6 Konsep Pemasaran, jenis Dan Tujuannya (Pembahasan Lengkap)

6 Konsep Pemasaran, jenis Dan Tujuannya (Pembahasan Lengkap) – Setelah sebelumnya kita membahas tentang pengertian pemasaran, kali ini kita fokuskan kembali mengenai konsep-konsep pemasaran. Dimana konsep pemasaran merupakan falsafah perusahaan atau bisnis yang menyatakan bahwa kepuasaan konsumen dalam memenuhi kebutuhannya adalah syarat yang paling penting bagi kelangsungan hidup sebuah perusahaan yang dijalani. Konsep ini bertujuan untuk memberikan kepuasan individu terhadap kebutuhan dan keinginan konsumen.

6 Konsep Pemasaran, jenis Dan Tujuannya (Pembahasan Lengkap)

Konsep inti pemasaran meliputi: permintaan, permintaan, produksi, permintaan, nilai, utilitas, kepuasan, transaksi dan interaksi, dan pemasaran.

Pengertian Konsep Pemasaran Menurut Para Ahli

Sebelumnya mari kita simak pembahasan konsep pemasaran berdasarkan para ahli.

Basu Swastha dan Hani Handoko

“Konsep pemasaran yaitu filosofi bisnis yang menyatakan bahwa pemenuhan kebutuhan konsumen merupakan kebutuhan ekonomi dan sosial untuk kelangsungan hidup suatu perusahaan.”

Dari pengertian diatas maka perusahaan mempunyai konsekuensi bahwa segala aktivitas perusahaan harus diarahkan untuk mengetahui kebutuhan konsumen dan mampu memberikan kepuasan dalam memperoleh keuntungan dalam jangka panjang.

Artinya tujuan dari konsep pemasaran adalah untuk memberikan kepuasan terhadap keinginan dan kebutuhan konsumen.

Konsep pemasaran dapat dicapai dengan berusaha mengidentifikasi dan merumuskan keinginan dan kebutuhan konsumen.

Perusahaan yang memenuhi kebutuhan konsumen harus menetapkan produk, harga, mempromosikan dan mendistribusikan sesuai dengan kondisi konsumen sasaran. Organisasi perusahaan yang menerapkan konsep pemasaran ini disebut organisasi pemasaran.

Kotler dan Armstrong

“Konsep pemasaran (marketing concept) merupakan konsep yang menitikberatkan pada kebutuhan konsumen, filosofi ini lebih menitikberatkan pada perasaan dan tanggapan terhadap apa yang dibutuhkan konsumen.”

Kotler dan Keller

“Sudut pandang konsep ini adalah dari luar ke dalam (perspektif luar-dalam), yaitu memahami apa yang dibutuhkan konsumen dengan menyediakan produk yang tepat untuk kebutuhan konsumen daripada mencari konsumen yang tepat untuk produk Anda.”

Swasta

Menyatakan ada tiga faktor penting yang dijadikan dasar konsep pemasaran, yaitu:

1. Orientasi Konsumen

Intinya, jika perusahaan ingin menerapkan orientasi konsumen ini, yang dimaksud adalah:

  • Tentukan kebutuhan dasar pembeli untuk dilayani dan dipenuhi.
  • Pilih kelompok pembeli tertentu sebagai target penjualan.
  • Tentukan produk dan program pemasaran.
  • Melakukan penelitian terhadap konsumen untuk mengukur, menilai dan menafsirkan keinginan dan perilaku mereka.
  • Tentukan dan terapkan strategi terbaik, apakah akan fokus pada kualitas bagus, harga murah atau model yang menarik.
Baca Juga:  √ Pengertian Sekretaris Menurut Para Ahli, Peran dan Jenisnya

2. Koordinasi dan Integrasi dalam Perusahaan

Untuk memberikan kepuasan yang optimal kepada konsumen, semua elemen pemasaran yang ada harus terintegrasi.

Hindari konflik antara perusahaan dan pasar. Salah satu cara untuk mencapai koordinasi dan integrasi ini adalah dengan memiliki satu orang yang bertanggung jawab atas semua aktivitas pemasaran, manajer pertumbuhan.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa setiap orang dan beberapa perusahaan bekerja sama untuk memberikan kepuasan pelanggan sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai.

3. Mendapatkan Laba Melalui Pemuasan Konsumen

Salah satu tujuan perusahaan adalah mencari untung atau menghasilkan laba. Dengan keuntungan ini maka perusahaan dapat berkembang dan berkembang dengan kemampuan yang lebih besar. Keuntungan aktual adalah tujuan keseluruhan perusahaan.

4. Strategi Pemasaran

Hal ini sangat penting bagi perusahaan dimana strategi pemasaran merupakan salah satu cara untuk mencapai tujuan suatu perusahaan. Hal ini juga didukung oleh pendapat Swastha.

Strategi merupakan serangkaian konsep besar yang menggambarkan bagaiman perusahaan harus beroperasi untuk mencapai tujuannya, sehingga dalam menjalankan usaha kecil perlu dikembangkan melalui strategi pemasaranya.
Karena dalam konsep kritis ini sebenarnya usaha kecilah yang mampu memberikan pertumbuhan pendapatannya masayarakat.

Konsep Pemasaran

Dalam konsep dasar pemasaran ada enam konsep yaitu:

1. Konsep Produksi

Ini adalah konsep, konsumen menyukai produk yang dapat ditemukan di mana saja dengan harga murah. Oleh karena itu, orientasi konseptual ini mengarah pada upaya mencapai efisiensi produk yang tinggi dan distribusi yang sangat luas. Di sini, tugas manajemen adalah meningkatkan produksi barang, karena konsumen dipandang mendapat barang dengan harga terjangkau di mana-mana.

2. Konsep Produk

Menjelaskan bahwa mereka akan mengutamakan produk yang memberikan kualitas, kualitas, kinerja, dan karakteristik terbaik. Tugas manajemen disini adalah menghasilkan produk yang berkualitas tinggi dan berpenampilan terbaik dan menarik.

3. Konsep Penjualan

Pernyataan bahwa konsumen dibiarkan sendiri dan bahwa organisasi harus mencoba melakukan kegiatan promosi untuk menarik konsumen.

4. Konsep Pemasaran

Dinyatakan bahwa kunci pencapaian tujuan organisasi perusahaan meliputi penentuan kebutuhan dan tujuan pasar sebagai tujuan, dan secara efektif dan efisien memberikan kepuasan yang sesuai dibandingkan dengan pesaing.

5. Konsep Pemasaran Sosial

Dalam konsep ini, tugas organisasi adalah menentukan kebutuhan, minat, dan keinginan pasar, serta tetap memberikan kepuasan, serta terus menjaga dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat atau konsumen.

6. Konsep Pemasaran Global

Dalam konsep ini, manajer eksekutif harus mencoba memahami semua faktor lingkungan yang dapat mempengaruhi pemasaran melalui manajemen strategis. Tujuan akhirnya adalah berusaha untuk memenuhi semua kebutuhan masyarakat dan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang terlibat di dalam perusahaan.

Baca Juga:  ERP Adalah : Pengertian Menurut Para Ahli, Sejarah, Manfaat, Cara Kerja, Contoh Dan Kelebihannya

Jenis-jenis Konsep Pemasaran

Secara definisi, konsep pemasaran atau pemasaran adalah segala perilaku yang dilakukan oleh suatu perusahaan saat memperkenalkan suatu produk. Dalam prakteknya, perusahaan harus mampu menyesuaikan produk yang dihasilkannya sesuai dengan persepsi pasar. Oleh karena itu, perusahaan biasanya menggunakan beberapa jenis konsep pemasaran untuk mempermudah pemasaran produknya.

Mengingat pentingnya kebutuhan dan keinginan pelanggan dalam pemasaran, kita harus memahaminya dengan baik.

Perhatian kami terhadap pelanggan kami harus didasarkan pada hal-hal berikut:

  • Needs atau kebutuhan: Sesuatu yang penting bagi manusia untuk hidup sehat, stabil dan aman. Ketika kebutuhan tidak terpenuhi, akan terlihat hasil ketidaknyamanan, disfungsi atau kematian. Kebutuhan dapat bersifat obyektif dan praktis, seperti kebutuhan akan makanan, air dan papan; atau subyektif dan psikologis, seperti kebutuhan untuk menjadi bagian dari keluarga atau kelompok sosial dan kebutuhan untuk menghormati diri sendiri.
  • Wants atau keinginan: Sesuatu yang Anda inginkan, atau cita-citakan. Keinginan tidak penting untuk kelangsungan hidup dasar dan sering kali dibentuk oleh budaya.
  • Demands atau permintaan: Ketika kebutuhan dan keinginan didukung oleh kemampuan membayar, maka berpotensi menjadi tuntutan ekonomi.

Ada banyak konsep pemasaran yang digunakan para pemasar sebagai acuan dalam bidang pemasaran. Beberapa dari konsep pemasaran ini ada saat ini, sementara yang lain sudah ketinggalan zaman dan telah diambil alih oleh konsep pemasaran lainnya.

Enam Konsep Pemasaran Dan Tujuannya

Tujuan Pemasaran

Marketing objektive (tujuan pemasaran) adalah tujuan yang akan dicapai perusahaan melalui kegiatan pemasaran. Jika kepuasan dan kebutuhan pelanggan terpenuhi maka akan berdampak pada hasil penjualan produk, dan pada akhirnya akan mencapai tujuan pemasaran yaitu profit. Namun apabila suatu perusahaan mengabaikan kebutuhan konsumen dan hanya memperhatikan produsen, maka sangat memungkinkan terjadinya penurunan kinerja penjualan sehingga meminimalisir keuntungan bahkan menimbulkan kerugian. Kepuasan pembeli atau konsumen merupakan hal terpenting bagi sebuah perusahaan dalam pemasaran.

Dalam hal pemasaran, perlu diingat bahwa kita harus sangat berhati-hati, karena banyak kejadian buruk yang mungkin terjadi saat ini, seperti penipuan dan situasi lainnya. Jika kita ingin terjun jauh ke bidang pemasaran, mohon persiapkan diri kita semaksimal mungkin dan berani mengambil segala resiko yang ada.

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai 6 Konsep Pemasaran, jenis Dan Tujuannya (Pembahasan Lengkap), semoga bermanfaat. Terimakasih.