Teknik Dasar Bola Voli : Pengertian dan Sejarahnya

Teknik Dasar Bola Voli : Pengertian Bola Voli dan Sejarahnya – Apa saja teknik dasar dari permainan bola voli? Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas teknik dasar bola voli dan hal-hal yang melingkupinya. Mari kita simak bersama artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.

Teknik Dasar Bola Voli : Pengertian dan Sejarahnya


Muhadi (1991:183) ” permainan bola voli adalah suatu bentuk permainan yang termasuk dalam jenis olah raga permainan. Voli artinya pukulan langsung atau memukul bola langsung di udara sebelum bola jatuh ke tanah. Bola Voli adalah cabang permainan dalam olahraga yang dimainkan secara beregu dengan 2 tim yang saling berlawanan.

Masing-masing dari tim berisi 6 pemain yang memiliki peran tersendiri dalam memainkan permainan tersebut. Bola Voli bisa dimainkan di lapangan indoor maupun outdoor. Untuk ukuran lapangan bola voli adalah 18×9 meter, dengan net putra setinggi 2,43 meter sedangkan net putri 2,24 meter.

Permainan bola voli merupakan permainan yang tidak mudah untuk dilakukan bagi setiap orang. Dalam permainan ini dibutuhkan koordinasi gerak dengan baik, dapat digunakan secara efektif dan efisien dan tentunya sangat mendukung bagi tim saat permainan berlangsung. Menurut Nuril Ahmadi (2007: 20)” permainan bola voli merupakan permainan yang kompleks, tidak mudah dilakukan oleh setiap orang.

Karena dalam permainan voli sangat dibutuhkan koordinasi gerak yang benar” bisa diandalkan untuk melakukan semua gerakan yang terdapat dalam permainan bola voli. Salah satu faktor pendukung dalam permainan bola voli adalah kondisi fisik seorang pemain. Menurut Suharno (1982: 21) kondisi fisik secara umum meliputi kekuatan, daya tahan tubuh, kecepatan, kelincahan dan kelenturan.

Teknik dasar merupakan hal yang sangat tidak bisa terpisahkan dalam sebuah permainan bola voli. Seorang pemain yang bisa menguasai teknik dasar permainan bola voli dengan baik, pasti ia dapat bermain secara efektif dan juga efisien, hal seperti itu sangatlah mendukung bagi tim ketika dalam pertandingan.

Menurut Dieter Beutelstahl (2007: 8) teknik merupakan prosedur yang sudah dikembangkan berdasarkan praktek yang bertujuan mencari penyelesaian suatu masalah pergerakan tertentu dengan cara yang paling ekonomis dan berguna tentunya paling simpel.

Berkaitan dengan teknik dasar dalam permainan bola voli. Aip Syarifuddin, Muhadi (1991: 187) mengemukakan bahwa, teknik adalah pemahaman untuk melakukan bentuk-bentuk gerakan yang berhubungan dengan permainan bola voli.

Dalam permainan bola voli ada 4 teknik dasar yang harus dijalankan agar permainan bisa berjalan baik.


Serving atau Servis

Servis merupakan pukulan atau serangan pertama untuk memulai permainan yang dilakukan dibelakang garis agar bola melambung melewati net hingga memasuki daerah lawan.Ada 2 jenis servis yaitu servis atas dan servis bawah. Keduanya memiliki kekuatan tersendiri yang berbeda.

Baca Juga:  Pandawa Lima : Sejarah, Kisah, Tokoh dan Karakternya

Servis Atas

Ada 3 jenis gaya dalam melakukan servis atas, diantaranya yaitu :

Servis atas mengapung

  • Berdirilah menghadap lapangan.
  • Posisikan kedua kaki sejajar dengan bahu.
  • Lambungkan bola ke atas (lebih tinggi dari kepala).
  • Pukul bola di bagian tengah belakang.

Servis atas Overhand Around House

  • Genggam bola di depan badan dengan tangan kiri.
  • Lemparkan bola keatas dan berikan simpangan terjauh bagi tangan kanan dan lekukkan kaki kiri sedikit.
  • Pukul bola dengan ayunan melingkar dari tangan kanan saat posisi sudah tepat dan jadikan kaki kiri sebagai tumpuan berat badan.

Jumping Service

  • Berdirilah agak jauh dari belakang lapangan.
  • Pegang bola dengan kedua tangan.
  • Lambungkan bola kira kira 3 meter dari tanah.
  • Jika merasa mendapat saat yang tepat rendahkan badan dan tekuk lutut untuk bersiap melompat setinggi-tingginya.
  • Pukul bola layaknya smash dengan menekuk pergelangan agar menciptakan pukulan topspin.

Setelah mengetahui berbagai cara dan gaya dalam servis atas, kita juga perlu mengetahui cara melakukan servis bawah.

Servis Bawah

  • Pegang bola dengan tangan kiri sejajar dengan pinggang.
  • Badan sedikit membungkuk
  • Ayunkan tangan kanan untuk memukul bola dengan tangan yang mengepal
  • Teknik tersebut merupakan teknik termudah dan umum digunakan.
  • Servis bawah biasanya dilakukan oleh pemain yang masih pemula.

Passing


Passing merupakan upaya yang dilakukan pemain untuk menerima, menahan, dan mengendalikan.Passing bola voli adalah gerakan mengumpan bola kepada teman atau mengembalikan bola lawan.Sama seperti servis, passing juga memiliki 2 jenis, yaitu :

Passing Atas

  • Bukalah kaki selebar bahu dan lutut sedikit ditekuk.
  • Kedua tangan berada di depan dahi, kedua ibu jari dan telunjuk membentuk segitiga. Pandangan harus fokus pada arah datangnya bola.
  • Saat bola datang, terima bola dengan jari jari tangan, tekuk pergelangan tangan kedalam. Saat menerima usahakan tangan rileks.
  • Dorong bola dengan cara menggerakan pergelangan tangan kearah luar dan diikuti gerakan meluruskan siku siku.
  • Gerakkan kaki agak menjinjit.

Passing atas biasa digunakan pemain untuk mengoper bola ke arah toser kemudian bisa di smash ke daerah lawan.

Passing Bawah


Metode Passing Bawah The Dig

Posisi tangan kanan menggenggam 4 jari tangan kiri dan ibu jari tangan kiri menindih ibu jari tangan kanan atau sebaliknya. The Dig adalah teknik yang sangat umum dipakai oleh para pemain voliteknik The Dig juga sangat sering diajarkan pada murid oleh guru olahraga mereka,ini dikarenakan teknik The Dig lebih mudah di praktekkan dan The Dig dianggap memiliki tingkat akurasi yang lebih tinggi saat melakukan Passing.

Metode Passing Bawah Thumb Over Palm

Sedangkan untuk thumb over palm, tangan kiri mengepal dan tangan kanan menggenggam tangan kiri. Perlu anda ingat bahwa teknik ini adalah teknik penentu dalam permainan. Bila dalam melakukan Passing kalian tergolong cukup mahir kemungkinan kecil musuh dapat mencetak skor, begitu pula sebaliknya bila penerimaan kalian sangatlah kurang, maka setiap musuh melakukan serangan kemungkinan besar bola tidak bisa diterima dengan baik sangatlah tinggi dan dapat menambah skor musuh.

Baca Juga:  √ Sejarah Sepak Bola Masuk ke Indonesia (Pembahasan Lengkap)

Blocking


Block ialah suatu upaya yang dilakukan oleh pemain bola voli untuk menghalangi serangan atau smash yang dilancarkan oleh pemain lawan. Block adalah suatu usaha untuk membendung/menahan serangan lawan yang berupa smash agar tidak menghasilkan angka. Dengan daya upaya di dekat jaring untuk mencoba menahan/menghalangi bola yang datang dari daerah lawan.

Cara melakukan blocking:

  • Bergerak untuk memposisikan diri ke dekat net dan menghadap ke arah bola voli yang akan di-smasi oleh pemain lawan.
  • Melakukan sikap siap untuk mem-block atau melakukan blocking akan bola yang di-smash oleh pemain lawan.
  • Melakukan jumping atau meloncat dengan kedua kaki melakukan tolakan secara bersamaan, lalu menjangkau bola untuk dihadang atau dibendung dengan kedua tangan.
  • Mendarat dan kembali ke sikap siap.

Blok ada dua macam, yaitu:

  • Blok tunggal adalah membendung bola yang dilakukan oleh satu orang pemain.
  • Blok ganda adalah membendung bola yang dilakukan oleh dua orang pemain atau lebih. Pemain harus memadukan langkah kaki dan kerjasama antar bloker dalam menentukan arah pergerakan bola dan waktu lompatan.

Smash


Smash bola voli adalah pukulan keras saat bola berada diatas jaring yang bertujuan mematahkan serangan dan menghasilkan angka. Teknik dasar bola voli smash perlu memperhatikan awalan, tolakan, pukulan, dan pendaratan. Smash ialah pukulan utama dalam penyerangan yang merupakan upaya untuk mencapai kemenangan.

Agar berhasil dengan baik dalam melancarkan smash, diperlukan lompatan dan jangkauan yang tinggi oleh pemain.

Cara melakukan smash :

  • Mengambil langkah awalan sekitar 1 sampai 3 langkah.
  • Langkah yang diambil merupakan langkah kaki yang lebar.
  • Ketika mendekati net, ayunkan kedua lengan ke belakang.
  • Hentakkan kedua kaki bersusulan, lalu lompat.
  • Kemudian lengan yang akan memukul mulai diayunkan ke depan, dan punggung menegang ke belakang.
  • Pukul bola dengan lengan terjulur, tangan terbuka dan menaungi bola.
  • Sementara pergelangan tangan mesti longgar.

Teknik Dasar Bola Voli : Pengertian Bola Voli dan Sejarahnya

Sejarah Permainan Bola Voli


Seseorang yang bernama Mintonette adalah penemu permainan olah raga bola voli pada tanggal 9 Februari 1895. Dia adalah seorang instruktur bidang olahraga yag dikenal dengan William G. Morgan di Holyoke Massachusett, Amerika Serikat. Permainan tersebut dulunya adalah gabungan dari beberapa cabang olahraga dalam satu keastuan. Permainan tersebut adalah permainan baseball, handball dan basketball.

Permainan bola voli dulunya dimainkan oleh orang yang sudah tua yang sudah kehilangan kelincahan pada tubuhnya. Dan permainan tersebut dikenalkan disebuah kampus ternama, lalu dari situlah olahraga tersebut mulai berkembang dan banyak dikenal oleh banyak orang.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Teknik Dasar Bola Voli, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.