√ 28 Pengertian Berita Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

28 Pengertian Berita Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang berita. Pembahasan yang dimaksuda disini adalah pengertian berita menurut para ahli yang sudah dirangkum dari beberapa sumber

28 Pengertian Berita Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Untuk lebih lengkapnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Berita Menurut Para Ahli

Berita berasal dari istilah bahasa Sansekerta yaitu “Vrit” yang jika di translate dalam bahasa Inggris menjadi “Write” yang mempunyai makna ada atau terjadi. Ada juga yang menyebut dengan Vritta yang bermakna kejadian atau peristiwa terhangat. Kebanyakan, berita bisa diartikan sebagai suatu laporan yang cepat tentang fakta atau ide terbaru yang benar, penting dan menarik untuk masyarakat umumnya.

Definisi lain dari berita adalah suatu informasi atau informasi tentang sesuatu yang baru terjadi atau sedang terjadi, tersaji berupa cetak, siaran, internet atau bisa juga dari mulut ke mulut kepada orang lain atau orang banyak. Berita terpublikasi dengan cara media secara berkala misalnya pada surat kabar, radio, televisi dan media online.

Untuk pengertian berita dari para ahli, kalian bisa membacanya dibawah ini:

1. Charles A. Dana

Pengertian berita menurut Charles A. Dana adalah laporan setiap saat atau sesuatu yang menarik untuk pembacanya dan berita terbaik dinilai kemenarikannya bagi para pembaca.

2. Neil McNeil

Pengertian berita menurut Neil McNeil adalah gabungan fakta dan peristiwa-peristiwa yang menimbulkan perhatian atau kepentingan bagi para pembaca surat kabar yang memuatnya.

3. Catledge Turner

Pengertian berita menurut Carledge Turner adalah segala sesuatu yang tidak diketahui masyarkat kemarin.

4. Eric C. Hepwood
Pengertian berita menurut Eric C. Hepwood adalah laporan pertama dari kejadian penting dan dapat menarik perhatian umum.

5. Gerarld W. Johnson

Pengertian berita menurut Gerarld W. Johnson adalah penyebab dari macam-macam peristiwa yang dijadikan pertimbangan utama oleh orang surat kabar untuk menulis dan mengumumkannya demi memperoleh kepuasan hatinya.

6. Adi Negoro

Pengertian berita menurut Adi Negoro adalah sebuah pernyataan diantara manusia yang saling memberitahukan.

7. Willard C. Bleyer

Pengertian berita menurut Willard C. Bleyer adalah sesuatu yang baru yang dipilih oleh wartawan untuk dimuat dalam surat kabar sehingga dapat menarik atau mempunyai makna dan dapat menarik minat bagi pembaca.

8. J. B Wahyudi

Pengertian berita menurut J. B Wahyudi adalah sebuah uraian tentang fakta dan atau pendapat yang mengandung nilai berita dan yang sudah disajikan melalui media massa periodik.

9. Dean M. Lyle Spencer

Pengertian berita menurut Dean M. Lyle Spencer adalah kenyataan atau ide yang benar dan dapat menarik perhatian sebagian besar pembaca.

10. Clarence Hach Dan Earl English

Pengertian berita menurut Clarence Hach Dan Earl English mengatakan bahwa asal ada fakta, interest dan audience, sudah ada berita. Berita menurut Clarence dan Earl mengesampingkan syarat penting dan aktualitas.

11. James M Neal

Pengertian berita menurut James M Neal adalah kecenderungan, kondisi, situasi dan interpretasi.

12. Douglas Wood Miller

Pengertian berita menurut Douglas Wood Miller adalah peristiwa atau pendapat yang dapat menyentuh rasa insani yang selalu menjadi menarik perhatian banyak orang.

13. Kamus Komunikasi

Pengertian berita menurut Kamus Komunikasi adalah laporan mengenai hal atau peristiwa yang baru terjadi, menyangkut kepentingan umum dan disiarkan secara cepat oleh media massa; surat kabar, majalah, radio siaran, televisi siaran.

14. Micthel V. Charnley

Pengertian berita menurut Micthel V. Charnley adalah laporan tercepat dari suatu peristiwa atau kejadia yang faktual, penting dan menarik bagi sebagian besar pembaa serta menyangkut kepentingan mereka.

15. Robert Tyell

Pengertian berita menurut Robert Tyell adalah informasi yang baru, menarik perhatian, mempengaruhi orang banyak dan mampu membangkitkan selera masyarakat untuk mengikutinya.

16. Mochtar Lubis

Pengertian berita menurut Mochtar Lubis adalah apa saja yang ingin diketahui banyak orang dan membacanya.

17. United Press Nation

Pengertian berita menurut United Press Nation adalah segala sesuatu dan apa saja yang menimbulkan minat akan kehidupan dan barang-barang dalam segala menifestasinya.

18. Sumadiria (2005:65)

Pengertian berita menurut Sumadiria adaah laporan tercepat mengenai ide atau fakta terbaru yang benar, menarik dan penting bagi sebagaian besar khalayak, melalui media berkala seperti surat kabar, radio, televisi, atau media internet.

19. Djuraid (2007:9)

Pengertian berita menurut Djuaraid adalah sebuah laporan atau pemeberitahuan mengenai terjadinya sebuah peristiwa atau keadaan yang bersifat umum dan baru saja terjadi dan disampaikan oleh wartawan di media massa.

20. Nasution dalam Aliet (2008:1)

Pengertian berita menurut Nasution adalah laporan tentang peristiwa-peristiwa yang terjadi yang ingin diketahui oleh umum, dengan sifat aktual, terjadi di lingkungan pembaca, mengenaik tokoh terkemuka, akibat peristiwa tersebut berpengaruh terhadap pembaca.

21. Oxford Paperback Dictionary terbitan Oxford University Press (1979)

Pengertian berita atau news menurut Oxford Paperback Dictionary diartikan tentang peristiwa terbaru.

22. William S. Maulsby

Pengertian berita menurut William S. Maulsby adalah sesuatu penuturan secara benar dan tidak memihak dari fakta yang punya arti penting dan baru terjadi, yang dapat menarik perhatian pembaca surat kabar yang memuat hal tersebut.

23. Romli (2005:3)

Pengertian berita menurut Romli adalah sajian utama sebuah media massa di samping views (opini). Mencari bahan berita lalu menyusunnya merupakan tugas pokok wartawan dan bagian dari redaksi sebuah penerbitan pers.

24. Suhandang (2004:103-104)

Pengertian berita atau laporan menurut Suhandang adalah pemberitahuan tentang segal peristiwa aktual yang menarik perhatian orang banyak.

28 Pengertian Berita Menurut Para Ahli

25. Paul De Maeseneer menghimpun dari buku Here’s the News

Pengertian berita menurut Paul De Maeseneer adalah informasi baru tentang kejadian yang baru, penting, dan bermakna (signifikan), yang berpengaruh pada para pendengarnya serta relevan dan layak dinikmati oleh mereka.

26. Doug Newson dan James A. Wollert dalam News for the Mass Media (1985:11)

Pengertian berita menurut Doug Newson dan James A. Wollert adalah apa saja yang ingin dan perlu diketahui orang atau lebih luas lagi oleh masyarakat.

27. Wikipedia

Pengertian berita menurut Wikipedia adalah informasi baru atau informasi mengenai sesuatu yang sedang terjadi, disajikan lewat bentuk cetak, siaran, internet, atau dari mulut ke mulut kepada orang ketiga atau orang banyak.

28. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Pengertian berita menurut KBBI adalah cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat; kabar.

Demikianlah telah dijelaskan tentang 28 Pengertian Berita Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap), semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel kami lainnya.

Daftar Isi