Macam-macam Fungsi Paru-Paru Pada Organ Tubuh Manusia

Macam-macam Fungsi Paru-Paru Pada Organ Tubuh Manusia Lengkap – Paru-paru merupakan salah satu organ terpenting bagi tubuh manusia, karena jika paru-paru dalam tubuh manusia tidak berfungsi dengan baik, maka akan menimbulkan kematian. Manusia butuh bernafas dalam setiap detik, sehingga paru-paru sangat berperan aktif bagi pernafasan manusia. Dalam kesempatan ini, seputarpengetahuan.com akan menjelaskan tentang apa saja fungsinya bagi tubuh manusia.

Macam-macam Fungsi Paru-Paru Pada Organ Tubuh Manusia

Mari simak pembahsan lengkapnya berikut ini.

Fungsi Paru-Paru

Paru-paru terletak didalam rongga dada sebelah kanan dan kiri. Paru-paru sebelah kanan terdapat tiga gelambir dan paru-paru sebelah kiri terdapat dua gelambir.

Adapun fungsi paru-paru ialah sebagai berikut:

1. Sebagai Alat Respirasi

Manusia membutuhkan oksigen untuk membantu dalam proses metabolisme tubuh. Paru-paru merupakan salah satu dari sistem pernafasan manusia.

2. Sebagai Sistem Ekskresi

Yakni mengeluarkan CO2 (karbondioksida) dan H2O (uap air). Ini adalah fungsi utama paru-paru bagi tubuh manusia.

3. Pengendalian pH darah

Yakni dengan cara mengubah tekanan CO2.

4. Sebagai Reservoir

Paru-paru juga berfungsi sebagai reservoir darah didalam tubuh manusia.

5. Mengubah angiotensin I menjadi angiontensin II

Yang dilakukan oleh enzim angiontensin converting.

Adapun kelainan atau penyakit yang berkaitan dengan paru-paru antara lain:

  • Kanker paru-paru. Biasanya disebabkan karena merokok baik perokok aktif dan perokok pasif, sering atau terlalu banyak menghirup debu kromium, asbes, radiasi ionisasi, radiasi radio aktif, bahan kimia yang beracun, juga stres.
  • Asma. Dikenal juga dengan istilah sesak nafas. Yakni suatu kelainan karena adanya penyumbatan saluran pernafasan yang bisa disebabkan oleh alergi, infeksi bakteri, virus juga tekanan psikologi pada diri manusia.
  • Tuberkolusis atau TBC.  Penyakit ini disebabkan karena bakteri mycobacterium tuberculosis.
  • Emfisema. Merupakan jenis penyakit yang mengakibatkan pembengkakan pada organ paru-paru karena pembuluh darahnya penuh terisi udara. Biasanya disebabkan karena asap rokok dan kurangnya enzim alfa-1.
  • Bronkitis. yakni peradangan yang terjadi pada bronkus atau saluran yang membawa udara ke paru-paru. Penyebabnuya yaitu kuman, virus, bakteri, asap rokok, polusi udara dan debu.

Macam-Macam Fungsi Paru-Paru Pada Organ Tubuh Manusia

Jadi, fungsi utama paru-paru ialah menukar O2 (oksigen) dari udara dengan CO2 (karbondioksida) dari darah dengan menggunakan bantuan hemoglobin.

Nah itulah penjelasan singkat kita kali ini mengenai Macam-macam Fungsi Paru-Paru Pada Organ Tubuh Manusia, semoga bermanfaat bagi kita semua. Sekian  dan terimakasih.

Daftar Isi