Gerak Manipulatif Adalah : Contoh dan Penjelasannya

Gerak Manipulatif Adalah : Contoh dan Penjelasannya – Apakah yang di maksud dengan Gerak Manipulatif ? Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentu hal-hal yang juga melingkupinya. Mari kita simak pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.

Gerak Manipulatif Adalah : Contoh dan Penjelasannya

Gerak manipulatif adalah suatu gerak yang menggunakan perlengkapan ataupun gerak yang dibesarkan di kala anak sedang memahami berbagai objek. Gerak manipulatif yakni suatu keahlian gerak sebagai mana lebih banyak mengaitkan tangan serta kaki.

Bagian berkembang yang lain juga dierbolehkan untuk digunakan pada saat melaksanakan gerakan ini. Keahlian gerak manipulatif sangat diurlukan ketika sedang masa pertumbuhan, sebab hal ini dapat menopang kebutuhan gerak pada usia kanak- kanak.

Pengertian Kata ‘Manipulatif’ yang terdapat dalam KBBI: yaitu bersifat manipulasi, secara manipulasi. Sedangkan kata ‘Manipulasi’ yang terdapat dalam KBBI yaitu suatu tindakan dalam mengerjakan sesuatu dengan menggunakan tangan atau alat-alat mekanis yang dilakukan secara terampil.

Menurut pendaat dari Sujiono (2007 : 12.4) ia mengatakan bahwa gerak manipulatif yaitu suatu aktifitas yang dilakukan dengan menggunakan tubuh yang mana menggunakan bantuan alat.

Sedangkan menurut pendapat dari Pramono Dkk (2010:9) ia menyatakan bahwa gerak Manipulatif yaitu sebuah gerak dalam memainkan benda atau alat tertentu misalnya seperti, bola, raket, atau kayu pemukul. Contoh melempar, menangkap, menggiring, menendang, memantul-mantulkan bola, melambungkan.

Manipulatif yakni suatu keahlian gerak dalam lingkungan yang dilewati oleh tiap anak sepanjang masa dan perkembangannya. Maka dari itu, anak yang sedang dalam masa perkembangan atau pertumbuhan sangat membutuhkan kotrol yang terstruktur dari orang yang sudah berusia.

Pertumbuhan gerak manipulatif adalah salah satu keahlian memanipulasi obyek sembari bergerak. Keahlian dalam melontarkan dan menangkap meruapkan salah satu keahlian dalam manipulatif yang sangat dibutuhkan pada saat masa pertumbuhan.

Karena dalam keahlian ini dapat menopang oleh kebutuhan gerak untuk usia kanak- kanak. Terdaat juga keahlian yang lain seperti menendang, menggiring, dan memukul( smash) bola dierlukan pada umur anak muda dan yang berusia.

Keahlian manipulatif terbagai atas 3 bagian, yaitu:

  • Menjauhkan obyek: melontarkan, memukul, menendang.
  • Menaikkan kemampuan: menangkap, mengumpulkan, mengambil.
  • Bergerak bersama: bawa, memantul- mantulkan( dribbling).

Contoh Gerak Manipulatif

Ada sebagian contoh yang termasuk dalam gerak manipulatif, yaitu melontarkan, memukul, menendang, menangkap, dan memantulkan maupun menggiringi bola. Mari kita bahas satu per satu contoh gerakan ini:

  • Melempar

Contoh gerak manipulatif yang pertama adalah melempar. Secara sederhana, melempar juga dapat dimaksud dengan sesuatu keahlian manipulatif yang mana satu ataupun 2 tangan digunakan untuk melemarkan sesuatu objek menghindari badan ke ruang tertentu.

Objek yang dipegang akan diayunkan ke arah tertentu, dan selanjutnya dilemparkan. Gerakan melempar ini membutuhkan kekuatan lengan dan tangan, dengan koordinasi sebagian faktor gerakan, seperti lengan dengan jari yang wajib membebaskan barang yang dipegangnya pada saat yang pas.

  • Memukul

Tak hanya melempar, contoh dari gerak manipulatif selanjutnya adalah memukul. Sederhadanya, memukul juga dapat diartikan dengan suatu aksi yang dicoba dengan menggunakan satu ataupun 2 tangan maupun menggunakan perlengkapan untuk menambah energi dorongan kepada sesuatu objek.

Gerak manipulatif memukul sering dilatih dengan menggunakan barang bergerak, misalnya seperti menggunakan bola. Bola ini nantinya akan dipukul dengan dengan menggunakan perlengkapan pemukul ( tongkat). Kemampuan gerakan ini sangat diperlukan dalam melakaukan permainan kasti.

  • Menendang

Contoh dari gerak manipulatif selanjutnya yaitu menendang. Sederhanya, menendang adalah suatu gerak manipulatif yang menggunakan kaki untuk memukul obyek. Gerakan menendang bisa dilakukan dengan menggunakan 2 wujud, yang merupakan menendang obyek yang berada di tanah dan menendang obyek yang berada di bawah.

  • Menangkap

Tidak hanya menangkap, contoh gerak manipulatif yang lain merupakan menangkap. Sederhananya, menangkap juga dapat diartiken dengan gerakan menghentikan momentum dalam suatu obyek dengan menggunakan tangan. Gerakan ini sangat dipengaruhi oleh keahlian visual untuk mengetahui gerakan suatu obyek.

  • Menggiring

Contoh dari gerak manipulatif selanjutnya adalah menggiring. Sederhananya, menggiring juga dapat diartikan dengan gerakan membawa obyek dari satu tempat ke tempat lain dengan menggunakan tangan ataupun kaki. Gerakan ini juga membutuhkan koordinasi yang baik antara mata dan juga kaki ataupun mata dan juga tangan.

Contohnya yaitu pada saat bermain sepak bola menggiring dilakukan dengan menggunakan kaki, sebaliknya dengan permainan bola basket yang menggiring bola dengan menggunakan tangan dengan metode dipantulkan ke lantai. Jadi, memantul pula tercantum gerakan manipulatif.

  • Menggelindingkan

Contoh deari gerak manipulatif yang terakhir yaitu dengan menggelindingkan obyek. Jadi, jika obyek hendak dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain dengan cara digelindingkan di tanah ataupun bisa juga lantai ke arah tertentu. Obyek yang serung untuk digunakan biasanya berupa bundaran, semacam ban, cakram, bola, dan lain sebagainya.

Gerak Manipulatif Adalah : Contoh dan Penjelasannya

Cara melatih gerakan manipulatif

Cara agar anak mempunyai dalam kemampuan untuk melakukan berbagai gerak manipulatif adalah dengan cara mengajaknya anak untuk bermain sesering mungkin. Lakukan permainan yang melibatkan kerjasama atau koordinasi antaranggota tubuh.

Berikut ini beberapa jenis permainan yang dapat dilakukan untuk melatih kemampuan gerak manipulatif pada anak.

1. Latihan melempar

Dalam taha latihan melempar, Anda dapat menggunakan dengan permainan sederhana untuk anak dengan beberapa langkah di bawah ini:

  • Batasi suatu area dengan mengguanakan garis di tengah.
  • Instruksikan anak agar berdiri beberapa meter dari belakang garis.
  • Dengan mengguanakan bola atau benda lain, Anda dapat minta anak untuk melempar benda tersebut.
  • Dengan acuan benda tersebut harus bisa melewati garis barang siapa yang melempar terjauh keluar maka di anggap sebagai pemenang.
  • Kegiatan dapat dilakukan menjadi lebih menyenangkan untuk anak dengan cara mengubah garis pembatas dengan menggunakan gambar laut atau api, serta objek yang dilempar merupakan boneka binatang dengan kisah seolah-olah anak tersebut dapat membantu binatang tersebut menyebrang agar tidak tenggelam atau terkena api.

2. Latihan menendang

Latihan menendang juga bisa Anda lakukan dengan melatih gerak dasar manipulatif. Berikut adalah cara sederhananya:

  • Sebelumnya anda perlu menentukan titik untuk meletakkan bola, biasanya titik tersebut berada beberapa meter dari tembok.
  • Anak dapat latihan menendang bola dari titik tersebut secara berulang-ulang namun dilakukan dengan bergantian antara kaki kiri dan kanan.
  • Anda juga dapat dengan memasangkan tali pada ketinggian tertentu, dan bermain bersama anak dengan berusaha untuk menendang bola melewati kolong tali atau dengan menendang ke atas melewati rentangan tali.

3. Bowling sederhana

Bowling juga dapat membantu untuk melatih lemparan dan bidikan anak dalam gerakan dasar manipulatif. Agar daat melakukannya, Anda dapat memakai alat-alat yang sederhana di rumah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Anda dapat menggunakan botol air mineral maupun botol soda dengan ukuran 1,5 liter yang kosong selanjutnya susun layaknya seperti pin bowling.
  • Biarkan anak untuk melemparkan bola yang ada di rumah ke arah susunan botol tersebut.
  • Agar dapat menambah keseruan, setiap anak yang berhasil menjatuhkan “pin” botol tersebut, Anda bisa menggantinya dengan mengguanakan botol yang lebih kecil dan mengisinya dengan pemberat seperti air sehingga akan lebih sulit untuk dijatuhkan.

Melatih gerakan manipulatif meruakan salah satu hal penting untuk anak selama masa tumbuh kembang sehingga si anak ini dapat melakukan gerakan spesifik, terlebih lagi dalam olahraga. Bila Anda merasa anak terlambat untuk kemampuan dalam menguasai gerakan ini, Anda perlu konsultasikan pada dokter ahli tumbuh kembang agar mendapatkan solusi.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Gerak Manipulatif , semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi