Jenis Skala : Pengertian Skala pada Peta dan Macamnya

Jenis Skala : Pengertian Skala pada Peta dan Macamnya – Apakah itu Skala?Untuk menghitung jarak sesungguhnya antara dua tempat dalam gambar sebuah peta di butuhkan Skala.Pada ksesmpatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas jenis Skala dan hal-hal penting tentangnya.Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.

Jenis Skala : Pengertian Skala pada Peta dan Macamnya


Skala adalah perbandingan antara jarak pada peta dengan jarak sesungguhnya dari wilayah yang digambarkan dalam peta. Skala sangat berguna untuk menghitung jarak antara dua lokasi di dalam peta, sehingga memungkinkan kita untuk dapat langsung mengukur jarak dengan hanya melihat pada peta tanpa harus mendatangi langsung lokasi dan mengukurnya.

Macam-macam Jenis Skala


Berdasarkan ukuran skala

Berdasarkan ukuran skala peta dibagi menjadi lima, yaitu antara lain :

Peta skala kadaster atau peta teknik

Peta ini dengan skala 1 : 100 sampai 1 : 5000. biasanya digunakan untuk pengukuran tanah.

Peta berskala besar

yaitu peta berskala 1 : 5000 sampai 1 : 250.000. Umumnya digunakan untuk menggambarkan wilayah yang relatif sempit, misalnya desa atau kecamatan.

Peta berskala sedang

yaitu peta berskala 1 : 250.000 sampai 1 : 500.000.Digunakan untuk menggambarkan wilayah yang agak luas seperti pemetaan kabupaten atau kota.

Peta berskala kecil

yaitu peta berskala 1 : 500.000 sampai dengan 1 : 1.000.000. Peta ini digunakan untuk menggambarkan daerah yang luas seperti provinsi.

Peta geografi berskala lebih dari 1 : 1.000.000

Biasanya digunakan untuk menggambarkan wilayah negara, regional, benua, atau dunia.

Jenis Skala : Pengertian Skala pada Peta dan Macamnya

Berdasarkan Bentuk skala

Selain berdasarkan ukurannya, jenis skala yang lazim ditemui dalam kartografi adalah berdasarkan bentuknya. Bentuk-bentuk skala dibedakan sebagai berikut.

Skala Verbal

Skala verbal ialah skala yang menunjukkan perbandingan jarak pada peta dalam suatu kalimat langsung yang mutlak dan tegas.

Contohnya, bila sebuah peta dituliskan Skala 1 cm untuk 1 km. Berarti bahwa setiap jarak 1 cm dalam peta setara dengan jarak 1 km pada jarak sesungguhnya.

Contoh lainnya 1 inci = 1 mil, artinya 1 inci di peta mewakili 1 mil di lapangan. Jadi, skalanya adalah 1 : 63.360 (1 mil = 63.360 inci).

Skala Angka

Skala angka menunjukkan perbandingan jarak pada peta dalam perhitungan angka. Skala ini paling lazim ditemui dalam kompilasi peta.

Contohnya, pada sebuah peta dituliskan Skala 1 : 1.000.000. Ini berarti bahwa setiap jarak 1 satuan jarak dalam peta setara dengan jarak 1.000.000 satuan yang sama pada jarak sesungguhnya.

Misalkan satuan yang digunakan adalah cm, maka 1 : 1.000.000 berarti setiap jarak 1 cm di peta mewakili jarak 1.000.000 cm atau 10.000 meter atau 10 km pada wilayah sesungguhnya.

Skala tipe ini mengenakan satuan cm sudah dijadikan sebagai sistem skala peta formal internasional. Tetapi, terdapat pula sebagian negeri yang memakai satuan inci berbanding satuan mil. Sebagian negeri tersebut antara lain, Inggris serta negara- negara persemakmuran Inggris.

Skala Batang ataupun Skala Grafis

Skala batang memakai batang garis lurus yang mempunyai sebagian ruas dengan jarak yang sama di antara ruas- ruas tersebut, semacam halnya garis bilangan. Skala tersebut bisa pula berupa grafis( foto) yang menampilkan jarak antarbagian.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Jenis Skalasemoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi