√ 9 Pengertian Prosa Menurut Para Ahli, Jenis dan Bentuknya

9 Pengertian Prosa Menurut Para Ahli, Jenis dan Bentuknya – Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang Prosa. Pembahasan ini adalah tentang pengertian prosa yang dikemukakan oleh para ahli yang sudah berpengalaman disertai dengan jenis prosa, bentuk bentuk prosa lama dan baru yang akan dibahas dengan lengkap.

9 Pengertian Prosa Menurut Para Ahli, Jenis dan Bentuknya

Untuk lebih jelasnya ikutilah ulasan berikut ini dengan seksama.

Pengertian Prosa

Kata prosa berasal dari bahasa latin yaitu “prosa” yang mempunyai arti “terus terang”. Jenis dari tulisan prosa sering kali dipakai untuk mendeskrisikan suatu fakta atau ide. Biasanya dipakai pada suart kabar, majalah, novel, ensiklopedia, surat serta berbagai jenis media lain.

Jenis prosa dapat dibagi menjadi dua. Yaitu prosa lama dan prosa baru. Prosa lama masih kental dengan budaya timur belum terpengaruhi oleh budaya barat. Dan prosa baru dikarang bebas tanpa adanya aturan apapun.

Pengertian Prosa Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi dari prosa menurut ahlinya.

1. Henry Guntur Taringan (1993)

Pengertian prosa menurut Henry Guntur Taringan adalah karya sastra fiksi yang bersifat relitas, bukan bersifat aktualitas.

2. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Pengertian prosa menurut KBBI adalah karangan bebas (tidak terikat oleh kaidah yang terdapat dalam puisi)

3. Herman J. Waluyo

Pengertian prosa menurut Herman J. Waluyo adalah karya fiksi dibagi menjadi tiga yaitu roman, novel dan cerita pendek atau cerpen.

4. Teeuw (1984)

Pengertian prosa menurut Teeuw adalah suatu bentuk kisah fiksi yang mencoba membeberkan suatu kenyataan.

5. M.Saleh Saad Dan Anton M. Muliono (1998)

Pengertian prosa menurut M.Saleh Saad Dan Anton M. Muliono adalah suatu bentuk narasi berplot yang dihasilkan oleh daya imajinasi.

6. Aminuddin (2002)

Pengertian prosa menurut Aminuddin adalah kisahan atau ceritera yang di emban oleh pemeran tertentu dengan memperhatikan latar, tahapan dan rangkaian.

7. Zainuddin (1991)

Pengertian prosa menurut Zainuddin adalah pengungkapan peristiwa secara jelas dengan penguraian seluruh pikiran dan juga seluruh perasaan serta tidak terikat syarat-syarat tertentu dalam sebuah karya sastra.

8. H. B. Jassin (1989)

Pengertian prosa menurut H. B. Jassin adalah pengucapan seorang penyair dengan pikiran yang berbeda dengan puisi yang merupakan pengucapan penyair dengan perasaan.

9. Wikipedia

Pengertian prosa menurut Wikipedia adalah suatu jenis tulisan yang dibedakan dengan puisi karena variasi ritme yang dimiliinya lebih besar, serta bahasanya yang lebih sesuai dengan arti leksikalnya.

Jenis-jenis Prosa

Prosa dapat dibagi menjadi empat jenis yaitu:

  • Prosa Naratif
  • Prosa Dekskriptif
  • Prosa Eksposisi
  • Prosa Argumentasi

Bentuk-bentuk Prosa Lama

Prosa lama adalah karya sastra yang belum mendapat pengaruh dari sastra atau kebudayaan barat. Awalnya karya sastra prosa lama muncul disampaikan secara lisan atau diucapkan, karena belum dikenalnya bentuk tulisan. Namun setelah agama dan budaya Islam masuk ke Indonesia, masyarakat menjadi akrab dengan tulisan, bentuk tulisan juga mulai dikenal. Semenjak itu sastra tulisan juga dikenal dan waktu itu pula bapak-bapak sastra pertama dalam rentetan sastra Indonesia mulai ada. Berikut ini adalah bentuk-bentuk sastra prosa lama adalah:

  • Hikayat
    HIkayat asalnya adalah dari negara India dan Arab. Yang mempunyai isi kehidupan para dewi, peri, pangeran, putri kerajaan, dan raja-raja yang mempunyai kekuatan gaib. Yang diceritakan didalam hikayat kadang tidak masuk akal, seperti seseorang yang memiliki kesaktian dan kekuatan luar biasa. Dalam cerita hikayat kebanyakan tokoh yang diambil adalah dalam sejarah. Contoh hikayat adalah: Hikayat Hang Tuah, Si Pitung, Hikayat Si Miskin, Hikayat Indra Bangsawan
  • Sejarah
    Sejarah atau yang disebut juga Tambo merupakan suatu bentuk prosa lama yang isi ceritanya diambil dari suatu peristiwa sejarah. Cerita yang di jelaskan dalah sejarah dapat dibuktikan dengan fakta. Berisikan tidak hanya peristiwa sejarah tetapi juga berisikan silsilah raja-raja. Biasanya ditulis oleh para Sastrawan masyarakat lama. Contoh: Sejarah Melayu karya datuk Bendahara Paduka Raja alias Tun Sri Lanang yang ditulis pada tahun 1612.
  • Kisah
    Kisah merupakan cerita yang berisikan kisa perjalanan atau pelayaran seseorang dari suatu tempat ke tempat lain. Contohnya: Kisah Perjalanan Abdullah ke Negeri Kelantan, Kisah Abdullah ke Jeddah
  • Dongeng
    Dongeng merupakan sebuah cerita yang sifatnya khayal. Dongeng mempunyai banyak ragam, yaitu sebagai berikut:

    • Fabel: merupakan cerita lama yang menokohkan binatang sebagai lambang pengajaran moral (sering disebut juga sebagai cerita binatang).
    • Mite (mitos): merupakan cerita-cerita yang hubungannya dengan kepercayaan terhadap sesuatu benda atau hal yang dipercaya memiliki kekuatan ghaib.
    • Legenda: Merupakan cerita lama yang mengisahkan tentang riwayat terjadinya suatu tempat atau wilayah.
    • Sage: merupakan cerita lama yang hubungannya dengan sejarah, yang menceritakan keberanian, kepahlawanan, kesaktian dan keajaiban seseorang.
    • Parabel: Adalah cerita rekaan yang menggambarkan sikap moral atau keagamaan dengan menggunakan ibarat atau perbandingan.
    • Dongeng Jenaka: merupakan cerita tentang tingkah laku orang bodoh, malas, atau cerdik dan masing-masing dilukiskan dengan cara humor.
  • Cerita Berbingkai
    Cerita berbingkai merupakan cerita yang didalamnya terdapat cerita lagi yang dituturkan oleh pelaku-pelakunya.

9 Pengertian Prosa Menurut Para Ahli, Jenis Prosa, Bentuk Prosa Lama, Bentuk Prosa Baru

Bentuk-bentuk Prosa Baru

Prosa baru adalah karangan prosa yang telah mendapat pengaruh sastra atau budaya barat. bentuk dari prosa baru yaitu:

  • Roman
    Roman merupakan bentuk prosa baru yang berkisah tentang kehidupan pelaku utama dengan segala suka dukanya. Dalam sebuah roman, pelaku utama biasanya diceritakan mulai dari masa kanak-kanak sampai dewasan atau bahkan sampai meninggal dunia.
    Didalam roman diungkapkan adat atau aspek kehidupan suatu masyarakat secara detail dan menyeluruh, alur yang bercabang-cabang, banyak pelanturan.
  • Novel
    Novel merupakan bentuk prosa baru yang menggambarkan sebagian kehidupan pelaku utamanya yang terpenting, paling menarik, dan mengandung konflik. Konflik disini merupakan pergulatan jiwa tersebut yang berakibat pada perubahan nasib pelakunya.
  • Cerpen
    Cerpen adalah prosa lama yang menceritakan sebagian kecil dari kehidupan pelaku yang terpenting dan paling menarik. Terdapat konflik atau pertikaian di dalam cerpen, tetapi tidak menyebabkan perubahan nasib pelakunya.
  • Riwayat
    Riwayat atau biografi merupakan suatu karangan prosa yang berisi pengalaman-pengalaman hidup pengarang sendiri (otobiografi) atau dapat juga pengalaman hidup orang lain dari mulai kecil sampai dewasa atau bahkan sampai meninggal dunia.
  • Kritik
    Kritik adalah karya yang menjelaskan dengan detail pertimbangan baik-buruk suatu hasil karya dengan memberi alasan-alasan tentang isi dan bentuk dengan kriteria tertentu yang bersifat objektif dan menghakimi.
  • Resensi
    Resensi adalah pembicaraan/pertimbangan/ulasan suatu karya baik dalam bentuk buku, film, drama dan lain-lain. Isi dari resensi bersifat pemaparan agar pembaca mengetahui karya tersebut dari berbagai aspek seperti tema, alur, perwatakan, dialog dan lain-lain.
  • Esai
    Esai merupakan ulasan/kupasan suatu masalah secara sepintas lalu berdasarkan pandangan pribadi penulisnya. Isi dari esai berupa hikmah hidup, tanggapan, renungan, atau komentar tentang budaya, senig, fenomena sosial, politik, pementasan drama, film dan lain sebagainya.

Demikianlah tadi telah dijelaskan tentang 9 Pengertian Prosa Menurut Para Ahli, Jenis dan Bentuknya, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung.

Daftar Isi