Asal Legenda Candi Prambanan (Pembahasan Lengkap)

Asal Legenda Candi Prambanan (Pembahasan Lengkap) – Indonesia adalah merupakan negara yang memiliki banyak sekali pulau-pulau, banyak keaneka ragaman hewan maupun tumbuhan dan juga memiliki banyak suku bangsa dan budaya.

Asal Legenda Candi Prambanan (Pembahasan Lengkap)

Ada banyak suku bangsa dan budaya yang setiap daerah memiliki banyak sekali cerita atau dongeng yang telah di sebarkan secara turun temurun oleh para nenek moyang dan tetua yang ada di tempat tersebut. Cerita dan dongeng tersebut menjadi suatu ciri khas dari suatu daerah tempat yang kita tempati sekarang ini.

Contoh cerita rakyat pada masa lampau adalah cerita tentang candi prambanan di pulau jawa. Cerita ini menarik untuk di ceritakan kembali. Untuk dapat mengerti cerita asal muasal candi prambanan akan di jelaskan sebagai berikut:

Legenda Candi Prambanan

Legenda candi prambanan ini dimulai dari cerita rakyat yang pada jaman dahulu kala ada seorang raja yang bernama Raja Boko. Raja Boko ini merupakan raksasa yang hidup dan tinggal di sebuah desa yang di namakan prambanan. Raja Boko tersebut telah memiliki seorang putri yang amat cantik yaitu Roro Jongrang.

Pada suatu hari datang kesatria yang berasal dari pengging bernama Bandung Bondowoso. Dalam sebuah pertarungan kesatria itu dapat mengalahkan Raja Boko. Setelah mengalahkan Raja Boko, Bandung Bondowoso tidak ingin berlama-lama untuk dapat meminang putri Roro Jongrang dan dia pun langsung melamarnya. Lamaran yang di ajukan ke Roro Jonggrang di terima akan tetapi sang putri meminta persyaratan yang harus dapat kesatria Bandung Bondowoso penuhi.

Keinginan atau syarat yang dimaksud adalah Bandung Bondowoso harus membangun 1000 candi yang harus selesai dalam waktu satu malam saja. Tentu syarat itu di penuhi oleh Bandung Bondowoso dan langsung bergegas untuk membangun candi tersebut. Dengan bantuan makhluk halus candi yang di maksud tersebut telah hampir selesai di kerjakan. Tetapi ketika jumlah candi yang di buat hampir mencapai seribu, Roro Jongrang meminta para penduduk untuk dapat menabuh lesung yang menandakan hari mulai pagi dan ayam pun berkokok.

Patung Roro Jongrang

Setelah pembuatan candi ke 999, Bandung Bondowoso terpaksa harus berhenti di karenakan hari sudah mulai pagi. Setelah selesai mengerjakan dan kurang satu patung, Bnadung Bondowoso menyadari kalau dirinya telah di tipu oleh Roro Jongrang. Roro Jongrang bersifat licik dan menyebabkan Bandung marah dan mengutuk Roro Jongrang menjadi batu untuk menjadikan dirinya candi ke seribu.

Setelah ucapan itu keluar dari mulut Bandung Bondowoso sekejap tubuh Roro Jongrang berubah menjadi batu dan akhirnya menjadi patung. Setelah Roro Jongrang menjadi patung maka terwujudlah keinginannya yaitu membuat candi sebanyak seribu buah.

Cerita di atas adalah merupakan cerita rakyat yang di ceritakan secara turun temurun kepada generasi muda agar mengerti kebudayaan yang ada di daerah tersebut. Tetapi cerita ini tidak terjadi karena candi yang terdapat di candi prambanan hanya berjumlah 250 buah. Terdapat patung Batari Durga Mahisa Suramardhani yang berada di dalam Candi Siwa. Patung ini di sebut oleh masyarakat setempat dengan penjelmaan dari Roro Jongrang yang menjadi batu.

Asal Legenda Candi Prambanan Lengkap

Kalasan yang tertulis di sana berbentuk puisi Sansakerta dan gabungan dari huruf Pranagari. Dalam pusisi tersebut menjelaskan bahwa para rahib buddha meminta izin kepada raja panangkaraya untuk dapat hadir ke tempat suci untuk menyembah Dewi Tara. Kemudian Raja menyetujuinya dan memberikan desa Kalasan kepada para rahib. Menurut kepercayaan Dewi Tara adalah dewa kasih-sayang dan merupakan pelindung bagi umat Buddha.

Sekianlah penjelasan mengenai Asal Legenda Candi Prambanan (Pembahasan Lengkap)Β yang telah di jelaskan oleh Seputar Pengetahuan. Cerita rakyat memang sangat menarik dan harus terus di sebarkan dan di wariskan ke pada anak cucu agar dapat terus terjaga cerita tersebut. Semoga bermanfaat πŸ™‚

Baca juga:

Daftar Isi