√ Pengertian Meteor, Ciri Ciri, Jenis Beserta Penjelasannya

Pengertian Meteor, Ciri Ciri, Jenis Beserta Penjelasannya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Pengertian Meteor. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian meteor, ciri, contoh beserta penjelasannya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang pengertian meteor dibawah ini.

Pengertian Meteor, Ciri Ciri, Contoh Beserta Penjelasannya

Bila melihat dari segi ilmu geografi bahwa terdapat benda langit dan banyak jenisnya. Satu diantara benda langit tersebut yang biasa kita dengar yaitu meteor. Kebanyakan orang beranggapan bahwa meteor merupakan benda langit yang sudah jatuh ke bumi dan yang belum jatuh disebut meteorid. Hal ini bisa dianggap tidak sepenuhnya salah dan sepenuhnya benar.

Pengertian Meteor

Meteor merupakan penampakan jalur jatuhnya meteorid ke atmosfer bumi, yang pada umumnya biasa disebut dengan bintang jatuh. Hal ini bukan hanya sebutan bahwa meteor benda langit yang sudah jatuh ke bumi, namun penampakan jalurnya saat memasuki atmosfer bumi.

Penampakan itu terjadi akibat jalur jatuhnya meteoroid ke atmosfer bumi yang disebabkan adanya panas yang dihasilkan dari tekanan ram. Bila ada yang berpendapat bahwa terjadi adanya gesekan atmosfer atau udara jangan disalahkan. Hal ini merupakan anggapan sebelum adanya teori tekanan ram. Apa itu tekanan ram? Berikut penjelasannya.

Didalam ilmu fisikan tekanan ram dapat dijelaskan sebagai tekanan yang dihasilkan oleh benda yang bergerak dengan kecepatan supersonic dalam medium fluida (seperti cairan atau gas). Tekanan ram dapat menghasilkan gaya hambat yang besar pada benda tersebut yang jatuh, pada kasus ini yaitu meteoroid.

Baca Juga:  √ 21 Pengertian Kompensasi Menurut Para Ahli Terlengkap

Tekanan ram dapat menyebabkan jalur jatuhnya meteorid dan terlihat bercahaya saat jatuh. Dimana saat terjatuhnya meteoroid yang berkecepatan tinggi memasuki atmosfir yang menghasilakn tekanan udara yang sangat besar dibandingkan depan meteoroid. Tekanan ini memanaskan udara yang pada akhirnya memanaskan meteorid sehingga meteoroid terbakar yang dikenal dengan bintang jatuh.

Ciri- Ciri Meteor

Bila melihat secara visual tentu meteor terdapat ciri bersinar terang, seperti bintang jatuh dalam ukuran kecil. Bila meteorid yang jatuh memasuki atmosfer tidak habis dan dapat sampai kepermukaan bumi maka benda tersebut dinamakan meteorit.

Bila melihat urutannya sebelum meteor disebut dengan meteoroid yaitu benda angkasa yang lebih kecil dari asteroid. Meteoroid yang memasuki atmosfer bumi disebut meteor(penampakan jalur jauh dengan ditandai cahaya jatuh). Pada saat di atmosfer meteorid tidak habis dan dapat sampai ke permukaan bumi maka disebut dengan meteorit.

Pengertian Meteor Ciri Ciri Jenis Beserta Penjelasannya

Jenis Meteor

Menurut Wikipedia, Meteorit (meteoroid yang sampai ke bumi) dapat dikelompokan menjadi 3 (tiga) jenis, yaitu:

Besi

Berdasarkan komposisi meteor yang ditemukan terdiri dari paduan besi-nikel kristal. Meteorit sama seperti inti luar bumi yang mana dipercaya oleh para ilmuwan. Dilihat dari jumlah yang ditemukan bahawa meteorit besi bejumlah kisaran 4,8 % dari keseluruhan meteorit yang ditemukan.

Stony

Meteorit bebatuan atau stony yang mana jenis ini yang paling umum ditemukan dan mempunyai ragam yang berbeda-beda. Meteorit stony bisa dibagi menjadi 3 sub klasifikasi.

  1. Chondrites yang megandung chondrules.
  2. Chondrites karbonan, yang mengandung chondrules bersamaan dengan mineral volatile.
  3. Achondrites yang tidak mengandung chondroles.

Meteorit jenis ini sekitar 94% dari yang ditemukan.

Stony-Besi

Jenis meteorit ini sangat langka ditemukan, karena mengandung bebatuan dan besi alias campuran dari Stony-Besi. Jenis ini menempati sekitar 1,2 % dari yang ditemukan.

Baca Juga:  √ Pengertian Demokrasi Liberal, Ciri, Kelebihan dan Kekurangannya

Demikian penjelasan tentang Pengertian Meteor, Ciri Ciri, Jenis Beserta Penjelasannya, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.