√ Pengertian Lisosom dan Fungsi Lisosom (Pembahasan Lengkap)

Pengertian Lisosom dan Fungsi Lisosom (Pembahasan Lengkap) – Hewan adalah sejenis makhluk hidup yang berjumlah banyak sekali dan tersebar di seluruh bagian di dunia ini. Hewan ada yang berbentuk besar kecil ada juga yang berukuran microskopis.

Bagian tubuh hewan telah tersusun dengan baiknya dan dapat menjaga si hewan dalam bertahan hidup di dunia ini. Di dalam tubuh hewan terdapat sel hewan yang membantunya melakukan tugas dari si hewan tersebut.

Pengertian Lisosom dan Fungsi Lisosom (Pembahasan Lengkap)

Di dalam sel hewan tersebut yang di maksudkan adalah lisosom. Untuk dapat mengenal tentang lisosom dan fungsi dari lisosom akan di jelaskan sebagai berikut.

Pengertian Lisosom

Lisosom adalah organel di dalam sel hewan yang berbentuk bulat serta di batasi oleh sistem membrane tunggal. Diameter dari lisosom pada umumnya adalah lebih dari 1,5 mikron dan letaknya dekat dengan badan golgi. Di dalam badan golgi penuh dengan protein yang di gunakan untuk memproduksi lisosom. Proteolitik dan fosfatase adalah merupakan enzim hidrolik dan berasal dari lisosom.

Enzim tersebut dapat mencerna makanan yang datang dengan cara fagositosis. Jumlah dari lisosom di dalam sel sekresi lebih banyak dari sek sekresi lain yang di antaranya leukosit, ginjal, pancreas dan juga sel hati. Di dalam lisosom terdapat banyak sekali sel putih karena sel tersebut dapat menghasilkan zat kekebalan tubuh. Selain itu juga lisosom memiliki sifat autolysis, aufagi dan menghancurkan makanan dengan eksositosis.

Fungsi Lisosom

Lisosom memiliki fungsi yang di bagi menjadi dua bagian. Bagian tersebut adalah lisosom primer dan juga lisosom sekunder. Maksud dari lisosom primer adalah lisosom yang memiliki tugas untuk dapat memproduksi enzim yang belum di aktifkan. Funsi yang di miliki oleh lisosom primer ini adalah sebagai vakuola makanan.

Sedangkan lisosom sekunder adalah lisosom yang memiliki tugas aktif di dalam suatu kegiatan yaitu pencernaan sel. Fungsi dari lisosom sekunder ini adalah sebagai autofagsom.

Untuk dapat lebih jelasnya apa fungsi lisosom akan di jelaskan dengan fungsi lisosom sebagai berikut.

  • Mencerna makanan yang ada ketika telah terjadi kekurangan makanan.
  • Untuk dapat mencerna makanan yang di hasilkan dari fagositosis dan pinositosis.
  • Lisosom dapat menghancurkan suatu organel sel yang telah rusak di dalam keadaan tertentu yang di namakan autolysis. Sedangkan kejadian yang berlangsung ini di sebut dengan autofagi.
  • Dapat menetralkan zat yang memiliki sifat karsinogen yang artinya sel kanker.
  • Dapat untuk menghancurkan benda yang berasal dari luar, seperti pada contoh dinding sel telur sperma yang di hancurkan untuk mendapatkan enzim guna melakukan fertilisasi.

Pengertian Lisosom Dan Fungsi Lisosom Lengkap

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Lisosom dan Fungsi Lisosom (Pembahasan Lengkap) yang di jelaskan Seputar Pengetahuan. Dengan adanya lisosom di dalam sel hewan dapat membantu hewan dalam menjalani kehidupannya di dunia ini. Semoga bermanfaat 🙂

Daftar Isi