√ Pengertian Patriotisme Menurut Para Ahli, Ciri, Sikap dan Contohnya

Pengertian Patriotisme Menurut Para Ahli, Ciri, Sikap dan Contohnya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang patriotisme. Yang meliputi pengertian patriotisme, pengertian patriotisme menurut para ahli, ciri-ciri sikap patriotisme, sikap patriotisme dan contoh sikap patriotisme dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami.

Pengertian Patriotisme Menurut Para Ahli, Ciri, Sikap dan Contohnya

Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Patriotisme

Patriotisme merupakan suatu sikap yang berani, tidak mudah menyerah, rela berkorban untuk bangsa dan negara. Patritisme adalah salah satu sikap bela negara dan Nasionalis. Berdasarkan ensiklopedia Indonesia, patriotisme berasal dari bahasa Yunani yakni Patris yang artinya tanah air. Dan juga patriotisme berasal dari kata patriot dan isme yang artinya sifat kepahlawanan atau jiwa kepahlawanan dan dari bahasa Inggris heroism dan patrioism. Pengorbanan tersebut bisa dalam bentuk harta benda atau jiwa raga.

Ungkapan Patriotisme memilii arti rasa kecintaan dan kesetiaan seorang terhadap tanah air dan bangsa. Patriotisme juga bisa dimaknai sebagai rasa kagum terhadap adat istiadar kebiasaan bangsa, kebanggan terhadap sejarah dan kebudayaan dan juga sikap mengabdi demi kesejahteraan

Arti patriotisme seringkali berubah seiring dengan berkembangnya zaman dan keperluan sebuah negara. Di zaman sebelum merdeka, sikap patriotisme lahir dari rasa senasib sepenanggungan, setia kawan dan kebersamaan didalam berjuang menegakkan kemerdekaan bangsa.

Setelah Indonesia merdeka, sikap patriotisme dirasakan dengan sikap yang harus wajib dipunyai bangsa Indonesai dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dan juga harus dijadikan sebagai landasan atau dasar untuk berbuat melaksanakan pembangunan.

Pengertian Patriotisme Menurut Para Ahli

Dari pengertian diatas yang secara umum. Berikut ini adalah pengertian patriotisme menurut para ahli dengan masing-masing pendapatnya.

1. KUBI (Kamus Umum Bahasa Indonesia)

Pengertian Patriotisme menurut KUBI adalah sikap dan semangat yang sangat cinta kepada tanah air sehingga berani berkorban jika diperlukan oleh negara.

2. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Pengertian Patriotisme menurut KBBI adalah sikap dan semangat yang sangat mencintai tanah air sehingga berani berkorban jika diperlukan oleh negara.

3. Staub

Pengertian Patriotisme menurut Staub adalah sebuah keterikatan seseorang pad akelompoknya baik mengenai suku, bangsa, maupun partai politk. Ia mengemuikakan bahwa ada dua jenis patriotisme yakni:

  • Patriotisme Buta adalah patriotisme sebagi keterikatan kepada negara tanpa memandang apapun. Ciri khas jenis patriotisme ini tidak mempertanyakan segala sesuatu, loyal dan tidak toleran terhadap kritik.
  • Patriotisme Konstruktif adalah patriotisme yang mendukung adanya kritik dan pertanyaan dari anggotanya demi tercapainya perubahan ke arah yang lebih baik untuk kesejahteraan anggotanya.

4. Budiyono

Pengertian Patriotisme menurut Budiyono adalah sikap yang berupaya menjaga kemerdekaan dengan segala cara, termasuk dengan mengorbankan jiwa dan raga.

5. Richard Aldington

Pengertian Patriotisme menurut Richard Aldington adalah suatu rasa tanggung jawab kolektif yang hidup dan tentunya dibutuhkan dalam setiap bentuk kehidupan bersama, pada tingkat lokal maupun internasional.

6. Blank dan Schmidt

Pengertian Patriotisme dan Nasionalisme menurut Blanck dan Schmidt adalah berbeda, mereka menyatakan bahwa nasionalisme lebih bernuasan mendominasi dan menonjolkan superioritas terhadap bangsa lain, sedangkan patriotisme lebih berbicara akan cinta dan loyalitas.

7. Ensiklopedia Indonesia

Pengertian Patriotisme menurut Ensiklopedia Indonesia adalah rasa kecintaan dan kesetiaan seseorang pada tanah air dan bangsanya, kekaguman pada adat kebiasaan, kebanggaan terhadap sejarah dan kebudayaannya, serta sikap pengabdian demi kesejahteraan bersama.

Ciri-Ciri Patriotisme

Ciri-ciri dari patriotisme adalah sebagai berikut:

  • Patriotisme adalah solider yang mempunyai tangungh jawab atas seluruh bangsa. Berarti, patriotisme membuat seseorang dapat mencintai bangsa dan negaranya tanpa menjadikan sebagai tujuan untuk dirinya sendiri tetapi untuk kesejahteraan bangsa dan negara.
  • Patriotisme adalah realistis. Berarti patriotisme mau dan dapat melihat kekuatan bangsa dan daya yang bisa merusak bangsa dan bangsa lainnya.
  • Patriotisme merupakan rasa mempunyai identitas diri, berarti mau melihat, menerima dan mengembangkan karakter dan kepribadian bangsa sendiri
  • Patriotisme sifatnya terbuka, berarti melihat bangsanya dalam konsep hidup dunia, mau ikut serta didalamnya, dan bersedia belajar dari bangsa lain untuk memajukan bangsanya.
  • Patriotisme mempunyai modal dan budaya rohani bangsa dan berjuang di masa kini untuk menuju cita-cita yang ditetapkan.

Pengertian Patriotisme Menurut Para Ahli, Ciri-Ciri, Sikap Dan Contoh

Sikap Patriotisme Dan Contoh Sikap Patriotisme

Sikap patriotisme bisa ditunjukkan dalam semangat cinta tanah air dengan cara berikut ini:

Sikap Rela Berkorban Mempertahankan Negara
Sikap ini bisa ditunjukkan berupa kebersediaan berjuang dalam menyelesaikan ancaman bangsa lain yang akan menjajah, ancaman dari dalam negeri, aktivitas yang bisa merugikan negara dan bencana alam yang bisa membuat kerusakan dan kehancuran dalam negara.

Sikap Untuk Mengisi Kelangsungan Hidup Negara
Sikap ini dapat ditunjukkan dengan kebersediaan bekerja sesuai dengan bidangnya, sehingga dapat menaikkan harkat, martabat dan tujuan bangsa.

Berikut adalah sebagian sikap atau aktivitas yang mencerminkan jiwa patriotisme dalam kehidupan sehari-hari antara lain yakni:

  • Ikut dalam upacara hari besar kenegaraan
  • Ikut kegiatan bakti sosial
  • Ikut kegiatan sosial seperti pramuka, PMR dan lain sebagainya
  • Rajin belajar
  • Menaati peraturan
  • Hormat kepada orang tua, guru dan juga orang disekitar
  • Membawa pancasilan dalam kehidupan sehari-hari
  • Dan lain-lain.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Patriotisme Menurut Para Ahli, Ciri, Sikap dan Contohnya, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi