√ Pengertian Newsgroup, Sejarah, Fungsi, Cara Kerja, Kategori Lengkap

Pengertian Newsgroup, Sejarah, Fungsi, Cara Kerja, Kategori Lengkap – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang newsgroup. Pembahasan yang meliputi pengertian, sejarah, fungsi, cara kerja dan kategori newsgroup. Untuk lebih jelasnya ikutilah ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Newsgroup, Sejarah, Fungsi, Cara Kerja, Kategori Lengkap

Mari kita bahas terlebih dahulu tentang pengertiannya

Pengertian Newsgroup

Newsgroup adalah suatu tempat untuk menyimpah yang seringkali dipakai oleh usenet (sistem diskusi di internet yang tersebar) untuk berbagai pesan yang dikirimkan dari banyak user pada lokasi-lokasi yang berlainan. Terkadang dengan istilah seperti ini orang menjadi bingung atau membingungkan, karena kebanyakan orang menggunakan newsgroup untuk diskusi kelompok. Perangkat yang digunkan untuk membaca newsgroup adalah newsreader (pembaca berita). Untuk orang awam bisasaja tidak paham dengan newsgroup, karena ini adalah fasilitas yang ada di internet yang digunakan sekelompok pengguna internet.

Pengertian lain dari Newsgroup adlah suatu aplikasi didalam internet yang digunakan untuk saling berkomunikasi satu sama lain yang terdapat didalam sebuah forum. Anggota dari newsgroup biasanya mempunyai kepentingan dan ketertarikan yang sama dalam membahas tema atau topik tertentu. Newsgroup dapat pula disebut sebagai bulletin board yang mana setiap orang dapat leluasa memberikan pendapatnya untuk dibaca orang lain yang telah tergabung didalam kelompok tersebut.

Menurut Wikipedia Newsgroup adalah kelompok diskusi maya di internet. Newsgroup disalurkan melalui Usenet, jaringan kelompok diskusi warta.

Sejarah Newsgroup

Sejarah newsgroup adalah mengenai pengelompokkan atau hirarki yang bermula saat awal penggunaan newsgroup ini seluruh berita masuk ke dalam sebuah hirarki yang dinamakan “net” yang berisikan berbagai macam berita. Kemudian sekitar pada tahun 1986 – 1987 terjadilah suatu penamaan atau pengelompokan secara detail untuk memudahkan dalam memilah jenis berita. Dalam sistem pengelompokan ini terciptalah 7 (tujuh) hirarki yang diberi nama “The Big 7” yaitu: Comp*, news*, sci*, soc*, rec*, talk* dan misc*.

The Big 7 ini yang dijalankan oleh sebuah kelompok atau komunitas yang diberi nama “Usenet”. Dalam perkembangannya ada beberapa topik semacam resep, obat-obatan dan juga seks yang ternyata tidak diperbolehkan dimasukkan dalam kelompok The Big 7. Maka untuk memecahkan masalah tersebut dibuatlah hirarki baru yang diberi nama “alt”

Pada tahun 1995 dibuatlah hirarki baru yang diberi nama “humanities” yang berisi berita atau bahasa mengenai literatur, humaniora, filsafat, dan lain-lain. Dan seiring perkembangannya “humanities” semakin populer dan banyak digunakan. Dan akhirnya “humanities” dimasukkan kedalam The Big 7, dan disebut dengan “The Big 8”.

Fungsi Newsgroup

Fungsi dari newsgroup adalah membantu dalam pengelompokkan berita-berita yang sangat bermanfaat bagi kelompok berita tertentu. Mereka dapat saling berbagi pesan atau berita dalam newsgroup. Sehingga berita atau pesan yang ada dapat diakses oleh anggota atau pengguna newsgroup dalam satu server dengan sangat mudah.

Cara Kerja

Newsgroup sekilas memang mirip dengan forum diskusi, tetapi penggunaanya ditujukan khusus untuk para anggotanya saja atau para pelanggannya. Sebuah instansi ataupun perusahaan biasanya akan mempunyai sebuah server tersendiri yang dikhususkan untuk menampung newsgroup dari perusahaan mereka. Dapat pula menyewa server newsgroup yang dimiliki oleh instansi atau perusahaan lain, lalu ada juga perusahaan atau instansi yang juga menyewakan newsgroup mereka kepada pengguna/user lain.

Kategori Newsgroup

Dalam penggunaan newsgroup kategori yang paling dikenal adalah:

  • comp* = sebuah diskusi dengan tema atau topik yang berhubungan dengan komputer.
  • news* = sebuah diskusi dengan tema yang digunakan seputar usenet.
  • sci* = sebuah diskusi dengan tema yang berkaitan dengan topik ilmiah.
  • rec* = sebuah diskusi dengan tema yang berkaitan dengan rekreasi seperti game dan hobi.
  • soc* = sebuah diskusi dengan tema atau topik yang berhubungan dengan sosial.
  • talk* = sebuah diskusi dengan topik mengenai persoalan yang dapat diperdebatkan seperti tentang politik.
  • misc* = sebuah diskusi dengan tema atau topik yang beragam yang tidak dalam kategori diatas.
  • humanities* = sebuah diskusi yang digunakan untuk topik yang berhubungan dengan filsafat, literatur, dan sebagainya.

Pengertian Newsgroup, Sejarah, Fungsi, Cara Kerja, Kategori Lengkap

Didalam sebuah newsgroup berita akan dikelompokkan ke dalam beberapa kategori (hirarki). Tujuannya adlaah untuk mempermudah pengaturan serta penyimpanan berita. Banyak hirarki yang ada, tetapi paling umumnya ada 8 (delapan) hirarki yang lebih dikenal dengan “The Big 8).

Selain The Big 8 adapula banyak hirarki di newsgroup yang mulai bermunculan. Tetapi penggunaanya tidak sebesar The Big 8. Hirarki yang dimaksud diantaranya de* (newsgroup Jerman), uk* (newsgroup United Kingdom), fr* (newsgroup Perancis), cn* (newsgroup China) dan sebagainya

Demikianlah tadi telah dijelaskan tentang Pengertian Newsgroup, Sejarah, Fungsi, Cara Kerja, Kategori Lengkap semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah pengetahuan dan wawasan kalian. Terimakasi telah berkunjung

Daftar Isi