Seni Rupa Murni : Pengertian, Fungsi, Contoh, Gambar

Seni Rupa Murni : Pengertian, Fungsi, Contoh, Gambar – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang seni rupa murni. Penjelasan yang meliputi pengertian seni rupa murni, fungsi seni rupa murni, contoh seni rupa murni dan gambar seni rupa murni yang dibahas lengkap dan mudah dimengerti. Untuk lebih jelasnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Seni Rupa Murni : Pengertian, Fungsi, Contoh, Gambar

Pada kesempatan ini kita akan akan membahas satu-persatu mulai dengan pengertiannya, fungsinya, contoh dan gambarnya.

Pengertian Seni Rupa

Sementara itu, jita akan membahas terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan seni rupa? Seni rupa merupakan kreasi seni yang utamanya diapresiasi melalu pengelihatan dengan media yang tampak dan mempunyai wujud fisik (dapat diraba) atau hanya disajikan sebagai pertunjukan. Meskipun demikian tidak menutup kemungkinan bahwa sebuah karya seni rupa akan menggabungkan indera lain agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan.

Oleh sebab itu, seni rupa juga dapat disebut dengan cabang seni yang utamanya diciptakan sebagi keindahan visualnya banum tetap memperhatikan nilai estetik indera lain seperti musik, pertunjukan, dan masih banyak lagi.

Pengertian Seni Rupa Murni

Seni rupa murni merupakan suatu cabang seni yang menghasilkan karya yang lebih menitik beratkan terhadap keindahan untuk dinikmati saja, atau ekspresi jiwa seperti lukisan. Dalam pembuatannya, seni rupa murni bertitik tumpu pada nilai keindahan atau estetisnya saja, serta tidak memperdulikan nilai-nilai praktis dari karya yang dibuatnya.

Seni rupa murni mempunyai nilai keindahan tinggi pada membuatnya. Meskipun fungsinya hanya digunakan untuk hiasan atau pajangan saja. Banyak jenis dari seni rupa murni yang dapat menambah keindahan pada saat dipajang atau dijadikan sebagai hiasan dinding rumah atau kantor.

Fungsi Seni Rupa Murni

Dari definisi seni rupa murni diatas, maka fungsi dari seni rupa murni yaitu hanya digunakan sebagai hiasan atau pajangan semata. Fungsi seni rupa murni hanya bertitik pada pengindah belaka serta tidak dapat digunakan untuk mempermudah kehidupan kita.

Contoh Seni Rupa Murni

Berikut ini adalah contoh-contoh dari seni rupa murni.

Relief

Relief yaitu gambar atau lukisan yang ditampilkan dalam bentuk tiga dimensi atau trimata, yang berada pada atas bidang dua dimensi atau dwi mata. Relief biasanya berada pada tugu-tugu peringatan dan berada pada suatu candi. Biasanya Relief ini berisi dengan diorama dan mempunyai nilai sejarah yang sangat tinggi.

Baca Juga:  Tarian Daerah Terpopuler Di Indonesia

Patung

Patung adalah suatu ekspresi dari jiwa manusia. Orang yang membuat patung pada umunya berbentuk visual yang membentuk tiga dimensi. Tujuang utama dari membuat patung yaitu pada keindahan. Biasanya patung berbentuk manusia, hewan, dan masih banyak lagi. Di Indonesia banyak sekali patung yang dapat dilihat serta dinikmati keindahannya. Contohnya yaitu seperti patung-patung di candi borobudur, di pura-pura, atau di tempat-tempat sejarah lainnya.

Lukisan

Lukisan yaitu salah satu karya seni yang sengaja dibuat dengan cara menggoreskan cat menggunakan kuas, atau dengan peralatan lain. Kemudian kanvas adalah sebagai medianya. Lukisan banyak dibuat oleh para pelukis-pelukis terkenal serta harga tiap lukisan tersebut bisa mencapai jutaan samapi ratusan juta.

Lukisan merupakan contoh seni rupa murni sebab lukisan hanya sekedar hiasan dinding atau pajangan.

Seni Grafis

Seni grafis mrupakan salah satu bagian dari seni rupa murni yang mana sekaligus seni rupa terapan. Kegunaan dari seni grafis diperuntukkan untuk sarana ilustrasi maka merupakan seni rupa terapan. Namun jika digunakan sebagai hiasan maka termasuk seni rupa murni.

Seni Fotografi

Seni fotografi yaitu salah satu jenis seni rupa murni yang berkembang sebab adanya kemajuan teknologi kamera. Fotografi banyak digemari oleh banyak kalangan yang digunakan sebagai media mengekspresikan diri. Objek yang ada difoto menggunakan karema akan menjadi semakin indah apabila dipadukan dengan seni fotografi ini.

