Hewan Karnivora : Pengertian, Ciri dan Contohnya

Hewan Karnivora : Pengertian, Ciri dan Contohnya – Apa yang di maksud dengan hewan karnivora dan apa contohnya ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas hewan karnivora dan contohnya.Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.

Hewan Karnivora : Pengertian, Ciri dan Contohnya


Kata karnivora merupakan sebuah kata yang berasal dari bahasa latin yaitu caro: daging, vorare: makanan. Jadi secara bahasa hewan karnivora adalah hewan yang memakan daging.

Dalam beberapa study, karnivora juga di identikkan sebagai kelompok hewan yang memiliki kemampuan dalam memburu mangsa untuk dimakan dagingnya. Dengan kata lain, hewan karnivora adalah sekelompok hewan yang bisa di katakatan sebagai golongan hewan buas. Tapi ada juga hewan karnivora yang justru banyak di sukai dan tidak berbahaya yaitu kucing.

Sebagian besar hewan karnivora berkembang biak secara vivipar. Namun, sebagian kecil hewan karnivora juga berkembang biak secara bertelur seperti buaya dan ular.

Pada umumnya, hewan karnivora memiliki kuku yang tajam pada kaki dan tangannya serta memiliki taring yang tajam. Selain itu, mereka juga memiliki kemampuan yang bisa digunakan dalam berburu mangsa. Misalnya cheetah atau singa yang mana mereka memiliki kemampuan dalam mengintai dari kejauhan dan dapat berlari sangat cepat.


Ciri-Ciri Hewan Karnivora

Berdasarkan makanan yang dimakan, hewan-hewan memiliki karakteristik dan ciri-ciri yang berbeda dan bisa diamati.Meskipun begitu masih terdapat adanya kesamaan beberapa sifat hewan yang satu dengan yang lainnya yang berbeda jenis makanan.

Ciri-ciri yang dimiliki oleh hewan pemakan daging antara lain:

  • Makanan utama hewan ini adalah daging.
  • Termasuk kedalam hewan menyusui atau mamalia.
  • Memiliki kemampuan dalam berburu mangsa.
  • Sebagian besar memiliki tulang belakang (vertebrata).
  • Sebagian besar nya hidup di darat.
  • Termasuk kedalam hewan buas, namun sebagian kecil tidak (seperti kucing).
  • Memiliki kuku dan taring yang tajam, berguna untuk mengoyak daging mangsanya.
  • Memiliki gerakan yang sangat cepat
  • Penglihatan dan pendengaran yang sangat baik.
  • Memiliki mata yang tajam pada siang maupun malam hari.
  • Kebanyakan hidup di daerah hutan.

Contoh Hewan Karnivora


Harimau

Harimau terkategori dalam hewan mamalia yang mempunyai tulang belakan serta berdarah panas. Harimau merupakan spesies kucing terbanyak dari jenisnya, apalagi melebihi dimensi singa. Tidak hanya itu harimau pula tercantum kucing tercepat sehabis saudaranya, cheetah.

Harimau pula tercantum hewan karnivora, umumnya mereka memburu mangsa dengan dimensi tubuh agak besar. Semacam rusa, kijang, domba, zebra, babi serta tipe hewan mamalia yang lain. Apabila hewan- hewan tesebut tidak ditemui harimau, hingga mereka mencari hewan dengan dimensi lebih kecil semacam landak.

Singa

Singa merupakan salah satu spesies mamalia yang tercantum dalam keluarga felidae ataupun tipe kucing besar. Singa hidup serta tumbuh biak dengan metode berkelompok, dengan satu jantan serta sebagian betina. Hendak namun singa betina lebih produktif dalam mencari serta mencari mangsa.

Baca Juga:  √ Pengertian Manajemen Aset, Menurut Ahli, Tujuan dan Siklusnya

Sebaliknya spesies jantan berlagak tenang serta cuma memohon bagian dari hasil buruan singa betina. Sebab Singa jantan dipercaya lebih perkasa serta lebih buas dari kucing besar yang lain. Singa pula mempunyai kelemahan, mereka tidak dapat memanjat semacam kucing besar yang lain.

Kucing

Kucing merupakan salah satu hewan yang tercantum dalam kalangan mamalia pemakan daging. Pada dasarnya kucing tidak sangat membahayakan manusia. Sebab Kucing mempunyai badan kecil yang ditutupi oleh bulu dengan bermacam alterasi corak.

Sebab keelokan wujud badan serta corak bulunya tidak sedikit manusia yang menjadikannya bagaikan hewan peliharaan. Meski terdapat sebagian kecil manusia yang tidak menggemari dengan hewan ini. Kucing sudah berbaur serta bersanding dalam kehidupan manusia sepanjang 6. 000 tahun.

Anjing

Anjing merupakan hewan sejienis mamalia yang telah hadapi peubahan semenjak 15. 000 tahun yang lalu. Anjing hadapi penyebaran serta perkembangna dengan sangat baik sehingga menciptakan bermacam berbagai tipe spesies. Anjing Hewan ini tercantum dalam kalangan mamalia pemakan daging, semacam halnya kucing.

Meski tercantum kalangan hewan pemakan daging, tetapi tidak sedikit manusia yang menjadikannya hewan bagaikan hewan peliharaan. Sebab anjing mempunyai bulu serta rambut yang indah, bagi sebagian orang. Tidak hanya itu anjing pula tercantum dalam hewan yang pintar serta lihai apabila hewan tersebut dilatih dengan baik.

Beruang Madu

Beruang madu tercantum hewan dari kelompok hewan ursidae yang ialah hewan terkecil dari 8 tipe beruang yang terdapat di dunia. Beruang madu merupakan hewan asli Bengkulu, sekalian jadi simbol wilayah tersebut. Tidak hanya jadi simbol wilayah Bengkulu hewan ini pula jadi maskot Kota Balikpapan.

Beruang madu berusia cuma mempunyai panjang badan 1. 4 meter serta besar punggungnya 70 centimeter beratnya cuma 50- 65 kilogram. Beruang madu mempunyai bulu berwarnan gelap, berkilau serta berbulu pendek. Umumnya hewan ini tinggal serta tumbuh biak di hutan primer, sekunder dan di wilayah pertanian.

Serigala

Serigala ialah salah satu hewan yang tercantum dalam keluarga hewan mamalia sekalian hewan karrnivora. Hewan ini salah satu tipe hewan karnivora yang mempunyai badan yang cenderung kecil. Pada biasanya serigala mempunyai wujud serta dimensi badan sama semacam anjing.

Cuma saja perbandingan kedua hewan ini ada pada watak yang dipunyai kedua hewan tersebut. Anjing mempunyai watak lebih jinak serta bisa berbaur dalam kehidupan manusia. Tetapi pada hewan serigala mereka mempunyai insting mencari serta melanda yang ganas, serta mustahil buat dijadikan peliharaan.

Musang

Musang merupakan salah satu istilah yang diberikan buat sekelompok mamalia pemangsa dari suku viverridae. Hewan ini ialah salah satu hewan malam serta mereka mempunyai keahlian buat memanjat yang baik. Hewan ini biasa hidup d idaerah pemukiman masyarakat tercantum wilayah perkotaan.

Hewan ini cenderung hewan karnivora yang mempunyai dimensi badan yang kecil, tetapi terkategori hewan yang gesit. Pada biasanya musang melindungi diri dengan berpura- pura mati supaya musuhnya terkecoh. Sehabis musuhnya berangkat musang hendak segela berangkat ke tempat yang lain.

Rajawali Totol

Rajawali totol merupakan salah satu tipe burung rajawali yang hidup serta tinggal di hutan dataran rendah. Hewan ini menyebar di wilayah Daratan Eropa serta Daratan Asia, serta hewan ini menyebar dari Firlandia hingga Cina. Burung ini merupakan salah satu burung yang makannan utamanya merupakan daging.

Baca Juga:  Perbedaan Spermatogenesis dan Oogenesis : Pengertian dan Faktor Yang Mempengaruhi

Pada biasanya hewan ini mempunyai dimensi antara 62- 74 centimeter. Rajawali tipe ini mempunyai bulu bercorak hitam pucat dengan bulu- bulu terbang pucat serta ramping. Hewan ini pula mempunyai keahlian buat terbang besar dalam waktu yang lama.

Elang

Elang merupakan satu satu hewan yang hidup serta tumbuh biak di suluruh Indonesia. Elang merupakan spesies burung pemangsa yang berasal dari suku accipitridae dari genus Aquila. Tidak hanya itu burung elang tujuan tercantum dalam kelompok hewan yang berdarah panas, serta hewan ovipar.

Hewan ini ialah salah satu hewan pemangsa, santapan utama mereka merupakan hewan mamalia yang berdimensi kecil. Semacam tikus, tupai, kadal, ikan serta tidak hanya mamalia mereka pula memakan sejenis serangga. Sebagian besar elang hidup di darat, tetapi terdapat sebagian kecil yang hidup di wilayah perairan.

Hewan Karnivora : Pengertian, Ciri dan Contohnya

Komodo

Komodo merupakan spesies kadal serta ialah tipe kadal terbanyak yang terdapat di dunia. Yang hidup di pulau komodo, komodo berusia mempunyai dimensi badan menggapai 2- 3 m. Sebab mempunyai dimensi badan yang besar mereka sanggup memangsa hewan mamalia ataupun reptile yang lain.

Hewan ini mempunyai merupakan salah satu hewan yang terkenal di kebun fauna. Perihal itu diakibatkan sebab hewan ini tercantum hewan yang mempunyai badan yang besar serta tercantum dalam kalangan hewan buas. Butuh dikenal hewan ini tumbuh biak dengan metode ovovivipar.

Ikan Hiu

Ikan hiu merupakan sekelompok ikan yang memiliki kerangka tulang lengkap serta memiliki wujud badan ramping. Fauna ini bernafas dengan mengunakan 5 liang insang apalagi kadang- kadang dengan 6 hingga 7 insang. Perihal itu bergantung pada tipe spesies hiu tersebut.

Fauna ini memiliki badan yang dilapisi kulit demal denticles buat melindungi badannya dari kehancuran serta buat menaikkan dinamika air. Hiu umumnya memiliki deret gigi yang dapat digantikan. Sebagian besar tipe hiu merupakan ikan pemangsa yang ganas.

Buaya

Anggota hewan karnivora yang berikutnya merupakan buaya, tidak hanya fauna karnivora buaya pula tercantum anggota hewan reptile. Hewan ini mempunyai habitat utama di air tawar, danau, rawa serta lahan yang lembab. Tetapi terdapat sebagian kecil tipe buaya yang hidup di wilayah perairan air payau ataupun danau.

hewan ini pula tercantum dalam kalangan hewan yang tumbuh biak secara ovovivipar. Santapan utama hewan ini merupakan hewan- hewan vertebrata( mempunyai tulang balik). Kadang- kadang hewan ini pula memakan tipe reptile, mamalia, moluska, krustasea ataupun apalagi manusia.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Hewan Karnivora , semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.