30 Fungsi Hati bagi Tubuh Manusia (Pembahasan Lengkap)

30 Fungsi Hati bagi Tubuh Manusia (Pembahasan Lengkap) – Sebelumnya telah dibahas mengenai fungsi paru-parufungsi ginjal dan fungsi kulit bagi tubuh manusia. Ada lagi organ tubuh yang sangat vital yakni hati. Organ yang satu ini memiliki banyak fungsi bagi tubuh kita. Dalam kesempatan ini, seputarpengetahuan.com akan menjelaskan secara singkat tentang apa saja fungsi hati bagi tubuh manusia. Berikut penjelasannya.

30 Fungsi Hati bagi Tubuh Manusia (Pembahasan Lengkap)

Mari kita bahas lengkap fungsi hati dengan detail.

Fungsi Hati bagi Tubuh Manusia

Ada beberapa fungsi hati, diantaranya:

1. Detoksifikasi

Hati disini berfungsi sebagai penawar racun, makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari berpotensi untuk racun yang akan merugikan tubuh kita. Untuk itu hati berfungsi sebagai penangkal segala sesuatu yang kita konsumsi yang diserap oleh tubuh, bukan berarti hati dapat menghilangkan racun yang ada di dalam tubuh, hanya saja hati digunakan untuk meminimalisir racun yang masuk ke dalam tubuh kita. Untuk menghilangkan racun itu sendiri, kita harus pintar menjaga asupan makanan kita. (Baca juga: Fungsi Katup Jantung)

2. Menyimpan Kadar Gula Darah

Glikogen atau yang biasa disebut dengan kadar gula darah merupakan sumber energi yang dapat membuat kita bergerak lebih aktif dalam beraktivitas, sedangkan jika kadar gula darah kita kurang maka tubuh kita akan selalu mengalami kelelahan dan lemas. Fungsi yang ditunjukkan hati di sini adalah sebagai penyimpan kadar gula darah jika kadar gula ini terlalu banyak dimakan untuk menyimpan kelebihan ini di hati yang akan dikeluarkan dari waktu ke waktu.

3. Sekresi Birubilin

Birubilin sendiri disini berfungsi sebagai pewarna pada feses dan urine kita, hal inilah yang dapat menentukan kesehatan liver kita. Sebelum digunakan untuk memberi warna biru, bilirubin sendiri harus mampu memecah senyawa sel darah merah yang bisa berbahaya dan harus segera dikeluarkan baik melalui feses maupun melalui urin. (baca juga : Fungsi Hemogoblin )

4. Menyimpan Vitamin dan Mineral

Sama seperti fungsinya untuk menyimpan kadar gula darah, vitamin dan mineral disimpan secara berlebihan dan jika kekurangan, hati akan melepaskan apa yang dibutuhkan dalam tubuh. Vitamin yang disimpan di hati adalah vitamin yang larut dalam lemak A, D, E, K dan juga B12.

5. Pembentukan Sel Darah Merah

Tubuh sangat membutuhkan hati untuk memproduksi sel darah merah karena sel darah merah ini dalam hitungan bulan akan dihancurkan sehingga dibutuhkan hati untuk membentuk sel darah merah baru.

6. Sistem Antibody

Tidak hanya untuk dapat menahan racun, hati juga digunakan sebagai pertahanan tubuh terhadap berbagai penyakit yang mungkin menyerang tubuh untuk itu diperlukan suatu mekanisme pertahanan yang biasa disebut dengan sel Kupffer atau sistem makrofag. Mekanisme ini digunakan untuk secara efektif melawan bakteri atau virus yang dapat bersarang di dalam tubuh manusia. Selain sebagai anti bodi, hati juga berfungsi sebagai sistem imun yang sangat efektif bagi manusia. (Baca juga: Perbedaan Plasma dan Serum Darah).

7. Pengatur kadar gula

Selain hati digunakan untuk menyimpan kadar gula, hati juga digunakan untuk mengatur kadar gula yang jika terlalu banyak dikonsumsi oleh tubuh dapat menyebabkan penyakit gula darah. Kadar gula darah akan digunakan sesuai kebutuhan tubuh, tidak lebih dan tidak kurang. Selain sebagai pengatur hati, juga berfungsi sebagai penghasil hormon yang dapat berhubungan dengan kadar gula (glukosa) darah dan juga sistem pencernaan.

8. Mengontrol Sirkulasi Tubuh

Selain yang sudah dijelaskan di atas, hati juga memiliki lebih banyak fungsi bagi tubuh. Salah satu fungsi hati pada tubuh manusia yaitu hati juga memiliki fungsi untuk melancarkan peredaran darah pada tubuh manusia.

9. Membuat Protein Flasma

Perlu diketahui juga bahwa fungsi hati dalam tubuh manusia adalah membuat protein flasma yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Anda juga harus mengetahui hal ini, karena ini dialami oleh semua makhluk hidup.

10. Menyempurnakan Eritrosit

Fungsi lain hati dalam tubuh manusia adalah menyempurnakan sel darah merah yang sering disebut eritrosit. Untuk menyempurnakan eritrosit maka juga dengan bantuan beberapa zat. Yang bisa membantu adalah zat hermatin.

11. Pembuangan zat bilirubin

Fungsi hati dalam tubuh manusia juga membantu tubuh manusia untuk mengeluarkan bilirubin. Bilirubin adalah zat yang ada di dalam tubuh manusia dan zat ini tidak baik untuk tubuh manusia, sehingga manusia juga harus membuang zat ini melalui sistem ekskresi.

12. Menyimpan Mineral

Hati juga memiliki fungsi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia yaitu untuk menyimpan mineral. Mineral ini akan digunakan oleh sistem peredaran darah manusia, seperti halnya zat besi.

13. Menyimpan Glikogen

Hati juga memiliki fungsi untuk menyimpan glikogen atau yang sering disebut gula otot. Gula otot bisa ada sebagai akibat dari perubahan yang terjadi antara glukosa itu sendiri. Glukosa disebabkan oleh hormon insulin, sehingga hati juga digunakan untuk mengontrol kadar gula darah.

14. Menghindari Penggumpalan Darah

Menghindari penggumpalan darah yaitu dengan melakukan suatu proses atau metode untuk mengeluarkan protrombin dan fibrinogen

15. Mengubah Zat Makanan

Nutrisi diubah sesuai dengan penggunaannya. Selain itu, fungsi hati juga digunakan sebagai perubahan zat makanan yang terjadi di dalam tubuh manusia dan diaborsi di usus manusia untuk kemudian disimpan pada suatu tempat di dalam tubuh manusia.

12 Fungsi Hati bagi Tubuh Manusia Secara Umum

16. Menghasilkan Cairan Empedu

Untuk fungsi hati yang satu ini ialah membantu empedu untuk menghasilkan sebuah cairan yang berupa empedu. Hasil dari Cairan empedu ini berasa; dari sel darah merah yang terdapat pada tubuh manusia serta yang telah di olah di dalam hati manusia. Cairan empedu yang terdapat  pada tubuh manusia ini memupunyai fungsi yang tersendiri yaitu berfungsi untuk megemulsikan lemak yang terdapat pada makanan. Kantong empedu ini juga juga dapat memberikan setengah liter setiap hari nya. Empedu yang terdapat pada tubuh manusia mempunyai warna hijau serta mempunyai rasa yang pahit.

Berikut ini adalah Fungsi lain dari hati yang ada dalam tubuh manusia diantaranya yaitu sebagai berikut ini :

17. Membuang Zat Berbahaya (Kolesterol)

18. Untuk Mengontrol Sirkulasi Hormon

19. Untuk Mengontrol Asam Amino

20. Kekebalan Tubuh

21. Membasmi Antigen dan Mikroorganisme

22. Menghasilkan Zat Imun

23. Untuk Mengontrol Komposisi darah sesuai dengan Kandungan nya.

24. Menyimpan Hermatin

25. Mengeluarkan Glukosa apabila dibutuhkan

26. Pembentukan sel darah merah saat berada di dalam janin

27. Pembentukan urea

28. Menyimpan Vitamin yang larut lemak

29. Menghasilkan protrombin dan fibrinogen

30. Tempat sintesisi beberapa zat didalam tubuh

Demikianlah penjelasan mengenai 30 Fungsi Hati bagi Tubuh Manusia (Pembahasan Lengkap), diharapkan kita lebih mengetahui fungsi hati pada tubuh kita yang sebenarnya dan selalu bisa menjaga hati kita agar tetap sehat. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Daftar Isi