Promosi Adalah : Pengertian dan Tujuannya

Promosi Adalah : Pengertian dan Tujuannya – Dalam melakukan bisnis pasar serta penjualan di butuhkan ide yang tepat dan pasti agar semua dapat terkendali dengan baik. Langkah dalam penjualan barang sangatlah bergantung dengan ide kreatifitas yang di lakukan oleh perusahaan tersebut.

Langkah yang baik saat mengenalkan produk yaitu dengan cara bertemu langsung kepada para konsumen. Konsumen yang tertarik pasti akan langsung menggunakan barang atau jasa tersebut yang kita tawarkan terhadap para konsumen. Bentuk menawarkan barang di sebut dengan promosi.

Promosi Adalah : Pengertian dan Tujuannya

Promosi adalah salah satu hal yang sangat diperlukan untuk para pengusaha atau perusahaan di bidang barang atau jasa dengan tujuan agar dapat menarik para pelanggan. Agar dapat mengetahui mengenai promosi berikut ini akan di jelasankan dengan tujuannya yang dibahas secara lengkap.

Pengertian Promosi

Promosi merupakan suatu aktivitas komunikasi yang di lakukan oleh pemilik produk atau jasa yang di berikan kepada masyarakat yang mempunyaii tujuan untuk produk atau jasa, nama perusahaan, serta merek bisa di kenal dengan masyarakat luas sekaligus agar dapat mempengaruhi suapaya masyarakat tersebut menggunakan jasa maupun produk tersebut.

Promosi suatu kegiatan dari pemasaran atau penjualan dengan rangka guna dapat mengeinformasikan serta dapat mendorong permintaan konsumen terhadap barang atau jasa dari suatu perusahaan yang memberikan pengeruh terhadap konsumen agar membeli produk atau jasa yang di jual dari perusahaan tersebut.

Promosi merupakan salah satu cara yang di berikan oleh pasar guna mendapat serta menginformasikan dan memberi pengeruh terhadap konsumen atau masyarakat yang bisa membuat tertarik pembeli serta dapat membeli dan menggunakan produk atau barang yang di pasarkannya.
Promosi yaitu suatu kegiatan yang bertujuan guna menyampaikan mengenai barang atau jasa yang di produksi kepada pasar, sehingga barang atau jasa tersebut bisa di kenal oleh khalayak ramai dan di gunakan oleh para konsumen. Promosi juga dapat memberikan manfaat yang besar untuk pemasaran produk atau jasa yang di tawarkan sebab akan mempengaruhi konsumen secara langsung serta akan membuatnya tertarik.

Baca Juga:  Akuntansi Syari’ah : Pengertian Menurut Para Ahli, Dasar Hukum, Ciri, Tujuan, Prinsip, Karakteristik Dan Kelebihannya

Pengertian Promosi Menurut Para Ahli

Berikut merupakan beberapa pengertian dari promosi berdasarkan beberapa sumber yang diantaranya yaitu sebagai berikut:

Sistaningrum “2002:98”

Menurut Sistaningrum promosi merupakan suatu upaya atau kegiatan perusahaan yang mempengaruhi konsumen aktual maupun konsumen potensial supaya mereka mau melakukan pembelian kepada produk yang ditawarkan saat ini atau dimasa yang akan datang.

Gitosudarmo “2000:237”

Menurut Gitosudarmo promosi adalah suatu kegiatan yang ditujukan guna mempengaruhi konsumen supaya bisa bisa menjadi kenal akan produk yang sedang ditawarkan oleh perusahaan kepada mereka yang kemudian mereka menjadi senang lalu membeli produk tersebut.

Kotler “2000:119”

Menurut Kotler Promosi adalah bagian serta proses dari strategi pemasaran sebagai cara untuk berkomunikasi dengan pasar yang menggunakan komposisi bauran promosi “promotional mix”.

Rambat Lupiyoadi “2006:120”

Menurut Rambat promosi yaitu suatu variable dalam bauran pemasaran yang sangat penting yang dilaksanakan oleh perusahaan guna memasarkan produk jasa. Kegiatan promosi tak hanya berfungsi untuk alat komunikasi antara perusahaan dengan konsumen, namun juga bisa digunakan sebagai alat untuk mempengaruhi konsumen dalam kegiatan pembelian atau penggunaan jasa sesuai dengan keinganan dan kebutuhannya.

Stanton (1993)

Menurut Stanton promosi yaitu suatu kegiatan untuk memberikan informasi terhadap konsumen, memengaruhi, serta untuk menghimbau khalayak ramai.

Saladin (2003)

Menurut Saladin promosi yaitu suatu unsur dalam bauran pemasaran perusahaan yang digunakan dengan tujuan untuk memberitahukan, mengingatkan, serta membujuk konsumen mengenai produk perusahaan.

Swastha (1991)

Menurut Swastha promosi merupakan arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat guna mengarahkan seseorang atau organisasi terhadap tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran.

Zimmerer (2002)

Menurut Zimmerer promosi yaitu segala macam bentuk komunikasi persuasi yang dirancang dengan tujuan untuk menginformasikan pelanggan tentang produk atau jasa serta untuk memengaruhi mereka supaya membeli barang atau jasa tersebut yang mencakup publisitas, penjualan perorangan serta periklanan.

Tujuan Promosi

Promosi mempunyai tujuan yang sangat menguntungkan bagi perusahaan tersebut. Agar dapat mengerti mengenai tujuan promosi akan di jelaskan berikut ini:

  1. Menyebarkan informasi tentang produk atau jasa kepada pasar.
  2. Memperoleh konsumen baru dan mempertahankan konsumen lama.
  3. Meningkatkan penjualan.
  4. Memberikan perbedaan kepada barang atau jasa yang menjadi saingannya.
  5. Memberikan citra yang baik terhadap para konsumen mengenai perusahaan tersebut.

Komponen – Komponen Promosi

Berikut adalah beberapa komponen – keomponen dari promosi diantaranya yaitu.

Periklanan

Periklanan merupakan salah satu bentuk penyajian serta promosi non pribadi mengenai ide barang dan jasa yang dibayar oleh sponsor tertentu.

Baca Juga:  √ Produk Domestik Bruto : Pengertian, Jenis dan Rumusnya

Personal Selling

Personal Selling merupakan salah satu penyajian informasi secara lisan dalam suatu percakapan dengan satu atau lebih pembeli dengan tujuan agar dapat mencapai target penjualan.

Promosi Penjualan

Promosi Penjualan adalah salah satu kegiatan pemasaran selain personal selling, periklanan serta publisitas yang mendorong pembelian terhadap konsumen dan efektifitas pengecer. Kegiatan-kegiatan itu diantara adalah: peragaan, pertunjukan, pameran, demonstrasi dan masih banyak lagi.

Publisitas

Publisitas adalah slah satu yang usaha mendorong permintaan secara non pribadi dalam suatu produk, jasa atau ide yang menggunakan berita komersial di dalam media massa dan juga sponsor yang tidak dibebani biaya secara langsung.

Bentuk Promosi

Promosi adalah salah satu kebijakan perusahaan pada kegiatan promosi, Dan berikut ini adalah bentuk promosi.

Publications (Publikasi)

Perusahaan bisa mengusahakan penerbitan-penerbitan tertentu guna meningkatkan citra dari perusahaan tersbut.

Event (Kegiatan)

Event yang dirancang dengan tepat bisa untuk mencapai suatu tujuan public relations tertentu.

News (Pemberitaan)

Semua usaha yang dilakukan agar aktivitas tertentu dari perusahaan menjadi bahan berita di kalangan media masa.

Community Involvement (Kepedulian pada masyarakat)

Perusahaan berusaha ‘akrab’ dan ‘ramah’ terhadap masyarakat yang ada di sekitarnya. Hal ini terutama perlu ada pada sebuah cabang dalam suatu perusahaan yang didirikan di suatu daerah baru.

Identity Media (Penggunaan Media sebagai Identitas)

Semua stationery yang digunakan, mulai dari kartu nama, kertas, taupun amplop, perlu dibuat semenarik mungkin sehingga bisa meningkatkan citra dari suatu perusahaan. Selain itu identity media jugabisa diterapkan salam sarana dan prasarana lain, seperti gedung, mobil pengangkut barang, dan masih banyak lagi.

Lobbying (Mempengaruhi)

Kontak pribadi yang dilakukan secara informal guna mencapai tujuan yang ingin ditentukan.

Pengertian Promosi Dan Tujuan Promosi Lengkap

Social Investment (Investasi Sosial)

Perusahaan bisa ‘merebut’ hati masyarakat yang bertujuan untuk melakukan partisipasi sosial seperti pembangunan jembatan, masjid, taman, dan fasilitas umumyang lain.

Sekianlah penjelasan mengenai Promosi Adalah : Pengertian dan Tujuannya yang di jelasakan oleh seputar pengetahuan. Dengan melakukan promosi di harap barang atau jasa yang di tawarkan oleh perusahaan tersebut menjadi banyak pembeli dan penggunanya dan menambah pemasukan yang baik. Semoga bermanfaat 🙂