Promosi Adalah : Pengertian dan Tujuannya – Dalam melakukan bisnis pasar serta penjualan di butuhkan ide yang tepat dan pasti agar semua dapat terkendali dengan baik. Langkah dalam penjualan barang sangatlah bergantung dengan ide kreatifitas yang di lakukan oleh perusahaan tersebut.
Langkah yang baik saat mengenalkan produk yaitu dengan cara bertemu langsung kepada para konsumen. Konsumen yang tertarik pasti akan langsung menggunakan barang atau jasa tersebut yang kita tawarkan terhadap para konsumen. Bentuk menawarkan barang di sebut dengan promosi.
Promosi Adalah : Pengertian dan Tujuannya
Promosi adalah salah satu hal yang sangat diperlukan untuk para pengusaha atau perusahaan di bidang barang atau jasa dengan tujuan agar dapat menarik para pelanggan. Agar dapat mengetahui mengenai promosi berikut ini akan di jelasankan dengan tujuannya yang dibahas secara lengkap.
Pengertian Promosi
Promosi merupakan suatu aktivitas komunikasi yang di lakukan oleh pemilik produk atau jasa yang di berikan kepada masyarakat yang mempunyaii tujuan untuk produk atau jasa, nama perusahaan, serta merek bisa di kenal dengan masyarakat luas sekaligus agar dapat mempengaruhi suapaya masyarakat tersebut menggunakan jasa maupun produk tersebut.
Promosi suatu kegiatan dari pemasaran atau penjualan dengan rangka guna dapat mengeinformasikan serta dapat mendorong permintaan konsumen terhadap barang atau jasa dari suatu perusahaan yang memberikan pengeruh terhadap konsumen agar membeli produk atau jasa yang di jual dari perusahaan tersebut.
Promosi merupakan salah satu cara yang di berikan oleh pasar guna mendapat serta menginformasikan dan memberi pengeruh terhadap konsumen atau masyarakat yang bisa membuat tertarik pembeli serta dapat membeli dan menggunakan produk atau barang yang di pasarkannya.
Promosi yaitu suatu kegiatan yang bertujuan guna menyampaikan mengenai barang atau jasa yang di produksi kepada pasar, sehingga barang atau jasa tersebut bisa di kenal oleh khalayak ramai dan di gunakan oleh para konsumen. Promosi juga dapat memberikan manfaat yang besar untuk pemasaran produk atau jasa yang di tawarkan sebab akan mempengaruhi konsumen secara langsung serta akan membuatnya tertarik.
Pengertian Promosi Menurut Para Ahli
Berikut merupakan beberapa pengertian dari promosi berdasarkan beberapa sumber yang diantaranya yaitu sebagai berikut:
Sistaningrum “2002:98”
Menurut Sistaningrum promosi merupakan suatu upaya atau kegiatan perusahaan yang mempengaruhi konsumen aktual maupun konsumen potensial supaya mereka mau melakukan pembelian kepada produk yang ditawarkan saat ini atau dimasa yang akan datang.
Gitosudarmo “2000:237”
Menurut Gitosudarmo promosi adalah suatu kegiatan yang ditujukan guna mempengaruhi konsumen supaya bisa bisa menjadi kenal akan produk yang sedang ditawarkan oleh perusahaan kepada mereka yang kemudian mereka menjadi senang lalu membeli produk tersebut.
Kotler “2000:119”
Menurut Kotler Promosi adalah bagian serta proses dari strategi pemasaran sebagai cara untuk berkomunikasi dengan pasar yang menggunakan komposisi bauran promosi “promotional mix”.
Rambat Lupiyoadi “2006:120”
Menurut Rambat promosi yaitu suatu variable dalam bauran pemasaran yang sangat penting yang dilaksanakan oleh perusahaan guna memasarkan produk jasa. Kegiatan promosi tak hanya berfungsi untuk alat komunikasi antara perusahaan dengan konsumen, namun juga bisa digunakan sebagai alat untuk mempengaruhi konsumen dalam kegiatan pembelian atau penggunaan jasa sesuai dengan keinganan dan kebutuhannya.
Stanton (1993)
Menurut Stanton promosi yaitu suatu kegiatan untuk memberikan informasi terhadap konsumen, memengaruhi, serta untuk menghimbau khalayak ramai.
Saladin (2003)
Menurut Saladin promosi yaitu suatu unsur dalam bauran pemasaran perusahaan yang digunakan dengan tujuan untuk memberitahukan, mengingatkan, serta membujuk konsumen mengenai produk perusahaan.
