√ 21 Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli (Lengkap)

21 Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli (Lengkap) – Di pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang media sosial. Yang mana penjelasan tersebut tentang pengertian media sosial yang dikemukakan oleh para ahli.

21 Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli (Lengkap)

Agar lebih memahaminya silakan simak ulasan dibawah ini.

Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi media sosial menurut ahlinya.

1. M.L Kent (2013)

Pengertian media sosial menurut M.L. Kent adalah segala bentuk media komunikasi interaktif yang memungkinkan terjadinya interaksi dua arah dan umpan balik.

2. Dave Kerpen (2011)

Pengertian media sosial menurut Dave Kerpen adalah teks, gambar, video, dan kaitan secara daring yang dibagikan diantar orang-orang dan organisasi.

3. Lon Safko (2012)

Pengertian media sosial menurut Lon Safko adalah media yang kita gunakan untuk menjadi sosial.

4. Joyce Kasman Valenza (2014)

Pengertian media sosial menurut Joyce Kasman Valenza adalah platform internet yang memungkinkan bagi individu untuk berbagi secara segera dan berkomunikasi secara terus menerus dengan komunitasnya.

5. M. Terry (2009)

Pengertian media sosial menurut M. Terry adalah sebagai pengguna isi bersama yang menggunakan teknologi penyiaran berbasis internet berbeda dari media cetak dan media siaran tradisional.

6. Tracy L. Tulen dan Michael R. Solomon (2014)

Pengertian media sosial menurut Tracy L. Tulen dan Michael R. Solomon adalah sarana untuk komunikasi, kolaborasi, serta penanaman secara daring diantara jaringan orang-orang, masyarakat, dan organisasi yang saling terkait dan saling tergantung dan diperkuat oleh kemampuan dan mobilitas teknologi.

7. J. Mike Jacka dan Peter R Scott (2011)

Pengertian media sosial menurut J. Mike Jacka dan Peter R Scott adalah seperangkat teknologi penyiaran berbasis Web yang meungkinkan terjadinya demokratisasi konten sehingga memberikan individu kemampuan untuk menampilkan konten dari konsumen kepada penerbit.

8. Andreas M. Kaplan dan Michael Haenlien (2010)

Pengertian media sosial menurut Andreas M. Kaplan dan Michael Haenlien adalah sebuah kelompok aplikasi berbasis Internet yang dibagun dengan dasar-dasar ideologis Web 2.0 (yang merupakan platform dari evolusi media sosial) yang memungkinkan terjadinya penciptaan dan pertukaran dari User Generated Content.

9. R. Shari Veil, Tara Buehner, dan Michael J. Palenchar (2011)

Pengertian media sosial menurut R. Shari Veil, Tara Buehner dan Michael J. Palenchar adalah komunikasi antar manusia yang memiliki karakteristik partisipasi, terbuka, percakpaan, komunitas, dan keterhubungan

10. The ABC (2011)

Pengertian media sosial menurut The ABC membungkus perangkat digital yang memungkinkan terjadinya kegiatan komunikasi dan berbagi melintasi jaringan. Media sosial dipakai secara produktif oleh seluruh ranah masyarakat, bisnis, politik, media, periklanan, polisi, layanan gawat darurat. Media sosial sudah menjadi suatu kunci untuk memprovokasi pemikiran, dialog, dan tindakan seputar isu-isu sosial.

11. Caleb T. Carr dan Rebecca A. Hayes (2015)

Pengertian media sosial menurut Caleb T. Carr dan Rebecca A. Hayes adalah media berbasis internet yang memungkinakn pengguna berkesempatan untuk berinteraksi dan mempresentasikan diri, baik secara seketika ataupun tertunda, dengan khalayak luas maupun tidak yang mendorong nilai dari user-generated content dan persepsi interaksi dengan orang lain.

12. Michael Cross (2013)

Pengertian media sosial menurut Michael Cross adalah sebuah isitilah yang menggambarkan bermacam-macam teknologi yang digunakan untuk mengikat orang-orang ke dalam suatu kolaborasi, saling bertukar informasi, dan berinteraksi melalui isi pesan yang berbasis web.

Disebabkan internet selalu mengalami perkembangan, maka berbagai macam teknologi dan fitur yang tersedia bagi pengguna pun selalu mengalami perubahan. Hal in imenjadikan medi asosial lebih hypernyum dibandingkan sebuah referensi khusus terhadap berbagai penggunaan atau rancangan.

13. Philip Kotler dan Kevin Lane Keller (2016)

Pengertian media sosial menurut Philip Kotler dan Kevin Lane Keller adalah media yang digunakan oleh konsumen untuk berbasis teks, gambar, suara dan video informasi baik dengan orang lain maupun perusahaan dan vice versa.

14. Chris Brogan (2010)

Pengertian media sosial menurut Chris Brogan adalah seperangkat alat komunikasi dan kolaborasi baru yang memungkinakn terjadinya berbagai jenis interaksi yang sebelumnya tidak tersedia bagi orang awam.

15. Russo, J.Watkins, L.Kelly dan S. Chan (2008)

Pengertian media sosial menurut Russo, J.Watkins, L.Kelly dan S. Chan adalah instrumen yang memfasilitasi komunikasi, jaringan, dan atau kolaborasi secara daring.

16. P.N. Howard dan M.R. Parks (2012)

Pengertian media sosial menurut P.N. Howard dan M.R. Parks adalah media yang terdiri ats tiga bagian, yakni: Infrastruktur informasi dan alat yang digunakan untuk memproduksi dan mendistribusikan isi media, Isi media bisa dalam bentu pesan-pesan pribadi, berita, gagasan dan produk-produk budaya yang terbentuk digital.

Kemudian yang memproduksi dan mengkonsumsi isi media dalam bentuk digital adalah individu, organisasi, dan industri.

17. Mark Hopkins (2008)

Pengertian media sosial menurut Mark Hopkins adalah istilah yang tidak hanya mencakup berbagai palform Media baru tetapi juga menyiratkan dimasukkannya sistem seperti FriendFeed, Facebook, dan lain-lain yang pada umumnya dianggap sebagai jejaring sosial. Idenya adalah bahwa berbagai platform media yang mempunyai komponen sosial dan sebagai media komunikasi publik.

18. B.K. Lewis (2010)

Pengertian media sosial menurut B.K. Lewis adalah label bagi teknologi digital yang memungkinkan orang untuk berhubungan, berinteraksi, memproduksi dan berbagai isi pesan.

Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli

19. Varinder Taprial dan Priya Kanwar (2012)

Pengertian media sosial menurut Varinder Taprial dan Priya Kanwar adalah media yang digunakan oleh individu agar menjadi sosial, atau menjadi sosial secara daring dengan cara berbagai isi, berita, foto dan lain-lain dengan orang lain.

20. McGraw Hill Dictionary

Pengertian media sosial menurut McGraw Hill Dictionary adalah sarana yang digunakan oleh orang-orang untuk berinteraksi satu sama lain dengan cara menciptakan, berbagi, serta bertukar informasi dan gagasan dalam sebuah jaringan dan komunitas.

21. Wikipedia

Pengertian media sosial menurut Wikipedia adalah sebuah media daring, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual.

Demikianlah telah dijelaskan tentang 21 Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli (Lengkap), semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnnya.

Daftar Isi