√ Pengertian Manajemen Strategi, Manfaat dan Tahapannya

Pengertian Manajemen Strategi, Manfaat dan Tahapannya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas Manajemen Strategi. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian manajemen strategi, tujuan, manfaat, cara dan tahapannya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya silahkan simak artikel berikut ini.

Pengertian Manajemen Strategi, Manfaat dan Tahapannya

Manajemen strategis berfokus kepada proses penetapan tujuan sebuah organisasi, membuat serta mengembangkan kebijakan, perencanaan dalam mencapai tujuan. Serta mengalokasikan sumber daya untuk bisa menerapkan kebijakan dan merencanakan pencapaian tujuan organisasi.

Penerapan strategi yang baik dan tepat sasaran sangat dibutuhkan untuk aktivitas apapun, terutama di dalam menjalankan suatu bisnis. Strategi yang tepat dan disusun dengan secara terorganisir akan membuat sebuah organisasi tersebut dapat lebih mudah melaksanakan misi dalam mencapai sebuah tujuan.

Pengertian Manajemen Strategi

Pengertian Manajemen Strategi yaitu suatu proses atau rangkaian aktivitas atau kegiatan pengambilan keputusan yang memiliki sifat mendasar serta menyeluruh. Di sertai dengan penetapan cara pelaksanaannya, yang dibuat oleh sang pimpinan organisasi yang akan diimplementasikan oleh semua jajaran di dalam organisasi atau perusahaan tersebut dalam mencapai tujuan.

Beberapa ahli mendefinisikan manajemen strategi atau manajemen strategi adalah sebagai seni atau ilmu pengetahuan didalam merumuskan, mengimplementasikan, dan evaluasi terhadap segala macam keputusan lintas fungsional. Sehingga memungkinkan sebuah organisasi tersebut untuk mencapai tujuan.

Manajemen Strategi Menurut Para Ahli

Berikut ini beberapa ahli di bidang ilmu manajemen menjelaskan mengenai definisi manajemen strategis. diantaranya yaitu :

  • David Hunger

Menurut J. David Hunger, Pengertian manajemen strategi adalah serangkaian keputusan dan tindakan manajerial yang menentukan kinerja sebuah organisasi/perusahaan dalam jangka waktu yang lama.

Pada intinya bahwa definisi manajemen strategi yaitu suatu tindakan perencanaan beserta pengaturan strategi yang efektif yang dilakukan agar tujuan bisnis itu tercapai dan tentunya bisnis tersebut juga dapat berlangsung dalam waktu yang lama.

  • Thomas Wheelen and Co (2010)

Menurut Thomas Wheelen and Co, Pengertian manajemen strategi adalah serangkaian keputusan manajerial dan berbagai kegiatan atau aktivitas yang menentukan keberhasilan organisasi/perusahaan untuk jangka panjang. Kegiatan atau aktivitas tersebut termasuk perumusan/perencanaan strategi, pelaksanaan/ implementasi strategi dan juga evaluasi.

  • Menurut Nawawi

Menurut Nawawi, Pengertian manajemen strategi adalah sebuah perencanaan berskala besar yang berorientasi untuk dapat mencapai tujuan masa depan, serta didefinisikan sebagai sebuah keputusan yang fundamental.

Perencanaan itu akan memungkinkan organisasi/perusahaan untuk dapat menjalankan misi dalam salah satu cara untuk bisa menghasilkan sesuatu, (perencanaan operasional untuk bisa menghasilkan barang dan/atau jasa) kualitas, serta optimasi yang diarahkan pada pencapaian tujuan strategis organisasi/perusahaan.

  • Menurut Bambang Haryadi (2003)

Menurut Bambang Haryadi, Pengertian manajemen strategi adalah sebuah proses yang disusun dengan secara sistematis oleh manajemen untuk merumuskan strategi, mengimplementasikan strategi, serta melakukan evaluasi terhadap strategi yang dijalankan. Semua rangkaian kegiatan atau aktivitas tersebut bertujuan untuk dapat mewujudkan visi serta misi sebuah organisasi.

  • Menurut Mulyadi (2001)

Menurut Mulyadi, Pengertian manajemen strategi adalah sebuah proses yang dilakukan oleh sang manajer serta pegawai untuk merumuskan dan melaksanakan strategi dalam penyediaan customer value terbaik untuk dapat mewujudkan visi organisasi.

Tujuan Manajemen Strategi

Setelah tau mengenai pengertian manajemen strategis, tentunya kita juga harus mengetahui apa tujuannya. Seperti namanya, didalam manajemen startegis seorang manajer itu bertugas untuk menyusun serangkaian strategi perusahaan serta juga biasanya lebih dikaitkan dengan pemasaran.

Manajer tersebut menyusun, mengatur, mengimplementasi serta mengevaluasi strategi-strategi yang sudah disepakati dengan tujuan bisa mencapai target.

Berikut ini adalah 4 (empat) tujuan utama manajemen startegis dalam bisnis, antara lain yaitu :

  • Memberikan arah dalam mencapai tujuan.
  • Menjaga kepentingan berbagai pihak.
  • Mengantisipasi setiap perubahan secara merata.
  • Berkaitan dengan efektivitas dan efisiensi.

Pada pelaksanaannya tujuan manajemen strategis ini diantaranya sebagai berikut:

  • Untuk mengimplementasikan serta juga melakukan evaluasi strategi yang sudah dipilih secara efektif dan juga efisien
  • Bertujuan untuk dapat mengevaluasi kinerja, meninjau, mengkaji ulang, melakukan koreksi serta juga penyesuaian apabila ditemukan penyimpangan didalam implementasi strategi
  • Untuk membuat strategi baru yang dirumuskan supaya sesuai dengan perkembangan lingkungan eksternal
  • Bertujuan untuk meninjau ulang kekuatan serta juga kelemahan organisasi/perusahaan, melihat peluang serta juga ancaman dalam bisnis
  • Supaya organisasi/perusahaan bisa berinovasi atas produk atau juga layanan sehingga dapat terus diterima oleh konsumen.

Manfaat Manajemen Strategi

Manajemen strategi ini sangat diperlukan untuk berbagai kegiatan atau aktivitas untuk bisa mencapai tujuan dengan maksimal. Dibawah ini adalah beberapa manfaat manajemen strategi yaitu:

  • Manajemen strategi ini dapat menghasilkan keputusan terbaik bagi organisasi.
  • Kegiatan atau aktivitas merumuskan strategi tersebut akan membantu meningkatkan kemampuan organisasi/perusahaan didalam menghadapi berbagai tantangan.
  • Keterlibatan pegawai didalam merumuskan strategi akan membuat merek mengerti serta juga menghargai produktivitas yang pada akhirnya meningkatkan motivasi kerja.
  • Implementasi manajemen strategi ini akan membuat organisasi/perusahaan menjadi lebih peka terhadap ancaman dari luar.
  • Manajemen strategi yang baik itu akan membantu mencegah segala macam masalah yang berasal dari dalam ataupun juga masalah dari luar.
  • Implementasi manajemen strategi ini akan membuat proses operasional organisasi/perusahaan iyu menjadi lebih efektif dan juga efisien.
  • Strategi manajemen itu membantu organisasi/perusahaan untuk dapat beradaptasi terhadap suatu perubahan.
  • Pelaksanaan manajemen strategi ini juga akan membuat organisasi/perusahaan lebih profitable ketimbang organisasi/perusahaan yang belum menerapkannya.

Proses dan Tahapan Manajemen Strategi

Bagi pemula dalam dunia bisnis yang terutama pada skala yang kecil, biasanya akan cenderung mengabaikan dasar dalam melakukan bisnis. Mereka cenderung memulai bisnis itu tanpa rencana, hanya dengan menetapkan sasaran tanpa membuat sebuah strategi.

Di sebuah organisasi/perusahaan terutama pada bisnis komersial tentu mereka akan menyusun manajemen strategis, karena hal tersebut memang sangat dibutuhkan.

Berikut ini adalah beberapa tahapan dalam proses membuat atau menyusun manajemen strategis, antara lain yaitu:

  • Merumuskan Strategi

Pada tahap ini organisasi/perusahaan akan melakukan pengembangan visi dan misi, melakukan analisis SWOT, menentukan serta menetapkan tujuan jangka panjang organisasi, dan beberapa strategi alternatif lainnya.

  • Menerapkan Strategi

Pada penerapan strategi yang sudah ditetapkan setelah itu diimplementasikan contohnya merancang struktur organisasi, distribusi sumber daya, membuat kebijakan, pengembangan proses pengambilan keputusan, pengelolaan sumber daya manusia, usaha pemasaran dan lain sebagainya.

  • Mengevaluasi Strategi

Seiring berjalannya waktu maka hal yang diperlukan yaitu evaluasi secara berkala. Tujuannya adalah untuk dapat melihat faktor-faktor baik itu secara internal atau juga eksternal perusahaan.

Terdapat 3 (tiga) kegiatan atau aktivitas utama dalam evaluasi strategis, diantaranya yaitu :

  • Mengkaji ulang segala macam faktor internal dan eksternal yang menjadi landasan atau pedoman perumusan strategi yang sudah diterapkan sebelumnya.
  • Mengukur kinerja saat ini.
  • Melakukan upaya perbaikan terhadap kekurangan kinerja sebelumnya demi keberhasilan di masa depan.

Pengertian Manajemen Strategi Manfaat dan Tahapannya

Cara Menyusun Strategi Bisnis yang Efektif

Sekarang kita sudah paham mengenai pengertian manajemen strategi serta pentingnya strategi didalam menjalankan suatu bisnis. Namun tetapi, kita belum memiliki langkah yang baik didalam menyusun strategi bisnis yang baik.

Dibawah ini merupakan cara bagaimana menyusun strategi bisnis yang efektif:

  • Berpikir Kritis

Bagi seseorang yang berfikir kritis itu akan lebih mudah dalam mengetahui berbagai masalah yang sedang terjadi. Dengan mengetahui masalah (problem), seseorang yang berfikir kritis nantinya akan berusaha mencari jalan keluar.

Dalam menjalankan strategi yang baik, seseorang perlu berfikir kritis dan dapat mengidentifikasi masalah yang terjadi dalam lingkup internal atau eksternal. Sehingga akan mengurangi resiko kegagalan di dalam bisnis

  • Berpikir Kreatif

Selain berfikir kritis juga harus berfikir kreatif terutama dalam menentukan jenis produk atau barang yang akan diproduksi. Kelebihan sebuah produk, jasa dan kebutuhannya dalam kehidupan masyarakat mampu untuk membantu menarik minat mereka untuk menggunakannya.

  • Berani Mengambil Resiko

Bisnis adalah dunia yang keras, penuh dengan liku serta tidak ada yang berjalan mulus. Untuk dapat memulai suatu bisnis itu dibutuhkan orang-orang yang berani mengambil resiko.

Orang yang ragu akan mengalami kesulitan bahkan untuk memulai usahanya pun akan sulit. Akan tetapi, pada pelaksanaannya seseorang yang berani dalam mengambil resiko juga perlu bekerja keras supaya usaha yang dijalankan itu dapat menghasilkan.

  • Berpikir Terbuka dan Oportunis

Dengan berpikir terbuka sangat penting dalam bisnis, terutama melihat bisnis anda dalam sudut pandang yang berbeda supaya dapat menimbulkan atau memunculkan ide baru. Orang yang berfikir terbuka itu akan lebih mudah bangkit dan membangun terhadap kritik dari orang lain. Seseorang yang oportunis itu akan lebih mudah dalam mencari serta memanfaatkan peluang yang ada.

  • Menjadi Orisinil

Menciptakan produk yang bisa menjadi ciki khas dari sebuah usaha yang sedang digeluti tanpa perlu menjiplak orang lain. Karena hal tersebutlah yang akan membedakan produk Anda dari produk lain di mata konsumen.

Demikian penjelasan tentang Pengertian Manajemen Strategi, Manfaat dan Tahapannya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terima kasih.

Daftar Isi