√ Pengertian Komunikasi Interpersonal, Tujuan, Fungsi, Faktor dan Aspeknya

Pengertian Komunikasi Interpersonal, Tujuan, Fungsi, Faktor dan Aspeknya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang komunikasi interpersonal. Dengan pembahasan lengkap yang meliputi pengertian komunikasi interpersonal, tujuan dan fungsi komunikasi interpersonal, faktor yang mempengaruhi komunikasi interpersonal, dan aspek-aspek komunikasi interpersonal.

Pengertian Komunikasi Interpersonal, Tujuan, Fungsi, Faktor dan Aspeknya

Untuk memahami secara lengkapnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Komunikasi Interpersonal

Komunikasi Interpersonal merupakan komunikasi yang dilakukan secara tatap muka dan saling mempengaruhi, mendengarkan, memberikan pernyataan, saling terbuka, kepekaan yang adalah cara paling efektif dalam merubah sikap, opini dan tingkah laku seseorang dengan efek umpan balik secara langsung.

Pengertian lain dari komunikasi interpersonal adalah komunikasi yang dilakukan oleh seseorang untuk bertukar gagasan maupun pemikian terhadap individu lainnya. Atau komunikasi interpersonal merupakan salah satu konteks komunikasi yang mana masing-masing individu berkomunikasi terhadap perasaan, gagasan, emosi, dan juga informasi lainnya dengan cara bertatap muka kepada individu lainnya.

Pengertian Komunikasi Interpersonal Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi dari komunikasi interpersonal menurut ahlinya.

1. Ronald B. Adler dkk (2009)

Menurut Ronald B. Adler dkk komunikasi interpersonal adalah semua komunikasi antara dua orang atau secara kontekstual intepersonal.

2. Joseph A. DeVito (2013)

Menurut Joseph A. Devitu komunikasi interpersonal adalah interaksi verbal dan nonverbal antara dua (atau kadang-kadang lebih dari dua) orang yang saling tergantung satu sama lain.

3. Judy C. Pearson dkk (2011)

Menurut Judy C. Pearson dkk komunikasi interpersonal adalah sebagai proses yang menggunakan pesan-pesan untuk mencapai kesamaan makna antara paling tidak antara dua orang dalam sebuah situasi yang memungkinkan adanya kesempatan yang sama bagi pembicara dan pendengar.

4. G.R Miller dan M. Steinberg (1975)

Menurut G.R Miller dan M. Steinberg komunikasi interpersonal adalah sebagai komunikasi yang terjadi dalam suatu hubungan intersonal.

Tujuan Komunikasi Interpersonal

Terdapat enam tujuan dalam komunikasi interpersonal, antara lain:

Menemukan Personal Atau Pribadi
Dalam komunikasi interpersonal terdapat peluang untuk saling berbicara mengenai apa yang disukai atau tentang diri kita yang menjadikan komunikasi tersebut menjadi menarik dan nyaman dibicarakan. Dengan membahas diri kita kepad orang lain, kita memberikan umpan balik terhadap perasaan, pikiran dan perilaku kita.

Menemukan Dunia Luar
Dengan komunikasi interpersonal membuat kita bisa menjadi paham lebih banyak mengenai diri kita dan orang lain yang kita ajak berkomunikasi. Banyak informasi yang bisa kita ketahui datang dari komunikasi interpersonal.

Membentuk Dan Menjaga Hubungan Yang Penuh Arti
Salah satu keinginan orang yang sangat besar yaitu terbentuknya dan terpeliharanya hubungan dengan orang lain. Banyak dari waktu yang dimanfaatkan dalam komunikasi interpersonal yang diabadikan untuk membuat dan menjaga hubungan sosial dengan orang lain.

Merubah Sikap Dan Tingkah Laku
Dengan komunikasi interpersonal membuat banyak waktu yang bisa dimanfaatkan untuk mengubah sikap dan tingkah laku orang lain. Kita boleh memberikan mereka pilihah seperti mencoba diet dengan cara baru, membeli barang tertentu, menonton film, menulis, membaca buku dan banyak waktu yang digunakan dalam posisi intepersonal.

Untuk Bermain Dan Kesenangan
Berbicara dengan teman tentang kegiatan kita di waktu akhir pekan, melakukan diskusi tentang olahraga, bercerita cerita lucu pada umumnya hal tersebut merupakan pembicaraan yang menghabiskan waktu. Dengan komunikasi interpersonal semacam itu bisa memberikan keseimbangan yang penting dalam pikiran yang membutuhkan rileks terhadap semua keseriusan pada lingkungan kita.

Untuk Membantu
Ahli kejiwaan, ahli psikologi klinis dan terapi memakai komunikasi interpersonal dalam aktivitas profressional mereka untuk memberikan arahak pada kliennya. Ini memiliki fungsi untuk membantu orang lain dalam interaksi interpersonal kita sehari-hari. Kita berkonsultasi dengan seorang teman yang putus cinta, berkonsultasi dengan mahasiswa mengenai mata kuliah dan sebagainya.

Fungsi Komunikasi Interpersonal

Terdapat enam fungsi komunikasi interpersonal antara lain:

  • Menjadikan terbentuk dan terpeliharanya hubungan baik antar individu.
  • Memberikan pengetahuan dan informasi
  • Merubah sikap dan perilaku
  • Memecahkan masalah hubungan antar manusia
  • Menjadikan citra diri lebih baik lagi
  • Membantu jalan untuk sukses

Faktor Yang Mempengaruhi Komunikasi Interpersonal

Lunandi (1994:85) menyatakan terdapat enam faktor yang mempengaruhi komunikasi interpersonal, faktor-faktor tersebut antara lain:

Citra Diri (Self Image)
Masing-masing manusia adalah penggambaran tertentu tentang dirinya, status sosialnya, kelebihan dan kekurangannya. Dengan kata lain citra diri menjadi penentu eksresi dan persepsi orang. Manusia belajar membuat citra diri melalui hubungannya dengan orang lain, utamanya manusia lain yang penting untuk dirinya.

Citra Pihak Lain (The Image of The Others)
Citra pihak lain juga ikut dalam menentukan cara dan kemampuan orang dalam berkomunikasi. Pihak lain adalah orang yang ikut dalam komunikasi memiliki gambaran khas untuk dirinya. Terkadang dengan orang lain yang satu komunikatif lancar, tenang, jelas dengan orang lainnnya tahu-tahu jadi gugup dan bingung. Ternyata di saat berkomunikasi dirasakan campur tangan citra diri dan citra pihak lain.

Lingkungan Fisik
Perilaku manusia tidak sama dari satu tempat pada tempat lain, karena setiap tempat terdapat norma sendiri yang perlu ditaati. Disamping itu, suatu tempat atau lingkungan fisik telah memiliki hubungan juga dengan kedua faktor diatas.

Kondisi
Kondisi fisik juga memiliki pengaruh terhadap komunikasi yang sedang sakit kurang cermat dalam memilih kata-kata. Kondisi emosional yang kurang stabil, komunikasinya juga kurang stabil, karena komunikasi berlangsung timbal balik. Kondisi tersebut bukan hanya menjadi pengaruh pengiriman tetapi juga penerima. Komunikasi arinya peluapan sesuatu yang terpenting yaitu meringankan kesesalan yang bisa membantu menempatkan semuanya dalam proporsi yang sangat wajar.

Bahasa Badan
Komunikasi tidak hanya dikirim atau terkirim dengan kata-kata yang terucap. Badan juga adalah medium komunikasi yang terkadang sangat efektif dan kadang juga samar. Namun demikian dalam hubungan antara orang dalam suatu lingkungan kerja tubuh bisa menafsirkan secara umum sebagai bahasa atau pertanyaan.

Aspek-Aspek Komunikasi Interpersonal
Rahmat (1998:75) menyatakan dalam komunikasi interpersonal selain menghubungkan dua orang yang bertatap muka terdapat aspek yang penting, yang mendukung keberhasilan komunikasi interpersonal yakni:

Rasa Percaya
Dengan rasa percata ini membuat orang lain menjadi terbuka dalam mengeluarkan pikiran dan perasaannya terhadap individu, sehingga akan terbuat hubungan yang akrab dan berlangsung secara mendalam.

Pengertian Komunikasi Interpersonal, Tujuan, Fungsi, Faktor Yang Mempengaruhi, Aspek

Sikap Suportif
Yang akan terlihat dalam sikap ini yaitu:

  • Deskripsi yang berarti penyampaian perasaan dan persepsi tanpa menilai
  • Orientasi masalah merupakan mengkomunikasikan kehendak untuk bekerja sama mencari pemecahan masalah
  • Spontanitas merupkaan sikap jujur dan tidak mau menyelimuti mitif yang dipendam
  • Empati merupakan merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain
  • Persamaan merupakan sikap yang menganggap sama derajatnya, saling menghargai dan menghormati perbedaan pandangan dan keyakinan yang ada.
  • Profesionalisme merupakan kesediaan untuk meninjau kembali pendapatknya dan sedianya mau mengakui kesalahan.

Sikap Terbuka
Sikap terbuka sangat besar berpengaruh terhadap komunikasi yang efektif, terdapat karakteristik orang terbuka antara laih:

  • Melakukan penilaian pesan secara objektif
  • Berorientasi pada isi
  • Mencari informasi dari berbagai sumber
  • Sifatnya profesional dan bersedia merubah kepercayaan
  • Mencari pengertian pesan dan tidak sesuai dengan rangkaian kepercayaan.

Demikianlah telah kami jelaskan tentang Pengertian Komunikasi Interpersonal, Tujuan, Fungsi, Faktor dan Aspeknya, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi