√ Teknik Permainan Bola basket dan Peraturannya (Lengkap)

Teknik Permainan Bola basket dan Peraturannya (Lengkap) – Pada kesempatan ini akan membahas tentang Permainan Bola Basket. Yang mana dalam pembahasn kali ini menjelaskan cara permainan olah raga bola basket mulai dari teknik dasar sampai peraturan dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya yuk simak ulasan Seputar Pengetahuan berikut ini.

Teknik Permainan Bola basket dan Peraturannya (Lengkap)

Permainan bola basket merupakan olahraga berkelompok yang terdiri dari dua tim berlawanan dengan beranggotakan masing-masing 5 orang. Dimana tujuan permainan bola basket adalah memperoleh poin sebanyak-banyaknya dengan cara memasukkan bola ke dalam ring lawan.

Pertandingan bola basket diselenggarakan di ruangan yang memiliki ukuran lapangan bola basket dengan panjang 28,5 meter dan lebar 15 meter.

Posisi utama dalam permainan bola basket, yakni Forward, yang bertugas mencetak poin dan memasukkan bola ke dalam ring lawan. Defense, pemain yang bertugas menghadang lawan. Playmaker pemain yang memegang peran mengatur alur bola dan merancang strategi permainan.

Teknik Dasar Permainan Bola Basket

Teknik dasar permainan bola basket semakin lama semakin berkembang seiringnya jaman. Berikut beberapa teknik dasar permainan bola basket:

Teknik Menggiring (Dribble)

Dalam permainan bola basket, teknik menggiring bola disebut dengan dribble.

Teknik yang satu ini bertujuan untuk membawa bola menghindari lawan atau mengumpannya pada kawan satu tim yang dekat dengan ring lawan. Perbedaan teknik menggiring dalam permainan bola basket dan sepak bola terletak pada cara pemain menggiring bolanya.

Dribble pada bola basket dilakukan dengan cara memantulkan bola pada permukaan lantai dengan menggunakan tangan, sementara pada sepat bola, dribble dilakukan dengan menggiring bola menggunakan kaki.

Ada dua jenis dribble pada permainan bola basket:

Dribble Tinggi

Teknik menggiring bola yang dilakukan secara cepat untuk memasuki wilayah pertahanan lawan. Dribble tinggi dilakukan dengan berlari atau berjalan cepat ketika pemain yang memegang bola berada jauh dari pemain lawan.

Dribble Rendah

Teknik dribble rendah diterapkan untuk mempertahankan bola dari serangan lawan. Teknik ini digunakan ketika pemain berhadapan langsung dengan lawan dan ingin mencari celah ketika lawan tengah lengah.

Teknik Mengumpan (Passing)

Teknik mengumpan pada prinsipnya dilakukan untuk mengarahkan bola kepada rekan satu tim. Teknik ini dapat dilakukan dengan cara melempar bola kepada rekan satu tim setelah menggiring bola dengan satu atau dua tangan.

Terdapat enam jenis passing yang sering ditemukan dalam permainan bola basket:

1. Overhead Passing
Teknik ini dilakukan dengan melempar bola dari atas kepala. Overhead passing biasa digunakan ketika pemain dikepung oleh lawan.

2. Chest Pass
Teknik mengumpan dengan cara melempar bola di depan dada menggunakan dua tangan. Chess past biasa diterapkan ketika mengumpan bola pada rekan yang berada dekat dari kita. Agar tidak mudah terbaca lawan, pemain biasanya menggunakan gerakan tipuan ke arah lain.

3. Baseball Pass
Teknik melempar yang mirip dengan gerakan melempar bola pada permainan baseball. Teknik ini sering digunakan untuk mengejutkan lawan dengan lemparan tidak terduga.

4. Bounce Pass
Teknik memantulkan bola ke bawah agar diterima oleh rekan satu tim yang digunakan untuk menghindari hadangan lawan.

5. Hook Pass
Teknik yang dilakukan dengan satu tangan dengan posisi melipat di atas bahu. Teknik ini digunakan untuk merusak pertahanan lawan.

6. Under Pass
Teknik mengumpan yang dilakukan dari arah pinggang.

Teknik Pivot

Teknik pivot digunakan untuk melakukan gerakan tipuan pada lawan. Caranya, pemain menggerakkan badan dengan bertumpu pada salah satu kaki dan kedua tangan menjaga bola dari serbuan lawan.

Teknik Menembak (Shooting)

Teknik shooting merupakan teknik dasar yang wajib dikuasai pemain untuk mendapatkan poin.

Teknik ini dilakukan dengan cara memasukkan bola ke dalam ring lawan menggunakan teknik set shoot (diam di tempat dan memasukkan bola dengan satu atau dua tangan), jump shoot (memasukkan bola dengan melompat), dan lay up (memasukkan bola dengan berlari lalu melompat).

Teknik Rebound

Rebound merupakan teknik untuk mengambil bola yang gagal masuk ke dalam ring.

Ada dua jenis rebound, yakni rebound ofensif dan defensif.

  • Rebound ofensif
    Merupakan lemparan yang gagal masuk kemudian dimasukkan lagi ke dalam ring oleh rekan tim dan jika berhasil masuk, tim mendapatkan dua poin.
  • Rebound defensif
    Merupakan teknik merebut bola yang gagal dimasukkan oleh lawan agar tidak ada lagi usaha untuk memasukkan bola ke ring.

Peraturan Permainan Bola Basket

Peraturan Permainan Bola Basket Peraturan dasar permainan bola basket adalah sebagai berikut:

  1. Pemain dapat melemparkan bola dari segala arah menggunakan salah satu atau kedua tangan.
  2. Pemain dapat memukul bola ke segala arah namun tidak boleh menggunakan kepalan tangan.
  3. Pemain tidak bola berlari sambil memegang bola. Bola harus dilemparkan di titik pemain menerima bola.
  4. Bola harus dipegang baik di dalam maupun di antara telapak tangan.
  5. Pemain tidak diperbolehkan menjegal pemain lawan dengan cara apapun. Tindakan menjegal lawan dapat dikenai sanksi pelanggaran.
  6. Jika salah satu pemain melakukan kesalahan tiga kali berturut-turut, maka kesalahan tersebut akan dihitung poin untuk lawan.
  7. Poin diperoleh jika bola yang dilemparkan masuk ke dalam keranjang.
  8. Jika bola terlempar keluar dari arena pertandingan, maka yang berhak memainkannya pertama kali adalah pemain pertama yang menyentuhnya.
  9. Waktu pertandingan adalah empat kuarter yang masing-masing berdurasi sepuluh menit.
  10. Tim yang berhasil memasukkan bola ke dalam ring dengan jumlah poin terbanyak dinyatakan sebagai pemenang.

Demikian ulasan singkat tentang Teknik Permainan Bola basket dan Peraturannya (Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan untuk kita semua. Terimakasih.

Daftar Isi