√ Pengertian Surat Pembaca, Fungsi, Manfaat, Ciri, Format Penulisan dan Contohnya

Pengertian Surat Pembaca, Fungsi, Manfaat, Ciri, Format Penulisan dan Contohnya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Surat Pembaca. Penjelasan yang meliputi pengertian surat pembaca, fungsi surat pembaca, ciri-ciri surat pembaca, manfaat, format penulisan dan contoh surat pembaca yang akan dibahas dengan lengkap dan mudah dipahami.

Pengertian Surat Pembaca, Fungsi, Manfaat, Ciri, Format Penulisan dan Contohnya

Untuk lebih jelasnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Surat Pembaca

Pengertian surat pembaca menurut Kemdikbud adalah surat yang ditulis oleh pembaca, yang dimuat dalam surat kabar/koran, tabloid, atau majalah yang berisi tanggapan, kritik, saran, keluhan, ajakan, imbauan, ucapan terima kasih, dan lain-lain.

Sebuah surat pembaca umumnya ditulis berkaitan dengan kepentingan umum, seperti keluhan terhadap jalan yang berlubang-lubang, operator telepon yang sering menaikkan tarif, insfrastruktur yang kurang, transportasi yang belum dibenahi atau ditata, atau konsumen yang merasa dirugikan oleh perusahaan jasa kirim barang karena barang pesanannya belum diterima.

Fungsi dan Manfaat Surat Pembaca

Surat pembaga mempunyai beberapa fungsi, antara lain yang dapat dilihat dibawah ini:

  • Membantu orang yang mengirim surat untuk mendapatkan jawabannya, surat yang dikirim pembaca berisikan pertanyan, keluhan dan sebagainya yang membutuhkan jawaban atau tanggapan. Dengan adanya surat pembaca, pengirim surat akan merasa puas dengan tanggapan yang dikirimkan oleh pihak terkait.
  • Sebagai perantara antara orang ketiga dengan orang pertama (yang mengirim surat) dengan orang kedua objek yang dituju.
  • Menjadi sebuah informasi tentang suatu hal kepada orang banyak, dikarenakan surat pembaca bersifat umum, artinya siapa saja dapat membacanya, dengan demikian publik akan menjadi tahu akan suatu hal, masalah, pujian, keluhan dan sebagainya yang disampaikan didalam surat pembaca.

Ciri-ciri Surat Pembaca

Sebuah surat pembaca mempunyai beberapa ciri-ciri yaitu:

  • Adanya pokok permasalahan yang akan ditulis
  • Adanya data atau nama pembuat
  • Adanya informasi kepada siapa surat pembaca itu ditujukan
  • Adanya suatu alasan yang didasarkan dari fakta dan yang meyakinkan
  • Penulisannya dengan menggunakan bahasa yang baik, baku dan mudah dipahami
  • Terdapat pola penulisan 5w1h (apa yang terjadi, siapa, mengapa, dimana, kapan dan bagaimana kejadian)
  • Singkat, padat, dan jelas. Terdiri dari 1-4 paragraf. Isi yang akan disampaikan dalam surat pembaca langsung ke pokok pembicaraan
  • Bersifat umu karena surat pembaca boleh dibaca oleh orang banyak, karena isi yang disampaikan mempengaruhi kepentingan orang banyak

Format Penulisan Surat Pembaca

Dalam membuat surat pembaca, sebaiknya melihat format penulisannya terlebih dahulu, yaitu:

  • Judul: Menunjukkan keluhan, pujian, terhadap objek yang dituju. Dengan demikian, penyunting dari surat kabar akan lebih mudah menunjukkan surat kepada objek yang tepat.
  • Identitas pengirim: Dalam hal ini seorang penulis surat pembaca mengungkapkan jati diringa, dari nama, usia, alamat, kontak. Tetapi tidak perlu khawatir karena sebagian besar identitas pengirim surat akan dirahasiakan oleh penyunting surat pembaca, seperti nama dan kontak akan dilindungi dengan tidak dituliskan dalam kolom surat pembaca
  • Isi Surat: Ini bagian inti dari surat pembaca yang isinya adalah maksud dari surat, berupa keluham, pujian atau himbauan dan pertanyaan dan lainnya. Didalam bagian ini juga disertakan harapan pengirim surat akan permasalahan yang diungkapkannya.

Pengertian Surat Pembaca, Fungsi Dan Manfaat, Ciri, Format Penulisan, Contoh

Contoh Surat Pembaca

“Jalan Berlubang Dalam: 2 Truk Terbalik”

“Lampung-Saya Budi (25) ingin memberitahukan bahwa aspal di daerah Jalan Raya Seputih Raman – Kotagajah Kabupaten Lampung Tengah rusak parah. Karena volume kendaraan semakin banyak dan mobil-mobil besar yang sering melintasi jalan ini sehingga jalan mulai rusak.

Lubang yang dalam apabila terjadi hujan, maka tidak terlihat dalamnya dan menyebabkan pengedara sering salah ambil jalan hingga menyebabkan kecelakaan.Hal ini sudah terjadi lama, sehingga membuat jalan berlubang hingga dalam sekali, dan sudah memakan 2 truk yang terbalik akibat lubang yang dalam, dan menyebabkan pengendara harus ekstra hati-hati ketika melintas.

Selain itu, akibat jalan berlubang menjadi laju kendaraan melambat dan mengakibatkan kemacetan yang panjang. Mohon segera ditindaklanjuti supaya hal serupa tidak terjadi kembali”. 08536979xxxx

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Surat Pembaca, Fungsi, Manfaat, Ciri, Format Penulisan dan Contohnya, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung

Daftar Isi