√ Pengertian Efektivitas Menurut Para Ahli, Rumus, Aspek & Contoh

Pengertian Efektivitas Menurut Para Ahli, Rumus, Aspek & Contoh – Di pembahasan kali ini kalian akan mempelajari tentang efektivitas. Yang meliputi pengertian, rumus, aspek, dan contoh efektivitas dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Efektivitas Menurut Para Ahli, Rumus, Aspek & Contoh

Mari kita bahas lengkap pengertian efektivitas terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Efektivitas

Efektivitas merupakan suatu kondisi yang menunjukkan seberapa jauh suatu target yang sudah diraih oleh manajemen seperti kualitas, kuantitas, dan waktu. Yang mana target tersebut telah ditetapkan terlebih dahulu.

Secara singkatnya efektivitas adalah upaya tertentu atau suatu tingkat keberhasilan yang dapat dicapai oleh seseorang atau suatu perusahaan.

Pengertian Efektivitas Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi dari efektivitas menurut ahlinya.

1. Prasetyo Budi Saksono

Pengertian efektivitas menurut Prasetyo Budi Saksono adalah seberapa besar tingkat kelekatan output (keluaran) yang dicapai dengan output yang diharapkan dari jumlah input (masukan) dalam suatu perusahaan atau seseorang.

2. Hidayat

Pengertian efektivitas menurut Hidayat adalah suatu ukuran perusahaan yang menyatakan seberapa target yakni kuantitas, kualitas, dan waktu telah tercapai secara jauh, dimana makin besar persentase target yang dicapai maka akan makin tinggi efektifitasnya.

3. Schemerhon John. R. Jr

Pengertian efektivitas menurut Schemerhon John. R. Jr adalah pencapaian target keluaran (output) yang akan diukur dengan cara membandingkan utput anggaran atau OA (seharusnya) dengan output realisasi atau OS sesungguhnya). Jika OA > OS maka akan disebut dengan efektif

4. Sondang

Pengertian efektivitas menurut Sondang adalah suatu pemanfaatan sarana prasarana, sumber daya dalam jumlah tertentu yang sebelumnya telah ditetapkan untuk menghasilkan sejumlah barang atau jasa kegiatan yang akan dijalankan oleh seseorang atau suatu perusahaan.

5. Siagaan

Pengertian efektivitas menurut Siagaan adalah suatu yang menekankan pada hasil yang akan dicapai oleh suatu perusahaan atau seseorang.

6. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Pengertian efektivitas menurut KBBI adalah daya guna, keaktifan, serta adanya kesesuaian dalam suatu kegiatan antara seseorang yang melaksanakan tugas dengan tujuan yang ingin dicapai.

7. Abdurahmat dalam Othenk (2008:7)

Pengertian efektivitas menurut Abdurahmat adalah pemanfaatan sumber daya, sarana dan prasaran dalam jumlah tertentu secara sada ditetapkan sebelumnya untuk menghasilkan sejumlah pekerjaan tepat pada waktunya.

8. Sondang dalam Othenk (2008:4)

Pengertian efektivitas menurut Sondang adalah pemanfaatan sumber daya, sarana dan prasarana dalam jumlah tertentu yang secara sadar ditetapkan sebelumnya untuk menghasilkan sejumlah barang atau jasa kegiatan yang dijalankannya.

9. Permata Wesha (1992:148)

Pengertian efektivitas menurut Permata Wesha adalah keadaan atau kemampuan berhasilnya suatu kerja yang dilakukan oleh manusia untuk memberikan guna yang diharapkan untuk melihat efektivitas kerja yang pada umumnya dipakai empat macam pertimbangan yaitu: Pertimbangan ekonomi, pertimbangan fisiologi, pertimbangan psikologi dan pertimbangan sosial.

10. Amin Tunggul Widjaya (1993:32)

Pengertian efektivitas menurut Amin Tunggul Widjaya adalah hasil keputusan yang mengarahkan melakukan sesuatu dengan benar, yang membantu memenuhi misi suatu perusahaan atau pencapaian tujuan.

Rumus Efektivitas

Dalam pencapaian efektivitas maka dapat dipakai suatu rumus efektivitas berikut ini:

Efektivitas = Output Target/Output Aktual > = 1

1.Jika output (keluaran) aktual berbanding output yang dikehendaki < 1 maka tidak tercapai efektivitas.
2.JIka output (keluaran) aktual berbanding output yang dikehendaki > 1 maka akan tercapai efektivitas.

Aspek-Aspek Efektivitas

Terdapat beberapa aspek efektivitas suatu program, antara lain:

  • Aspek Peraturan Dan Ketentuan
    Efektivitas pada suatu aktivitas dapat dianggap tercapai dengan melihat berfungsi atau tidaknya aturan yang telah dibuat dalam menjaga kelangsungan proses aktivitas tersebut.
  • Aturan itu berhubungan dengan aturan baik yang berkaitan dengan peserta didik ataupun berkaitan dengan guru, apabila aturan itu berjalan dengan baik maka aturan atau ketetapan tersebut telah berjalan dengan efektif.
  • Aspek Fungsi Atau Tugas
    Suatu perusahaan bisa disebut efektivitas apabila menjalankan tugas dan fungsi dengan baik, begitu juga dengan model pembelajaran akan tercapai efektivitas apabila fungsi dan tugasnya berjalan dengan baik dan proses pembelajaran pada peserta didik berjalan dengan baik dan memberikan hasil yang memuaskan.
  • Aspek Program Atau Rencana
    Arti dari aspek ini adalah rencana pembelajaran pada siswa yang terprogram dengan baik, apabila semua rencana dapat dijalankan dengan baik maka akan bisa disebut sudah mencapai efektivitas.
  • Aspek Kondisi Ideal Atau Tujuan
    Pada aspek ini suatu program atau aktivitas dapat disebut mencapai efektivitas dilihat dari sudut hasil, apabila keadaan ideal atau tujuan program atau aktivitas diraih dengan baik. Penilaian pada aspek ini bisa dilihat dari keberhasilan peserta didik dalam proses belajar mengajar.

Efektivitas biasa dilaksanakan dengan efisiensi, walaupun terlihat sama. Sebenarnya mempunyai arti yang berbeda. Efektivitas lebih menekankan pada hasil yang diraih sesesorang atau suatu perusahaan sedangkan efisiensi lebih melihat pada proses untuk mencapai hasil tersebut dengan baik.

Pengertian Efektivitas Menurut Para Ahli, Rumus, Aspek, Contoh

Contoh Efektivitas

Media belajar pada pendidikan adalah apabila media pembelajaran memenuhi kriteria yang dikehendaki seperti memberikan hasil, adanya perubahan dan memberi pengaruh untuk peserta didik kedepannya.

Ketika merumuskan tujuan instruksional media pembelajaran tersebut, apabila tujuan instruksional dapat diraih dengan baik maka bisa disebut hal itu telah mencapai efektivitasnya.

Semakin banyak tujuan yang dapat tercapai maka akan semakin efektif juga media pembelajaran tersebut.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Efektivitas Menurut Para Ahli, Rumus, Aspek & Contoh semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi