Tangga Ukuran : Pengertian, Konversi Satuan Panjang, Cara Penggunaan dan Contoh Soal

Tangga Ukuran : Pengertian, Konversi Satuan Panjang, Cara Penggunaan dan Contoh Soal – Apa yang di maksud dengan Tangga ukuran dan cara pengunaannya ?, Pada kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya hal-hal lain yang juga melingkupinya.Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.


Tangga Ukuran : Pengertian, Konversi Satuan Panjang, Cara Penggunaan dan Contoh Soal


Tangga ukuran merupakan Tangga konversi satuan panjang atau yang biasa disebut dengan tangga satuan panjang adalah grafik yang menunjukkan urutan satuan panjang secara bertingkat. Tangga konversi satuan panjang ini sangat bermanfaat untuk memudahkan pemahaman tentang hubungan antara satuan-satuan panjang yang berbeda dan cara mengubah satuan panjang yang satu ke satuan panjang lainnya.

Dalam pengukuran panjang suatu benda atau jarak tempuh, kita telah menerapkan satuan panjang dalam pengukuran tersebut. Beberapa satuan panjang yang mungkin kalian kenal seperti meter, sentimeter (cm), kilometer (km), dan lainnya.

Pada pembahasan berikut ini akan dijelaskan mengenai tangga ukuran satuan panjang, dimulai dari mengenal pengertian satuan panjang berikut ini :


Satuan Panjang

“Satuan panjang dalam Satuan Internasional yaitu meter, sedangkan satuan panjang dalam sistem cgs yaitu sentimeter (cm)”

Satu meter merupakan jarak yang ditempuh cahaya dalam ruang hampa dalam waktu 1 / 299.792.458 detik.

Di dalam ilmu fisika dan teknik, kata “panjang” umumnya dipakai secara sinonim dengan “jarak”, dan memiliki simbol “l” (huruf kecil) atau “L” (singkatan dari bahasa Inggris yaitu Length).

Satuan panjang bisa dibagi menjadi beberapa maksud yang juga mampu mewakili sebuah jarak, tinggi, vertikal, serta lebar atau jarak dari satu sisi, juga diukur pada sudut tegak lurus pada suatu benda. Dalam beberapa situasi nilai panjang bisa dikonversi atau dirubah ke dalam satuan unit umum yang lainya.


Konversi Satuan Panjang (Satuan Jarak)

Konversi satuan adalah mengubah dari sebuah satuan ke satuan lainnya. Besaran panjang dapat dinyatakan dalam satuan-satuan yang berbeda. Sebuah mistar penggaris yang panjangnya 30 cm dapat dinyatakan dalam satuan mm yaitu 300 mm. Mengubah satuan dari cm ke mm disebut konversi satuan.

Baca Juga:  Jaringan Penguat Tumbuhan : Pengertian, Kolenkim, Sklerenkim, Ciri, Jenis dan Strukturnya

Konversi bertujuan untuk menyederhanakan angka (misalnya 0,01 m disederhanakan menjadi 1 cm), menyamakan dengan satuan yang lain, mengikuti standar penggunaan (misalnya gambar teknik harus menggunakan satuan mm), atau agar lebih mudah dipahami oleh orang lain (misalnya angka jarak 150 m lebih mudah dibayangkan daripada 1,5 hm).


Tangga Konversi Satuan Panjang (Satuan Jarak)

tangga ukuran konversi satuan panjang

Konversi Satuan Panjang Untuk satuan ukuran konversi dari suatu tingkat menjadi satu tingkat di bawahnya yaitu dikalikan dengan 10 sedangkan untuk konversi satu tingkat di atasnya dibagi dengan angka 10. Yaitu :

  • 1 Kilometer:10 Hektometer
  • 1 Kilometer:1000 Meter
  • 1 Kilometer:100.000 Centimeter
  • 1 Kilometer:1.000.000 Milimeter
  • 1 Kilometer:10.000 Desimeter
  • 1 Meter:100 Centimeter
  • 1 Meter:0.001 Kilometer
  • 1 Meter:10 Desimeter
  • 1 Meter:0.1 Dekameter

Singkatan Satuan Ukuran Panjang :

  • Km :Kilometer
  • Hm :Hektometer
  • M :Meter
  • Dm :Desimeter
  • Dam :Dekameter
  • Cm :Centimeter
  • Mm :Milimeter

Manfaat Tangga Konversi Satuan Panjang (Satuan Jarak)

Tangga konversi satuan panjang (satuan jarak) dapat membantu memudahkan pemahaman tentang satuan satuan panjang. Beberapa manfaat tangga konversi satuan panjang antara lain sebagai berikut.

  • Menunjukkan nama-nama satuan panjang dalam SI
  • Menunjukkan urutan satuan panjang
  • Menunjukkan faktor konversi (faktor pengali) satuan panjang
  • Menjadi rujukan dalam konversi satuan panjang

Cara Menggunakan Tangga Satuan Panjang

Cara menggunakan tangga satuan panjang adalah sebagai berikut:

Satuan panjang paling besar berada di posisi paling atas. Satuan panjang paling kecil berada di posisi paling bawah.
Konversi ke satuan yang lebih besar (lebih tinggi) satu tingkat, dibagi 10. Konversi ke satuan yang lebih kecil (lebih rendah) satu tingkat, dikali 10.
Konversi ke satuan yang lebih besar (lebih tinggi) dua tingkat, dibagi 10 dua kali (dibagi 100). Konversi ke satuan yang lebih kecil (lebih rendah) dua tingkat, dikali 10 dua kali (dikali 100).
Dan seterusnya.


Konversi Satuan Panjang Lainnya

Terdapat berbagai satuan panjang. Pada bagian sebelumnya sudah terdapat penjelasan mengenai tangga satuan panjang dengan satuan km, hm, dam, m, dm, cm, dan mm.

Pada bagian ini akan dijelaskan beberapa satuan panjang yang sering digunakan. Berikut merupakan konversi satuan panjang yang lainnya,Yaitu :

    • 1 inch = 2,54 cm = 0,0254 m
    • 1 mil = 1,60934 km = 1.609,34 meter
    • 1 yard = 0,9144 meter
  • mil

mil atau mile pada ejaan bahasa inggris yaitu satuan pengukuran unit yang dipakai di Inggris. 1 mil yaitu sama dengan 5280 kaki (feet) atau 1760 (yard), dan standarisasi dari 1609344 meter.

  • yd (yard)

yd merupakan singkatan dari yard, yang artinya satuan unit panjang dalam bahasa Inggris, baik dalam sistem British kekaisaran dan kebiasaan pengukuran yang dipakai Amerika. 1 yard yaitu sama dengan 3 kaki (3 feet atau 3 ft) atau 36 inchi.

  • inci (inchi)

inci atau inchi atau inch yaitu satuan panjang pada sistem kekaisaran dan Amerika Serikat. Berasal dari uncia Romawi, inci juga terkadang dipakai untuk menerjemahkan unit terkait pada sistem pengukuran lain, biasanya dipahami sebagai lebar dari jempol manusia. 1 inci yaitu sama dengan 2.54 cm (atau 2,54 cm).

  • kaki (ft, feet)

ft merupakan singkatan dari foot (kaki), yaitu satuan unit panjang pada sistem kekaisaran dan kebiasaan pengukuran yang dipakai Amerikia. 1 ft yaitu sama dengan 0.3048 meter (atau 0,3048 meter) atau 12 inchi.

Baca Juga:  √ Pengertian Pembelahan Biner dan Fasenya Pada Bakteri (Lengkap)

Tangga Ukuran : Pengertian, Konversi Satuan Panjang, Cara Penggunaan dan Contoh Soal


Contoh Soal Tangga Ukuran Konversi Satuan Panjang

Soal 1
Berapakah konversi 10 milimeter dalam satuan meter ?
a. 10 m
b. 0.01 m
c. 0.10 m
d. 100 m

Jawab:
satuan meter ada 3 tingkat diatas mm, caranya yaitu harus dibagi 1000
10 mm = 10/1000 = 0.01 m
Jawab : b

Soal 2
Berapakah nilai konversi 100 centimeter dalam satuan mm… ?
a. 1000 mm
b. 100 mm
c. 1 mm
d. 10 mm

Jawab:
satuan mm ada 1 tingkat dibawah cm, caranya yaitu harus dikali 10
100 cm = 100 x 10 = 1000 mm
Jawab : a

Soal 3
8 hm + 5 dam + 10 dm = m ?
a. 236 m
b. 851 m
c. 400 m
d. 720 m

Jawab:
Semua satuan diubah dahulou pada satuan panjang meter
8 hm sama dengan 800 m
5 dam sama dengan 50 m
10 dm sama dengan1 m
Maka, 8 hm + 5 dam + 10 dm = 851 m
Jawab : b

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Tangga Ukuran , semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.