Home ยป 6 Konsep Pemasaran, jenis Dan Tujuannya (Pembahasan Lengkap)
6 Konsep Pemasaran, jenis Dan Tujuannya (Pembahasan Lengkap)
6 Konsep Pemasaran, jenis Dan Tujuannya (Pembahasan Lengkap) โ Setelah sebelumnya kita membahas tentang pengertian pemasaran, kali ini kita fokuskan kembali mengenai konsep-konsep pemasaran. Dimana konsep pemasaran merupakan falsafah perusahaan atau bisnis yang menyatakan bahwa kepuasaan konsumen dalam memenuhi kebutuhannya adalah syarat yang paling penting bagi kelangsungan hidup sebuah perusahaan yang dijalani. Konsep ini bertujuan untuk memberikan kepuasan individu terhadap kebutuhan dan keinginan konsumen.
6 Konsep Pemasaran, jenis Dan Tujuannya (Pembahasan Lengkap)
Konsep inti pemasaran meliputi: permintaan, permintaan, produksi, permintaan, nilai, utilitas, kepuasan, transaksi dan interaksi, dan pemasaran.
Pengertian Konsep Pemasaran Menurut Para Ahli
Sebelumnya mari kita simak pembahasan konsep pemasaran berdasarkan para ahli.
Basu Swastha dan Hani Handoko
โKonsep pemasaran yaitu filosofi bisnis yang menyatakan bahwa pemenuhan kebutuhan konsumen merupakan kebutuhan ekonomi dan sosial untuk kelangsungan hidup suatu perusahaan.โ
Dari pengertian diatas maka perusahaan mempunyai konsekuensi bahwa segala aktivitas perusahaan harus diarahkan untuk mengetahui kebutuhan konsumen dan mampu memberikan kepuasan dalam memperoleh keuntungan dalam jangka panjang.
Artinya tujuan dari konsep pemasaran adalah untuk memberikan kepuasan terhadap keinginan dan kebutuhan konsumen.
Konsep pemasaran dapat dicapai dengan berusaha mengidentifikasi dan merumuskan keinginan dan kebutuhan konsumen.
Perusahaan yang memenuhi kebutuhan konsumen harus menetapkan produk, harga, mempromosikan dan mendistribusikan sesuai dengan kondisi konsumen sasaran. Organisasi perusahaan yang menerapkan konsep pemasaran ini disebut organisasi pemasaran.
Kotler dan Armstrong
โKonsep pemasaran (marketing concept) merupakan konsep yang menitikberatkan pada kebutuhan konsumen, filosofi ini lebih menitikberatkan pada perasaan dan tanggapan terhadap apa yang dibutuhkan konsumen.โ
Kotler dan Keller
โSudut pandang konsep ini adalah dari luar ke dalam (perspektif luar-dalam), yaitu memahami apa yang dibutuhkan konsumen dengan menyediakan produk yang tepat untuk kebutuhan konsumen daripada mencari konsumen yang tepat untuk produk Anda.โ
Swasta
Menyatakan ada tiga faktor penting yang dijadikan dasar konsep pemasaran, yaitu:
1. Orientasi Konsumen
Intinya, jika perusahaan ingin menerapkan orientasi konsumen ini, yang dimaksud adalah:
Tentukan kebutuhan dasar pembeli untuk dilayani dan dipenuhi.
Pilih kelompok pembeli tertentu sebagai target penjualan.
Tentukan produk dan program pemasaran.
Melakukan penelitian terhadap konsumen untuk mengukur, menilai dan menafsirkan keinginan dan perilaku mereka.
Tentukan dan terapkan strategi terbaik, apakah akan fokus pada kualitas bagus, harga murah atau model yang menarik.
2. Koordinasi dan Integrasi dalam Perusahaan
Untuk memberikan kepuasan yang optimal kepada konsumen, semua elemen pemasaran yang ada harus terintegrasi.
Hindari konflik antara perusahaan dan pasar. Salah satu cara untuk mencapai koordinasi dan integrasi ini adalah dengan memiliki satu orang yang bertanggung jawab atas semua aktivitas pemasaran, manajer pertumbuhan.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa setiap orang dan beberapa perusahaan bekerja sama untuk memberikan kepuasan pelanggan sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai.
3. Mendapatkan Laba Melalui Pemuasan Konsumen
Salah satu tujuan perusahaan adalah mencari untung atau menghasilkan laba. Dengan keuntungan ini maka perusahaan dapat berkembang dan berkembang dengan kemampuan yang lebih besar. Keuntungan aktual adalah tujuan keseluruhan perusahaan.
4. Strategi Pemasaran
Hal ini sangat penting bagi perusahaan dimana strategi pemasaran merupakan salah satu cara untuk mencapai tujuan suatu perusahaan. Hal ini juga didukung oleh pendapat Swastha.
Strategi merupakan serangkaian konsep besar yang menggambarkan bagaiman perusahaan harus beroperasi untuk mencapai tujuannya, sehingga dalam menjalankan usaha kecil perlu dikembangkan melalui strategi pemasaranya.
Karena dalam konsep kritis ini sebenarnya usaha kecilah yang mampu memberikan pertumbuhan pendapatannya masayarakat.
Konsep Pemasaran
Dalam konsep dasar pemasaran ada enam konsep yaitu:
1. Konsep Produksi
Ini adalah konsep, konsumen menyukai produk yang dapat ditemukan di mana saja dengan harga murah. Oleh karena itu, orientasi konseptual ini mengarah pada upaya mencapai efisiensi produk yang tinggi dan distribusi yang sangat luas. Di sini, tugas manajemen adalah meningkatkan produksi barang, karena konsumen dipandang mendapat barang dengan harga terjangkau di mana-mana.
2. Konsep Produk
Menjelaskan bahwa mereka akan mengutamakan produk yang memberikan kualitas, kualitas, kinerja, dan karakteristik terbaik. Tugas manajemen disini adalah menghasilkan produk yang berkualitas tinggi dan berpenampilan terbaik dan menarik.
3. Konsep Penjualan
Pernyataan bahwa konsumen dibiarkan sendiri dan bahwa organisasi harus mencoba melakukan kegiatan promosi untuk menarik konsumen.
4. Konsep Pemasaran
Dinyatakan bahwa kunci pencapaian tujuan organisasi perusahaan meliputi penentuan kebutuhan dan tujuan pasar sebagai tujuan, dan secara efektif dan efisien memberikan kepuasan yang sesuai dibandingkan dengan pesaing.
5. Konsep Pemasaran Sosial
Dalam konsep ini, tugas organisasi adalah menentukan kebutuhan, minat, dan keinginan pasar, serta tetap memberikan kepuasan, serta terus menjaga dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat atau konsumen.
6. Konsep Pemasaran Global
Dalam konsep ini, manajer eksekutif harus mencoba memahami semua faktor lingkungan yang dapat mempengaruhi pemasaran melalui manajemen strategis. Tujuan akhirnya adalah berusaha untuk memenuhi semua kebutuhan masyarakat dan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang terlibat di dalam perusahaan.
Jenis-jenis Konsep Pemasaran
Secara definisi, konsep pemasaran atau pemasaran adalah segala perilaku yang dilakukan oleh suatu perusahaan saat memperkenalkan suatu produk. Dalam prakteknya, perusahaan harus mampu menyesuaikan produk yang dihasilkannya sesuai dengan persepsi pasar. Oleh karena itu, perusahaan biasanya menggunakan beberapa jenis konsep pemasaran untuk mempermudah pemasaran produknya.
Mengingat pentingnya kebutuhan dan keinginan pelanggan dalam pemasaran, kita harus memahaminya dengan baik.
Perhatian kami terhadap pelanggan kami harus didasarkan pada hal-hal berikut:
Needs atau kebutuhan: Sesuatu yang penting bagi manusia untuk hidup sehat, stabil dan aman. Ketika kebutuhan tidak terpenuhi, akan terlihat hasil ketidaknyamanan, disfungsi atau kematian. Kebutuhan dapat bersifat obyektif dan praktis, seperti kebutuhan akan makanan, air dan papan; atau subyektif dan psikologis, seperti kebutuhan untuk menjadi bagian dari keluarga atau kelompok sosial dan kebutuhan untuk menghormati diri sendiri.
Wants atau keinginan: Sesuatu yang Anda inginkan, atau cita-citakan. Keinginan tidak penting untuk kelangsungan hidup dasar dan sering kali dibentuk oleh budaya.
Demands atau permintaan: Ketika kebutuhan dan keinginan didukung oleh kemampuan membayar, maka berpotensi menjadi tuntutan ekonomi.
Ada banyak konsep pemasaran yang digunakan para pemasar sebagai acuan dalam bidang pemasaran. Beberapa dari konsep pemasaran ini ada saat ini, sementara yang lain sudah ketinggalan zaman dan telah diambil alih oleh konsep pemasaran lainnya.
Tujuan Pemasaran
Marketing objektive (tujuan pemasaran) adalah tujuan yang akan dicapai perusahaan melalui kegiatan pemasaran. Jika kepuasan dan kebutuhan pelanggan terpenuhi maka akan berdampak pada hasil penjualan produk, dan pada akhirnya akan mencapai tujuan pemasaran yaitu profit. Namun apabila suatu perusahaan mengabaikan kebutuhan konsumen dan hanya memperhatikan produsen, maka sangat memungkinkan terjadinya penurunan kinerja penjualan sehingga meminimalisir keuntungan bahkan menimbulkan kerugian. Kepuasan pembeli atau konsumen merupakan hal terpenting bagi sebuah perusahaan dalam pemasaran.
Dalam hal pemasaran, perlu diingat bahwa kita harus sangat berhati-hati, karena banyak kejadian buruk yang mungkin terjadi saat ini, seperti penipuan dan situasi lainnya. Jika kita ingin terjun jauh ke bidang pemasaran, mohon persiapkan diri kita semaksimal mungkin dan berani mengambil segala resiko yang ada.
24 Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli (Pembahasan… 24 Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli (Pembahasan lengkap) - Di bidang manajeman dan bisnis tentu kita sering mengenal istilah pemasaran dan biasanya pemasaran identik dengan sales. Pemasaran merupakan salah satu…
Akuntansi Syariโah : Pengertian Menurut Para Ahli, Dasar… Akuntansi Syariโah : Pengertian Menurut Para Ahli, Dasar Hukum, Ciri, Tujuan, Prinsip, Karakteristik Dan Kelebihannya - Apakah itu akuntansi syariah dan kelebihannya ?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan…
Penyebab Kelangkaan : Pengertian, Jenis Kelangkaan dan Cara… Penyebab Kelangkaan : Pengertian, Jenis Kelangkaan dan Cara Mengatasinya - Apa saja penyebab kelangkaan suatu Produk ataupun Jasa ?Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang Kelangkaan beserta hal-hal yang…
โ 17 Pengertian Kepuasan Kerja Menurut Para Ahli, Teori,… 17 Pengertian Kepuasan Kerja Menurut Para Ahli, Teori, Aspek dan Faktornyaย - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang pengertian Kepuasan Kerja. Yang meliputi pengertian kepuasan kerja menurut beberapa ahli…
Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Keselarasan Sosial… Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Keselarasan Sosial (Lengkap)ย - Disini kita akan membahas interaksi sosial terhadap keselarasan sosial. Banyak sekali yang belum mengetahui pembahasan ini, maka dari itu Seputar Pengetahuan ingin mencoba…
Pengertian Haji dan Umrah : Hukum, Syarat, Rukun, Wajib… Pengertian Haji dan Umrahย : Hukum, Syarat, Rukun, Wajib Haji,Sunah Haji dan Umrah - Apakah itu Haji dan Umroh ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apa yang dimaksud Haji dan…
Tugas Manajemen Pemasaran : Tahap dan Faktor Penting… Tugas Manajemen Pemasaran : Tahap dan Faktor Penting Manajemen -ย Apa sajakah tugas manajemen pemasaran itu? Pada kali iniย Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang apa saja itu tugas manajeman pemasaran dan faktor-faktor lain…
74 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli 74 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli โ Manusia sejak lahir ke dunia sudah mendapatkan pendidikan hingga ia masuk ke bangku sekolah. kata pendidikan sudah tidak asing lagi ditelinga, karena semua…
โ Pengertian Keterlibatan Kerja, Karakteristik, Dimensi,… Pengertian Keterlibatan Kerja, Karakteristik, Dimensi, Aspek dan Faktornyaย - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Keterlibatan Kerja. Yang meliputi pengertian, karakteristik, dimensi, aspek dan faktor yang mempengaruhi keterlibatan kerja…
Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel : Ciri, Komponen,… Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel : Ciri, Komponen, Metode Penyelesaian dan Contoh Soal -ย Apa yang di maksud dengan Sistem persamaan tiga variabel ?Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya…
35 Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli 35 Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli, Ciri, Tujuan, dan Teorinya โ Kali ini disini akan kami bahas mengenai apa itu kewirausahaan, banyak dari kita mungkin sering mendengar kata tersebut. Ya,…
โ Pengertian Bimbingan dan Konseling, Tujuan, Fungsi dan… Pengertian Bimbingan dan Konseling, Tujuan, Fungsi dan Asasnyaย - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Bimbingan dan Konseling. Yang meliputi pengertian, tujuan, fungsi, asas bimbingan dan konseling dengan pembahasan…
Akuntansi : Pengertian, Sejarah, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan… Akuntansi : Pengertian, Sejarah, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Jenis Bidangnya - Apa yang di maksud dengan istilah Akuntansi ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang Akuntansi dan hal-hal yang melingkupinya.…
Muatan Lokal : Pengertian Menurut Para Ahli,… Muatan Lokal : Pengertian Menurut Para Ahli, Landasan,Tujuan, Ruang Lingkup dan Syarat Pengembangannya - Apakah Artinya muatan lokal ?Pada kesempatan iniย Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah itu muatan lokaldan hal hal lain…
Contoh Perusahaan Dagang : Pengertian, Karakteristik, Jenis,… Contoh Perusahaan Dagang : Pengertian, Karakteristik, Jenis, dan Cirinya โ Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang perusahaan dagang. Yang meliputi pengertian perusahaan dagang, jenis perusahaan dagang, ciri-ciri perusahaan…
โ E-Business : Pengertian, Strategi, Unsur dan Contohnya E-Business : Pengertian, Strategi, Unsur dan Contohnya - Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang E-Business. Yang mana dalam menjelaskan pengertian e busines, strategi, keuntungan, unsur e-busines serta contohnya…
21 Pengertian Marketing Menurut Para Ahli (Pembahasan… 21 Pengertian Marketing Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) โ Kali ini Seputar Pengetahuan akan membahas mengenai apa itu Marketing, dalam perkuliahan khusunya di jurusan manajemen kita akan menemukan pembahasan mengenai…
โ 40 Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli (Lengkap) 40 Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli (Lengkap)ย - Pada pembahasan kali ini izinkanlah SeputarPengetahuan.Co.Idย menjelaskan tentang Ilmu Ekonomi. Yang mana penjelasan disini adalah pengertian ilmu ekonomi menurut para ahli. Ahli ekonomi…
Teks Berita : Pengertian, Ciri, Unsur, Struktur, Syarat,… Teks Berita : Pengertian, Ciri, Unsur, Struktur, Syarat, Kaidah Kebahasaan, Pedoman Penulisanย dan Contoh- Apakah itu yang di maksud dengan Teks Berita? Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang…
Tindakan Ekonomi : Pengertian dan Penjelasannya Tindakan Ekonomi : Pengertian dan Penjelasannyaย - Manusia tidak akan terlepas dari kebutuhan hidup yang terus menerus, sehingga butuh tindakan yang bisa mencukupi kebutuhannya itu. Tindakan Ekonomi : Pengertian dan Penjelasannya…
Faktor Penghambat Mobilitas Sosial : Pengertian, Faktor… Faktor Penghambat Mobilitas Sosial : Pengertian, Faktor Pendorong dan Penjelasannya - Apa itu arti mobilitas sosial dan faktor Penghambatnya ?,Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya, meliputi kandungan gizi dan tentunya…
โ Pengertian Experiential Marketing, Fungsi, Manfaat,… Pengertian Experiential Marketing, Fungsi, Manfaat, Strategi, Karakteristik dan Implementasinya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang experiential marketing. Yang meliputi pengertian experiential marketing yang dikemukakan oleh para ahli,…
Motif Ekonomi : Pengertian, Contoh, Tujuan, dan Macamnya Motif Ekonomi : Pengertian, Contoh, Tujuan, Prinsip, dan Macamnya โ Setiap keinginan atau tindakan yang dilakukan manusia dalam usaha untuk memenuhi kebutuhan hidupnya selalu didorong oleh sebab-sebab atau alasan tertentu.…
โ Pengertian Perusahaan Perseorangan, Syarat, Ciri,… Pengertian Perusahaan Perseorangan, Syarat, Ciri, Kelebihan & Kekurangan serta Contohnyaย - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang perusahaan perseorangan. Yang meliputi pengertian perusahaan perseorangan, syarat mendirikan perusahaan perseorangan, ciri-ciri…
20 Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) 20 Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) โ Dalam kehidupan sehari-hari sudah tidak asing lagi bagi kita dengan penyebutan istilah bisnis atau berbisnis. Kata bisnis berasal dari bahasa Inggris…
โ 40 Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli… 40 Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli (Lengkap) - Pada kesempatan kali ini kami akan membahas materi tentang hubungan Internasional. Hubungan Internasional adalah sebuah hubungan antarbangsa atau sebuah interaksi manusia-manusia…
4 Pengertian Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli… 4 Pengertian Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli (Terlengkap)ย - Pemasaran adalah hal yang sangat penting bagi perusahaan, mengapa demikian? Perusahaan biasanya mempunyai produk atau sesuatu yang mempunyai nilai jual untuk ditawarkan…
โ Pengertian Perilaku Konsumen, Ruang Lingkup, Teori &… Pengertian Perilaku Konsumen, Ruang Lingkup, Teori & Pendekatannya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Perilaku Konsumen. Yang meliputi pengertian, ruang lingkup, teori dan pendekatan perilaku konsumen dengan…
โ 11 Pengertian Kebangkrutan, Faktor Penyebab dan… 11 Pengertian Kebangkrutan, Faktor Penyebab dan Indikatornyaย - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang kebangkrutan. Pembahasan yang meliputi pengertian kebangkrutan yang dikemukakan oleh beberapa ahli, faktor penyebab kebangkrutan dan…
โ Regulasi Bisnis : Pengertian, Macam, Tujuan Beserta… Regulasi Bisnis : Pengertian, Macam, Tujuan Beserta Contohnya โ Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Regulasi. Yang mana dalam pembahan kali ini menjelaskan pengertian regulasi, macam , tujuan…