Unsur Unsur Seni Musik : Pengertian, Sejarah, Jenis, Aliran dan Fungsi Musik

Unsur Unsur Seni Musik : Pengertian, Sejarah, Jenis, Aliran dan Fungsi Musik – Apa saja Unsur Unsur Seni Musik itu ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah saja itu unsur dari seni musik dan hal-hal tentang seni musik lainnya.Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.

Unsur Unsur Seni Musik : Pengertian, Sejarah, Jenis, Aliran dan Fungsi Musik


Seni musik merupakan suatu cabang seni yang menggunakan musik sebagai sarana untuk mengungkapkan suatu ekspresi pembuatnya. Sedangkan musik ialah sebuah seni yang menggunakan suara yang disusun sedemikian rupa yang sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan terutama pada suara yang dihasilkan dari alat-alat yang bisa menghasilkan irama.Unsur-unsur seni musik diantaranya adalah di bawah ini :

  • Melodi, Melodi merupakan suatu tingkatan tinggi-rendah dan panjang-pendeknya nada dalam seni musik. Dalam sebuah musik melodi terdengar seperti nada yang seolah bergerak untuk menuju puncak dan lalu kembali ke kondisi sebelumnya.
  • Ritme, Ritme (irama) ialah suatu rangkaian gerak yang beraturan dan menjadi unsur dasar dari musik. Ritme ini terbentuk dari sekelompok bunyi dan diam panjang pendeknya dalam waktu yang bermaca-macam, dan akan membentuk pola irama dan bergerak menurut pulsa dalam setiap ayunan birama (Jamalus,1998:7).
  • Harmoni, Harmoni ialah suatu cabang ilmu pengetahuan musik yang membahas dan membicarakan tentang keindahan komposisi musik (Banoe, 2003:180). Harmoni juga merupakan bagian yang melibatkan nada atau kunci (kord) yang berlangsung secara terus-menerus.
  • Dinamik, Dinamik ialah suatu tingkatan keras dan lembutnya cara memainkan musik, keras dan lembut ini diperlukan agar musik tidak terdengar monoton atau datar.
  • Tangga nada, Tangga nada ialah suatu urutan dari suatu nada yang disusun seperti tangga. Tangga nada ini dibagi menjadi dua, yakni tangga nada diatonik dan pentatonik. Tangga nada diatonik ialah sebuah tangga nada yang terdiri dari 7 nada yang berdasarkan interval-interval yang telah ditentukan. Sedangkan pengertian tangga nada pentatonis yakni suatu tangga nada yang hanya terdiri dari 5 nada pokok.
  • Birama, Merupakan unsur seni yang berupa ketukan atau ayunan berulang-ulang yang hadir secara teratur di waktu yang bersamaan.
    Birama yang nilai penyebut nya genap disebut birama bainar, sedangkan birama yang penyebut nya ganjil disebut birama tenair.
  • Tempo, Merupakan ukuran kecepatan birama lagu. Semakin cepat sebuah lagu dimainkan, semakin besar juga nilai tempo dari lagu tersebut.Ada 8 kategori tempo:
    • Largo (Lambat Sekali)
    • Lento (Lebih Lambat)
    • Adagio (Lambat)
    • Andante (Sedang)
    • Moderato (Sedang Agak Cepat)
    • Allegro (Cepat)
    • Vivace (Lebih Cepat)
    • Presto (Cepat Sekali).
  • Timbre, Merupakan kualitas atau warna bunyi. Keberadaan timbre sangat dipengaruhi oleh sumber bunyi dan cara bergetar nya.Timbre yang dihasilkan alat musik tiup akan berbeda dengan alat musik petik, meskipun dimainkan di nada yang sama.
  • Ekspresi, Ungkapan perasaan dari dalam hati bisa ditunjukkan melalui ekspresi, apakah gembira, sedih, romantis, dan lainnya

Pengertian Seni Musik

Pengertian musik Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), musik adalah ilmu atau seni menyusun nada atau suara dalam urutan, kombinasi, dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi (suara) yang mempunyai kesatuan dan kesinambungan.

Kata musik berasal dari bahasa Yunani yakni mousikos, yang diambil dari salah satu nama dewa Yunani. Mousikos dilambangkan sebagai suatu dewa keindahan dan menguasai suatu bidang seni dan keilmuan.

Dilansir Encyclopaedia Britannica (2015), musik merupakan seni yang memadukan suara vokal atau instrumental untuk keindahan bentuk atau ekspresi emosial. Biasanya sesuai dengan standar budaya irama, melodi, dan harmoni. Musik adalah seni yang menembus setiap masyarakat manusia.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (1990: 602) Musik adalah: ilmu atau seni menyusun nada atau suara diutarakan, kombinasi dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi (suara) yang mempunyai keseimbangan dan kesatuan, nada atau suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu dan keharmonisan (terutama yang dapat menghasilkan bunyi-bunyi itu).

