Cabang Cabang Biologi : Fungsi, Manfaat dan Penjelasannya

Cabang Cabang Biologi : Fungsi, Manfaat dan Penjelasannya – Apakah sajakah cabang dari lmu biologi ?,Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya, meliputi fungsi dan tentunya hal-hal lain yang juga melingkupinya.Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya


Cabang Cabang Biologi : Fungsi, Manfaat dan Penjelasannya


Biologi merupakan ilmu yang mempelajari mengenai kehidupan dan juga interaksinya dengan semua faktor yang berpengaruh. Kata “Biologi” berasal dari dua kata bahasa Yunani, ialah “Bios” yang memiliki arti “kehidupan” serta “logos” yang memiliki arti “ilmu”. Ruang lingkup serta juga cakupan ilmu biologi ini sangatlah luas, sehingga bisa dikaitkan di hampir semua atau seluruh ilmu lainnya.

Contohnya biokimia, merupakan ilmu yang mempelajari serta juga mengidentifikasi korelasi antara ilmu biologi dan juga kimia. Biologi adalah ilmu dasar yang akan berguna bagi segala aspek didalam kehidupan kita ialah sebagai manusia juga makhluk hidup lainnya.

Definisi biologi menurut para ahli diantaranya adalah:

  • Firmansyah R (2009):

Biologi adalah ilmu tentang kehidupan yang mencakup aspek-aspek kehidupan hewan, tumbuhan, manusia, mikroorganisme, dan hubungan antar makhluk hidup. Dalam biologi juga diartikan salah satu ilmu yang menyediakan berbagai pengalaman untuk memahami konsep dan proses sains.

  • Ferdinand (2009):

Biologi adalah ilmu tentang makhluk hidup beserta lingkungannya.

  • Prawirohartono (2004):

Biologi adalah cabang dari ilmu sains yang mempelajari tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan kehidupan yang ada di muka bumi.

  • Yani (2009):

Biologi adalah ilmu yang mempelajari makhluk hidup yang mencakup manusia, hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme.

  • Suwarno (2009):

Biologi adalah cabang dari ilmu pengetahuan alam (IPA) yang khusus mempelajari tentang makhluk hidup.

  • Wikipedia:

Biologi adalah ilmu yang membahas kehidupan, pendapat ini didapatkan dari bahasa yunani yaitu bios berarti hidup dan logis yang berarti ilmu.


Subdisiplin biologi

Subdisiplin biologi ini didefinisikan dengan berdasarkan skala organisme yang dipelajari, jenis organisme yang dipelajari, serta juga metode yang digunakan untuk mempelajarinya diantaranya :

  • Biokimia mempelajari kimia kehidupan.
  • Biologi molekuler terkait dengan interaksi antar molekul biologis.
  • Botani mempelajari biologi tumbuhan
  • Biologi seluler meneliti satuan dasar semua kehidupan yakni sel
  • Fisiologi mempelajari fungsi fisik, serta kimia jaringan organ, dan juga sistem organ suatu organisme
  • Biologi evolusioner meneliti proses yang menghasilkan keanekaragaman hayati; serta ekologi mempelajari interaksi antara organisme dengan lingkungannya.

Fungsi dan Manfaat Biologi

Dibawah ini akan dijelaskan mengenai Fungsi dan Manfaat biologi, adapun fungsi dan manfaat dari biologi ini diantaranya sebagai berikut :

  • Ilmu Biologi Sebagai Ilmu Pengetahuan Murni

Biologi merupakan salah satu ilmu pengetahuan murni. Artinya biologi bertujuan untuk membentuk kemudian mengembangkan pengetahuan secara abstrak sehingga akan meningkatkan kualitas ilmu tersebut. Biologi ini tidak termasuk kedalam ilmu terapan, ialah ilmu yang bertujuan untuk penerapan kedalam kehidupan sehari – hari.

  • Ilmu Biologi ini Dapat Dipakai dalam (Hampir) Semua Bidang

Teknologi, kedokteran, pertanian, perternakan, dan juga masih banyak bidang yang mempunyai hubungan erat dengan ilmu biologi. Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya bahwa ilmu biologi ini memiliki ruang lingkup yang sangat luas sehingga sangat mudah untuk mencari hubungannya dengan bidang yang ada saat ini.

  • Ilmu Biologi ini Memberikan Pengetahuan, Pengalaman, serta juga Menjadi Pedoman

Pengetahuan yang didapatkan itu dapaat membuat kita paham sesuatu yang sebelumnya tidak diketahui. Setelah itu mencoba melakukan aktivitas dengan menerapkan pemahaman itu sehingga terciptalah sebuah pengalaman. Hasil dari percobaan itu memberikan pelajaran tersendiri sehingga dapat untuk dijadikan sebagai pedoman di masa yang akan datang.

Baca Juga:  √ Pengertian Kepuasan Pasien, Manfaat, Cara Mengukur & Faktornya

Secara garis besar itulah fungsi dan manfaat Biologi, tapi apabila dibahas lebih lanjut, maka sangat banyak manfaat yang akan kita dapatkan.


Ciri-Ciri Biologi

Adapun Ciri-ciri dari biologi ini diantaranya sebagai berikut :

  • Objek Kajian
    Biologi ini memiliki makhluk hidup ialah sebagai objek kajian yang berupa benda konkret.
  • Memiliki Metode
    pengembangan serta juga penggunaan ilmu biologi tidak dilakukan dengan secara asal. namun menggunakan cara, pedoman dan juga metode yang sudah bersifat baku.
  • Bersifat Universal
    Ilmu biologi berlaku dengan secara umum. Biologi juga dengan berdasarkan kepada pengalaman yang bisa dilakukan oleh semua orang (pengalaman Empiris).
  • Bersifat Sistematis
    Ilmu biologi ini ialah ilmu yang teratur, tidak ada dasar ilmunya yang bertolak belakang diantaranya satu dengan lainnya. Pengkajiannya ini juga menggunakan tahapan yang sistematis dan juga berurutan.
  • Hasil kajian bersifat objektif
    Artinya hasil dari kajian merupakan kebenaran yang tidak akan berubah meskipun subjek yang melakukan kajian tersebut berbeda – beda.
  • Ilmu Biologi bersifat analitis dan juga menggunakan cara berpikir logis
    Biologi ini merupakan ilmu yang pola pikirnya itu harus didasari dengan kenyataan (bersifat logis dan juga analitis).

Cabang-Cabang Ilmu Biologi


  • Bryologi

Sama halnya dengan hewan, tumbuhan juga digolongkan menurut jenis-jenisnya. Salah satu penggolongan tumbuhan adalah lumut.

Lumut merupakan sekumpulan tumbuhan-tumbuhan kecil yang menempel pada benda lain. Lumut memiliki perbedaan yang signifikan dengan tumbuhan lainnya. Ilmu yang mempelajari tentang lumut adalah bryologi.

  • Agronomi

Berbagai macam tumbuhan tersebar di belahan dunia. Namun, tidak semua spesies dapat diberdayakan untuk diambil manfaatnya. Hanya sebagian tumbuhan yang dapat dibudidayakan untuk digunakan sebagai kebutuhan sehari-hari atau diambil keuntungannya. Agronomi adalah ilmu yang mempelajari tentang tanaman budidaya tersebut.

  • Mikologi

Mahluk hidup lain yang tak jarang kita temukan adalah jamur. Jamur merupakan mahluk hidup yang mencerna dan lalu menyerap nutrisinya dari luar tubuh.

Oleh karena itu, seringkali kita menemukan jamur-jamur yang tumbuh pada batang kayu yang telah tumbang atau tempat-tempat yang memiliki nutrisi untuk jamur. Ilmu yang mempelajari tentang jamur adalah mikologi.

  • Virologi

Mahluk hidup lain yang sering kita dengar namun belum pernah kita lihat secara langsung adalah virus. Virus adalah parasit yang membutuhkan inang untuk bertahan hidup dan mereplikasi dirinya sendiri. Ilmu yang mengkaji tentang virus dinamakan dengan virologi.

  • Evolusi

Mahluk hidup harus dapat beradaptasi dengan lingkungannya untuk bertahan hidup. Terkadang, adaptasi tersebut diikuti perubahan struktur tubuh dan fungsinya secara perlahan-lahan dalam waktu yang lama.

Oleh karena itu, untuk mempelajari tentang perubahan struktur tubuh mahluk hidup diperlukan ilmu khusus yang dinamakan dengan evolusi.

  • Ekologi

Kalian pastinya pernah mempelajari tentang ekosistem atau hubungan timbal balik antara mahluk hidup dalam suatu lingkungan. Mulai dari rantai makanan, simbiosis dan hal lainnya.

Pada dasarnya hal yang kalian pelajari termasuk dalam kajian ekologi atau ilmu yang mempelajari tentang hubungan timbal balik antara mahluk hidup dengan lingkungannya.

  • Genetika

Semua mahluk hidup memiliki karakteristik masing-masing. Contohnya ada orang yang memiliki hidung mancung dan tidak, atau memiliki rambut yang lurus dan ikal. Karakteristik tersebut diatur oleh gen atau pembawa sifat dari makhluk hidup.

