√ 17 Pengertian Assessment Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

17 Pengertian Assessment Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang pengertian Assessment. Dalam pembahasan ini akan di ulas pengertian assessment yang dikemukakan oleh beberapa ahli yang sudah dirangkum dengan lengkap. Untuk lebih rincinya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

17 Pengertian Assessment Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Mari kita bahas lengkap pengertian assessment dengan seksama menurut ahlinya.

Pengertian Assessment Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi dari assessment menurut para ahli.

1. S. Eko Putro Widoyoko (2012:3)

Pengertian assessment menurut S.Eko Putro Widoyoko adalah kegiatan menafsirkan data hasil pengukuran berdasarkan kriteria maupun aturan-aturan tertentu.

2. Djadja Rahadja

Pengertian assessment menurut Djadja Rahardja adalah proses pengumpulan informasi dengan mempergunakan alat dan teknik yang sesuai, untuk membuat keputusan pendidikan berkenaan dengan penempatan dan program pendidikan bagi siswa tertentu.

3. Richard I. Arends (2008:217)

Pengertian assessment menurut Richard I. Arends adalah proses pengumpulan informasi tentang siswa dan kelas untuk maksud-maksud pengambilan keputusan instruksional.

4. Palomba dan Banta (1999)

Pengertian assessment menurut Palomba dan Banta adalah Assessment is the systematic collection, review, and use of information about educational programs undertaken for the purpose of improving student learning and development. Dengan arti Penilaian adalah pengumpulan, reviu, dan penggunaan informasi secara sistematik tentang program pendidikan dengan tujuan meningkatkan belajar dan perkembangan siswa.

5. Terry Overtun (2008)

Pengertian assessment menurut Terry Overtun Assessment is a process of gathering information to monitor progress and make educational decisions if necessary. As noted in my definition of test, an assessment may include a test, but also include methods such as observations, interview, behavior monitoring, etc. Dengan arti Assessment adalah suatu proses pengumpulan informasi untuk memonitor kemajuan dan bila disebutkan dalam definisi saya tentang tes, suatu penilaian bisa saja terdiri dari tes, atau bisa juga terdiri dari berbagai metode seperti obsevasi, wawancara, monitoring tingkah laku, dan sebagainya.

6. Bob Kizlik (2009)

Pengertian assessment menurut Bob Kizlik Assessment is a process by which information is obtained relative to some know objective or goal. Tests are assessment made under contrived circumstances especially so that they may be administered. In other words, all tests are assessments, but not all assessments are tests. Dengan arti assessment adalah suatu proses dimana informasi diperoleh berkaitan dengan tujuan pembelajaran. Penilaian adalah istilah yang luas yang mencakup tes (pengujian). Tes adalah bentuk khusus dari penialain. Tes adalah salah satu bentuk penilaian. Dengan kata lain, semua tes merupakan penilaian, namun tidak semua penilaian berupa tes.

7. Angelo T.A (1991)

Pengertian assessment menurut Angelo T.A Classroom assessment is a simple method faculty can use to collect feedback, early and often, on how well their students are learning what they are being taught. Dengan arti assessment kelas adalah suatu metode yang sederhana dapat digunakan untuk mengumpulkan umpan balik, baik di awal maupun setelah pembelajaran tentang seberapa baik siswa mempelajari apa yang telah diajarkan kepada mereka.

8. James A.Poteet Dan Ronald C Eaves (1985)

Pengertian assessment menurut James A.Poteet Dan Ronald C Eaves adalah proses pengumpulan informasi. Untuk guru, penilaian dilakukan sebagai tujuan memutuskan keterampian mengajar.

9. Jamaris dalam Makalah Asesmen Perkembangan Anak Usia TKA Berbasis Kecerdasan Jamak (2004)

Pengertian penilaian pendidikan anak usia dini menurut Jamaris adalah suatu proses kegiatan yang dilaksanakan dengan tujuan untuk mengumpulkan data atau bukti-bukti tentang perkembangan dan hasil belajar anak usia dini.

10. Hargrove dan Poteet (1984)

Pengertian assessment menurut Hargrove dan Poteet, Assessment is the process of gathering information, using appropriate tools and technique. Dengan arti penilaian adalah proses mengumpulkan informasi, dengan menggunakan alat dan teknik yang layak.

11. NSW Departemen of Education (Arthur 1996:324)

Pengertian assessment menurut NSW Departemen of Education, Assessment is the process of gahtering evidance and making judgement about student’s needs, strenghts, abilities and eachievement. Dengan arti penilaian adalah proses mengumpulkan fakta-fakta dan membuat keputusan tentang kebutuhan siswa, kekuatan, kemampuan, dan kemajuannya.

12. NAEYC dan NAESC/SDE (1991)

Pengertian assessment menurut NAEYC dan NAESC/SDE adalah proses mengamati, merekam dan mengumpulkan berbagai dokumentasi dari hasil karya yang telah dikerjakan oleh anak dan bagaimana cara mereka mengerjakannya.

13. PP No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan bab 1 pasal 1 ayat 17

Pengertian assessment/penilaian menurut PP No.19 Tahun 2005 adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik.

14. Suharsimi Arikunto (2009)

Pengertian assessment/penilaian menurut Suharsimi Arikunto adalah mengambil suatu keputusan terhadap sesuatu dengan ukuran baik buruk. Penilaian bersifat kulitatif

15. Cangelosi (1995:21)

Pengertian assessment/penilaian menurut Cangelosi adalah keputusan tentang nilai. Oleh sebab itu, langkah selanjurnta setelah melaksanakan pengukuran adalah penilaian. Penilaian dilaksanakan setelah siswa menjawab soal-soal yang terdapat pada tes. Hasil jawaban siswa tersebut ditafsirkan dalam bentuk nilai.

Pengetian Assessment Menurut Para Ahli

16. Mardapi (1999:8)

Pengertian assessment/penilaian menurut Mardapi adalah kegiatan menafsirkan atau mendeskripsikan hasil pengukuran.

17. Bonnie Campbell Hill dan Cynthia Ruptic (1994)

Pengertian assessment/penilaian menurut Bonnie Campbell Hill dan Cynthia Ruptic Assessment is process of gahtering evidence and documenting a child’s learning and growth. Dengan arti penilaian adalah proses mengumpulkan peristiwa dan mendokumentasikan pertumbuhan dan pembelajaran anak.

Demikianlah telah dijelaskan tentang 17 Pengertian Assessment Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel kami lainnya.

Daftar Isi