35 Pengertian Bahasa Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

35 Pengertian Bahasa Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Siapa yang tidak menggunakan bahasa dalam berkomunikasi? tentunya kita mengenal apa itu bahasa. Namun tidak banyak orang mengetahui pengertian secara lebih jelasnya tentang apa itu bahasa. Bahasa merupakan sesuatu hal yang pertama kali diajarkan oleh seorang ibu terhadap anaknya, karena dengan bahasa yang diujarkan akan tersampaikan pesan apa yang dimaksud.

35 Pengertian Bahasa Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Mari kita bahas pengertian bahasa terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Bahasa

Jadi apa itu bahasa? Bahasa yaitu salah satu sistem lambang bunyi ujaran yang dipakai untuk berkomunikasi oleh penggunanya. Bahasa dikatakan baik yang berkembang berdasarkan suatu sistem yakni seperangkat aturan yang dipatuhi oleh para pemakainya. Bahasa itu sendiri memiliki fungsi sebagai sarana komunikasi, integrasi dan juga  adaptasi. Agar lebih memahami mengenai pengertian dan definisi dari bahasa, disisni kita bisa lihat beberapa pendapat para ahli dibidangnya yang mengemukakan pengertian dari bahasa.

Pengertian Bahasa Menurut Para Ahli

Adapun pengertian bahasa menurut ahlinya akan dijelaskan berikut ini:

1. KBBI

Dikuti dari Kamus Besar Bahasa Indonesia yang menjelaskan bahwa Bahasa yaitu sistem bunyi yang arbitrer, yang diapakai oleh kalangan masyarakat sebagai alat berkomunikasi, berinteraksi, bekerjasama, serta mengidentifikasi diri.

2. Harimurti Kridalaksana

Beliau berpendapat bahwa Bahasa yaitu salah satu sistem bunyi yang mempunyai makna dan digunakan dalam berkomunikasi oleh setiap kelompok manusia.

3. Bill Adams

Ia berpendapat bahwa bahasa yaitu salah satu sistem pengembangan psikologi seseorang maupun individu dalam sebuah konteks inter-subjektif.

4. Wittgenstein

Disini Wittgenstein berpendapat bahwa Bahasa yaitu salah satu bentuk dari pemikiran yang dapat dipahami, dimengerti, yang berhubungan dengan kenyataan, serta mempunyai struktur dan bentuk yang logis.

5. Carol

Carol menjelaskan bahwa Bahasa yaitu sistem bunyi maupun urutan bunyi vokal terstruktur yang dipakai dalam berkomunikasi internasional oleh kelompok manusia untuk mengungkapkan suatu peristiwa, hal serta proses yang terjadi disekitar manusia.

6. Ferdinand De Saussure

Ferdinand De Saussure berpendapat bahwa bahasa merupakan sebagai ciri pembeda yang sangat menonjol, sebab dengan bahasa setiap kelompok sosial merasa dirinya merupakan sebagai satu kesatuan yang berbeda dari kelompok lainnya.

7. Gorys Keraf

Ia menjelaskan bahwa bahasa yaitu alat komunikasi antar anggota masyarakat yang berupa bunyi ujaran yang dihasilkan dari alat ucap manusia.

8. Plato

Disini plato berpendapay bahwa bahasa pada hakikatnya merupakan pernyataan pikiran dari seseorang dengan perantaraan nama benda maupun ucapan yang merupakan cermin dari ide seseorang pada arus udara lewat mulutnya.

9. Finoechiaro

Finoechiaro menjelaskan bahwa pengertian dari Bahasa yaitu sistem simbol vokal yang arbitrer yang memungkinkan semua orang berada pada kebudayaan tertentu atau orang lain yang mempelajari sistem kebudayaan ini yaitu berkomunikasi atau berinteraksi.

10. Kamus Linguistic

Dikutip dari Kamus Linguistic yang menjelaskan bahwa Bahasa yaitu sistem lambang bunyi yang arbitrer yang dipakai oleh suatu masyarakat sebagai sarana untuk berinteraksi, bekerjasama dan mengidentifikasi diri.

11. D.P. Tambulan

Ia mengenmukakan bahw Bahasa yaitu salah satu cara dalam memahami pikiran manusia dan perasaannya yang menyatakan isi pikiran dan perasaan.

12. H.G. Brown

Ia menjelsakan pengertian dari  bahasa yaitu sistem komunikasi yang memekai bunyi dan diucapkan melalui organ-organ ujaran yang bisa didengar oleh para anggota masyarakat yang memakai simbol-simbol vokal yang mempunyai makna konvensional secara arbiter atau mana suka.

13. Bloch dan Trager

Disini Bloch dan Trager menjelaskan Bahasa yaitu sistem simbol yang bersifat arbitrer dan dengan sebuah sistem dalam suatu kelompok sosial dalam bekerjasama.

14. Sudaryono

Menurut pendapat dari Sudaryono yang menjelaskan bahwa bahasa merupakan sebagai sarana untuk komunikasi yang sangat efektif meskipun tidak sempurna, sehingga ketidaksempurnaan bahasa dalam berkomuniksi bisa menjadi salah satu sumber terjadinya akan kesalahpahaman untuk pendengarnya.

15. William A. Haviland

Ia menjelaskan bahwa Bahasa yaitu sistem bunyi yang mana jika digabung menurut aturannya maka akan muncul arti yang dapat dipahami dan ditangkap oleh semua orang yang berbicara dengan memakai bahasa itu.

