√ Teori-Teori Atom Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Teori-Teori Atom Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Di dalam dunia ini ada banyak sekali partikel-partikel halus yang sangat kecil ingga kita tidak dapat melihatnya dnegan mata telanjang atau tanpa adanya bantuan alat pengelihatan.

Di dalam partikel yang kita lihat dengan menggunakan alat bantu itu berukuran sangatlah kecil. Itu merupakan suatu inti yang ada di dalam partikel tersebut. partikel itu sudah tidak dapat di pisahkan lagi atau tidak dapat di bagi kembali.

Partikel yang kecil tersebar di dalam seluar alam semesta ini dapat di sebut dengan atom. Atom memiliki pengertian atau teori yang sangat banyak di berikan oleh para ahli atau ilmuannya. Untuk mengerti tentang apa saja teori tentang atom akan di jelaskan sebagai berikut.

Teori-Teori Atom Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Mari kita bahas teori atom dengan seksama.

Teori-Teori Atom

Teori-teori mengenai ataom sangat banyak sekali karena para ahli memang senang dan tertarik akan atom. Atom sendiri merupakan pertikel yang ada banyak di alam semesta ini. Karena bagiannya yang unik itu yang membuat para ilmuan dan para ahli memberikan pendapatnya mengenai atom sehingga munculah banyak sekali teori-teori tentang atom.

Teori-Teori Atom Menurut Para Ahli

Atom menurut para ahli dapat kita lihat sebagai berikut:

1. Teori Atom Dalton

Dalton memberikan penjelasan mengenai atom sebagai berikut:

  1. Semua zat yang terdiri dari partikel yang ukurannya sangat kecil di namakan sebagai atom.
  2. Atom merupakan suatu partikel yang sudah tidak dapat di bagi atau di uraikan lagi.
  3. Atom tidak dapat untuk di musnahkan dan tidak dapat pula untuk di ciptakan atau di buat.
  4. Atom yang ada di dalam suatu unsur memiliki identik di dalam ukuran, bentuk, dan juga sifat yang dimiliki lainnya.
  5. Atom yang ada di dalam suatu unsur yang berbeda di dalamnya memiliki sifat yang berbeda juga.
  6. Atom-atom yang ada di dalam senyawa tersebut akan bergabung dan membentuk bilangan bulat kecil.

2. Teori Atom Demikritus

Teori atom yang di berikan Demikritus adalah sebagai berikut:

Ketika suatu benda di pecah dan di bagi secara terus menerus maka akan di peroleh suatu bagian yang sudah tidak akan mungkin untuk di bagi kembali. Bagian tersebut adalah atom atau atomos yang berarti tidak dapat untuk di bagi lagi.

3. Teori Atom Thomson

Thomson memberikan penjelasan mengenai atom sebagai berikut:

Atom terdiri dari suatu massa yang memiliki bentuk seperti bola dnegan muatan yang positif besar dan tersebar secara merata, sedangkan elektronnya telah tersebar dengan acak di permukaan (yang mirip dengan kismis yang melekat di roti) yang model ini dapat di kenal sebagai model roti kismis dan di dalam suatu kasus, electron dapat berfungsi untuk dapat menetralkan atom tersebut.

4. Teori Atom Bohr

Teori atom yang di berikan Bohr adalah sebagai berikut:

  1. Elektronnya bergerak dengan mengelilingi inti atom di dalam lintasan yang berbentuk lingkaran atau orbit atau tingkatan energy.
  2. Energy yang ada di dalam sebuah electron di dalam orbitnya tetap.
  3. Ketika sebuah electron melompat yang berasal dari tingkatan energy rendah atau orbt yang dalam menuju ketingkatan enegi tinggi yang berada di orbit luar maka si electron tersebut akan menyerap beberapa energy.
  4. Ketika suatu electron melompat dari suatu tingkat energy yang tinggi atau orbit luar menuju ke energy yang rendah di orbit dalam maka electron itu akan dapat meradiasikan beberapa energy yang artinya foton akan dapat di pancarkan.
  5. Spectrum cahaya yang berasal dari suatu electron berbentuk spektron garis.
  6. Momentum sudut yang ada di dalam electron merupakan suatu kelipatan genap dari h/2π
  7. Segala reaksi kimia adalah suatu penggabungan atau juga pemisah atom-atom.
  8. Molekul yang di miliki oleh suatu senyawa terdiri daripenggabungan dua atom atau dapat lebih.

5. Teori Atom Rutherford

Menurutnya atom memiliki teori sebabagi berikut:

  1. Inti atom memiliki muatan positif dengan diameternya yaitu sekitar 10^-13 cm.
  2. Semua massa atom yang telah terkonsentrasi di dalam inti atom, sedangkan si electron yang memiliki muatan negative akan mengelilingi atom di dalam orbital sirkula yang berbeda-beda.
  3. Gaya dari electrostatic atau gaya colomb akan dapat memberikan gaya sentripental kepada electron di saat mengelilingi inti atom.

Teori-Teori Atom Menurut Para Ahli Lengkap

6. Teori Atom De Broglie

Teori atom yang di berikannya adalah sebagai berikut:

Atom sendiri memiliki sifat partikel akan tetapi elektronnya juga memiliki sifat yang bergelombang. Teori ini adalah suatu penyempurnaan dari teori atom yang di miliki oleh Bohr.

Sekianlah penjelasan mengenai Teori-Teori Atom Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) yang di jelaskan oleh seputarpengetahuan.co.id. Banyaknya penjelasan mengenai teori atom akan dapat memberkan banyak referensi mengenai apa sebenarnya atom tersebut. semoga bermanfaat.

Daftar Isi