Contoh Seni Rupa 3 Dimensi :Teknik, Unsur, Fungsi dan Jenis

Contoh Seni Rupa 3 Dimensi :Teknik, Unsur, Fungsi dan Jenis –  Apa saja contoh dari Seni Rupa 3 Dimensi ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah itu Seni Rupa 3 Dimensi dan hal-hal yang melingkupinya. Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.

Contoh Seni Rupa 3 Dimensi :Teknik, Unsur, Fungsi dan Jenis


Seni rupa tiga dimensi adalah karya seni yang tidak hanya dibatasi oleh sisi panjang dan lebar, tetapi juga dibatasi oleh kedalaman atau tinggi. Dalam bahasa yang sederhana adalah karya seni yang memiliki volume dan menempati sebuah ruangan.

Contoh seni rupa 3 dimensi bisa dengan mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, di antaranya ialah sebagai berikut.

  • Patung

Patung tercantum karya yang memiliki nilai seni besar.Patung  ini sendiri, umumnya terbuat dengan menyamai fauna, manusia serta bermacam wujud yang lain. Dikala ini, seni rupa patung telah hadapi banyak pertumbuhan baik dari segi bahan pembuatannya, teksturnya apalagi metodenya.

  • Kriya

Kriya merupakan seni rupa yang biasa diucap sebagai keahlian tangan. Karya seni satu ini biasanya hendak mengambil bahan baku yang terdapat di area dekat kemudian diolah jadi benda lain yang lebih bernilai gunakan serta estetis. Misalnya saja furniture, mainan serta lain- lain.

  • Anyaman

Aktivitas dalam seni yang satu ini merupakan mengendalikan bahan dasar saling tindih ataupun menyilang. Bahan- bahan yang dipakai umumnya merupakan bahan yang ringan, gampang dipindahkan, serta lentur( gampang dibangun). Bahan dasar yang dipakai dalam kerajinan ini sangat bermacam- macam, dapat dari daun, bilahan bambu, kayu rotan, ataupun dapat pula bahan sintetis.

Perabotan rumah tangga yang terbuat dari bahan bambu telah kita tahu, terlebih untuk kita yang sempat memandang dapur di pedesaan, hingga kita hendak banyak menjumpai perabotan rumah tangga yang terbuat dari bilahan bambu. Contohnya:Nyiru,Tempat nasi,Topi petani

Lain dengan pedesaan, di perkotaan hasil anyaman bambu diolah jadi lebih kreatif lagi serta apalagi jadi tren. Hasil anyaman bambu era saat ini dapat berbentuk: Anyaman Tas,Topi,Dompet,Hiasan bilik.

Baca Juga:  Jenis Jenis Patung : Sejarah, Bentuk, Dan Coraknya

Tidak hanya bilahan bambu, rotan dapat jadi alternatif dalam pembuatan kerajinan 3 ukuran. Rotan ialah tanaman menjalar, panjang, serta berkembang liar di hutan. Kelenturan rotan sangat menunjang buat bisa dijadikan anyaman yang mempunyai guna gunakan, tahan lama, serta pula indah. Hasil anyaman rotan masih banyak kita jumpai di masa saat ini ini. Contohnya sofa, meja, keranjang, serta apalagi terdapat yang lebih kreatif lagi, ialah sandal serta sepatu.

  • Arsitektur

Bila memandang pada jenisnya, pasti arsitektur ini tercantum dalam tipe terapan ataupun applied art yang wujudnya berbentuk bangunan. Secara pendek, arsitektur digunakan buat merancang bangunan, mulai dari tingkatan mikro hingga dengan tingkatan makro. Contoh hasilnya nanti dapat berbentuk gedung, rumah, tempat ibadah, kantor serta lain- lain.

  • Keramik

Keramik merupakan karya seni rupa yang sifatnya lebih fleksibel, dapat tradisional serta dapat pula kontemporer. Keramik ini sendiri terbuat dari bahan utama berbentuk tanah liat yang diolah dengan tahapan- tahapan tertentu. Ada pula tahapan- tahapan yang diartikan yakni pijit, butsir, pilin setelah itu pembakaran serta glasir.

  • Diorama

adalah suatu miniatur 3 dimensi untuk membuat pemandangan atau memerankan adegan sejarah, seperti sejarah proklamasi Indonesia yang berada di lantai dasar Monumen Nasional (Monas).

  • Replika

adalah duplikasi dari benda yang sama persis dengan aslinya namun umunya lebih kecil.

  • Montase

adalah proses membuat karya seni baru dengan menempel kertas di atas karya seni lama (gambar biasa)


Teknik Seni Rupa 3 Dimensi

Berikut dibawah ini merupakan teknik seni rupa, yaitu :

  • Teknik aplikasi – adalah karya hias yang digunakan dalam seni menjahit, caranya dengan menempelkan berbagai macam kain yang sudah di gunting seperti bunga, bintang, boneka dan bentuk lain pada kain sebagai hiasan guna lebih mempercantik.
  • Teknik mozaik – adalah teknik menggambar dengan bentuk geometris tertentu. Bentuk geometris digunakan untuk mengganti pewarna.
  • Teknik Merakit – adalah sebuah karya seni dengan menghubungkan beberapa bahan. Ini dapat disebut dengan perakitan, perakitan adalah hasil dari pekerjaannya.
  • Teknik Pahat – adalah teknik yang menciptakan karya seni dengan menghapus bahan yang tidak terpakai. Sering dilakukan dengan alat martil, pahat, kikir dan sebagainya.
  • Teknik Cor/Menuang – adalah sebuah karya seni yang dibuat dengan menuang bahan cair ke alat cetak. Bahan cair yang sering digunakan terbuat dari semen, karet, logam dan lain sebagainya.
Baca Juga:  √ Pengertian Seni Sastra, Fungsi, Ciri, Manfaat, Unsur dan Jenisnya

Unsur-Unsur Seni Rupa

Berikut dibawah ini merupakan unsur seni rupa, yaitu :

  • Titik, Titik adalah unsur yang paling mendasar dan terkecil dari karya seni.
  • Garis, Garis adalah goresan atau batas dari objek, Ruang, bidang, tekstur, warna, dan sebagainya. garis memiliki dimensi yang cenderung memanjang dan memiliki arah tertentu. Garis juga memiliki beberapa sifat seperti panjang, pendek, vertikal, tipis, horisontal, lurus, gelombang, melengkung, tebal, patah-patah, miring, halus dan lain-lain.
  • Bidang, Salah satu karya seni yang terbentuk atau dibentuk dari hubungan beberapa garis disebut dengan bidang. Bidang memiliki dimensi panjang, lebar, atau dapat juga disebut pipih.
    Bentuk, Bentuk dapat ditafsirkan sebagai bangun atau plastis. Bentuknya memiliki dimensi panjang, lebar, dan tinggi, sehingga bentuknya memiliki isi atau volumenya.
  • Tekstur, Tekstur adalah sifat permukaan objek. Berdasarkan jenis tekstur yang dibagi menjadi dua jenis tekstur nyata dan tekstur semu. Tekstur nyata sebenarnya memiliki nilai yang sama dengan kandungan dengan penglihatan dan perabaan, sementara Tekstru semu tidak memiliki nilai dan kandungan yang sama dengan penglihatan dan perabaan.

Fungsi Seni Rupa 3 Dimensi

Berikut dibawah ini beberapa fungsi seni rupa 3 dimensi :

  • Fungsi sebagai sarana hiasan
  • Fungsi sebagai saran peringatan
  • Fungsi sebagai sarana komunikasi
  • Fungsi sebagai sarana rekreasi
  • Fungsi sebagai sarana religi
  • Fungsi sebagai sarana artistik

Contoh Seni Rupa 3 Dimensi :Teknik, Unsur, Fungsi dan Jenis

Jenis-Jenis Karya Seni Rupa

Berikut dibawah ini jenis karya seni rupa, yaitu :

  • Seni rupa murni adalah karya seni bebas dengan fungsi yang lebih berhubungan dengan keindahan fungsi dari pada kepuasan mata saja dan biasanya hanya digunakan sebagai pajangan.
  • Seni rupa Terapan adalah karya seni yang tidak hanya berfungsi sebagai pameran rumah, tetapi juga berfungsi untuk mengubah kehidupan orang. Seni rupa terapan lebih bergantung pada kegunaan daripada pada keindahannya.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Contoh Seni Rupa 3 Dimensi , semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.