16. Mc. Carthy

Menurut pendapatnya Bahasa yaitu praktik yang sangat tepat dalam mengembangkan kemampuan berpikir seseorang.

17. Depdiknas 2005

Bahasa yaitu ucapan yang berasal dari perasaan dan pikiran manusia yang disampaikan dengan teratur yang menggunakan bunyi sebagai mediumnya.

18. Kamus Linguistic

Bahasa yaitu sebuah sistem lambang bunyi yang arbitrer yang sering digunakan oleh masyarakat untuk berinteraksi, mengidentifikasi diri, serta bekerjasama

19. Fodor

Bahasa yaitu sistem tanda dan simbol yang berhubungan dan bersifat konvensional yang mana memiliki sifat ataupun ciri-ciri tertentu yang dimiliki pada situasi atau benda yang dimaksud tersebut.

20. Bolinger

Bahasa yaitu sebuah sistem fonem yang terbentuk sebab adanya perbedaan bunyi, sintaksis, dan juga pada sistem morfem agar bisa mengungkapkan makna yang berhubungan dengan dunia luar, maksud dari dunia luar yaitu kenyataan.

21. Felicia

Bahasa yaitu sebuah alat yang digunakan dalam berkomunikasi yang bisa berupa tulis ataupun lisan

22. Owen

Bahasa yakni sistem konvensional guna menyampaikan konsep yang melewati manfaat dari berbagai simbol yang diinginkan dan mengkombinasikan segala simbol yang diatur serta memiliki suatu ketentuan.

23. Carrol

Bahasa yaitu sistem berstruktural mengenai bunyi dan urutan bunyi bahasa sifatnya manasuka, yang digunakan untuk berkomunikasi antar sesama sekelompok manusia serta secara agak tuntas guna memberi nama terhdap berbagai jenis benda, peristiwa, maupuan proses yang terdapat pada lingkungan hidup umat manusia.

24. Tarigan

Ia disini menjelaskan bahwa Bahasa yaitu sistem yang tersusun secara sistematis yang mana memungkinkan untuk digunakan pada sistem generatif dan menjadi lambang maupun simbol yang arbitrer.

25. Santoso

Santoso menjelaskan bahwa Bahasa yaitu rangkaian bunyi yang dikeluarkan dengan pengucapan manusia pada saat kondisi sadar.

26. Mackey

Ia berpendapat bahwa Bahasa yaitu bentuk dan keadaan maupun sistem lambang bunyi yang arbitrer atau berasal dari tatanan yang ada pada berbagai sistem.

27. Wibowo

Menurut pendapat dari wibowo yang menjelaskan bahwa Bahasa yaitu sistem persimbolan bunyi yang bermakna dan artikulasi yang dihasilkan alat ucap secara arbitrer dan konvensional yang pakai sebagai alat berkomunikasi pada sekelompok umat manusia agar melahirkan perasaan dan juga pikiran

28. Walija

Menurut pendapat dari Walija yang menjelaskan, Bahasa merupakan alat komunikasi yang sangat lengkap dan efektif untuk menyampaikan pesan, perasaan, maksud, ide, serta pendapatuntuk orang lain.

29. Syamsuddin

Beliau menjelaskan yang mana bahasa yaitu alat yang dipakai dalam membentuk perbuatan, pikiran, perasaan, serta keinginan yang mana mekakai alat guna mempengaruhi dan dipengaruhi.

30. Pengabean

Beliau mengemukakan bahwa bahasa yaitu sistem yang digunakan dalam melaporkan serta menyampaikan segala yang berproses pada sistem saraf.

16 Pengertian Bahasa Menurut Para Ahli Terlengkap

31. Soejono

Menurut pendapat dari Soejono bahwa bahasa yaitu sarana yang diguankan untuk menghubungkan rohani yang penting dalam kehidupan secara bersama

32. Harun Rasyid, Mansyur dan Suratno

Mereka berpendapat bahwa Bahasa yaitu struktur dan makna yang terbebas dari pemakaiannya sebagai sebuah tanda untuk menyimpulkan maksud dan tujuannya.

33. Hasan Alwi

Hasan alwi menjelaskan bahwa Bahasa yaitu suatu sistem lambang bunyi yang arbitrer yang mana bisa dimanfaatkan semua orang dalam berinteraksi, bekerjasama, maupun mengenali diri dalam percakapan yang baik dan juga tingkah laku dan sopan santun.

34. Saussure

Bahasa yaitu sebuah objek pada semiologi

35. Wikipedia

Dikutip dari wikipedia yang menjelaskan bawha bahasa yaitu kemampuan yang dimiliki oleh manusia sebagai alat berkomunikasi dengan manusia lainnya yang menggunakan tanda, misalnya kata dan gerakan

Selain beberapa pengertian yang telah dijelaskan diatas, kita juga sering mendengar bahwa bahasa sifatnya arbitrer. Maksud dari arbitrer yaitu bersifat asal bunyi, manasuka, atau tidak berhubungan dengan logis antara kata yang dipakai sebagai simbol maupaun lambang dengan yang dilambangkannya.  Misalnya seperti bendera kuning, secara bahasa bendera kuning yaitu bendera yang memiliki warna kuning, secara arbitrer bendera kuning yaitu lambang dari duka atau kematian.

Nah itulah sedikit penjelasan mengenai 35 Pengertian Bahasa Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap), semoga bermanfaat buat para pembaca. Terimakasih atas kunjungannya 🙂

Daftar Isi