Massa Jenis Air : Pengertian, Rumus dan Contohnya

Massa Jenis Air : Pengertian, Rumus dan Contohnya – Berapa Massa Jenis Air ?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya hal-hal lain yang juga melingkupinya.Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.


Massa Jenis Air : Pengertian, Rumus dan Contohnya


Massa jenis atau mass density adalah ukuran kerapatan massa setiap satuan volume benda. Semakin besar masa jenis benda, maka semakin besar pula masa setiap volumenya.

Konsep masa jenis dapat diartikan sebagai seberapa berat atau seberapa ringan benda terhadap volumenya. Berikut pembahasan lebih lanjut tentang densitas massa pada suatu benda.


Rumus dan Satuan Massa Jenis

Dalam menentukan masa jenis benda, kamu dapat menggunakan rumus atau persamaan di bawah ini:

Massa jenis disimbolkan ρ dibaca “rho” pada gambar diatas. Rumus massa jenis adalah hasil pembagian massa benda dengan volume benda.

Satuan massa jenis berdasarkan sistem satuan internasional adalah Kg/m3 atau Kg·m−3. Massa dengan satuan Kg dan volume satuannya m3.

Konversi satuan lain sebagai berikut.

  • 1 Kg/m3 = 0.001 g/cm3
  • 1 g/cm3 = 1000 Kg/m3
  • 1 liter = 1000 mililiter = 1000 cm3

Lalu apa yang membedakan antara suatu massa dan masa jenis suatu benda?

Jawabannya:

Massa menunjukkan jumlah partikel yang tedapat pada sebuah benda, sedangkan masa jenis menyatakan seberapa rapat, seberapa padat, partikel tersebut tersusun.


Pengertian Massa Jenis Air

Massa jenis air merupakan kostanta yang terdapat pada temperature dan tidak tergantung kepada volume air tersebut. Selain itu, Massa jenis merupakan jumlah masa dalam suatu unit satuan volume. Massa jenis atau dalam bahasa ilmiah disebut dengan densitas ini merupkan suatu besaran kerapatan massa benda yang dinyatakan dalam berat benda per satuan volume benda tersebut.


Rumus Massa Air

Dalam sistem Satuan Ukur (SI), satuan massa jenis dinyatakan dengan kilogram per meter kubik (kg/m^3), dan dalam sistem cgs satuan massa jenis merupakan gram per sentimeter kubik (g/cm^3). Apabila dikonversikan, kesetaraan kedua satuan ini adalah:

1 g/cm^3 = 1.000 kg/m^3)

Berikut ini adalah tabel massa jenis air :

tabel massa jenis air

Dapat dilihat di atas bahwa semakin tinggi suhunya, semakin rendah nilai massa jenisnya.

Hal ini disebabkan dengan jarak antar molekul yang semakin jauh seiringan dengan naiknya temperatur.


Contoh Massa Jenis Air

Berikut ini adalah beberapa contoh massa jenis air dalam kehidupan sehari hari :

  • Minyak dengan Air

Tentunya kita pernah mencampurkan minyak dengan air? kemudian apa reaksi yang terjadi dalam kedua bahan yang berbeda massa jenisnya tersebut? Minyak tidak akan larut dalam air begitu juga sebaliknya air tidak akan larut dalam minyak. Hal ini disebabkan karena kepadatan minyak sehingga minyak mengapung di atas air.

  • Ban Air

Ban atau alat sejenisnya yang sering digunakan untuk berenang memiliki massa jenis yang kecil karena di isi dengan angina sehingga ban tersebut sangat ringan di atas air.

  • Kapal Selam

Kapal selam bisa mengapung dan tenggelam didalam air laut. Perbedaan massa jenis ini yang mengakibatkan kapal selam mampu mengapung di atas air. Kapal selam massa jenisnya lebih kecil daripasa air laut sehingga bisa mengapung.

Contoh Soal Massa Jenis Air:

Ban penampungan air ukurannya 1 m dengan bentuk kubus. Apabila massa air di dalam bak itu adalah 1000 kg. Hitunglah massa jenis air?

Massa Jenis Air : Pengertian, Rumus dan Contohnya

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Massa Jenis Air : Pengertian, Rumus dan Contohnya , semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Baca Juga:  Kearifan Lokal Adalah : Pengertian Menurut Ahli, Ciri, Fungsi, Ruang Lingkup, Bentuk dan Contohnya