Jenis Jenis Patung : Sejarah, Bentuk, Dan Coraknya

Jenis Jenis Patung ,Sejarah , Bentuk ,dan Coraknya – Seni patung ialah hasil ekspresi jiwa manusia dengan mambuat wujud visual melalui media 3 dimensi yang memiliki tujuan keindahan.Untuk lebih mengetahui apa saja jenis dan lain lainnya dari patung,Mari simak pembahasan selanjutnya.

Jenis Jenis Patung : Sejarah, Bentuk, dan Coraknya


Seni patung merupakan karya seni rupa yang diciptakan dengan membentuk bahan yang dapat berbentuk tanah liat, batu, kayu, logam serta bermacam bahan yang lain dengan metode substraktif yang  terdapatnya proses dipahat, dipotong, ataupun dicukil atau dengan metode aditif, yaitu semacam melaksanakan pengecoran serta pula mencetak.

Sejarah Seni Patung

Sejarah seni arca atau patung di Indonesia erat kaitannya dengan pertumbuhan seni ukir. Bagi sebagian literatur, orang Indonesia sudah memahami seni ukir semenjak tahun 1500 SM. Nenek moyang orang Indonesia dikala itu mengukir kapak batu dengan memakai perlengkapan simpel. Motif yang dibuatnya juga masih sangat simpel, berbentuk garis, titik ataupun lengkungan.

Pada tahun 500- 300 SM, seni ukir megalami pertumbuhan. Dalam dekade tersebut, warga mulai memakai bahan perunggu, emas serta perak buat diukir. Apalagi, mereka sudah memahami metode cor sendiri, sehingga motif ukiran yang dihasilkan mulai beragam.

Semenjak masuknya agama agama Hindu, Budha serta islam ke Indonesia, seni ukir di Indonesia langsung hadapi pertumbuhan pesat. Banyak yang membuat ukiran pada candi serta prasasti sebagai wujud penghormatan terhadap raja. Dikala itu pula, warga mulai mengukir candi, keris, batu nisan serta alat- alat kesenian. Pada era inilah nenek moyang kita mulai memahami seni pahat ataupun seni arca.


Fungsi Patung

Ada pun Fungsi dari terdapatnya kerajinan  patung atau arca ini, diantaranya ialah:

  • Arca Riasan, buat membagikan kesan indah serta sesuatu ruangan pula area bidang luar.
  • Arca Monumen,buat mengapresiasi serta mengenang jasa tokoh serta kelompok tertentu, semacam mengenang wujud pahlawan dari sesuatu negeri serta memeringati kejadian yang memiliki.
  • Arca Kerajinan, buat arca yang sudah dirancang serta penuhi kebutuhan pasar, sehingga dapat diminati buat serta mempunyai nilai jual bersumber pada bermacam kebutuhan secara universal yang tidak khusus.
  • Arca Arsitektur, buat mendukung serta memenuhi suatu kontruksi suatu bangunan sehingga lebih kilat serta secara terpadu, harmonis dengan terdapatnya desain arsitektur yang sudah dicoba perancangan.
  • Arca Seni( fineart) ,seni murni terbuat buat kepentingan yang estetis serta dapat jadi eskperimental dari wujudnya( seni tidak senantiasa indah).
  • Arca Religi ,buat sebagian agama yang memiliki keyakinan arca memiliki faktor serta arti yang religius serta pula digunakan bagaikan fasilitas buat beribadah.
Baca Juga:  √ Pengertian Ilustrasi, Fungsi, Tujuan, Jenis, Teknik dan Contohnya

Jenis Jenis Patung : Sejarah, Bentuk, Dan Coraknya


Jenis- Jenis Patung

Berikut ialah tipe atau jenis dari patung yang dapat di klasifikasikan berikut ini :

Relief

Relief ialah tipe arca tertua yang dapat ditemukan di bilik candi, pada bangunan, ataupun terdapat yang menempel pada barang dari aset era dulu. Relief ini tercantum tipe arca bidang datar 2 ukuran.

Arca 3 Dimensi

Ialah ialah salah satu tipe karya ataupun arca yang bisa dilihat dari tiap sudut manapun serta masih terdapat sampai saat ini. Arca 3 ukuran bisa kita temui pada kuil- kuil hasil dari peninggalam Yunani kuno, Romawi, serta lain sebagainya.

Tidak hanya itu dapat pula kita jumpai pada daerah abad di pertengahan, contoh arca David yang terbuat oleh seniman yang bernama Michaelangelo

Arca Kinetis

Arca kinetis merupakan tipe arca 3 ukuran dimana arca ini ialah arca yang dapat bergerak dengan dorongan mesin, semacam arca yang dapat menghasilkan air yang diucap arca kinetis.


Bentuk- Bentuk Patung serta Contohnya

Berikut dibawah ini kami hendak membagikan contoh menimpa wujud arca, antara lain.

Free Standing

Ialah arca yang menunjukkan dari atas kepala hingga dengan ujung kaki yang berdiri tegak.

Zonde

Ialah tipe arca yang menunjukkan sebagian dari objeknya, semacam seseorang yang lagi duduk ataupun tiarap.

Torso

Ialah arca yang menunjukkan sebagian tubuh semacam menunjukkan bagian dada hingga pinggang yang tidak mempunyai kepala, saat ini ini kerap ditemui pada maneukin baju.

Boss / Sedada

Ialah arca yang menunjukkan separuh tubuh saja semacam tampilan dari kepala hingga dada.

Kepala

Ialah arca yang cuma menunjukkan abgian kepala yang jadi objek saja.


Jenis – Jenis Corak Patung

Dari coraknya, patung di bedakan antara lain bagaikan berikut.

Baca Juga:  Aransemen adalah : Pengertian, Jenis, Struktur, Teknik & Cara Membuatnya

Corak Imitatif

Warna imitatif merupakan hasil tiruan dari tipe makhluk hidup semacam manusia, hewan, serta pula tanaman. Dimana hasil dari wujud patungnya nyaris menyamai wujud raga dari objeknya baik itu dari segi anatomi, segi proporsi, serta pula geraknya.

Corak Deformatif

Ialah corak

arca dimana wujud onjeknya dirombak serta diganti jadi wujud baru dari aslinya.

Corak Non-Figuratif / Abstrak

Ialah warna yang menyimpang dari wujud aslinya serta dipengaruhi oleh aliran konstruksi.


Metode Pembuatan Patung

Bersumber pada bahan yang digunakan untuk membuat arca, metode pembuatan arca dapat dipecah jadi 5 diantaranya:

Memahat (Carving)

Metode carving ataupun memahat ini pada dasarnya merupakan proses kurangi bagian- bagian yang tidak diperlukan. Proses carving berawal dari bungkahan batu, kayu ataupun barang padat yang dapat dipahat, hendak dibuang bagian- bagiannya yang tidak esensial sehingga gagasan yang terdapat tadinya bisa dibebaskan dari bungkahan tersebut.

Membentuk (Modeling)

Modeling ataupun membentuk ialah metode membuat karya dengan menggunakan bahan plastis, contoh semacam tanah liat serta plastisin. Bahan yang diguakan merupakan bahan yang mempunyai watak elastis, jadi wujud yang di idamkan didapatkan dengan metode meningkatkan bahan baru pada wujud yang lagi dalam proses mengarah sesi penyelesaian.

Menuang (Casting)

Casting maksudnya mencetak, ialah mencetak adonan yang besifat cair dengan mengenakan cetakan buat menciptakan wujud yang di idamkan Casting ataupun cor merupakan metode cor ataupun tuang, bahan yang dipakai merupakan bahan yang biasa dicairkan contohnya semacam semen, gipsum, logam, fiber glass serta lain sebagainya.

Merangkai (Assembling)

Assembling ataupun merangkai ialah pembuatan dengan metode merangkai dari bermacam berbagai bahan. Bahan- bahan yang dipakai dalam merangkai antara lain yakni kain sisa, logam, karet, kulit, kaca, plastik, kayu serta lain- lain.

Menyusun (Constructing)

Metode constructing ataupun konstruksi mempunyai kecenderungan pada karya arsitektural ataupun seni bangunan. Constructing merupakan menyusun ataupun merakit komponen dari logam ataupun besi dengan mengenakan perlengkapan las bagaikan penyambung.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id mengenai Jenis-Jenis Patung, Semoga bermanfaat