorangan, Syarat, Ciri,… Pengertian Perusahaan Perseorangan, Syarat, Ciri, Kelebihan & Kekurangan serta Contohnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang perusahaan perseorangan. Yang meliputi pengertian perusahaan perseorangan, syarat mendirikan perusahaan perseorangan, ciri-ciri…
√ Pengertian MLM, Cara Kerja, Jenis, Kelebihan dan… Pengertian MLM, Cara Kerja, Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang MLM (multi level marketing). Yang meliputi pengertian, cara kerja, jenis-jenis, kelebihan , kekurangan dari…
Kata Pengantar : Pengertian, Struktur dan Contohnya Kata Pengantar : Pengertian, Struktur dan Contohnya - Bagaimana cara menulis Kata Pengantar yang baik ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah itu Kata Pengantar dan hal lain tentangnyanya.Mari kita simak…
Contoh Perusahaan Dagang : Pengertian, Karakteristik, Jenis,… Contoh Perusahaan Dagang : Pengertian, Karakteristik, Jenis, dan Cirinya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang perusahaan dagang. Yang meliputi pengertian perusahaan dagang, jenis perusahaan dagang, ciri-ciri perusahaan…
Pengertian Metode Pembelajaran : Ciri, Tujuan, Jenis dan… Pengertian Metode Pembelajaran : Ciri, Tujuan, Jenis dan Pembahasannya - Apakah yang di maksud dengan Metode Pembelajaran?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya tentang hal lain yang juga…
Cerpen Persahabatan : Pengertian ,Tips Menulis dan Contohnya Cerpen Persahabatan : Pengertian ,Tips Menulis dan Contohnya - Cerpen Persahabatan itu seperti apa?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah itu Cerpen Persahabatan dan hal-hal lain tentangnya.Mari kita simak bersama…
√ Pengertian Vendor, Tugas, Fungsi, Beserta Jenisnya Pengertian Vendor, Tugas, Fungsi, Beserta Jenisnya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Pengertian Vendor. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian vendor, tugas, fungsi, tanggung jawab…
74 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli 74 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli – Manusia sejak lahir ke dunia sudah mendapatkan pendidikan hingga ia masuk ke bangku sekolah. kata pendidikan sudah tidak asing lagi ditelinga, karena semua…
Seni Grafis : Pengertian, Sejarah, Jenis, Ciri, Perbandingan… Seni Grafis : Pengertian, Sejarah, Jenis, Ciri, Perbandingan Dan Contoh Seni Grafis - Halo gaes, Apa Kalian tahu Seni Grafis itu? Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apa itu Seni…
Nilai Perusahaan : Pengertian, Jenis, Faktor, Pengukuran dan… Nilai Perusahaan : Pengertian, Jenis, Faktor, Pengukuran dan Struktur Modal - Apakah Nilai Perusahaan itu?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apa yang dimaksud Nilai Perusahaan dan unsur -unsur lain tentangnya.Mari kita…
√ Pengertian Perusahaan Jasa, Karakteristik, Ciri, Ruang… Pengertian Perusahaan Jasa, Karakteristik, Ciri, Ruang Lingkup dan Contohnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang perusahaan jasa. Yang meliputi pengertian perusahaan jasa, karakteristik jasa, ciri-ciri perusahaan jasa, ruang…
√ Pengertian Potensi Diri, Jenis, Ciri & Pengembangannya… Pengertian Potensi Diri, Jenis, Ciri & Pengembangannya (Lengkap) - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Potensi Diri. Meliputi pengertian, jenis, ciri-ciri dan pengembangan potensi diri dengan pembahasan lengkap dan…
√ 25 Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para… 25 Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM). Pembahasan ini adalah definisi berdasarkan para ahli yang…
√ Pengertian Koordinasi, Syarat, Tujuan, Manfaat, Jenis,… Pengertian Koordinasi, Syarat, Tujuan, Manfaat, Jenis, Ruang Lingkup, Prinsip, Dampak - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Koordinasi. Yang meliputi pengertian, syarat, tujuan, manfaat, jenis-jenis, ruang lingkup, prinsip, dampak…
6 Pengertian Akuntansi Manajemen Menurut Para Ahli… 6 Pengertian Akuntansi Manajemen Menurut Para Ahli (Terlengkap) - Dalam segala aktivitas yang dilakukan oleh sebuah perusahaan pasti akan selalu menghadapi beragam masalah, baik ekstern maupun intern. Dalam mengatasi bermacam-macam masalah…
√ 8 Pengertian Manajemen Operasional, Tujuan, Fungsi, Ciri,… 8 Pengertian Manajemen Operasional, Tujuan, Fungsi, Ciri, Ruang Lingkup dan Contohnya - Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang Manajemen Operasional. Pembahasan yang meliputi pengertian, tujuan, fungsi, ciri-ciri, ruang lingkup…
Perencanaan : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Tahapan… Perencanaan : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Tahapan dan Syaratnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang perencanaan. Yang meliputi pengertian perencanaan, tujuan perencanaan, fungsi perencanaan, manfaat perencanaan, tahapan dan…
Pola Bilangan: Pengertian serta Jenis- Jenis Pola Bilangan Pola Bilangan: Pengertian serta Jenis- Jenis Pola Bilangan – Apa yang dimaksud dengan Pola Bilangan? Pada kesempatan kali ini kita hendak mengulasnya apa itu pengertian pola bilangan beserta jenis serta…
Badan Usaha : Pengertian, Bentuk, Jenis dan Perbandingannya Badan Usaha : Pengertian, Bentuk, Jenis dan Perbandingannya - Apakah yang di maksud Badan Usaha? Pada kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang Badan Usaha dan hal-hal yang melingkupinya.Mari kita simak bersama…
21 Pengertian Marketing Menurut Para Ahli (Pembahasan… 21 Pengertian Marketing Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Kali ini Seputar Pengetahuan akan membahas mengenai apa itu Marketing, dalam perkuliahan khusunya di jurusan manajemen kita akan menemukan pembahasan mengenai…
√ Pengertian Experiential Marketing, Fungsi, Manfaat,… Pengertian Experiential Marketing, Fungsi, Manfaat, Strategi, Karakteristik dan Implementasinya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang experiential marketing. Yang meliputi pengertian experiential marketing yang dikemukakan oleh para ahli,…
√ Pengertian Manajemen Strategi, Manfaat dan Tahapannya Pengertian Manajemen Strategi, Manfaat dan Tahapannya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas Manajemen Strategi. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian manajemen strategi, tujuan, manfaat, cara dan…
√ Retail : Pengertian, Menurut Para Ahli, Fungsi, Jenisnya Retail : Pengertian, Menurut Para Ahli, Fungsi, Jenisnya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Retail. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian retail, menurut para ahli,…
√ Pengertian Riset Pemasaran, Tujuan, Jenis, Metode, Fungsi,… Pengertian Riset Pemasaran, Tujuan, Jenis, Metode, Fungsi, Objek dan Langkahnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Riset Pemasaran. Yang meliputi pengertian riset pemasaran, tujuan riset pemasaran, jenis-jenis riset…
38 Pengertian Manajemen & Dasar Manajemen Menurut Para Ahli 38 Pengertian Manajemen & Dasar Manajemen Menurut Para Ahli - Ketika kita sudah menginjak perguruan tinggi, disana kita akan bertemu salah satu mata kuliah yaitu Manajemen. Pada mata kuliah tersebut kita…
Panduan Lengkap Cara Memulai Bisnis Online 2023 seputarpengetahuan.co.id - Cara Memulai Bisnis Online - Memulai bisnis online memang tidak mudah. Ada begitu banyak keputusan penting yang harus diambil. Apa yang harus dijual? Kepada siapa harus menjual? Bagaimana…
Lisensi adalah : Pengertian, Jenis dan Manfaatnya Lisensi adalah : Pengertian, Jenis dan Manfaatnya – Di pembahasan kali ini kalian akan mengetahui apa yang dimaksud dengan Lisensi. Yang meliputi pengertian, jenis-jenis dan manfaat lisensi dengan penjelasan lengkap…