12 Pengertian Sepak Bola Menurut Para Ahli

12 Pengertian Sepak Bola Menurut Para Ahli – Pada kesempatan kali ini kami akan membahas materi tentang sepak bola. Sepak bola adalah permainan olahraga yang paling banyak dimainkan diseluruh penjuru dunia.

Permainan ini sangat terkenal dan bergengsi dimanapun berada. Olahraga ini menggunakan bola yang terbuat dari bahan kulit dan dimainkan oleh dua tim, yang masing-masing tim memiliki anggota sebelas orang. Selain pemain inti terdapat juga pemain cadangan.

Sepakbola adalah olahraga yang sangat bergengsi dan para pemainnya adalah orang-orang yang sudah berpengalaman dibidang sepakbola. Para pemain didunia bahkan dibayar mahal untuk bisa menjadi pemain yang hebat, berprestasi dan bisa membawa sebuah tim keluar sebagai pemenang.

12 Pengertian Sepak Bola Menurut Para Ahli

Untuk lebih jelasnya apa itu sepak bola, simaknya ulasan dibawah ini mengenai pengertian sepak bola menurut para ahli.

Pengertian Sepak Bola Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi sepak bola menurut ahlinya.

1. Subagyo Irianto (2010:3)

Pengertian sepak bolah menurut Subagyo Irianto adalah permainan dengan cara menendang sebuah bola yang diperebutkan oleh para pemain dari dua kesebelasan yang berbeda dengan maksud memasukkan bola ke gawang lawan dan mempertahankan gawang sendiri jangan sampai kemasukkan bola.

2. Herwin (2004:78)

Pengertian sepak bolah menurut Herwin adalah permainan kelompok yang melibatkan banyak unsur, seperti fisik, teknik, taktik, dan mental.

3. Joko Purwanto (2004:7)

Pengertian sepak bolah menurut Joko Purwanto adalah suatu bentuk permainan beregu yang menggunakan bola besar, dimainkan oleh 2 (dua) regu, dan tiap-tiap regu terdiri dari 11 pemain.

4. Luxbacher (2008:2)

Pengertian sepak bolah menurut Luxbacher adalah pertandingan sepak bola itu dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 orang. Masing-masing tim mempertahankan gawan dan berusaha menjebol gawang lawan.

5. Alwi dalam KBBI (2003:918)

Pengertian sepak bolah menurut Alwi adalah permainan beregeu yang menggunakan bola sepak dari 2 (dua) kelompok yang berlawanan yang masing-masing terdiri atas sebelas pemain.

6. Muhajir (2007:22)

Pengertian sepak bolah menurut Muhajir adalah suatu permainan yang dilakukan dengan jalan menyepak, yang mempunyai tujuan untuk memasukkan bola kegawan lawan dengan mempertahankan gawang tersebut agar tidak kemasukan bola oleh lawan.

7. Agus Salim (2008:10)

Pengertian sepak bolah menurut Agus Salim adalah olahraga yang memainkan bola dengan menggunakan kaki. Tujuan utama dari permainan ini adalah untuk mencetak gol atau skor sebanyak-banyakny yang tentunya harus dilakukan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Untuk bisa membuat gol harus tangkas, sigap, cepat, dan baik dalam mengontrol bola.

8. Sucipto Dkk (2000:7)

Pengertian sepak bolah menurut Sucipto dkk adalah permainan yang hampir seluruhnya dimainkan menggunakan kaki, kecuali seorang penjaga gawan yang dibolehkan menggunakan lengannya di daerah tendangan hukumannya.

9. Muhyi Faruq (2008:17)

Pengertian sepak bolah menurut Muhyi Faruq adalah bentuk dari kegiatan fisik yang memberikan manfaat pada kebugaran tubuh dan mental serta sosial yakni prestasi. Pada kajian ini lebih menyoroti pada permainan dan olahraga sepak bola kaitanny dengan kebugaran tubuh.

Permainan ini sendiri masuk dalam aktifitas gerak olahraga, karena bentuk aktifitas fisik yang terstruktur, terencara dan berkesinambungan dengan tujuan untuk kebugaran tubuh yang lebih baik.

10. Nurhasan (2001:46)

Pengertian sepak bolah menurut Nurhasan adalah permainan sepak bola dilakukan dalam 2 (dua) babak, yang mana masing-masing dari babak pada umumnya berlangsung selama 45 menit. Permainan sepakbola dipimpin oleh seorang wasit dengan dibantu oleh dua hakim garis.

Para pemain menggunakan sepatu bola serta kostum yang berbeda denganlawan mainnya, sedangkan untuk penjaga gawan harus mengenakan kostum khusus yang berbeda dengan para pemain lainnya.

12 Pengertian Sepak Bola Menurut Para Ahli Terlengkap

11. Erick C. Batty (1982:5)

Pengertian sepak bolah menurut Erick C. Batty adalah permainan yang sederhana dan rahasia permainan sepakbola ialah melakukan hal-hal sederhana sebaik-baiknya. Walaupun sepakbola adalah permainan beregu namun setiap pemain harus menguasai teknik dasar baik itu dengan bola ataupu tanpa bola.

12. Wikipedia

Pengertian sepak bolah menurut Wikipedia adalah cabang olahraga yang menggunakan bola yang umumnya terbuat dari bahan kulit dan dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 (sebelas) orang pemain inti dan beberapa pemain cadangan.

Demikian telah dijelaskan diatas tentang 12 Pengertian Sepak Bola Menurut Para Ahli, semoga dengan adanya pembahasan tersebut dapat menambah pengetahuan dan wawasan kalian tentang sepak bola. Terimakasih telah berkunjung.

Daftar Isi