Jenis Karya Seni Patung dan Penjelasannya (Terlengkap)

Jenis Karya Seni Patung dan Penjelasannya (Terlengkap) – Karya seni patung merupakan karya seni rupa tiga dimensi yang bisa di lihat dari segala arah yang sifatnya purt art/seni murni karena pada dasarnya tidak memiliki kegunaan dan manfaatnya dalam kehidupan praktis. Dalam pembahasan kali ini, SeputarPengetahun.Co.Id akan membahas mengenai hal tersebut yang akan dibahsa secara lengkap. Untuk lebih jelasnya akan dibahas berikut ini.

Jenis Karya Seni Patung dan Penjelasannya (Terlengkap)

Mari kita bahas lengkap mengenai karya seni patung disini.

Jenis Karya Seni Patung

Bentuk-bentuk patung jika di lihat dari segi bentuknya terbagi ke dalam dua kelompok yakni:

Figuratif

Yaitu merupakan bentuk patung yang dibuat dengan meniru bentuk-bentuk secara alamiah, seperti : manusia, hewan atau tumbuhan. Bentuk ini dibuatnya secara utuh sesuai dengan aslinya. Bentuk ini juga bisa dibuat melalui proses fragmentasi atau di sederhanakan dan stilasi atau di gayakan.

Nonfiguratif

Yaitu merupakan patung yang dibuat tidak seperti bentuk figuratif artinya, dibuat diluar dari bentuk aslinya. Ada yang hanya menampilkan garis-garis melintang atau memanjang, lubang, lekukan, benda, dll.

Berdasarakan jenisnya berkaitan dengan teknik pembuatan patung, patung dibedakan menjadi dua yaitu:

Zonde Bosse

Yaitu bentuk patung yang berdiri sendiri dan terlepas di kanan-kirinya. Patung ini tidak menempel pada salah satu sisinya.

Relief

Yaitu bentuk patung yang menempel pada permukaan dinding. Relief tersebut biasanya menggambarkan adegan dari sebuah cerita. Candi shiwa & candi brahma di kompleks candi prambanan yang berisi adegan atau rangkaian cerita ramayana yang merupakan contoh relief.

Jenis Karya Seni Patung Dan Penjelasannya Terlengkap

Relief dapat di bedakan menjadi tiga macam, yaitu:

1. Relief yang menampilkan bentuk-bentuk yang timbul kurang dari setengah nya, disebut baserelief.
2. Relief yang menampilkan bentuk persis setengah dari bentuknya, disebut demirelief.
3. Relief yang menampilkan bentuk yang sama dengan bentuknya, disebut hautrelief.

Demikianlah penjelasan singkat kita mengenai Jenis Karya Seni Patung dan Penjelasannya (Terlengkap), semoga artikel ini bisa bermanfaat serta menambah wawasan dan pengetahuan kita semua mengenai jenis karya patung ini. Sekian dan terimakasih 🙂

Daftar Isi