√ Pengertian Tata Bahasa, Sifat, Macam dan Bidangnya (Lengkap)

Pengertian Tata Bahasa, Sifat, Macam dan Bidangnya (Lengkap) – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Tata Bahasa. Yang meliputi pengertian tata bahasa, sifat tata bahasa, macam-macam tata bahasa dan bidang tata bahasa dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Tata Bahasa, Sifat, Macam dan Bidangnya (Lengkap)

Mari kita bahas pengertiannya terlebih dahulu dengan lugas.

Pengertian Tata Bahasa

Tata bahasa adalah suatu cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari rumusan asas yang mengatur pemakaian bahasa. Tata bahasa yaitu suatu ilmu linguistik yang mempelajari Bahasa. Tata bahasa didalam bahasa Indonesia telah diatur dalam buku Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia.

Didalam pelajaran Bahasa Indonesia, tentu kita tidak terlepas dari tata bahasa. Tata bahasa dalam bahasa Inggris disebut juga dengan Grammar, begitu penting untuk modal awal yang wajib dikuasai oleh seorang penutur bahasa Inggris agar dapat berkomunikasi dengan baik dan benar. Di Indonesia penerapan tata bahasa bisa dibilang kualitasnya masih rendah atau sangat rendah, hal ini terlihat seperti yang dipraktikan bangsa Indonesia pada media massa ataupun di kehidupan nyata.

Sifat Tata Bahasa

Pada umumnya tata bahasa bersifat normatif “umum” yakni tata bahasa tersebut tersusun atas menurut gejala-gejala bahasa yang umum dipakai dalam sebuah masyarakat. Suatu tata bahasa Normatif memberikan penjelasan terhadap struktur umum dari suatu bahasa. Namun perlu diingat bahwa bahasa akan terus berkembang setiap saat, maka akan ada perubahan yang terjadi atas struktur Bahasa, oleh sebab itu tata bahasa normatif harus tetap bersifat deskriptif.

Di bahasa yang telah mati atau tidak dipakai lagi dalam komunikasi sehari-hari, tata bahasa Normatif dari bahasa-bahasa itu seringkali bersifat preskiptif yakni menentukan atau mengatur kaidah-kaidah tersebut harus mengikuti dengan cermt dan tidak boleh ditambah lagi. Seperti tata bahasa dari bahasa-bahasa Latin, Yunani, Sansekerta yang sifatnya preskiptif.

Macam-Macam Tata Bahasa

Menurut cara menyusunnya, tata bahasa bisa dibagi menjadi dua yaitu:

  • Tata Bahasa Deskriptif (Sinkronis)
    Adalah tata bahasa yang disusun menurut catatan (deskripsi) secara nyata terhadap struktur sebuah bahasa. Tata bahasa ini seringkali mencakup sebuah lingkungan masa yang tertentu (sinkronis).
  • Tata Bahasa Historis-Komparatif (Diakronis)
    Adalah tata bahasa yang berbicara tentang perkembangan struktur bahasa dari satu jaman ke jaman lain (historis atau diakronis), dan juga mengadakan perbandingan antara struktur-struktur bahasa dari bermacam-macam jaman tersebuta tau membandingkan dengan bahasa-bahasa lainnya (komparatif).

Bidang-Bidang Tata Bahasa

Didalam bahasa Indonesia, ada empat bidang tata bahasa modern yaitu sebagai berikut:

Fonologi

Dalam istilat Fonologi berasal dari kata Yunani yakni Phone yang memiliki arti bunyi dan logos yang memiliki arti ilmu. Sehingga Fonologi disebut juga dangan tata bunyi. Fonologi adalah bagian dari tata bahasa atau bidang ilmu bahasa yang menganalisis bunyi bahasa secara umum. Fonologi yaitu ilmu mengenai perbendaharaan fonem suatu bahasa dan juga distribusinya. Fonologi mencakup dua bagian yakni:

  • Fonetik
    Fonetik adalah bagian ilmu linguistik yang mengulas bunyi yang diproduksi oleh manusia
  • Fonemik
    Fonemik adalah bagian dari fonologi yang mengulas bunyi ujaran berdasarkan fungsinya sebagai pembeda arti

Morfologi

Morfologi adalah pengetahuan mengenai bentuk. Morfolofi adalah bidang linguistik atau tata bahasa yang melakukan kajian mengenai pembentukan kata atau morfem-morfem dalam sebuah bahasa. Morfolofi disebut juga dengan tata bentuk. Morfem adalah satuan ujaran yang mempunyai arti gramatikal atau leksikal yang turut serta pada pembentukan kata atau yang menjadi bagian dari kata. Menurut potensinya morfem dibedakan menjadi dua bagian, yakni:

  • Morfem Terikat
    Adalah morfem yang tidak dapat berdiri sendiri, sehingga harus selalu berikatan dengan morfem bebas dengan cara proses morfologis atau proses pembentukan kata
  • Morfem Bebas
    Adalah morfem yang bisa berdiri sendiri sebagai kata serta secara gramatikal menduduki satu fungsi pada kalimat.

Pengertian Tata Bahasa, Sifat, Macam-Macam, Bidang

Sintaksis

Sintaksis berasal dari bahasa Yunani Kuno yakni (Syn) yang artinya bersama dan (taxis) yang artinya pengaturan. Sintaks adalah ilmu tentag prinsip dan jga peraturan untuk membuat sebuah kalimat. Selain itu sintaks juga bermanfaat untuk merujuk langsung di suatu peraturan atau prinsip yang meliputi struktur kalimat di bahasa apapun.

Pakar sintaks pun berupaya memperoleh aturan umum yang diterapkan di setiap bahasa. Kata sintaksis juga sering dipakai untuk merujuk pada aturan yang mengatur sistem matematika seperti logika, bahasa pemrograman komputer dan bahasa formal buatan.

Semantik

Semantik berasal dari bahsa Yunani yaitu (Semantikos) yang artinya memberikan tanda. Semantik adalah cabang linguistik yang mengulas arti yang terkandung di suatu bahasa, koden atau jenis representasi lain. Semantik seringkali dikontraskan dengan dua aspek lain dari ekspresi makna: sintaksis, pembentukan simbol kompleks dari simbol yang lebih sederhana, dan juga pragamatika, pemakaian praktis simbol oleh agen atau komunitas di suatu keadaan atau konteks tertentu.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Tata Bahasa, Sifat, Macam dan Bidangnya (Lengkap), semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi