24 Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli (Pembahasan lengkap)

24 Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli (Pembahasan lengkap) – Di bidang manajeman dan bisnis tentu kita sering mengenal istilah pemasaran dan biasanya pemasaran identik dengan sales. Pemasaran merupakan salah satu kegiatan terpenting dalam sebuah perusahaan atau bisnis perdagangan yang dilakukan untuk meningkatkan usahanya dan juga menjaga kelangsungan hidup perusahaan yang dijalaninya.

Dalam melakukan pemasaran agar bisa berjalan dengan baik, tentu harus memiliki keahlian dalam pemasaran. Untuk pembahasan kali ini penulis fokuskan pada pengertian pemasaran itu sendiri yang dijelaskan oleh para ahli.

24 Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli (Pembahasan lengkap)

Mari kita bahas pengertian pemasaran terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli

Adapun pengertian pemasaran menurut para ahli akan dijabarkan berikut ini:

1. William J. Stanton

Menurut pendapatnya bahwa Pemasaran yaitu suatu sistem yang keseluruhannya dari berbagai kegiatan bisnis maupun usaha yang mana ditujukan sebagai perencanaan, untuk enentukan harga barang maupun jasa, mempromosikannya, serta untuk mendistribusikannya terhdap konsumen serta dapat memuaskan konsumen.

2. Kotler & Amstrong

Mereka berpendapat bahwab Pemasaran yaitu suatu proses managerial dan orang-orang yang ada didalamnya memperoleh apa yang mereka inginkan dan juga butuhkan melalui penciptaan setya pertukaran produk yang sedang ditawarkan dan juga nilai produknya terhadap orang lain.

3. Philp Kotler

Menurut pendapayd dari Philp Kotler yaitu suatu kegiatan manusia yang mana ditujukan agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dengan cara melalui proses pertukaran.

4. Philip & Duncan

Mereka berpendapat bawha Pemasaran yaitu sesuatu yang terdiri atas segala langkah yang mana dipakai guna menempatkan suatau barang yang dijualbelikan ke tangan konsumen.

5. Wikipedia

Dikutip dari wikipedia yang menjelaskan bahwa pemasaran yaitu suatu proses penyusunan komunikasi yang terpadu dan bertujuan agar dapat memberikan informasi mengenai barang maupun jasa yang diperjualbelikan yang kaitannya agar dapat memuaskan keinginan serta kebutuhan dari masyarakat.

6. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Th.2008

Dikutip dari KBBI yang menjelaskan bahwa Pemasaran ialah proses, cara, perbuatan untuk memasarkan barang dagangan, dengan menyebarluaskan di tengah-tengah masyarakat.

Baca Juga:  6 Konsep Pemasaran, jenis Dan Tujuannya (Pembahasan Lengkap)

7. Firdaus

Firdaus berpendapat bahwa pemasaran yaitu suatu kegiatan yang dilakukan oleh banyak orang sama halnya dengan pengusaha yang mana untuk mempertahankan kelangsung hidup dan juga unutk memenuhi kebutuhan serta mendapatkan laba (keuntungan).

8. Hair dan Mc. Daniel

Disini mereka berpendapat bahwa Marketing is a process of planning and executing the conception, pricing, promotion and distribution of ideas, goods and services in order to create an exchange that satisfies individual and group goals.

9. Basu dan Hani

Terdapat juga pendapat yang dikemukakan oleh dua tokoh kedua tersebuat tentang definisi pemasaran yang mana terdiri atas proses kegiatan perencanaan untuk pengelolaan suatu barang atau jasa, penetapan banderol harga dari barang atau jasa itu sehingga proses promosi ataupun pendistribusiannya yang keseluruhannya mempunyai tujuan yaitu agar dapat memenuhi kebutuhan atau mendapatkan keuntungan dari proses pemasaran tersebut.

10. Swasta

Di buku yang terbitan oleh Swasta juga dirujuk mengenai pengertian pemasaran yang mana hal ini mengarah ke sebuah aktivitas dalam pemenuhan kebutuhan (pemuas kebutuhan) baik itu dari penjual maupun pembeli sebagaimana keduanya ini melakukan sebuiah rankaian proses baik itu tawar menawar atau kegiatan tukar menukar yang mana bermaksud untuk mengadakan hubungan agar bisa memperoleh keuntungan untuk memenuhi kebutuhan.

11. Assauri

Ia bependapat mengenai definisi manajemen pemasaran yang mana dapat dikatakan mempunyai proses yang lebih komplek sebab pastinya ada sebuah perencanaan dan evaluasi, pemasaran bisa dikatakan demikian sebab mencangkup hal perencanaan, pelaksanaan, dan juga sebuah distribusi baik dalam hal pertukaran atau hubungan yang lebih cenderung arahnya menuju keuntungan agar bisa memenuhi kebutuhan.

12. Hasan

Disini Hasan berpendapat bahwa, definisi pemasaran yaitu sebuah proses identifikasi, yang manan membuat serta menginformasikan nilai, dan juga untuk menjaga hubungan dengan memuaskan konsumen dengan cara memaksimalkan keuntungan perusahaan.

13. Swastha & Irawan

Mereka berpendapat bahwa, pemasaran merupakan salah satu kegiatan pokok yang mana hal ini dilakukan oleh pengusaha sebagai mana dalam usahanya ini digunakan sebagai mempertahankan kehidupanya, agar dapat berkembang serta memperoleh keuntungan yang besar.

14. American Marketing Association

Pemasaran ialah salah satu fungsi dari organisasi dan juga serangkaian proses untuk membuat, serta mengkomunikasikan, dan juga memberikan nilai terhdap pelanggan serta guna mengelola hubungan pelanggan dengan menggunakan cara yang dapat menguntungkan organisasi serta pemangku kepentingannya tersebut.

15. Firdaus

Disini Firdaus berpendapat bahwa, definisi daro pemasaran yaitu suatu kegiatan yang mana dilakukan oleh sekelompok orang seperti halnya pengusaha dalam mempertahankan kelangsung hidupnya serta untuk memenuhi kebutuhan dan memperoleh sebuah keuntungan.

Baca Juga:  √ Pengertian Penjualan dan Pemasaran (Pembahasan Lengkap)

16. John Westwood

Menurut pendapat daru John Westwood bahwa Pemasaran yaitu mencari tahu menganai apa yang diinginkan pelanggan serta untuk menyesuaikan produk perusahaan agar dapat memenuhi persyaratan tersebut, dan pada prosesnya ini dapay menghasilkan sebuah keuntungan bagi perusahaan.

17. Jay Abraham

Beliau menyatakan pendapatnya bahwa Pemasaran yaitu mengenai cara mengedukasi orang-orang di pasar “tertentu” bahwa bisnis Anda ini bisa menyelesaikan permasalah mereka, dapat mengisi sebuah kekosongan mereka, maupun untuk mencapai sebuahpeluang, harapan, serta tujuan yang man dilakukan dengan cara yang tidak dapat ditiru atau dilakukan oleh bisnis lainnya.

18. Tung Dasem Waringin

Sedangkan definisi pemasaran menurut penpdapat dari Tung Dasem Waringin yaitu salah satu media yang nantinya dipakai menjadi sebuah media komunikasi agar bisa mmemperoleh nilai plus yang jauh lebih tinggi.

19. Oxford

Dikutip dari kamus oxford bahwa pengertian dari Pemasaran yaitu suatu tindakan atau bisnis yang mempromosikan serta menjual produk maupun layanannya, yang mana termasuk dalam riset pasar dan iklan.

20. Tjiptono

Disini Tjiptono berpendapat bawha Pemasaran yaitu salah sary proses sosial serta manajerial yang mana individu maupuan  kelompok ini memperoleh apa yang mereka inginkan melalui sebuah penciptaan, penawaran, serta  pertukaran dalam berbagai hal yang bernilai untuk seseorang atau untuk kelompok yang lain.

21. H.T Gitosudarmo

Ia menyatakan pendapatnya bahwa Pemasaran yaitu salahs atu proses supaya suatu pengusaha bisa memenuhi, serta dapat mempengaruhi konsumen supaya mereka tertarik, senang dan selanjutnya maua membeli dan pada akhirnya konsumen tersebut puas dengan produk yang telah ia beli.

11 Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli Lengkap

22. Boyd, Dkk

Mereka berpendapat bahwa pengertian dari pemasaran yaitu salah satu proses yang mana hal ini melibatkan berbagai kegiatan penting sebagai mana hal ini memungkinkan perusaaan atau individu memperoleh apa yang mereka inginkan yang dilakukan melalui pertukaran dengan pihak lain.

23. Downey

Ia menyatakan pendapatnya bahwa pengertian dari pemasaran dapat diartikan sebagai telaah kapada suatu produk secara fisik maupun ekonomik dari yang mana melalui sebuah perdagangan dengan sebuah peratara sehingga produtk tersebut sampai di tangan konsumen.

24. H. Nystrom

Ia berpendapat bahwa suatu kegiatan dalam penyaluran barang atau sebuah jasa yang berasal dari tangan produsen sapai ke tangan konsumen.

Demikian penjelasan mengenai 24 Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli (Pembahasan lengkap), semoga bermanfaat. Sekian terimakasih.