Kaligrafi

Kaligrafi merupakan salah satu jenis seni rupa murni 2 dimensi yang fungsinya hanya untuk penghias semata. Biasanya kaligrafi ini dipajang di masjid, atau rumah-rumah orang islam. Kaligrafi banyak ditemukan sebagai penghias dinding.

Topeng

Topeng ialah seni rupa murni apabila hanya dipajang pada dinding. Tak hanya itu topeng juga dapat digunakan sebagai properti tari atau kebutuhan lainnya. Seni rupa jenis ini mrupakan hasil dari mengekspresikan suasana hati manusia dan yang menambah nilai keindahan didalam rumah.

Mozaik

Mozaik yaitu seni merangkai pecahan atau potongan kecil batu, keramik atau kaca yang dijadikan sebagai sebuah karya baru yang indah untuk dilihat. Mozaik dapat digunakan menjadi sebuah karya seni rupa murni sebab ketika dipajang di dinding akan lebih indah.

Ukiran

Ukiran merupakan salah satu bentuk seni memahat batu atau kayu untuk dijadikan sebuah karya seni yang di inginkan dengan memperlihatkan keindahan. Kebanyakan karya seni ukir berbentuk sepeti makhluk hidup atau bunga dan kehidupan lainnya. Ukiran dapat digunakan sebagai hiasan di dalam rumah atau perkantoran.

Baca Juga:  Seni Rupa Terapan : Pengertian, Sejarah, Fungsi, Jenis, Contoh

Kerajinan Dari Keramik

Kerajinan keramik yaitu suatu kerajinan yang memperlihatkan keindahan dan bahan yang digunakan yaitu dari keramik. Bisa berbentuk guci, vas bunga, atau bentuk lain. Biasanya akan di ukir dengan warna-warna yang indah. Yang paling sering ditemukan di masyarakat yaitu guci dan vas bunga.

Jenis Seni Rupa Murni Nusantara dan Mancanegara

Karya seni rupa murni banyak diproduksi oleh berbagai orang yang ada di nusantara dan mancanegara :

  • Di Nusantara :

Seni Lukis :R. Saleh, S. Sudjojono, Wakidi, Basuki Abdullah, Abdullah Surjosubroto, Affandi, dan Dullah.

Seni Patung : Nyoman Tjokot, G. Sidharta, But Muchtar, Rita Widagdo, Nyoman Nuarta, dan Dewa Made.

Seni Grafis : Abdul Salam, Widayat, Mochtar Apin, I Made Daryana, Oesman Effendi, dan AD Pirous.

  • Mancanegara :

Seni Lukis : Vincent van Gogh dan Rembrandt van Rijn dari Belanda, Salvador Dali dan Pablo Picasso dari Spanyol, Claude Monet, Leonardo da Vinci dari Italia, Paul Cezanne, dan Paul Gauguin dari Prancis, Jackson Pollock dari Amerika.

Seni Patung : Auguste Rodin dari Perancis dan Michelangelo dari Italia

Pengertian Seni Rupa Murni, Fungsi, Contoh, Gambar

Perbedaan Seni Rupa Murni Dan Terapan

Seni Rupa Murni dan Terapan mempunyai perbedaan mendasar yang terdapat antara karya seni rupa murni dan terapan terletak pada bagaimana karya tersebut digunakan.

Seni Rupa Murni

Seni rupa murni ialah hasil dari penciptaan karya seni yang bertujuan untuk mendapatkan kebebasan berekspresi dan kreativitas yang sangat pribadi.

Contoh Seni Rupa murni

  • Lukisan
  • Patung
  • Mozaik
  • Kaligrafi

Seni Terapan ( Seni Pakai )

Sei terapan adalag suatu karya seni yang bertujuan guna memenuhi kebutuhan sehari – hari dan selaqlu terkait dengan ketentuan sebagai berikut :

  • Dapat diproduksi
  • Bersifat praktis
  • Bentuk Menyesuaikan fungsi
  • Menyesuaikan selera masyarakat.

Contoh seni terapan / pakai

  • Desain grafis
  • Desain arsitektur
  • Desain pakaian
  • Desain produk
  • Kriya kayu
  • Kriya kulit
  • Kriya bambu
  • Kriya rotan
  • Kriya logam

Gambar Seni Rupa Murni

Pengertian Seni Rupa Murni, Fungsi, Contoh, Gambar

Demikianlah telah dijelaskan tentang Seni Rupa Murni : Pengertian, Fungsi, Contoh, Gambar, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung