Promosi Adalah : Pengertian dan Tujuannya โ Dalam melakukan bisnis pasar serta penjualan di butuhkan ide yang tepat dan pasti agar semua dapat terkendali dengan baik. Langkah dalam penjualan barang sangatlah bergantung dengan ide kreatifitas yang di lakukan oleh perusahaan tersebut.
Langkah yang baik saat mengenalkan produk yaitu dengan cara bertemu langsung kepada para konsumen. Konsumen yang tertarik pasti akan langsung menggunakan barang atau jasa tersebut yang kita tawarkan terhadap para konsumen. Bentuk menawarkan barang di sebut dengan promosi.
Promosi Adalah : Pengertian dan Tujuannya
Promosi adalah salah satu hal yang sangat diperlukan untuk para pengusaha atau perusahaan di bidang barang atau jasa dengan tujuan agar dapat menarik para pelanggan. Agar dapat mengetahui mengenai promosi berikut ini akan di jelasankan dengan tujuannya yang dibahas secara lengkap.
Pengertian Promosi
Promosi merupakan suatu aktivitas komunikasi yang di lakukan oleh pemilik produk atau jasa yang di berikan kepada masyarakat yang mempunyaii tujuan untuk produk atau jasa, nama perusahaan, serta merek bisa di kenal dengan masyarakat luas sekaligus agar dapat mempengaruhi suapaya masyarakat tersebut menggunakan jasa maupun produk tersebut.
Promosi suatu kegiatan dari pemasaran atau penjualan dengan rangka guna dapat mengeinformasikan serta dapat mendorong permintaan konsumen terhadap barang atau jasa dari suatu perusahaan yang memberikan pengeruh terhadap konsumen agar membeli produk atau jasa yang di jual dari perusahaan tersebut.
Promosi merupakan salah satu cara yang di berikan oleh pasar guna mendapat serta menginformasikan dan memberi pengeruh terhadap konsumen atau masyarakat yang bisa membuat tertarik pembeli serta dapat membeli dan menggunakan produk atau barang yang di pasarkannya.
Promosi yaitu suatu kegiatan yang bertujuan guna menyampaikan mengenai barang atau jasa yang di produksi kepada pasar, sehingga barang atau jasa tersebut bisa di kenal oleh khalayak ramai dan di gunakan oleh para konsumen. Promosi juga dapat memberikan manfaat yang besar untuk pemasaran produk atau jasa yang di tawarkan sebab akan mempengaruhi konsumen secara langsung serta akan membuatnya tertarik.
Pengertian Promosi Menurut Para Ahli
Berikut merupakan beberapa pengertian dari promosi berdasarkan beberapa sumber yang diantaranya yaitu sebagai berikut:
Sistaningrum โ2002:98โ
Menurut Sistaningrum promosi merupakan suatu upaya atau kegiatan perusahaan yang mempengaruhi konsumen aktual maupun konsumen potensial supaya mereka mau melakukan pembelian kepada produk yang ditawarkan saat ini atau dimasa yang akan datang.
Gitosudarmo โ2000:237โ
Menurut Gitosudarmo promosi adalah suatu kegiatan yang ditujukan guna mempengaruhi konsumen supaya bisa bisa menjadi kenal akan produk yang sedang ditawarkan oleh perusahaan kepada mereka yang kemudian mereka menjadi senang lalu membeli produk tersebut.
Kotler โ2000:119โ
Menurut Kotler Promosi adalah bagian serta proses dari strategi pemasaran sebagai cara untuk berkomunikasi dengan pasar yang menggunakan komposisi bauran promosi โpromotional mixโ.
Rambat Lupiyoadi โ2006:120โ
Menurut Rambat promosi yaitu suatu variable dalam bauran pemasaran yang sangat penting yang dilaksanakan oleh perusahaan guna memasarkan produk jasa. Kegiatan promosi tak hanya berfungsi untuk alat komunikasi antara perusahaan dengan konsumen, namun juga bisa digunakan sebagai alat untuk mempengaruhi konsumen dalam kegiatan pembelian atau penggunaan jasa sesuai dengan keinganan dan kebutuhannya.
Stanton (1993)
Menurut Stanton promosi yaitu suatu kegiatan untuk memberikan informasi terhadap konsumen, memengaruhi, serta untuk menghimbau khalayak ramai.
Saladin (2003)
Menurut Saladin promosi yaitu suatu unsur dalam bauran pemasaran perusahaan yang digunakan dengan tujuan untuk memberitahukan, mengingatkan, serta membujuk konsumen mengenai produk perusahaan.
