Merchandise : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contohnya
Merchandise : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contohnya – Dalam pembahasan kali ini kami akan menjelaskan Merchandise. Dalam hal ini akan dijelaskan secara lengkap dan mudah apa yang disebut dengan merchandise, fungsinya, jenis dan contoh, untuk itu bacalah dengan seksama ulasan berikut ini.
Dalam pemasaran dimasa sekarang ini untuk memperkenalkan merek den membangun brand image di masyarakat adalah promosi. Promosi dapat diterapkan dengan memanfaatkan media elektronik, teknologi, televisi. Banyak sekali media promosi dijaman yang serba teknologi sekarang ini.
Merchandise : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contohnya
Promosi merupakan peran yang sangat penting dalam pemasaran, baik itu untuk pengusaha atau pebisnis juga perlu memperhatikan promosi supaya produk dan jasa yang ditawarkannya dikenal oleh masyarakat umum. Maka dari itu suapaya orang dapat mengingat merek atau perusahaan maka hal ini membutuhkan media yang bisa menampilkan logo suatu perusahaan, dalam hal ini media yang digunakan adalah merchandise.
Pengertian Merchandise
Merchandise merupakan pernak-pernik yang sering kita jumpai dan diguanakan oleh banyak orang dalam berbagai kesempatan. Contoh dari merchandise yaitu seperti kaos polos yang disablon atau bordir dengan gambar dan logo perusahaan, yang mana dapat juga dilakukan pada payung, jam dinding, flashdisk, pulpen, buku, cangkir kopi dan masih banyak lagi. Merchandise yang keren dan unik akan menarik perhatian yang mama terdapat tampilan suatu logo merek atau perusahaan.
Agar dapat lebih menarik perhatian masyarakat biasanya merchandise diberi teks serta gambar pendukung. Yang bertujuan untuk menarik khalayak ramai agar selalu ingat dengan logo perusahaan yang memberikan merchandise tersebut.
Terdapat banyak hal dalam promosi seperti promosi sebah film yang banyak diminati oleh masyarakat yang sedang diputar di theater, pasti terdapat dari masyarakat yang merupakan fans dari salah satu tokoh film yang sedang diputar ini. Apabila seorang fans yang sudah tergila-gila dengan tokoh itu sehingga kemungkinian besar ia akan mencari atribut yang sama digunaka oleh tokoh tersebut. Dalam situasi seperti inilah merchandise akan dijual agar dapat memeberikan keuntungan oleh produsen.
Tujuan Merchandise
Berikut ini adalah tujuan dari adanya merchandise, tujuan itu terdiri atas:
Menarik perhatian
Menonjolkan salah satu keistemewaan produk
Memenangkan persaingan dalam menarik perhatian konsumen
Mendramatisir suatu kesan
Merangsang minat konsumen untuk membaca keseluruhan pesan
Menjelaskan suatu pernyataan
Fungsi Merchandise
Ada banyak fungsi dari merchandise dalam suatu perusahaan atau pebisnis diantaranya yaitu sebagai berikut:
Sebagai Branding Produk Atau Perusahaan. Contohnya yaitu seperti, jam meja promosi, cangkir promosi yang disablon dengan logo perusahaan tersebut. Apabila pelangan meletakkan di meja atau menggunakannya untuk minum maka orang tersebut dapat mengingatkan perusahaan yang memberikan barang merchandise tersebut. Agar lebih merchandise menjadi menarik selain menampilkan logo dari perusahaan, maka motto dari perusahaan itu juga perlu ditulissupaya konsumen selalu ingat dengan perusahaan tersebut.
Sebagai tanda terima kasih atas kehadiran konsumen dalam suatu momen atau event tertentu. Biasanya hal ini ini dilakukan pada suatu perusahaan yang sedang mengadakan sebuah acara, untuk membuat terkesan dihati para tamu atau konsumen sehingga digunakanlah merchandise seperti topi, kotak tisu atau bolpoin yang setiap hari digunakan.
Sebagai penarik atau magnet supaya orang mau berkumpul serta mau mampir ke stand pameran atau boot yang sedang dibuka ditempat itu. Hal ini biasanya dilakukan pada pusat keramaian seperti mall, seminar, pengobatan, hingga pameran dan masih banyak lagi.
Sebagai media pembeda dengan perusahaan lain. Agar dapat meningkatkan kepercayaan kepada konsumen, perusahaan berusaha membuat mind brand atau memasukkan brand didalam hati para konsumen melalui merchandise yang mereka keluarkan. Biasanya merchandise ini bisa berupa souvenir promosi yang diberikan secara gratis.