Ilmu genetika mempelajari tentang hal yang mengatur karakteristik tersebut mulai dari gen, materi genetik, pewarisan sifat dan persilangan antar gen.

  • Taksonomi

Terdapat banyak jenis mahluk hidup yang tersebar di dunia. Tentunya, penggolongan antar spesies dibutuhkan untuk mempelajari jutaan bahkan miliyaran mahluk hidup. Ilmu yang mempelajari tentang penggolongan mahluk hidup ini disebut dengan taksonomi.

  • Zoologi

Bagi kalian yang pernah masuk ke kebun binatang pasti kalian akan melihat tulisan “zoo” di tempat masuk. Zoologi memiliki arti yang hampir mirip dengan kebun binatang yaitu ilmu yang mempelajari tentang binatang.

  • Mamalogi

Hewan terdiri dari berbagai jenis yang diklasifikasikan melalui ilmu taksonomi. Salah satu jenis klasifikasi tersebut adalah mamalia. Mamalia adalah hewan yang dapat melahirkan dan menyusui anaknya.

Baca Juga:  √ 9 Pengertian Rehabilitasi Menurut Para Ahli (Terlengkap)

Terdapat mamalia yang hidup di darat, air bahkan ada yang mampu terbang seperti kelelawar. Apabila kalian mempelajari tentang mamalia maka ilmu yg kalian pelajari disebut dengan mamalogi.

  • Herpetologi

Selain mamalia, terdapat penggolongan hewan dengan jenis lainnya yang disebut dengan reptil. Reptil atau hewan melata adalah hewan yang memiliki ciri khas berjalan dengan perut menempel tanah.

Contoh dari reptil yaitu ular, kadal, cicak dan kura-kura. Ilmu yang mempelajari tentang reptil disebut dengan herpetologi.

  • Ichitologi

Pada umumnya kita dapat menemukan beberapa mahluk hidup yang tinggal di darat. Namun, terdapat mahluk hidup yang tinggal di air. Contoh dari mahluk hidup tersebut adalah ikan.

Terdapat banyak jenis ikan yang hidup di perairan tawar maupun asin dan diantaranya memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Ilmu yang mempelajari lebih dalam tentang ikan dinamakan dengan ichitologi.

  • Karsinologi

Selain ikan, terdapat mahluk hidup penghuni perairan baik tawar dan asin seperti udang. Sebenarnya udang memiliki kekerabatan dengan kepiting. Hal ini dikarenakan kedua spesies tersebut memiliki kulit yang keras atau disebut dengan cangkang untuk melindungi dirinya.

Hewan-hewan yang memiliki cangkang tersebut dinamakan dengan crustacea dan ilmu yang mempelajarinya dinamakan karsinologi.

  • Malakologi

Pada awalnya, kita mungkin mengira bahwa kepiting dan kerang tergolong ke dalam mahluk bercangkang. Namun, hal tersebut merupakan kekeliruan karena cangkang kerang berbeda dengan kepiting. Kerang termasuk sebagai hewan lunak yang disebut dengan moluska.

Hewan-hewan lunak lain yang kalian ketahui adalah cumi-cumi, gurita dan teripang. Ilmu yang mempelajari tentang moluska disebut dengan Malakologi.

  • Nematologi

Hewan yang bertubuh lunak tidak semua tergolong sebagai moluska contohnya adalah cacing gelang. Cacing sendiri memiliki penggolongan lain yang dinamakan dengan nematoda. Kalian dapat mempelajari lebih lanjut tentang cacing dengan mempelajari ilmu nematologi.

Cabang Cabang Biologi : Fungsi, Manfaat dan Penjelasannya

  • Ornitologi

Selain hewan yang berada di darat dan air, kita pasti pernah melihat hewan yang suka beterbangan dan berkicauan seperti burung. Burung termasuk ke dalam jenis unggas yang memiliki kerabat dengan ayam. Ilmu yang mempelajari tentang burung disebut dengan ornitologi.

  • Primatologi

Selain itu terdapat mamalia yang memiliki kecerdasan yang cukup tinggi seperti manusia. Mamalia ini digolongkan sebagai primata. Contoh dari primata adalah monyet, kera, gorila dan bahkan manusia. Ilmu yang mempelajari tentang primata disebut dengan primatologi.

  • Botani

Selain hewan, terdapat mahluk hidup lain yang sering kita jumpai yaitu tumbuhan. Tumbuhan adalah mahluk hidup yang dapat memproduksi makanannya sendiri melalui bantuan sinar matahari. Ilmu yang mempelajari tentang tumbuhan disebut dengan botani.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Cabang Cabang Biologi : Fungsi, Manfaat dan Penjelasannya , semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.