Pengertian Kingdom Plantae dan Cirinya (Pembahasan Lengkap)

Pengertian Kingdom Plantae dan Cirinya (Pembahasan Lengkap) – Kehidupan yang ada di dunia ini banyak dan beragam sekali. Ada hewan, tumbuhan, dan ada manusia yang hidup di dunia ini. Makhluk hidup yang tinggal di dunia ini memiliki cirinya tersendiri.

Pengertian Kingdom Plantae dan Cirinya (Pembahasan Lengkap)

Salah satu makhluk yang hidup di bumi ini adalah tumbuhan. Tumbuhan yang banyak tersebar di dunia ini memiliki banyak jenis dan ragam yang berbeda dan menarik untuk di lihat dan di amati. Tumbuhan ini memiliki nama dalam bahasa biologi yaitu plantae. Dalam dunia plantae atau kingdom plantae akan lebih jelasnya akan di jelaskan sebagai berikut.

Pengertian Kingdom Plantae

Kingdom plantae atau tumbuhan adalah suatu organisme eukariotik multiseluler berdinding sel dan klorofil. Klorofil sendiri adalah merupakan suatu zat hijau daun yang gunanya untuk dapat melakukan fotosintesis. Fotosintesis ini berguna untuk membuat makanan untuk dirinya sendiri dan sifatnya autotrof. Hal ini yang dapat membedakan antara kingdom jenis ini dengan yang lainnya.

Ciri Kingdom Plantae

Kingdom ini memiliki ciri-cirinya tersendiri yang membedakan antara kingdom jenis ini dengan kingdom lain. Kingdom ini memiliki ciri-ciri yang diantaranya.

  1. Multiseluler (bersel banyak)
  2. Autotrof (membuat makanannya sendiri)
  3. Eukariotik
  4. Dinding selnya terbuat dari selulosa
  5. Hidupnya di perairan atau di daratan
  6. Makanan di dapat dari proses fotosintesis
  7. Cara reproduksinya dengan seksual (dengan putik dan benag sari) ataupun aseksual (dengan pencangkokan, stek, dan lain-lain)

Tumbuhan juga memiliki organ dan sistem organnya. Salah satu organ tumbuhan ada daun yang berguna untuk membuat glukosa dengan menyerap sinar matahari dan akar berfungsi untuk dapat memperkokoh tumbuhan serta dapat menyerap air. Selain itu ada bunga yang di gunakan untuk menjadi alat reproduksinya.

Klasifikasi Kingdom Plantae

Dalam klasifikasi ada tiga bagian yaitu tumbuhan lumut (Briophyta), tumbuhan biji (Spermatophyta), dan tumbuhan paku (Pteridophyta). Selain bagian tersebut ada perbedaan dan juga persamaan dari morfologisnya. Berdasal hal itu maka tumbuhan terbagi menjadi dua kelompok besar ada tumbuhan non-pembuluh (Non Tracheophyta / Atracheophyta) dan tumbuhan berpembuluh (Tracheophyta). Fungsi dari pembuluh yang dimaksud adalah sebagai tempat mengaliri sari-sari makanan ke bagian-bagian tubuh tumbuhan tersebut.

Campbell (1998: 550), menuturkan 12 divisio yaitu adalah,

Tumbuhan tidak berpembuluh (Briophyta)

  1. Briophyta
  2. Anthocerophyta
  3. Hepatophyta

Pengertian Kingdom Plantae Beserta Cirinya Lengkap

Tumbuhan berpembuluh (pteridophyta dan Spermatophyta)

  1. Anthophyta
  2. Gnetophyta
  3. Ginkgophyta
  4. Pinophyta (Coniferophyta)
  5. Pterophyta
  6. Equisetophyta (Sphenophyta)
  7. Psilophyta
  8. Lycophyta

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Kingdom Plantae dan Cirinya (Pembahasan Lengkap) yang di jelaskan oleh seputarpengetahuan. Di dalam dunia kita ini banyak sekal ijenis makhluk hidup dan kingdom yang ada di dalamnya. Salah satunya yang sering kita jumpai adalah kingdom jenis ini pada tumbuhan. Semoga bermanfaat 🙂

Baca juga:

Daftar Isi