Sebagai senjata pemasaran kepada satu client hingga ke calon client yang baru. Contohnya seperti merchandise kertas note yang di cetak offset atau post it biasanya digunakan client untuk menulis suatu catatan. Hal ini dapat mengingatkan clientmengenai produk atau jasa sebuah perusahaan.
Manfaat Merchandise
Berikut merupakan beberapa manfaat dari merchandise, yaitu:
1. Personal touch
Personal touch atau yang dikenal dengan sentuhan personal merupakan salah satu alasan yang kuat mengapa merchandise digunakan sebagai media untuk berpromosi. Ada kedekatan antara perusahaan terhdap audiensnya melalui barang agar dapat terjalin sebab terdapat interaksi kontak anatara audieans dengan merchandise dari suatu peruahaan tersebut.
Terlebih lagi jika yang dipilih menjadi merchandise ini digunakan secara terus menerus oleh audiens yang bersangkutan, sehingga akan tumbuh pula kerterkaitan atara keduanyta sehingga menimbulkan kedekatan emosional terhadap perusahaan yang direpresentasikannya.
2. Diferensiasi
Diferensiasi, atau yang disebut juga dengan pembedaan diri dengan pihak lain juga dapat dilihat melalui penggunaan dan pemilihan barang yang digunakan sebagai merchandise untuk promosi.
Selain suatu perusahaan hanya bermodalkan media promosi konvesional, seperti iklan cetak di koran, perusahaan itu bisa memilih barang-barang keseharian yang unik, yang secara sadar atau tidak barang ini tidak dipakai terus oleh konsumen dan calon konsumen tersebut.
Perusahaan yang jeli pasti memaksimalkan potensi tersembunyi dari salah satu barang untuk memasukkan pesan-pesan promosinya ke hati para konsumen. Di sinilah dicetuskannya sebuah merchandise dibanding dengan pomosi menggunakan media konvesional.
3. Unconsciousness brand development
Perlu diingat juga bahwa ada kecenderungan bahwa saat ini sudah terlalu banyak iklan-iklan yang bertebaran di mana-mana serta semuanya menyampaikan pesannya terhadap konsumen. Dalam media iklan konvensional terlihat jelas dengan menunjukkan penawaran dan janji-janji akan suatu brand tersebut, sehingga lama kelamaan para konsumen akan merasa jenuh dengan bombardir pesan yang tiada hentinya.
Memanfaatkan merchandise untuk sarana promosi, bias kita membangun dengan kesadaran akan suatu brand tanpa memaksa para konsumen untuk menelan pesan-pesan yang sedang kita sampaikan.
Kita dapat menggunakan alam bawah sadar dari para konsumen yang sering melakukan kontak langsung dengan merchandise ini untuk membangun kesadaran tentang brand kita ini.
4. Biaya ekonomis
Secara ekonomis, biaya yang diperlukan unr pembuatan merchandise yang dipromosi ini terhitung relatif murah, dan sangat terjangkau dalam berbagai tipe perusahaan, bahkan dalam usaha kecil dan menengah juga.
Jenis Merchandise
Ada berbagai banyak jenis dan model terbaru dari merchandise ini yang bias disesuaikan dengan kebutuhan kita. Biasanya merchandise bias dalam bentuk kaos, cangkir, jam dinding, jam meja, bolpoin, totebag, payung, flashdisk, kipas, handuk, jaket, topi, mug atau gelas, pin, gantungan kunci, buku catatan dan masih banyak jenis lagi.
Contoh Merchandise
Berikut ini merupakan contoh dari merchandise yang sering kita lihat dalam suata acara, yaitu amati gambar dibawah ini.
Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai Merchandise : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contohnya. Semoga bermanfaat untuk kalian yang sedang mencari informasi dan dapat menambah wawasan kita semua. Terimakasih telah berkunjung ?
Daftar Isi
Rekomendasi:
Materi Pramuka Siaga : Tingkatan, Kode Kehormatan dan Syarat… Materi Pramuka Siaga : Tingkatan, Kode Kehormatan dan Syarat Kecakapan Umum - Apa saja materi untuk pramuka tingkat siaga ? Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya, meliputi tingkatan pramuka siaga,…
Teks Diskusi : Pengertian, Tujuan, Kaidah, Struktur dan… Teks Diskusi : Pengertian, Tujuan, Kaidah, Struktur dan Contoh - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang teks diskusi. Yang meliputi pengeritan teks diskusi, tujuan teks diskusi, kaidah bahasa…
Tujuan Teks Eksplanasi : Pengertian, Struktur, Ciri, Kaidah,… Tujuan Teks Eksplanasi : Pengertian, Struktur, Ciri, Kaidah, Contoh – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang teks eksplanasi. Yang meliputi pengertian teks eksplanasi, tujuan teks eksplanasi, struktur teks…
Perangkat Keras Komputer : Cara Kerja, Jenis, Contoh dan… Perangkat Keras Komputer : Cara Kerja, Jenis, Contoh dan Fungsinya - Di era Komputerisasi saat ini pasti kita sudah tak asing dengan Komputer dan Perangkatnya.Namun, mungkin ada yang belum tahu…
74 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli 74 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli – Manusia sejak lahir ke dunia sudah mendapatkan pendidikan hingga ia masuk ke bangku sekolah. kata pendidikan sudah tidak asing lagi ditelinga, karena semua…
√ Pengertian Arsip Elektronik, Manfaat dan Komponennya… Pengertian Arsip Elektronik, Manfaat dan Komponennya (Lengkap) - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Arsip Elektronik. Yang meliputi pengertian, manfaat dan komponene arsip elektronik dengan pembahasan lengkap dan…
Pencak Silat : Pengertian, Sejarah, Ciri, Tujuan, Teknik,… Pencak Silat : Pengertian, Sejarah, Ciri, Tujuan, Teknik, dan Tingkatannya - Adakah yang belum tahu apa itu Pencak Silat ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang Pencak Silat dan hal-hal lain…
√ Pengertian Jurnalistik, Sejarah, Tujuan, Jenis dan Kode… Pengertian Jurnalistik, Sejarah, Tujuan, Jenis dan Kode Etiknya - Pada pembahasan kali ini Seputar Pengetahuan akan menjelaskan tentang Jurnalistik. Jurnalistik merupakan suatu ilmu atau teknik dalam mengumpulkan, menulis, mengedit atau melakukan publikasi…
√ Pengertian Promosi, Fungsi, Jenis & Contoh Promosi Lengkap Pengertian Promosi, Fungsi, Jenis & Contoh Promosi Lengkap - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang promosi. Penjelasan yang meliputi pengertian promosi, fungsi promosi, jenis promosi, contoh promosi yang akan…
√ Pengertian Pemberdayaan Masyarakat, Tujuan, Prinsip &… Pengertian Pemberdayaan Masyarakat, Tujuan, Prinsip & Tahapannya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang pemberdayaan masyarakat. Yang meliputi pengertian pemberdayaan masyarakat, tujuan pemberdayaan masyarakat, prinsip pemberdayaan masyarakat dan tahapan…
6 Konsep Pemasaran, jenis Dan Tujuannya (Pembahasan Lengkap) 6 Konsep Pemasaran, jenis Dan Tujuannya (Pembahasan Lengkap) – Setelah sebelumnya kita membahas tentang pengertian pemasaran, kali ini kita fokuskan kembali mengenai konsep-konsep pemasaran. Dimana konsep pemasaran merupakan falsafah perusahaan…
Teks Pidato Perpisahan Kelas 6 : Isi Pokok, Karakteristik,… Teks Pidato Perpisahan Kelas 6 : Isi Pokok, Karakteristik, Tujuan dan Contoh Pidato - Bagaimana susunan teks pidato perpisahan kelas 6 yang baik dan benar serta mengharukan ?,Pada kesempatan kali…
√ 19 Pengertian Promosi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) 19 Pengertian Promosi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang promosi. Pembahasan ini berdasarkan para ahli yang berpendapat. 19 Pengertian Promosi Menurut Para Ahli (Bahas…
√ 15 Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli,… 15 Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli, Tugas, Tujuan, Fungsi, Konsep, Unsur - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang manajemen pemasaran. Pembahasan yang meliputi pengertian, tugas, tujuan, fungsi, konsep,…
√ Pengertian E-Book, Fungsi, Tujuan dan Format (Pembahasan… Pengertian E-Book, Fungsi, Tujuan, Format Terlengkap - Di pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang E-Book. Yang meliputi pengertian e-book, fungsi e-book, tujuan e-book dan format ebook dengan pembahasan lengkap…
√ Pengertian Modernisasi, Syarat, Ciri, Aspek dan Contohnya Pengertian Modernisasi, Syarat, Ciri, Aspek dan Contohnya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Modernisasi. Yang manadalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian modernisasi, syarat, ciri, aspek, dampak dan…
Test PAPI Kostick : Pengertian, Tujuan, Bidang Aspek,… Test PAPI Kostick : Pengertian, Tujuan, Bidang Aspek, Prosedur Skoring, Kelebihan dan Kekurangannya - Apakah itu PAPI Kostick?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya tentang hal lain yang…
Pers adalah : Pengertian, Ciri, Dasar Hukum, Fungsi, Peranan… Pers adalah : Pengertian, Ciri, Dasar Hukum, Fungsi, Peranan dan Jenisnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Pers. Yang meliputi pengertian, ciri-ciri, dasar hukum, fungsi, peranan, jenis-jenis pers…
Pengertian Kewirausahaan, Ciri, Tujuan, Karakteristik dan… Pengertian Kewirausahaan, Ciri, Tujuan, Karakteristik, Tahapan dan Manfaatnya – Apa itu Pengertian Kewirausahaan ?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya hal-hal lain yang juga melingkupinya. Mari kita simak…
Preventif dan Represif Adalah : Contoh dan Tujuannya Preventif dan Represif Adalah : Contoh dan Tujuannya– Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Preventif. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian preventif dan respresif, contoh dan…
Vektor : Pengertian, Materi, Rumus dan Contoh Soal Vektor : Pengertian, Materi, Rumus dan Contoh Soal - Apakah yang di maksud dengan Vektor dalam operasi matematika ?Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas Vektor dan hal-hal lain tentangnya.…
√ Pengertian Manajemen Konstruksi, Peran, Fungsi, Tujuan dan… Pengertian Manajemen Konstruksi, Peran, Fungsi, Tujuan dan Tugasnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Manajemen Konstruksi. Penjelasan yang meliputi pengertian, peran, fungsi, tujuan dan tugas yang akan diulas…
Gambar Mikroskop : Pengertian, Sejarah, Jenis, Bagian, Cara… Gambar Mikroskop : Pengertian, Sejarah, Jenis, Bagian, Cara Kerja dan Perawatan Mikroskop - Seberapa dekatkah dirimu mengenali bentuk dan fungsi dari Mikroskop ?Pada kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang Mikroskop…
√ Pengertian Humas, Fungsi, Tujuan, Prinsip, Tugas, Manfaat… Pengertian Humas, Fungsi, Tujuan, Prinsip, Tugas, Manfaat & Contoh - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Humas atau hubungan masyrakat. Yang meliputi pengertian humas, fungsi humas, tujuan humas, prinsip,…
Turunan Fungsi Aljabar : Rumus, Aplikasi, Notasi, Perkalian… Turunan Fungsi Aljabar : Rumus, Aplikasi, Notasi, Perkalian Pembagian Dua Fungsi dan Contoh Soal - Apakah kamu mengerti apa yang di maksud dengan Turunan Fungsi Aljabar ? Pada kesempatan kali…
√ Pengertian Ekuitas Merek (Brand Equity), Fungsi, Manfaat &… Pengertian Ekuitas Merek (Brand Equity), Fungsi, Manfaat & Dimensi - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang ekuitas merek atau brang equity. Yang meliputi pengertian ekuitas merek, fungsi dan manfaat…
Cara Membuat Saluran Pemasaran yang Kuat seputarpengetahuan.co.id - Apakah Anda mengetahuinya atau tidak, Anda memiliki saluran pemasaran. Banyak perusahaan tidak mengetahui apa itu saluran pemasaran atau bagaimana mengukurnya. Faktanya, lebih dari 68% bisnis tidak menyadarinya. Tapi…
Contoh Resensi Buku Non Fiksi : Tujuan dan Manfaat Resensi Contoh Resensi Buku Non Fiksi : Tujuan dan Manfaat Resensi - Apa yang di maksud dengan resensi buku non fiksi ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah itu Resensi Buku…
√ Pengertian Keterampilan, Menurut Para Ahli dan Macamnya Pengertian Keterampilan, Menurut Para Ahli dan Macamnya - Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Keterampilan. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian keterampilan menurut para ahli dan…
√ Pengertian Nilai Sosial, Fungsi, Peran dan Pembagiannya Pengertian Nilai Sosial, Fungsi, Peran dan Pembagiannya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Nilai Sosial. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian nilai sosial, ciri, fungsi,…