Swastha (1991)
Menurut Swastha promosi merupakan arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat guna mengarahkan seseorang atau organisasi terhadap tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran.
Zimmerer (2002)
Menurut Zimmerer promosi yaitu segala macam bentuk komunikasi persuasi yang dirancang dengan tujuan untuk menginformasikan pelanggan tentang produk atau jasa serta untuk memengaruhi mereka supaya membeli barang atau jasa tersebut yang mencakup publisitas, penjualan perorangan serta periklanan.
Tujuan Promosi
Promosi mempunyai tujuan yang sangat menguntungkan bagi perusahaan tersebut. Agar dapat mengerti mengenai tujuan promosi akan di jelaskan berikut ini:
Menyebarkan informasi tentang produk atau jasa kepada pasar.
Memperoleh konsumen baru dan mempertahankan konsumen lama.
Meningkatkan penjualan.
Memberikan perbedaan kepada barang atau jasa yang menjadi saingannya.
Memberikan citra yang baik terhadap para konsumen mengenai perusahaan tersebut.
Komponen โ Komponen Promosi
Berikut adalah beberapa komponen โ keomponen dari promosi diantaranya yaitu.
Periklanan
Periklanan merupakan salah satu bentuk penyajian serta promosi non pribadi mengenai ide barang dan jasa yang dibayar oleh sponsor tertentu.
Personal Selling
Personal Selling merupakan salah satu penyajian informasi secara lisan dalam suatu percakapan dengan satu atau lebih pembeli dengan tujuan agar dapat mencapai target penjualan.
Promosi Penjualan
Promosi Penjualan adalah salah satu kegiatan pemasaran selain personal selling, periklanan serta publisitas yang mendorong pembelian terhadap konsumen dan efektifitas pengecer. Kegiatan-kegiatan itu diantara adalah: peragaan, pertunjukan, pameran, demonstrasi dan masih banyak lagi.
Publisitas
Publisitas adalah slah satu yang usaha mendorong permintaan secara non pribadi dalam suatu produk, jasa atau ide yang menggunakan berita komersial di dalam media massa dan juga sponsor yang tidak dibebani biaya secara langsung.
Bentuk Promosi
Promosi adalah salah satu kebijakan perusahaan pada kegiatan promosi, Dan berikut ini adalah bentuk promosi.
Publications (Publikasi)
Perusahaan bisa mengusahakan penerbitan-penerbitan tertentu guna meningkatkan citra dari perusahaan tersbut.
Event (Kegiatan)
Event yang dirancang dengan tepat bisa untuk mencapai suatu tujuan public relations tertentu.
News (Pemberitaan)
Semua usaha yang dilakukan agar aktivitas tertentu dari perusahaan menjadi bahan berita di kalangan media masa.
Community Involvement (Kepedulian pada masyarakat)
Perusahaan berusaha โakrabโ dan โramahโ terhadap masyarakat yang ada di sekitarnya. Hal ini terutama perlu ada pada sebuah cabang dalam suatu perusahaan yang didirikan di suatu daerah baru.
Identity Media (Penggunaan Media sebagai Identitas)
Semua stationery yang digunakan, mulai dari kartu nama, kertas, taupun amplop, perlu dibuat semenarik mungkin sehingga bisa meningkatkan citra dari suatu perusahaan. Selain itu identity media jugabisa diterapkan salam sarana dan prasarana lain, seperti gedung, mobil pengangkut barang, dan masih banyak lagi.
Lobbying (Mempengaruhi)
Kontak pribadi yang dilakukan secara informal guna mencapai tujuan yang ingin ditentukan.
Social Investment (Investasi Sosial)
Perusahaan bisa โmerebutโ hati masyarakat yang bertujuan untuk melakukan partisipasi sosial seperti pembangunan jembatan, masjid, taman, dan fasilitas umumyang lain.
Sekianlah penjelasan mengenai Promosi Adalah : Pengertian dan Tujuannya yang di jelasakan oleh seputar pengetahuan. Dengan melakukan promosi di harap barang atau jasa yang di tawarkan oleh perusahaan tersebut menjadi banyak pembeli dan penggunanya dan menambah pemasukan yang baik. Semoga bermanfaat ?
โ Pengertian Experiential Marketing, Fungsi, Manfaat,… Pengertian Experiential Marketing, Fungsi, Manfaat, Strategi, Karakteristik dan Implementasinya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang experiential marketing. Yang meliputi pengertian experiential marketing yang dikemukakan oleh para ahli,…
Akuntansi : Pengertian, Sejarah, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan… Akuntansi : Pengertian, Sejarah, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Jenis Bidangnya - Apa yang di maksud dengan istilah Akuntansi ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang Akuntansi dan hal-hal yang melingkupinya.…
Gambar Mikroskop : Pengertian, Sejarah, Jenis, Bagian, Cara… Gambar Mikroskop : Pengertian, Sejarah, Jenis, Bagian, Cara Kerja dan Perawatan Mikroskop - Seberapa dekatkah dirimu mengenali bentuk dan fungsi dari Mikroskop ?Pada kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang Mikroskop…
Kata Pengantar : Pengertian, Struktur dan Contohnya Kata Pengantar : Pengertian, Struktur dan Contohnya - Bagaimana cara menulis Kata Pengantar yang baik ?Pada kesempatan iniย Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah itu Kata Pengantar dan hal lain tentangnyanya.Mari kita simak…
โ 22 Pengertian Pasar Modal Menurut Para Ahli (Bahas… 22 Pengertian Pasar Modal Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)ย - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang pasar modal. Yang mana penjelasan ini adalah pengertian pasar modal yang dikemukakan oleh…
โ Pengertian Target Pasar, Manfaat, Faktor dan Contohnya… Pengertian Target Pasar, Manfaat, Faktor dan Contohnya (Lengkap)ย - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang target pasar. Yang meliputi pengertian target pasar, manfaat target pasar, faktor yang harus diperhatikan…
โ Pengertian Penjualan dan Pemasaran (Pembahasan Lengkap) Pengertian Penjualan dan Pemasaran (Pembahasan Lengkap)ย โ Manusia hidup di dunia ini pastinya menginginkan apa yang ada di dunia ini seluruhnya atau setidaknya apa yang mereka suai dan mereka anggap memerlukannya.…
Materi Pramuka Siaga : Tingkatan, Kode Kehormatan dan Syarat… Materi Pramuka Siaga : Tingkatan, Kode Kehormatan dan Syarat Kecakapan Umum - Apa saja materi untuk pramuka tingkat siaga ? Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya, meliputi tingkatan pramuka siaga,…
โ 19 Pengertian Promosi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) 19 Pengertian Promosi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)ย -ย Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang promosi. Pembahasan ini berdasarkan para ahli yang berpendapat. 19 Pengertian Promosi Menurut Para Ahli (Bahas…
Hukum Ijarah : Pengertian, Dasar Hukum, Syarat, Rukun, Jenis… Hukum Ijarah : Pengertian, Dasar Hukum, Syarat, Rukun, Jenis Dan Ketentuannya - Apakah itu hukum ijarah dan dasarnya ?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya tentang hal lain…
โ Retail : Pengertian, Menurut Para Ahli, Fungsi, Jenisnya Retail : Pengertian, Menurut Para Ahli, Fungsi, Jenisnya โ Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Retail. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian retail, menurut para ahli,…
Pidato Lingkungan : Pengertian, Tujuan, Karakteristik dan… Pidato Lingkungan : Pengertian, Tujuan, Karakteristik dan Contohnya - Bagaimana susunan teks pidato lingkungan yang baik dan benar ?, Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentu hal-hal yang…
20 Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) 20 Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) โ Dalam kehidupan sehari-hari sudah tidak asing lagi bagi kita dengan penyebutan istilah bisnis atau berbisnis. Kata bisnis berasal dari bahasa Inggris…
ERP Adalah : Pengertian Menurut Para Ahli, Sejarah, Manfaat,… ERP Adalah : Pengertian Menurut Para Ahli, Sejarah, Manfaat, Cara Kerja, Contoh Dan Kelebihannya - Apakah itu ERP ?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya tentang hal lain…
Label Adalah : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Ketentuan Label… Label Adalah : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Ketentuan Label Produk, Menurut Para Ahli - Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Label. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan…
Koordinat Kartesius : Pengertian, Sistem, Diagram dan Contoh… Koordinat Kartesius : Pengertian, Sistem, Diagram dan Contoh Soal - Apa yag di maksud dengan koordinat Kartesius ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang Koordinat Kartesius dan hal-hal yang melingkupinya.…
Hutan Mangrove Adalah :Ciri, Manfaat, Pemicu Kerusakan Dan… Hutan Mangrove Adalah :Ciri, Manfaat, Pemicu Kerusakan Dan Penanggulangannya - Apakah yang di maksud dengan hutan mangrove dan fungsinya?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya tentang hal lain…
โ Pengertian Pasar Modern, Ciri, Kelebihan, Kekurangan dan… Pengertian Pasar Modern, Ciri, Kelebihan, Kekurangan dan Contohnyaย - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Pasar Modern. Yang meliputi pengertian, ciri-ciri, kelebihan, kekurangan dan contoh dengan pembahasan lengkap dan…
Pasar Monopsoni : Pengertian, Ciri, Faktor Terbentuk,… Pasar Monopsoni : Pengertian, Ciri, Faktor Terbentuk, Keunggulan dan Kelemahannya - Apakah itu pasar monopsoni ?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya tentang hal lain yang juga melingkupinya.Mari…
โ Pengertian Bisnis, Fungsi, Manfaat, Tujuan dan Jenis… Pengertian Bisnis, Fungsi, Manfaat, Tujuan dan Jenis (Lengkap)ย - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang bisnis. Yang meliputi pengertian bisnis, fungsi bisnis, manfaat bisnis, tujuan bisnis dan jenis-jenis bisnis…
Runtuhnya Kerajaan Kediri : Sejarah dan Peninggalannya Runtuhnya Kerajaan Kediri : Sejarah dan Peninggalannya -ย Kerajaan Kediri atau Kerajaan Kadiri atau Kerajaan panjalu adalah sebuah kerajaan yang ada di Jawa Timur antara tahun 1042-1222. Kerajaan tersebut di kota…
Pasar Tenaga Kerja : Pengertian, Manfaat, Fungsi, Jenis,… Pasar Tenaga Kerja : Pengertian, Manfaat, Fungsi, Jenis, Kelebihan Dan Kekurangannya - Apa yang di maksud dengan pasar tenaga kerja ?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya tentang…
Pengertian Pasar dan Jenis Pasar (Bahas Terlengkap) Pengertian Pasar dan Jenis Pasar (Bahas Terlengkap)ย -ย Dalam kehidupan kita sehari-hari kadang kita tidak menyadari bahwa hampir setiap harinya kita melakukan transaksi jual beli. Apalagi jika kita sedang berada diluar rumah,…
โ Pengertian Hukum Bisnis, Latar Belakang, Tujuan, Fungsi,… Pengertian Hukum Bisnis, Latar Belakang, Tujuan, Fungsi, Ruang Lingkup dan Sumber Hukumnyaย - Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan materi tentang hukum bisnis. Pembahasan ini meliputi pengertian, tujuan, fungsi, ruang…
Pelanggan Adalah : Pengertian Menurut Para Ahli,… Pelanggan Adalah : Pengertian Menurut Para Ahli, Karakteristik, dan Tipe -ย Tentunya kita tahu apa arti pelanggan,namun mungkin belum mengetahuinya lebih mendalam apa saja yang di maksud pelanggan ? Untuk pembahasan…
โ Pengertian Perusahaan Perseorangan, Syarat, Ciri,… Pengertian Perusahaan Perseorangan, Syarat, Ciri, Kelebihan & Kekurangan serta Contohnyaย - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang perusahaan perseorangan. Yang meliputi pengertian perusahaan perseorangan, syarat mendirikan perusahaan perseorangan, ciri-ciri…
Personal Selling Adalah: Pengertian, Tujuan, Sifat, Jenis… Personal Selling Adalah : Pengertian, Tujuan, Sifat,Jenis dan Tahapannya - Personal selling terjadi ketika perusahaan mengirimkan salesman mereka untuk menjual atau menawarkan produk dan layanan dengan langsung bertatap muka.Pada kali…
Lompat Jauh : Pengertian, Sejarah, Teknik, Gaya dan… Lompat Jauh : Pengertian, Sejarah, Teknik, Gaya dan Peraturannya - Apa yang disebut dengan Lompat Jauh ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah itu Lompat Jauh dan hal-hal lain tentangnya.Mari…
โ 15 Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli,… 15 Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli, Tugas, Tujuan, Fungsi, Konsep, Unsurย - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang manajemen pemasaran. Pembahasan yang meliputi pengertian, tugas, tujuan, fungsi, konsep,…
74 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli 74 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli โ Manusia sejak lahir ke dunia sudah mendapatkan pendidikan hingga ia masuk ke bangku sekolah. kata pendidikan sudah tidak asing lagi ditelinga, karena semua…