Fungsi Penggaris : Pengertian dan Jenis Penggaris serta Penjelasannya

Fungsi Penggaris : Pengertian dan Jenis Penggaris serta Penjelasannya – Apa sajakah Fungsi dari Penggaris ?,Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentu hal-hal yang juga melingkupinya. Mari kita simak pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.

Fungsi Penggaris : Pengertian dan Jenis Penggaris serta Penjelasannya


Mistar ataupun penggaris merupakan suatu perlengkapan ukur serta perlengkapan bantu foto dikala hendak menggambar garis lurus.Sebagai perlengkapan ukur, mistar mempunyai 2 skala, ialah skala utama serta skala nonius.

Pada mistar, skala ini ditunjukkan dengan sebagian garis- garis pendek yang dilengkapi dengan angka. Dikala kita mencermati mistar, sisi bawahnya ada dimensi panjang yang diucap skala utama, ditunjukkan dengan garis- garis panjang

Penggaris tentu akan diperlukan di bidang pekerjaan dengan tingkatan presisi yang besar. Sebagian di antara lain seperti arsitek, perancang busana, metode sipil serta rekayasa bangunan, ataupun yang yang lain.

Terlebih, perlengkapan ini tidak cuma dapat difungsikan perlengkapan ukur, melainkan pula dapat digunakan sebagai perlengkapan bantu foto serta buat merobek kertas tanpa gunting/ cutter.

Ada sebagian tipe penggaris yang dapat Kamu seleksi, baik dari segi wujud, dimensi, bahan material, ataupun guna pemakaian. Pastinya, supaya perlengkapan bantu ini dapat berperan maksimal, Kamu wajib memilah tipe penggaris yang pas cocok kebutuhan.


Macam – Macam Fungsi Penggaris

Berikut ini merupakan sebagian guna mistar dalam kehidupan tiap hari:

  • Perlengkapan Ukur

Salah satu guna mistar yang sangat utama merupakan bagaikan perlengkapan ukur dikala melaksanakan pengukuran panjang. Pengukuran dengan mistar haruslah dicoba dengan baik supaya didapatkan hasil pengukuran yang benar.

Baca Juga:  √ Pengertian Senyawa Kimia, Ciri, Jenis & Tata Nama (Lengkap)

Skala nol mistar wajib ditempatkan pada ujung barang yang diukur. Setelah itu, ujung yang lain wajib sejajar dengan skala pembacaan. Mata kita wajib tegak lurus dengan ciri garis skala dikala membaca skala mistar.

  • Perlengkapan Bantu Membuat Garis

Guna berikutnya dari mistar merupakan bagaikan perlengkapan bantu dikala kita hendak membuat garis. Dengan dorongan mistar, garis yang kita buat lebih lurus serta apik. Begitu pula dikala kita membuat tabel, mistar menjadikan tabel yang kita buat nampak lebih bagus.

  • Perlengkapan Bantu Membuat Sudut

Guna terakhir ini dapat kita miliki dikala memakai mistar yang berupa segitiga, umumnya segitiga siku- siku serta segitiga sama kaki.


Jenis-Jenis Penggaris


  • Penggaris Lurus atau Straight Ruler

Bemntuk yang satu ini terkategori penggaris yang sangat kerap digunakan. Biasanya, tipe penggaris ini dipakai buat mengukur serta menggambar garis lurus, semacam tabel, geometri, ataupun yang yang lain.

Ada beberapa ukuran yang dapat dipilih, mulai dari 10 centimeter sampai 100 centimeter. Bahan materialnya juga lumayan bermacam- macam, terdapat yang dibuat dari plastik, aluminium, serta kayu.

  • Penggaris Segitiga

Umumnya digunakan buat membuat garis tegak lurus serta miring. Tidak heran bila setelah itu, perlengkapan ini acapkali diperlukan oleh para perancang busana serta arsitek. Ada dalam 2 dimensi sudut, ialah segitiga dengan sudut 45°- 45° serta 60°– 30°.

  • Penggaris Pencetak Lingkaran

Dengan wujudnya yang bundar sempurna, Kamu pasti hendak sangat terbantu kala hendak membuat suatu lingkaran. Terlebih, dalam satu penggaris tidak cuma terdiri dari satu bundaran, namun ada bermacam dimensi.

Tidak hanya buat menggambar suatu bundaran, penggaris tipe ini pula dapat digunakan buat menolong menghitamkan jawaban pada lembar tes( LJK), serta dapat pula buat memudahkan pembuatan prakarya.

  • Penggaris lipat

Barangkali Kamu sempat dihadapkan pada satu keadaan kala penggaris yang dipunyai sangat pendek, sehingga wajib dicoba pengukuran secara berulang- ulang. Sedangkan bila wajib memilah mistar yang panjang, Kamu hendak lumayan direpotkan dalam perihal penyimpanan.

Baca Juga:  √ Pengertian Kapasitor, Fungsi dan Jenisnya (Pembahasan Lengkap)

Langkah terbaik yang dapat dicoba merupakan memilah penggaris lipat. Mistar ini hendak sangat mempermudah dalam perihal penyimpanan sebab wujudnya yang tidak memakan banyak tempat.

Perlengkapan ukur panjang ini dapat dilipat serta ditaruh di kotak pensil ataupun di dalam novel. Fleksibilitasnya hendak sangat mempermudah kala sewaktu- waktu Kamu mengukur objek yang panjang.

Fungsi Penggaris : Pengertian dan Jenis Penggaris serta Penjelasannya

  • Penggaris 3 Sisi( Penggaris Skala Segitiga/ Scale Ruler)

Yang satu ini terbilang lumayan unik dengan wujudnya yang terdiri dari 3 sisi. Tiap- tiap sisi berdimensi sama panjang serta dengan besaran sudut yang sama besar.

Keunggulan utama dari tipe ini merupakan Kamu bisa dengan gampang mengukur panjang suatu foto yang terbuat dengan skala tertentu. Misalnya, pada foto denah lantai ataupun peta.

Tidak cuma itu, Kamu juga hendak sangat terbantu kala hendak membuat desain foto dengan perhitungan dimensi, presisi serta skala yang pas. Tidak ayal, penggaris ini juga jadi pegangan harus untuk para arsitek serta kontraktor.

Uniknya lagi, dalam satu penggaris tidak cuma ada satu skala, melainkan dapat menggapai 6 tipe skala. Skala tersebut dibedakan bersumber pada warna, serta Kamu dapat memakainya cocok skala yang diperlukan.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Fungsi Penggaris , semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya