19 Pengertian Musik Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

19 Pengertian Musik Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Ada yang pernah sakit hati? Gelisah Galau Merana (gegana), pasti anda tidak asing dengan lirik dibawah ini:

Sakitnya tuh di sini Di dalam hatiku
Sakitnya tuh di sini Melihat kau selingkuh
Sakitnya tuh di sini Pas kena hatiku
Sakitnya tuh di sini Kau menduakan aku

Teganya hatimu
Permainkan cintaku
Sadisnya caramu
Mengkhianati aku
Sakitnya hatiku
Hancurnya jiwaku
Di depan mataku
Kau sedang bercumbu

Ya, lirik diatas merupakan milik pedangdut cantik bernama Cita Citata yang mana lagu tersebut berjudul Sakitnya Tuh Disini, tak hanya itu, dia juga memiliki single yang tidak kalah hits nya dengan single pertamanya ini yakni lagu yang berjudul Goyang Dumang. Dan tidak hanya Cita Citata saja yang memiliki lagu, masih banyak lagi penyanyi lain yang musiknya dapat kita nikmati setiap harinya.

19 Pengertian Musik Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Nah berbicara tentang musik, disini akan kita bahas mengenai apa itu musik. Musik yairu segala sesuatu hal yang ada hubungannya dengan bunyi & mempunyai berbagai unsur irama, seuntai melodi serta harmoni yang bisa membentuk sesuatu yang indah serta dinikmati oleh seseorang melalui indera pendengarannya.

Musik sendiri dapat tercipta dari berbagai alat musik yang dipadu menjadi satu sehingga terbentuklah lagu nan indah dan merdu, alat musik yang umumnya dipakai diantara yait u gitar, keyboard, drum, gendang, seruling dan lain-lain.

Pengertian Musik Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi dari musik menurut ahlinya.

1. Banoe

Disini ia menjelaskan bahwa, kata musik diekstrak dari kata muse yang merupakan termasuk dalam salah satu dewa dalam mitologi yang berasal dari Yunani kuno pada cabang ilmu dan seni; dewa ilmu pengetahuan dan seni. Tak hanya itu, ia menjelaskan bahwa musik yaitu salah satu cabang seni yang membahas serta menetapkan bermacam-macam suara di berbagai pola yang bisa dipahami dan dimengerti oleh manusia.

2. Jamalus

Jamalus berpendapat bahwa  musik yaitu hasil karya seni yang berupa bunyi yang dibentuk menjadi satu sehingga terbentuklah sebuah lagu atau sebuah komposisi yang mengungkapkan isi pikiran dan perasaan dari penciptakannya melalui berbagai unsur pokok musik yaitu seperti harmoni, melodi, irama dan bentuk atau struktur lagu serta bentuk ekspresi sebagai suatu kesatuan.

3. Sylado

Ia menjelaskan bahwa pengertian dari musik yaitu waktu yang memang pada dasarnya untuk didengar. Musik merupakan hasil dari wujud waktu yang hidup, yang merupakan hasil dari sekumpulan ilusi & alunan suara. Sebuah alunan musik yang berisikan rangkaian nada yang memiliki jiwa yang mampu menggerakkan hati yang mendengarkannya.

4. Sunarto

Beliau berpendapat bahwa Musik yaitu penghayatan dari isi hati manusia yang diungkapkan berupa bunyi yang teratur dengan melodi maupun ritme dan memiliki unsur atau keselarasan yang indah.

5. Lexicographer

Menurut pendapat dari Lexicographer yang menjelaskan bahwa Musik yaitu kombinasi nada, vokal, serta instrumental yang harmoni guna mengekspresikan segala sesuatu yang sifatnya emosional.

6. David Ewen

Disini David Ewen menjelaskan bahwa Musik yaitu ilmu pengetahuan dan seni mengenai kombinasi ritmik dari nada-nada, baik vokal atau instrumental, yang terdiri atas melodi dan harmoni yang mana sebagai ekspresi dari segala sesuatu yang ingin diungkapkan terlebih lagi dalam aspek emosional.

7. Adjie Esa Poetra

Adjie Esa Poetra berpendapay bahwa pengertian dari Musik yaitu kesenian yang bersumber dari bunyi. Ada empat unsur yang terdapat pada musik yaitu dinamik (kuat lemahnya bunyi), nada (bunyi yang teratur), unsur waktu (panjang pendek bunyi yang ditentukan melalui hitungan atau ketukan nada), dan timbre (warna suara).

8. Suhastjarja

Beliau berpendapat bahwa Musik yaitu salah satu ungkapan rasa indah manusia dari konsep pemikiran bulat dalam bentuk nada dan bunyi yang mengandung ritme dan harmoni serta memiliki bentuk pada ruang waktu yang dikenal di masyarakat.

9. Rina

Bialau juga menjelaskan bahwa Musik yaitu cabang kesenian yang pengungkapannya dilakukan lewat suara atau bunyi-bunyian.

10. Soeharto

Belaiau menjelaskan bahwa pengertian dari Musik yaitu sebuah ungkapan gagasan melalui bunyi yang unsur dasarnya berbentuk melodi, irama, serta harmoni dengan unsur pendukung berupa sifat dan warna bunyi.

11. Reed dan Sidnell
Merka berdua menjelaskan bahwa Musik yaitu cabang seni dalam bentuk suara yang di dalamnya terdapat kandung unsur ritme, melodi, harmoni, dan juga timbre.

12. Ade Prianto Nugroho

Menurut pendapat dari Ade Prianto Nugroho yang menjelaskan bahwa Musik merupakan seni yang melukiskan mengenai keindahan yang disajikan dalam bentuk suara dan tanpa kita sadari suara-suara tersebut berperan dalam membentuk pribadi kita.

13. Merriam

Menurut pendapat dari Merriam bahwa Musik yaitu suatu lambang dari hal-hal yang ada kaitannya dengan ide dan perilaku masyarakat.

14. Schopenhauer

Menurut pendapat dari Schopenhauer yang menjelaskan bahwa Musik yaitu melodi yang syairnya adalah alam semesta.

15. KBBI

Dikutip dari KBBI yang menjelaskan bahwa Musik yaitu Ilmu atau seni menyusun nada maupun suara dalam urutan, kombinasi, serta hubungan temporal guna menghasilkan komposisi(suara) yang memiliki kesatuan dan kesinambungan.

16. Irwan Edman

Irwan Edman berpendapat bahwa Musik yaitu urutan bunyi-bunyian yang logis namun bukan logika dari suatu argumentasi. Musik yaituh himpunan yang teratur dari vitalitas, suatu impian yang mana bunyi-bunyian ini bersatu padu dan mengkristalisasi.

Pengertian Musik Menurut Para Ahli Akurat

17. Alferd Aurbach

Disini Alferd Aurbach berpendapat bahwa Musik yaitu bahasa dunia, ia tidak perlu untuk menerjemahkannya, dalam musik berbicara dari jiwa kepada jiwa

18. Aristoteles

Disini Aristoteles menjelaskan bawha Musik yakni curhatan kekuatan tenaga dari sang penggambaran yang berasal dari gerakan rasa pada rentetan suara (melodi) yang berirama.

19. Wikipedia

Dikutip dari wikipwdia yang menjelaskan bahwa Musik yaity suara yang disusun sedemikian rupa yang mengandung sebuah irama, lagu, serta keharmonisan terlebih lagi pada suara yang dihasilkan melaui alat-alat yang dapat menghasilkan irama [1] Meskipun musik termasuk dalam jenis fenomena intuisi, untuk mencipta, memperbaiki serta mempersembahkannya merupakan bentuk dari seni.

Manfaat Musik

  • Untuk menjaga kesehatan serta kekebalan pada tubuh karena musik bersifat terapeutik yang sifatnya menyembuhkan.
  • Untuk meningkatkan intelegensi sebab rangsangan ritmis juga bisa meningkatkan fungsi kerja dari otak. Ritme internal yang dihasilkan dari musik sendiri membuat saraf-saraf pada otak mejadi bekerja, rasa nyaman dan tenang yang distimulasi oleh musik, sehingga musik juga berfungsi untuk kerja otak bekerja optimal.
  • Untuk memunculkan reaksi psikologis yang dapat mengubah suasana hati serta kondisi emosi, sehingga musik mempunya manfaat sebagai relaksasi yang dapat menghilangkan stress, dan dapat mengatasi kecemasan, memperbaiki mood serta dapat menumbuhkan kesadaran spiritual.
  • Sebagai alat media untuk komunikasi antar manusia sebab musik sendiri musik merupakan bahasa universal yang bisa memadukan perbedaan, serta dapat menciptakan perdamaian dan solidaritas kemanusian.

Itulah sedikit ulasan mengenai 19 Pengertian Musik Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) yang bisa kita pahami, semoga dapat menambah wawasan kita mengenai musik dan semakin mencintai musik dalam negeri. Terimakasih.

Daftar Isi