Swastha (1991)
Menurut Swastha promosi merupakan arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat guna mengarahkan seseorang atau organisasi terhadap tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran.
Zimmerer (2002)
Menurut Zimmerer promosi yaitu segala macam bentuk komunikasi persuasi yang dirancang dengan tujuan untuk menginformasikan pelanggan tentang produk atau jasa serta untuk memengaruhi mereka supaya membeli barang atau jasa tersebut yang mencakup publisitas, penjualan perorangan serta periklanan.
Tujuan Promosi
Promosi mempunyai tujuan yang sangat menguntungkan bagi perusahaan tersebut. Agar dapat mengerti mengenai tujuan promosi akan di jelaskan berikut ini:
Menyebarkan informasi tentang produk atau jasa kepada pasar.
Memperoleh konsumen baru dan mempertahankan konsumen lama.
Meningkatkan penjualan.
Memberikan perbedaan kepada barang atau jasa yang menjadi saingannya.
Memberikan citra yang baik terhadap para konsumen mengenai perusahaan tersebut.
Komponen – Komponen Promosi
Berikut adalah beberapa komponen – keomponen dari promosi diantaranya yaitu.
Periklanan
Periklanan merupakan salah satu bentuk penyajian serta promosi non pribadi mengenai ide barang dan jasa yang dibayar oleh sponsor tertentu.
Personal Selling
Personal Selling merupakan salah satu penyajian informasi secara lisan dalam suatu percakapan dengan satu atau lebih pembeli dengan tujuan agar dapat mencapai target penjualan.
Promosi Penjualan
Promosi Penjualan adalah salah satu kegiatan pemasaran selain personal selling, periklanan serta publisitas yang mendorong pembelian terhadap konsumen dan efektifitas pengecer. Kegiatan-kegiatan itu diantara adalah: peragaan, pertunjukan, pameran, demonstrasi dan masih banyak lagi.
Publisitas
Publisitas adalah slah satu yang usaha mendorong permintaan secara non pribadi dalam suatu produk, jasa atau ide yang menggunakan berita komersial di dalam media massa dan juga sponsor yang tidak dibebani biaya secara langsung.
Bentuk Promosi
Promosi adalah salah satu kebijakan perusahaan pada kegiatan promosi, Dan berikut ini adalah bentuk promosi.
Publications (Publikasi)
Perusahaan bisa mengusahakan penerbitan-penerbitan tertentu guna meningkatkan citra dari perusahaan tersbut.
Event (Kegiatan)
Event yang dirancang dengan tepat bisa untuk mencapai suatu tujuan public relations tertentu.
News (Pemberitaan)
Semua usaha yang dilakukan agar aktivitas tertentu dari perusahaan menjadi bahan berita di kalangan media masa.
Community Involvement (Kepedulian pada masyarakat)
Perusahaan berusaha ‘akrab’ dan ‘ramah’ terhadap masyarakat yang ada di sekitarnya. Hal ini terutama perlu ada pada sebuah cabang dalam suatu perusahaan yang didirikan di suatu daerah baru.
Identity Media (Penggunaan Media sebagai Identitas)
Semua stationery yang digunakan, mulai dari kartu nama, kertas, taupun amplop, perlu dibuat semenarik mungkin sehingga bisa meningkatkan citra dari suatu perusahaan. Selain itu identity media jugabisa diterapkan salam sarana dan prasarana lain, seperti gedung, mobil pengangkut barang, dan masih banyak lagi.
Lobbying (Mempengaruhi)
Kontak pribadi yang dilakukan secara informal guna mencapai tujuan yang ingin ditentukan.
Social Investment (Investasi Sosial)
Perusahaan bisa ‘merebut’ hati masyarakat yang bertujuan untuk melakukan partisipasi sosial seperti pembangunan jembatan, masjid, taman, dan fasilitas umumyang lain.
Sekianlah penjelasan mengenai Promosi Adalah : Pengertian dan Tujuannya yang di jelasakan oleh seputar pengetahuan. Dengan melakukan promosi di harap barang atau jasa yang di tawarkan oleh perusahaan tersebut menjadi banyak pembeli dan penggunanya dan menambah pemasukan yang baik. Semoga bermanfaat ?
Daftar Isi
Rekomendasi:
Pengertian Pasar dan Jenis Pasar (Bahas Terlengkap) Pengertian Pasar dan Jenis Pasar (Bahas Terlengkap) - Dalam kehidupan kita sehari-hari kadang kita tidak menyadari bahwa hampir setiap harinya kita melakukan transaksi jual beli. Apalagi jika kita sedang berada diluar rumah,…
Perangkat Keras Komputer : Cara Kerja, Jenis, Contoh dan… Perangkat Keras Komputer : Cara Kerja, Jenis, Contoh dan Fungsinya - Di era Komputerisasi saat ini pasti kita sudah tak asing dengan Komputer dan Perangkatnya.Namun, mungkin ada yang belum tahu…
6 Konsep Pemasaran, jenis Dan Tujuannya (Pembahasan Lengkap) 6 Konsep Pemasaran, jenis Dan Tujuannya (Pembahasan Lengkap) – Setelah sebelumnya kita membahas tentang pengertian pemasaran, kali ini kita fokuskan kembali mengenai konsep-konsep pemasaran. Dimana konsep pemasaran merupakan falsafah perusahaan…
Contoh Soal Seni Budaya Kelas 10 (X) SMA/MA/SMK Semester 1… Contoh Soal Seni Budaya Kelas 10 (X) SMA/MA/SMK Semester 1 dan 2 (2019 dan 2020)- Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas Soal Seni Budaya Kelas 10 Pilihan Ganda dan Essay…
Karya Seni Rupa 2 Dimensi : Pengertian, Teknik, Unsur, Media… Karya Seni Rupa 2 Dimensi : Pengertian, Teknik, Unsur, Media dan Contohnya - Apa yang di maksud dengan Karya Seni Rupa 2 Dimensi ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah…
Gak Perlu Ribet, Berikut Cara Membangun Merek dengan Mudah seputarpengetahuan.co.id - Cara Membangun Merek - Bayangkan Anda harus membeli hadiah untuk teman Anda yang menyukai cokelat. Apakah Anda menggunakan Reese's, atau produk generik dengan harga lebih rendah? Bagi saya,…
Kata Pengantar : Pengertian, Struktur dan Contohnya Kata Pengantar : Pengertian, Struktur dan Contohnya - Bagaimana cara menulis Kata Pengantar yang baik ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah itu Kata Pengantar dan hal lain tentangnyanya.Mari kita simak…
Alat Optik : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Bagian Bagiannya Alat Optik : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Bagian Bagiannya - Apakah itu alat optik dan apa saja jenisnya? Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya tentang hal lain yang…
√ PPN : Pengertian, Objek, Subjek, Rumus dan Contohnya PPN : Pengertian, Objek, Subjek, Rumus dan Contohnya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang PPN. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian PPN, Objek, subjek, rumus…
8 Langkah Mudah Cara Menjual Karya Seni Online seputarpengetahuan.co.id - Ingin belajar cara menjual karya seni secara online? Ide bagus! Menjual karya seni adalah cara luar biasa untuk menghasilkan uang dengan melakukan apa yang Anda sukai. Orang-orang di seluruh…
√ 22 Pengertian Pasar Modal Menurut Para Ahli (Bahas… 22 Pengertian Pasar Modal Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang pasar modal. Yang mana penjelasan ini adalah pengertian pasar modal yang dikemukakan oleh…
Pencak Silat : Pengertian, Sejarah, Ciri, Tujuan, Teknik,… Pencak Silat : Pengertian, Sejarah, Ciri, Tujuan, Teknik, dan Tingkatannya - Adakah yang belum tahu apa itu Pencak Silat ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang Pencak Silat dan hal-hal lain…
Contoh Resensi Buku Non Fiksi : Tujuan dan Manfaat Resensi Contoh Resensi Buku Non Fiksi : Tujuan dan Manfaat Resensi - Apa yang di maksud dengan resensi buku non fiksi ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah itu Resensi Buku…
√ Regulasi Bisnis : Pengertian, Macam, Tujuan Beserta… Regulasi Bisnis : Pengertian, Macam, Tujuan Beserta Contohnya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Regulasi. Yang mana dalam pembahan kali ini menjelaskan pengertian regulasi, macam , tujuan…
Ide & Cara Memulai Bisnis Hewan Peliharaan 2023 seputarpengetahuan.co.id - Jika Anda pernah berinteraksi dengan bisnis hewan peliharaan, Anda tahu bahwa ini adalah tempat yang berkembang pesat untuk berbisnis. Banyak pemilik hewan peliharaan terobsesi dengan bulu bayi, dan toko…
Panduan Lengkap Cara Memulai Bisnis Online 2023 seputarpengetahuan.co.id - Cara Memulai Bisnis Online - Memulai bisnis online memang tidak mudah. Ada begitu banyak keputusan penting yang harus diambil. Apa yang harus dijual? Kepada siapa harus menjual? Bagaimana…
Pengertian Metode Pembelajaran : Ciri, Tujuan, Jenis dan… Pengertian Metode Pembelajaran : Ciri, Tujuan, Jenis dan Pembahasannya - Apakah yang di maksud dengan Metode Pembelajaran?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya tentang hal lain yang juga…
Cara Jualan di Amazon 2023: Panduan & Tips Jitu seputarpengetahuan.co.id - Ingin tahu cara jualan di Amazon? Langkah pertama adalah menyinkronkan Amazon dan Shopify. Shopify adalah mitra Amazon resmi yang memungkinkan pengusaha seperti Anda menjual produk di Amazon. Anda dapat…
Makalah : Pengertian, Ciri, Fungsi, Jenis, Struktur, Cara… Makalah : Pengertian, Ciri, Fungsi, Jenis, Struktur, Cara Membuat dan Contoh - Apa yang di maksud dengan Makalah dan bagaimana Penulisannya yang baik dan benar ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan…
Zaman Renaissance Zaman Renaissance : Pengertian, Sejarah, Latar Belakang dan Para Tokohnya - Apa yang di maksud dengan zaman renaissance? Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya tentang hal lain yang juga…
Kata Kata Bijak Islami Kata Kata Bijak Islami - Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang Kata Kata Bijak Islami dan contohnya.Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat…
√ Pengertian Bisnis, Fungsi, Manfaat, Tujuan dan Jenis… Pengertian Bisnis, Fungsi, Manfaat, Tujuan dan Jenis (Lengkap) - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang bisnis. Yang meliputi pengertian bisnis, fungsi bisnis, manfaat bisnis, tujuan bisnis dan jenis-jenis bisnis…
Permainan Bulu Tangkis : Sejarah, Teknik, Peraturan, Sarana… Permainan Bulu Tangkis : Sejarah, Teknik, Peraturan, Sarana Dan Prasarananya - Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas permainan bulu tangkis dan tentunya tentang hal lain yang juga melingkupinya.Mari kita simak…
Teks Cerpen : Pengertian, Ciri, Struktur, Unsur dan Contoh Teks Cerpen : Pengertian, Ciri, Struktur, Unsur dan Contoh - Apakah itu Teks Cerpen ?Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang Teks Cerpen dan hal-hal yang melingkupinya. Mari kita…
√ Pengertian Pasar Persaingan Monopolistik, Ciri, Sistem… Pengertian Pasar Persaingan Monopolistik, Ciri, Sistem Harga, Kelebihan, Kekurangan dan Contohnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan Pasar Persaingan Monopolistik. Yang meliputi pengertian pasar persaingan monopolistik, ciri-rici, sistem harga,…
20 Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) 20 Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Dalam kehidupan sehari-hari sudah tidak asing lagi bagi kita dengan penyebutan istilah bisnis atau berbisnis. Kata bisnis berasal dari bahasa Inggris…
Pidato Lingkungan : Pengertian, Tujuan, Karakteristik dan… Pidato Lingkungan : Pengertian, Tujuan, Karakteristik dan Contohnya - Bagaimana susunan teks pidato lingkungan yang baik dan benar ?, Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentu hal-hal yang…
21 Pengertian Marketing Menurut Para Ahli (Pembahasan… 21 Pengertian Marketing Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Kali ini Seputar Pengetahuan akan membahas mengenai apa itu Marketing, dalam perkuliahan khusunya di jurusan manajemen kita akan menemukan pembahasan mengenai…
√ Pengertian Promosi, Fungsi, Jenis & Contoh Promosi Lengkap Pengertian Promosi, Fungsi, Jenis & Contoh Promosi Lengkap - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang promosi. Penjelasan yang meliputi pengertian promosi, fungsi promosi, jenis promosi, contoh promosi yang akan…
Iman Kepada Qada dan Qadar : Pengertian, Dalil, Hikmah dan… Iman Kepada Qada dan Qadar : Pengertian, Dalil, Hikmah dan Fungsinya - Apakah yang di maksud dengan Iman Kepada Qada dan Qadar ?Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan…