900cc Berapa Gelas ? Jawaban dan Cara Menghitungnya

900cc Berapa Gelas ? Jawaban dan Cara Menghitungnya Tahukah kamu 900 cc air sama dengan berapa gelas? Untuk dapat menjawabnya, Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya. Mari kita simak pembahasannya pada artikel di bawah ini .

900cc Berapa Gelas ? Jawaban dan Cara Menghitungnya


Untuk dapat menghitungnya,tentu kamu harus paham terlebih dahulu maksud dari pertanyaannya. Misalkan terdapat air dengan takaran sebanyak 900 cc, apabila semua air tersebut akan dimasukkan ke dalam gelas, kira-kira butuh berapa gelas untuk bisa menampung semuanya?

Satuan cc memang sering digunakan untuk menyatakan banyaknya volume dari suatu zat cair. Cc adalah singkatan dari Cubic Centimeter atau centimeter kubik (cm3). Selain itu, satuan ini juga populer digunakan dalam dunia otomotif untuk menyatakan kapasitas dari silinder mesin. Cc juga sering digunakan dalam dunia kesehatan untuk menyatakan takaran obat cair.

Lalu, 900 CC air berapa gelas?pada kesempatan kali ini kami akan menunjukkan sebuah cara untuk menghitung berapa jumlah gelas yang dibutuhkan untuk menampung air sebanyak 900 CC.

Dalam satuan volume 1 cc air (sentimeter kubik) sama dengan 1 ml (mililiter). 1 cc air berarti volume air dalam wadah yang panjang, lebar, dan tingginya adalah 1 cm. Sedangkan 1 mililiter air adalah 1 gram air yang massa jenisnya adalah 1 gram/ml.

Untuk mengetahui berapa jumlah gelas yang harus disiapkan untuk menampung 900 CC air, maka kita harus tentukan terlebih dahulu ukuran gelas seperti apa yang hendak dipakai. Jadi, jumlah gelas yang dibutuhkan tergantung oleh besar ukuran gelas tersebut. Jika menggunakan gelas berukuran besar, maka dibutuhkan jumlah gelas yang lebih sedikit, daripada saat kita menggunakan gelas berukuran kecil.

Baca Juga:  Rumus Panjang Busur : Contoh Soal dan Penyelesaiannya

Cara Menghitung 900cc Berapa Gelas ?

Misalnya, ukuran gelas standar yang dipakai sehari-hari adalah 240 ml, ukuran ini setara dengan 240 cc. Jadi, jumlah gelas yang dibutuhkan dapat dihitung dengan cara:
1 Gelas = 240 cc
900 CC =……..Gelas
= 900 : 240
= 3,75 Gelas
= 4 Gelas (Pembulatan)
Jadi, dibutuhkan 4 gelas untuk menampung 900 cc air.

Gunakanlah bentuk perhitungan di atas untuk menghitung jumlah gelas yang dibutuhkan meskipun ukuran gelasnya diubah-ubah.

900cc Berapa Gelas ? : Jawaban dan Cara Menghitungnya

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Jawaban Pertanyaan 900cc Berapa Gelas ? semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya