√ Pengertian Persaingan (Competition) dan Fungsinya dalam Sosiologi

Pengertian Persaingan (Competition) dan Fungsinya dalam Sosiologi – Pada kali ini kita akan melanjutkan pembahasan mengenai persaingan atau competition, kali ini kita membahas mengenai persaingan yang mempunyai fungsi didalam sosiologi.

Pengertian Persaingan (Competition) dan Fungsinya dalam Sosiologi

Supaya dapat memberikan informasi bagi para pembaca ataupun pencari informasi mengenai persaingan yang mempunyai fungsi didalam sosiologi. Agar dapat lebih jelasnya mari kita mulai pembahasannya dan jangan lupa untuk menyimaknya.

Pengertian Persaingan (Competition)

Persaingan ialah proses sosial disasosiatif dimana tiap individu atau juga antar kelompok manusia yang ikut serta didalam proses tersebut. Dan saling berebut agar mencari keuntungan melalui bidang-bidang kehidupan dan pada masa tertentu yang menjadi pusat perhatian publik. Dengan menggunakan cara yang menarik perhatian publik.

Dan dengan mempertajam prasangka yang sudah ada, tanpa menggunakan anCaman dan juga kekerasan. Tipe dari persaingan mencakup persaingan pribadi (rivarly) dan juga persaingan diantara kelompok. Dan melalui tipe persaingan tersebut akan menghasilkan beberapa bentuk persaingan.

Baca Juga:  √ Ciri-ciri Lembaga Sosial dan Fungsinya (Pembahasan Lengkap)

1. Persaingan Pada Bidang Ekonomi

Persaingan ini terjadi karena akibat dari keterbatasan dari semua jumlah benda-benda pemuas dari kebutuhan individu yaitu manusia didalam masyarakat, sementara banyak pihak yang saling membutuhkan satu sama lain. Persaingan ekonomi yang akan terfokus pada hal-hal seperti perebutan jumlah pelanggan, dan kemudian persaingan didalam dunia produksi barang dan juga jasa yang akan berpusat kepada perebutan sumber bahan baku dan juga daerah penjualan.

2. Persaingan Pada Bidang Kebudayaan

Persaingan pada bidang kebudayaan lebih sering terlihat ke arah aplikasi teknologi komunikasi didalam mendokumentasikan kebudayaan itu sendiri. Seperti pada pembuatan film dan juga seni musik modern tetapi masih ada beberapa yang tradisional.

3. Persaingan Didalam Mencapai Kekuasaan Dan Peranan Tertentu Didalam Masyarakat

Persaingan seperti ini sering terjadi dilingkungan lembaga-lembaga ataupun badan-badan dan juga instansi tertentu yang ada didalam lingkup pemerintahan. Seperti saat diadakannya PILKADA atau pilpres ataupun pemilihan anggota DPR. Dan mereka akan bersaing dengan cara sehat maupun cara yang tidak sehat.

4. Persaingan Rasial

Persaingan rasial atau ras sekarang ini sering terjadi atau seperti perang dingin, tidak disebutkan tetapi tetap masih dilakukan didalam masyarakat. Persaingan ras pada umumnya muncul disaat seorang ataupun kelompok tertentu yang memang lebih superior yang menyuarakan ras dari merekalah yang paling terbaik.

Baca Juga:  √ 33 Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Fungsi Persaingan Didalam Sosiologi

Walaupun persaingan adalah proses sosial disasosiatif tetapi persaingan ternyata mempunyai beberapa fungsi tetapi didalam batas yang tertentu. Untuk lebih lanjutnya kita bahas apa saja fungsi dari persaingan.

Pengertian Persaingan (Competition) Dan Fungsi Didalam Sosiologi

1. Sebagai alat untuk mengadakan seleksi sosial.
Apabila persaingan diantara pihak yang disadari oleh pemikiran pemikiran yang sehat. Maka persaingan akan mempunyai fungsi sebagai alat yang menyeleksi mana individu ataupun kelompok yang mempunyai kualitas yang lebih baik.

2. Untuk menghasilkan pembagian kerja secara efektif.
Dengan adanya persaingan dan juga kualitas dari setiap individunya akan terlihat sehingga kelebihan dan kemampuan dan juga kekurangan mereka akan terlihat juga. Karena adanya persaingan kita bisa menentukan posisi dan juga kedudukan setiap individu.

Itulah penjelasan yang dapat kami berikan tentang Pengertian Persaingan (Competition) dan Fungsinya dalam Sosiologi, dimana persaingan akan membuat hal yang mungkin bisa membuat perselisihan namun jika dilakukan dengan porsi yang baik tentu akan menjadikan fungsi yang baik pula, semoga bermanfaat:)