Baca Juga:  √ Pengertian Arsitektur, Sejarah, Fungsi, Teori, Ruang Lingkup, Contoh

Sejarah Musik

Musik sudah dikenal sejak kehadiran manusia Homo sapiens yaitu sekitar 180.000 hingga 100.000 tahun yang lalu. Tidak ada yang mengetahui siapa manusia yang pertama kali mengenal seni musik. Alat musik yang tertua adalah flute yang dibuat dari tulang yang telah dilubangi. Biasanya berasal dari tulang paha beruang. Flute tersebut diduga dibuat pada 40.000 tahun yang lalu. Koleksi alat musik zaman purba paling banyak ditemukan di Cina yang berasal dari tahun 7000 sampai 6600 sebelum masehi. Prasasti yang berisi lagu Hurrian yang bertanggal 1400 SM merupakan notasi musik tertua yang pernah dicatat.

Dalam buku Sejarah Musik dan Apresiasi di Asia (2012) karya Sila Widyatama, musik adalah penghayatan isi hati manusia yang diungkapkan dalam bentuk bunyi yang teratur dengan melodi atau ritme serta mempunyai unsur atau keselaran yang indah. Istilah musik dikenal dari bahaya Yunani yaitu “musike”.

Musike berasal dari perkataan muse-muse, yaitu sembilan dewa-dewa Yunani di bawah dewa Apollo yang melindungi seni dan ilmu pengetahuan. Dalam metodologi Yunani Kuno memiliki arti suatu keindahan yang terjadinya berasal dari kemurahan hati para dewa-dewa yang diwujudkan sebagai bakat.

Kemudian pengertian itu ditegaskan okel Pythagoras, bahwa musik bukanlah sekedar hadiah (bakat) dari dewa-dewa, tapi musik terjadi karena akal budi manusia dalam membentuk teori-teori. Pythagoras, yang merupakan numerolog musik pertama dan meletakkan dasar untuk akustik. Dalam akustik orang-orang Yunani menemukan korespondensi antara nada not dan panjang string.

Pada abad ke-20, penemuan radio menjadi cara baru untuk mendengarkan musik. Musik pada zaman modern lebih berfokus pada ritme, gaya, dan suara. Namun musik pada zaman ini tidak mengakui adanya hukum dan peraturan. Penemuan perekam suara dan alat untuk mengedit musik memberikan genre baru pada musik klasik. Dengan demikian, orang-orang semakin bebas mengungkapkan ekspresinya lewat musik.


Jenis-Jenis Seni Musik

Banyak sekali cabang seni musik dan macam seni musik yang tercipta sebab pergantian zaman ini, berikut ini beberapa jenis-jenis musik,antara lain :

Musik Tradisional

Pengertian dari musik tradisional ini ialah sebuah warisan dari leluhur yang menggambarkan sebuah daerah dengan menggunakan suatu musik yang khas. Musik ini tumbuh pada satu wilayah yang tertentu dan di turunkan secara turun temurun dari nenek moyang. Oleh sebab itu musik ini menggunakan bahasa dan gaya serta tradisi dari daerah tersebut

Ciri musik tradisional :

  • Dipelajari secara lisan.
  • Tidak mempunyai notasi.
  • Musik tradisional bersifat informal
  • Pemain yang dibutuhkan tidak terspesialisasi.
  • Syair lagu yang digunakan berbahasa daerah.
  • Melibatkan alat musik khas daerah.
  • Salah satu bagian budaya masyarakat

Musik Modern

Pengertian musik modern adalah sebuah musik yang terlahir bukan karena tradisi masyarakat akan tetapi musik modern ini adalah sebuah musik yang sudah berakulturasi dengan budaya baru dan teknologi baik dari instrumen ataupun cara penyajian musiknya.

Musik modern ini selalu berkembang seiring dengan berkembangnya zaman, seni musik modern ini bersifat global atau universal. Penikmat dari musik modern ini bukan hanya masyarakat daerah sendiri akan tetapi mulai dari orang biasa juga bisa mengerti dan menikmati musik modern ini.

Ciri musik modern :

  • Mengguanakan alat musik yang beragam dan modern.
  • Gaya musik tidak terpaku peraturan cenderung bebas.
  • Menggunakan bahasa nasional.
  • Mengangkat sebuah konsep dan tema umum kehidupan modern.
  • Memiliki salinan dan dokumen yang
  • Cenderung mempunyai tempo yang tepat.
  • Digunakan sebagai sarana hiburan dan penyaluran ekspresi seniman.

Musik Kontemporer

Pengertian seni musik kontemporer ialah sebuah seni musik yang popular sejak zaman 1990-an, musik ini menggunakan bukan alat musik aslinya akan tetapi nada dari alat musik tersebut cukup bagus seperti alat musik aslinya. Contoh penggunaanya seperti alat musik yang memakai barang bekas atau sebagainya.

Ciri musik kontemporer :

  •  Memiliki variasi nada yang kompleks.
  • Mempunyai tempo dan dinamik yang bervariatif.
  • Sumber bunyi alat musik beragam tak hanya dari instrumen musik.
  • Memiliki warna atau jenis bunyi yang beragam.
Baca Juga:  Seni : Pengertian, Fungsi, Jenis, Cabang dan Sifat Dasarnya

Aliran Seni Musik


  • Gambus
    Gambus adalah alat musik petik seperti mandolin yang berasal dari Timur Tengah. Paling sedikit gambus dipasangi 3 senar sampai paling banyak 12 senar. Gambus dimainkan sambil diiringi gendang. Alat musiknya terdiri dari biola, gendang, tabla dan seruling.

  • Kasidah
    Kasidah (qasidah, qasida; bahasa Arab: “قصيدة”, bahasa Persia: قصیده atau چكامه dibaca: chakameh) adalah bentuk syair epik kesusastraan Arab yang dinyanyikan. Penyanyi menyanyikan lirik berisi puji-pujian (dakwah keagamaan dan satire) untuk kaum muslim. Kasidah adalah seni suara yang bernapaskan Islam, dimana lagu-lagunya banyak mengandung unsur-unsur dakwah Islamiyah dan nasihat-nasihat baik sesuai ajaran Islam.
  • Nasyid
    Nasyid adalah salah satu seni Islam dalam bidang seni suara.Biasanya merupakan nyanyian yang bercorak Islam dan mengandungi kata-kata nasihat, kisah para nabi, memuji Allah, dan yang sejenisnya. Biasanya nasyid dinyanyikan secara acappela dengan hanya diiringi gendang. Metode ini muncul karena banyak ulama Islam yang melarang penggunaan alat musik kecuali alat musik perkusi.
  • Blues
    Blues adalah nama yang diberikan untuk kedua bentuk musik dan genre musik yang diciptakan terutama dalam Afrika-Amerika masyarakat di Deep South Amerika Serikat pada akhir abad ke-19 dari spiritual , lagu kerja , hollers lapangan , teriakan, dan narasi sederhana berirama balada .
  • Jazz
    Musik yang dikatakan sebagai Jazz ini biasabya banyak disukai oleh kalangan menengah, karena musiknya yang lembuat tapi kadangkala menghentak dengan variasi melodi yang sangat bagus sekali
  • Country
    Jenis ini berasal dari Negara amerika, yang termasuk musik lama.
  • Rock
    Jenis musik ini banyak disukai kalangan anak muda yang berjiwa muda, karena irama musiknya yang menggema, keras, cepat, dan sesuai dengan adrenalin anak muda.
  • Musik Dangdut
    Jenis musik ini akrab sekali di telinga masyarakat Indonesia, karena asal musik ini produksi dalam negri. Musik ini banyak sekali disukai dikalangan bawah, tetapi juga banyak kalangan atas yang sangat menyukai musik ini. Biasanya muncul untuk peringatan pada acara – acara dimasyarakat seperti temanten, selamatan dll.
  • Musik Koploan
    Jenis musik ini perembangan dari musik dangdut berkolaborasi dengan musik rock, yang menjadikan musik ini adalah musik gaya baru yang muncul dimasyarakat.
  • Keroncong
    Keroncong adalah sejenis musik Indonesia yang memiliki hubungan historis dengan sejenis musik Portugis yang dikenal sebagai fado. Sejarah keroncong di Indonesia dapat ditarik hingga akhir abad ke-16, di saat kekuatan Portugis mulai melemah di Nusantara.

Unsur Unsur Seni Musik : Pengertian, Sejarah, Jenis, Aliran dan Fungsi Musik

Fungsi Seni Musik


  • Musik Sebagai Sarana Ekspresi Diri
    Musik bisa dijadikan sebagai sarana ekspresi diri karna seniman musik akan lebih mudah berekspresi atau mengungkapkan sebuah perasaannya lewat musik.

  • Musik Sebagai Sarana Hiburan
    Musik juga dapat sebagai sarana hiburan, karna musik sangat menghibur jika dimainkan.
  • Musik Sebagai Sarana Upacara
    Musik di Indonesia, pasti akan selalu berkaitan erat dengan sebuah upacara-upacara tertentu seperti perkawinan, kelahiran, kematian, serta upacara keagamaan dan kenegaraan.
  • Musik Sebagai Sarana Tari
    Musik juga berfungsi sebagai pengiring seni tari, karna selalu cocok bila dihubungkan dengan tarian. Keduanya saling berkaitan satu sama lain dengan adanya suatu kesamaan pola dan ritme satu sama lainnya, suatu tarian tanpa diiringi irama musik akan terasa hampa (kosong) dan menyulitkan bagi sang penari.
  • Musik Sebagai Sarana Pendidikan
    Musik juga bisa sebagai media pendidikan, musik digunakan dalam suatu proses pembelajaran di sekolah. Musik digunakan untuk menciptakan rasa cinta tanah air kepada siswa-siswanya melalui lagu-lagu perjuangan.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Unsur Unsur Seni Musik , semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.