Berat Jenis : Pengertian, Rumus, Penggunaan dan Perbedaannya Dengan Masa Jenis

Berat Jenis : Pengertian, Rumus, Penggunaan dan Perbedaannya Dengan Masa Jenis – Apa yang di maksud dengan Berat Jenis dan Bagaimana Rumus satuannya ?Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentu hal-hal yang juga melingkupinya. Mari kita simak pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.


Berat Jenis : Pengertian, Rumus, Penggunaan dan Perbedaannya Dengan Masa Jenis


Berat jenis adalah perbandingan relatif antara massa jenis sebuahzat dengan massa jenis air murni.Berat jenis suatu zat merupakanperbandingan berat zat tersebutterhadap volumenya. Satuan sisteminternasional untuk berat jenisadalah N/m3.

Berat jenis disebut rho danrumus dari berat jenis itumassa / volume jadi faktor yg mempengaruhi berat jenis adalah massa benda (m) danvolume (V)p(rho) = m/


Rumus Berat Jenis

Berat jenis mempunyai rumus

m.g/v atau w/v dengan satuan n/m^3

dengan
m adalah massa,
g adalah gravitasi
v adalah volume
w adalah weight (berat).

Sebenarnya yang dimaksud dengan berat jenis suatu benda yaitu perbandingan massa jenis dari benda itu kepada massa jenis air.

Sehingga bisa diartikan, bahwa berat jenis adalah massa jenis relative dari suatu bahan. Oleh karna itu, berat jenis tidak mempunyai satuan.

Berat jenis adalah pengukuran massa setiap satuan volume benda. Semakin tinggi massa jenis suatu benda, maka semakin besar pula massa setiap volumenya.

Massa jenis rata-rata setiap benda merupakan total massa dibagi dengan total volumenya.

Sebuah benda memiliki massa jenis lebih tinggi (misalnya besi) akan memiliki volume yang lebih rendah daripada benda bermassa sama yang memiliki massa jenis lebih rendah (misalnya air).

Satuan SI massa jenis adalah kilogram per meter kubik (kg/m ) Massa jenis berfungsi untuk menentukan zat.

Setiap zat memiliki massa jenis yang berbeda.Dan suatu zat berapapun massanya, berapapun volumenya akan memiliki massa jenis yang sama. Dengan rumus :

Ket :
p atau d adalah berat jnis
m adalah massa
V adalah volume
Satuan massa jenis dalam “CGS (centi-gram-sekon)” adalah: garam per centimeter kubik ( )
1 g/cm = 1000 kg/m

Berat jenis air murni adalah 1g/cm atau sama dengan 1000 kg/m berat jenis merupakan suatu jenis karakteristik, yang digunakan dalam pengujian identitas dan kemurnian bahan obat dan bahan pembantu khususnya sifat cairan dan zat yang berjenis malam. Penentuan berat jenis dilakukan dengan piknometer, aerometer, timbangan hidrostatik (timbangan Mohr-Westphal) dan cara manometrik.

Berat jenis adalah konstanta/ tetapan bahan tergantung pada suhu untuk tubuh padat,cair,dan bentuk gas yang homogen. Didefinisikan sebagai hubungan dari massa (m) suatu bahan terhadap volume (v).

Kecuali dinyatakan lain dalam masing-masing monografi, penetapan bobot jenis digunakan hanya untuk cairan, dan kecuali dinyatakan lain, didasarkan pada perbandingan bobot zat di udara pada suhu 250 terhadap bobot air dengan volume dan suhu yang sama.

Bila suhu ditetapkan dalam monografi, bobot jenis adalah perbandingan berat zat di udara pada suhu yang ditetapkan terhadap bobot air dengan volume dan suhu yang sama. Bila pada suhu 250C zat berbentuk padat, tetapkan berat jenis pada suhu yang telah tertera pada masing-masing monografi, dan mengacu pada air yang tetap pada suhu 250C.

Seperti yang telah dijelaskan pada bab sebelumnya, penetapan bobot jenis biasanya dilakukan terhadap zat atau senyawa yang berbentuk cair. Untuk itu, sebelum dijelaskan lebih jauh tentang berat jenis maka lebih baik kita mengenal sifat dari zat cair tersebut. Adapun sifat dari zat cair, antara lain:

1. Bentuk mengikuti tempat dan volumenya tetap.
2. Molekulnya dapat bergerak tetapi tidak semudah gerak molekul gas.
3. Jarak partikelnya lebih dekat daripada gas sehingga lebih sukar dimampatkan.
4. Dapat diuapkan dengan memerlukan energi.

Bilangan berat jenis atau biasa disebut sebagai densiti merupakan perbandingan antara bobot jenis zat dengan bobot jenis air. Dari definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa densiti merupakan ukuran yang tidak mempunyai satuan. Dapat dikatakan bahwa densiti merupakan n kali kerapatan air yang artinya zat tersebut mempunyai n kali kerapatan air.

d = ∫ ρ zat / ρ air = g/ml / g/ml

Densiti menunjukan jumlah massa per unit volume, dengan persetujuan sistem CGS. Ukuran densiti biasanya menunjukan jumlah gram per sentimeter kubik pada temperatur 20o C. Dalam farmakope, densiti yakni bobot jenis yang mengacu kepada ukuran berat dan merupakan perbandingan berat serta bagian volume yang sama dari zat yang diteliti terhadap air, dimana keduanya diukur pada suhu 20oC.


Penggunaan Berat Jenis

Berat jenis dapat digunakan dalam berbagai hal untuk menentukan suatu zat antara lain :
• Menentukan kemurnian suatu zat
• Mengenal keadaan zat
• Menunjukkan kepekaan larutan
Selain karena angkanya yang mudah diingat dan mudah dipakai untuk menghitung, berat jenis air dipakai perbandingan untuk rumus ke-2 menghitung berat jenis, atau yang dinamakan “berat Jenis Relatif”

Rumus berat jenis relatif = massa bahan / massa air yang volumenya sama.

Dalam beberapa kasus, massa jenis dinyatakan sebagai specific gravity atau massa jenis relatif. Umumnya digunakan untuk menyatakan massa jenis beberapa za, seperti air dan udara. Zat cair memiliki sifat-sifat yang unik berbeda dengan jenis zat yang lain.

Dibawah ini merupakan penjelasan dasar mengenai hukum archimedes pada pelajaran fisika.

Bunyi Hukum Archimedes

Benda yang dicelupkan atau dimasukkan sebagian ataupun seluruhnya kedalam suatu cairan akan mendapatkan gaya keatas sebesar zat cair yang didesak oleh benda yang dicelupkan atau dimasukkan tadi. Air termasuk salah satu zat cair.

Beberapa benda padat, jika dimasukkan ke dalam air akan mengalami peristiwa yang berbeda-beda, diantaranya :

1. Tenggelam
Benda dikatakan tenggelam jika benda tersebut turun sampai ke dasar air karena berat jenis benda lebih besar dari berat jenis air. Misalnya : batu,besi dan tanah
2. Terapung
Benda dikatakan terapung jika benda itu berada di atas permukaan air karena berat jenis benda lebih kecil daripada berat jenis air. Contohnya : gabus, tutup botol, kayu dan kapal laut.
3. Melayang
Benda dikatakan melayang jika benda itu berda di antara permukaan dan dasar air karena berat jenis benda sama dengan berat jenis air. Contohnya adalah kapal selam, penyelam dan telur ayam yang melayang dalam air garam.


Perbedaan Massa Jenis dan Berat Jenis

Massa jenis zat yaitu perbandingan antara massa dengan volume zat. Sementara berat jenis adalah perbandingan antara berat dan juga volume benda.

Pengertian Massa Jenis

“Massa jenis adalah pengukuran massa untuk tiap satuan pada volume benda”

Semakin tinggi massa jenis benda, maka semakin besar juga massa setiap volumenya. Massa jenis rata-rata tiap benda adalah total massa dibagi dengan total volumenya. Sebuah benda yang mempunyai massa jenis lebih tinggi (contohnya besi) akan mempunyai volume yang lebih rendah daripada benda bermassa sama yang mmempunyai massa jenis lebih rendah (contohnya air).

Satuan Massa Jenis

Satuan SI massa jenis yaituKg/m3, Kg·m−3

Massa jenis memiliki fungsi menentukan zat. Setiap zat mempunyai massa jenis yang berbeda. Dan satu zat berapapun massanya dan berapapun volumenya akan mempunyai massa jenis yang sama.

Rumus Massa Jenis

Rumus menentukan massa jenis yaitu :

ρ = m/V

Keterangan Rumus:

ρ = massa jenis,
m = massa,
V = volume.

Satuan massa jenis dalam ‘CGS [centi-gram-sekon]’ yaitu : g/cm3 (gram per sentimeter kubik)

1 g/cm3 sama dengan 1000 kg/m3

Massa jenis air murni yaitu 1 g/cm3 atau = 1000 kg/m3 Selain karena angkanya yang mudah diingat dan mudah digunakan untuk menghitung, maka massa jenis air digunakan perbandingan untuk rumus ke-2 menghitung massa jenis, atau yang umum dinamakan ‘Massa Jenis Relatif’

Perbedaan Massa dan Berat Jenis Spesifiknya adalah :

Massa Jenis

– Massa jenis adalah besaran scalar (hanya mempunyai Nilai)
– berupa ukuran kelembaman benda. Semakin besar massa benda maka semakin besar kelembamannya.
– Besar massa dimanapun akan tetap sama.

Berat Jenis

– Termasuk besaran Vektor (mempunyai nilai dan arah)
– Ukuran besarnya gaya tarik bumi pada suatu benda.
– Besarnya tergantung dari besarnya percepatan gravitasi dimana benda itu ada.

Massa jenis (rapat massa) didefinisikan sebagai nilai kerapatan massa pada suatu benda dimana bisa dihitung dengan jalan massa zat persatuan volume dari benda itu sendiri.

Berat Jenis : Pengertian, Rumus, Penggunaan dan Perbedaannya Dengan Masa Jenis


Contoh Soal

1. Tentukanlah massa jenis kubus yang memiliki panjang sisinya 5 cm jika diketahui massa kubus adalah 250 gram

Diketahui :
m = 250 gram
s = 5 cm
Vkubus : s x s xs : 5 x 5x 5 = 125 cm3
Ditanya :
ρ. . . . ?

jawaban :
ρ = m / v
ρ : 250 gram / 125 cm3 : 2 gram/cm3
Maka massa jenis kubus adalah 2 gram/cm3.

2. Berapakah massa balok jika massa jenis balok adalah 1000 kg/m3 dan volume balok 2 m3

Diketahui :
ρ = 1000 kg/m3
v = 2 m3
ditanya :
m . . . . ?

jawaban :
ρ = m/v
1000 kg/m3 : m / 2 m3
m = 1000 kg/m3 x 2 m3
m = 2000 kg
Maka, massa balok adalah 2000 kg.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Berat Jenis semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi