√ Pengertian Pembuluh Nadi (Arteri), Fungsi, Ciri dan Jenisnya

Pengertian Pembuluh Nadi (Arteri), Fungsi, Ciri dan Jenisnya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang pembuluh nadi atau yang sering disebut arteri. Pembahasan yang meliputi pengertian pembuluh nadi, fungsi pembuluh nadi, ciri-ciri pembuluh nadi dan jenis pembuluh nadi yang akan dijelaskan dengan lengkap dan ringan. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Pembuluh Nadi (Arteri), Fungsi, Ciri dan Jenisnya

Mari kita bahas pengertiannya terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Pembuluh Nadi Atau Pembuluh Arteri

Pembuluh nadi ialah pembuluh darah berotot yang membawa darah dari jantung. Fungsi ini berbeda dengan fungsi pembuluh balik yang membawa darah menuju jantung. Pada dinding pembuluh sekitar nadi ini terdiri atas 3 lapisan berupa lapisan luar yang elastis, lapisan tengah berupa sel-sel otot polos dan lapisan dalam yang terdiri atas selapis sel yang berdinding tipis.

Pembuluh nadi mempunyai dinding tebal yang kuat dan elastis yang membantu memberikan tenaga pemompa jantung untuk menyalurkan darah ke seluruh tubuh. Pemompaan jantung membuat darah terdorong untuk mengalir, sehingga hal ini akan memberikan tekanan disepanjang dinding pembuluh yang dilalui dan itu membuat denyutan. Umumnya, letah pembuluh nadi atau arteri ini berada didalam tubuh.

Pembuluh arteri yang terbesar disebut juga aorta. Pada pembuluh ini berpangkal pada bilik kiri jantung dan mempunyai fungsi untuk membawa dara yang mengandung banyak oksigen atau darah bersih ke seluruh tubuh. Pembuluh ini mempunyai katup yang letaknya tepat di luar jantung. Aorta mempunyau dua cabang, satu cabang menuju kepala dan cabang lain menuju tubuh bagian bawah. Kedua pembuluh nadi yang keluar dari jantung lalu bercabang lagi menjadi pembuluh nadi yang lebih kecil. Pembuluh arteri yang terkecil disebut dengan arteriol. Arteriol mempunyai ukuran lebih tipis dari satu sisir rambut. Arteriol tersebut bercabang lagi menjadi pembuluh kapiler.

Selain aorta, pembuluh arteri yang membawa darah dari jantung adalah pembuluh nadi paru-paru atau arteri pulmonalis. Pembuluh arteri pulmonalis mempunyai pangkal pada bilik kanan jantung dan mempunyai ukuran yang lebih kecil dari aorta. Arteri pulmonalis mempunyai fungsi membawa darah yang mengandung karbon dioksida atau darah kotor dan uap air ke paru-paru. Melalui pembuluh nadi, darah dari jantung diedarkan ke semua jaringan tubuh termasuk jaringan penyusun jantung.

Pembuluh arteri yang fungsinya mengalirkan oksigen dari zat makanan ke jantung disebut dengan nadi tajuk atau arteri koronaria. Pembuluh itu mempunyai ukuran yang sangat kecil sehingga mudah tersumbat gumpalan lemak. Penyumbatan aliran darah menyebabkan sebagian sel pada organ jantung menjadi kekurangan makanan dan oksigen. Kejadian penyumbatan pembuluh arteri jantung disebut dengan koronariasis.

Fungsi Pembuluh Nadi (Arteri)

Fungsi dari pembuluh nadi adalah sebagai berikut:

  • Berfungsi untuk mengalirkan darah dari jantung ke seluruh tubuh
  • Berfungsi sebagai pengantar oksigen dan nutrisi ke seluruh sel
  • Berfungsi sebagai pengangkut zat buangan misalnya karbon dioksida
  • Berfungsi sebagai penjaga keseimbangan mobilitasi protein, kimia dan unsur sistem kekebalan tubuh dan sel.

Ciri-Ciri Pembuluh Nadi (Arteri)

Ciri-ciri dari pembuluh nadi atau pembuluh arteri adalah sebagai berikut:

  • Dindingnya terdiri dari tiga lapis. Lapisan terluar berbentuk sel otot elastis, lapisan tengah berbentuk sel otot polos, dan lapisan dalam terbentuk oleh selapis sel berdinding tipis.
  • Mempunyai dinding tebal, kuat dan elastis
  • Membawa darah bersih
  • Mempunyai satu katup yaitu awal pembuluh yang letaknya di dekat jantung
  • Jika terluka, darah akan memancar
  • Berada pada bagian dalam tubuh

Pengertian Pembuluh Nadi (Arteri), Fungsi, Ciri, Jenis

Jenis-Jenis Pembuluh Nadi (Arteri)

Pembuluh nadi terdiri dari beberama jenis atau macam yang antara lain:

  • Arteri Pumonalis

    Arteri pulmonalis atau nadi paru-paru adalah pembuluh yang dilewati darah dari bilik menuju ke paru-paru. Pembuluh jenis ini berisi banyak karbon dioksida yang akan dilepaskan ke paru-paru lebih tepatnya pada alveolus.

  • Arteri Sistemik

    Arteri sistemik yaitu pembuluh nadi yang berfungsi mengantarkan darah menuju arteriol, yang selanjutnya menuju ke pembuluh kapiler di tempat dimana zat nutrisi dan oksigen ditukarkan.

  • Aorta

    Aorta merupakan pembuluh nadi yang mempunyai bentuk terkecil yang berkaitan dengan pembuluh kapiler.

  • Pembuluh Kapiler

    Pembuluh kapiler yaitu tempat pertukaran zat yang menjadi fungsi utama dalam sistem sirkulasi, pembuluh kapiler bukan pembuluh sebenarnya. Pembuluh kapiler adalah pembuluh yang menghubungkan cabang pembuluh dan cabang pembuluh balik dengan sel tubuh.

Demikialan telah dijelaskan tentang Pengertian Pembuluh Nadi (Arteri), Fungsi, Ciri dan Jenisnya, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel kami lainnya.

Daftar Isi