23 Pengertian Konflik Menurut Para Ahli

23 Pengertian Konflik Menurut Para Ahli – Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan tentang konflik. Yang mana penjelasan ini berdasarkan pendapat para ahli yang sudah dirangkum dalam ulasan dibawah ini. Untuk lebih lengkapnya silakan baca pembahasan dibawah ini dengan seksama.

23 Pengertian Konflik Menurut Para Ahli

Mari kita bahas pengertian konflik ini dengan seksama.

Pengertian Konflik Menurut Para Ahli

Dibawah ini adalah definisi konflik menurut ahlinya, mari kita simak semuanya.

1. Zein (2001)

Pengertian konflik menurut Zein adalah sebuah perdebatan atau pertandingan untuk memenankan sesuatu. Ketidak sejujuran terhadap sesuatu, argumentasi, pertengkaran atau perdebatan.Perjuangan, peperangan atau konfrontasi. Keadaan yang rusuh, ketidakstablian gejolak atau kekacauan.

2. Lacey (2003)

Pengertian konflik menurut Lacey adalah a fight, a collision, a struggle, a contest, opposition of interest, opinion or purposes menta strife agony. Yang artinya adalah suatu pertarungan benturan, perdulatan, pertengkaran kepentingan-kepentingan, opini-opini atau tujuan-tujuan, pergulatan mental, penderitaan batin.

3. James W.Vander Zanden

Pengertian konflik menurut James W.Vander Zanden adalah suatu pertentangan mengenai nilai atau tuntutan hak atas kekayaan, kekuasaan, status atau wilayah tempat yang saling berhadapan, bertujuan untuk menetralkan, merugikan ataupun menyisihkan lawan mereka.

4. Ariyono Suyono

Pengertian konflik menurut Ariyono Suyono adalah proses atau keadaan dimana dua belah pihak berusaha menggagalkan tercapainya tujuan masing-masing disebabkan adanya perbedaan pendapat, nilai-nilai ataupun tuntutan dari masing-masing pihak.

5. Robert M.Z. Lawang

Pengertian konflik menurut Robert M.Z. Lawang adalah perjuangan memperoleh status nilai, kekuasaan dimana tujuan mereka yang berkonflik tidak hanya memperoleh keuntungan, tetapi juga menundukkan saingannya.

6. Berstein (1965)

Pengertian konflik menurut Berstein adalah suatu pertentangan atau perbedaan yang tidak dapat dicegah, konflik ini mempunyai potensi yang memberikan pengaruh positif dan negatif dalam interaksi manusia.

7. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) 1996: 518

Pengertian konflik menurut KBBI adalah percekcokan, perselisihan atau pertentangan

8. Gillin dan Gillind (1948)

Pengertian konflik menurut Gillin dan Gillin adalah proses sosial yang dimana individu atau kelompok mencapai tujuan mereka secara langsung menantang pihak lain dengan cara kekerasan atau ancaman kekerasan, singkatnya dapat dikatakan bahwa konflik mengacu pada perjuangan di antara pihak yang besaingan, berusaha untuk mencapai, tujuan berusaha untuk menghilangkan lawan dengan membuat pihak lain tidak berdaya.

9. Max Weber (1968)

Pengertian konflik menurut A.W. Hijau hubungan sosial disebut konflik apabila sepanjang tindakan yang ada didalamny secara sengaja ditujukan untuk melaksanakan kehendak satu pihak untuk melawan pihak lain. Dengan demikian, konflik adalah suatu hubungan sosial yang dimaknai sebagai keinginan untuk memaksanakan kehendaknya pada pihak lain.

10. A.W. Hijau (1956)

Pengertian konflik menurut A.W Hijau adalah upayayang disengaja untuk melawan atau memaksa kehendak lain atua orang lain. Sebagai sebuah proses, konflik adalah kebaikan dari kerjasama dimana usaha sengaja dilakukan untuk menggagalkan kehendak orang lain.

11. Taman Dan Burgess (1921)

Pengertian konflik menurut Taman dan Burgess adalah bentuk yang berbeda dari kompetisi atau persaingan. Merupakan bentuk interaksi, kompetisi atau persaingan adalah perjuangan antara individu atau kelompok individu yang dilakukan tanpa melalui kontak dan komunikasi. Di pihak lain konflik adalah sebuah perlombaan dimana terjadi kontak sebagai kondisi yang sangat diperlukan.

12. R.E Park

Pengertian konflik menurut R.E. Park adalah sebagai salah satu bentuk interaksi

13. Simmel (1995)

Pengertian konflik menurut Simmel adalah jika setiap hubungan antara manusia berarti adalah sebuah sosiasi, maka konflik juga wajib diangap sebagai sosiasi.

14. Soerjono Soekanto

Pengertian konflik menurut Soerjono Soekanto adalah proses dari setiap individu atau kelompok akan menggunakan segera cara termasuk ancaman atau kekerasan sebagai bentuk pertentangan terhadap lawannya

15. De Moor

Pengertian konflik menurut De Moor adalah dalam suatu sistem dapat dikatakan terdapat konflik apabila para penghuni sistem membiarkan dirinya dibimbing oleh tujuan-tujuan atau nilai-nilai yang bertentangan dan terjadi secara besar-besaran.

16. Lewis A. Coser

Pengertian konflik menurut Lewis A. Coser adalah sebuah perjuangan mengenai nilai atau tuntutan atas status, kekuasaan, bermaksud untuk menetralkan, mencederai, atau melenyapkan lawan.

17. Wikipedia

Pengertian konflik menurut Wikipedia adalah secara sosiologis konflik diartikan sebagai suatu proses sosial antara dua orang atau lebih (bisa juga kelompok) dimana salah satu pihak berusaha menyingkirkan pihak lain dengan menghancurkannya atau membuatny tidak berdaya

18. Taquiri dalam Newstorm dan Davis (1977)

Pengertian konflik menurut Taquiri adalah warisan kehidupan sosial yang boleh berlaku dalam berbagai keadaan akibat daripada berbangkinya keadaan ketidaksetujuan, kontroversi dan pertentangan di antara dua pihak atau lebih pihak secara berterusan.

19. Muchlas (1999)

Pengertian konflik menurut Muchlas adalah bentuk interaktif yang terjadi pada tingkatan individual, interpersonal, kelompok pada tingkatan organisasi.

20. Minnery (1985)

Pengertian konflik organisasi menurut Minnery adalah interaksi antara dua atau lebih pihak yang satu sama lain berhubungan dan saling tergantung, namun terpisahkan oleh perbedaan tujuan.

23 Pengertian Konflik Menurut Para Ahli

21. Pace dan Faules (1994: 249)

Pengertian konflik menurut Pace dan Faules adalah ekspresi pertikaian antara individu dengan individu lain, kelompok dengan kelompok lain karena beberapa alasan. Dalam pandangan ini, pertikaian menunjukkan adanya perbedaan antara dua atau lebih individu yang diekspresikan, diingat, dan dialami.

22. Folger dan Poole (1984)

Pengertian konflik menurut Folger dan Poole adalah konflik dapat dirasakan, diketahui, diekspresikan melalui perilaku-perilaku komunikasi.

23. Devito (1995: 381)

Pengertian konflik menurut Devito Interaksi yang disebut komunikasi antara individu yang satu dengan yang lainnya, tidak dapat disangkal akan menimbulkan konflik dalam level yang berbeda.

Demikianlah penjelasan kita kali ini mengenai 23 Pengertian Konflik Menurut Para Ahli, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung.

Baca juga:

Daftar Isi