Pengertian Catatan Kaki Dan Cara Penulisannya Lengkap

Pengertian Catatan Kaki dan Cara Penulisannya (Terlengkap)

Pengertian Catatan Kaki dan Cara Penulisannya (Terlengkap) – Pembahasan yang selanjutnya tentang catatan kaki. Apakah Anda pernah mendengar tentang catatan tersebut? dan pada pembahasan kali ini kita akan membahas tentang catatan kaki baik pengertiannya dan juga cara penulisannya.

Pengertian Catatan Kaki dan Cara Penulisannya (Terlengkap)

Supaya membantu yang akan membuat catatan kaki yang di gunakan pada karya ilmiah dan yang mencari informasi mengenai catatan tersebut baik pengertiannya dan juga cara penulisannya. Untuk dapat lebih jelas membahas secara lebih lanjut di bawah ini.

Pengertian Catatan Kaki

Catatan kaki ialah daftar keterangan khusus yang ditulis di bagian bawah pada setiap lembaran dari akhir bab karya ilmiah (makalah,skripsi, tesis dan yang lainnya). Atau pengertian lainnya yaitu keterangan refrensi yang ditempatkan pada kaki tulisan maupun teks karya ilmiah.

Fungsi Catatan Kaki

Terdapat beberapa fungsi untuk dapat mengetahui apa saja dari fungsi catatan ini langsung saja kita lanjutkan pembahasan dibawah ini.

  1. Pertama yaitu mempunyai fungsi untuk memberikan keterangan dan juga penjelasan mengenai sumber dari kutipan penyusunan daftar bacaan yang ada pada karya ilmiah agar bisa dimengerti oleh pembaca.
  2. Untuk menghargai sumber yang dikutip, agar pembaca karya ilmiah mengetahui sumber kutipan yang digunakan.
  3. Dan juga untuk menunjukan refrensi lain agar pembaca karya ilmiah bisa mengetahui ulasan yang lebih jelas mengenai istilah yang digunakan.

Cara Penulisan Catatan Kaki

  1. Penulisannya dipisahkan oleh garis yang panjangnya 14 karakter dari margin sebelah kiri dan juga berjarak 4 spasi dari tulisan ataupun teks.
  2. Diketik maupun ditulis dengan satu spasi.
  3. Serta harus diberikan nomer.
  4. Nomor yang ada didalamnya diketik dengan jarak 6 karakter dari margin sebelah kiri.
  5. Jika catatannya lebih dari satu baris. Maka pada baris kedua ataupun selanjutnya ditulis seperti margin teks yang biasanya tepat pada margin bagian sebelah kiri
  6. Jika catatannya lebih dari satu maka jarak diantara catatan yang satu dengan yang lainnya harus sama seperti jarak spasi yang ada pada teks.
  7. Catatan ini juga harus ditulis pada halaman yang sama, jika terlalu panjang untuk lebih baiknya potong teksnya dibandingkan memotong catatannya.
  8. Mempunyai jarak 3 cm dengan margin bagian bawah, seperti halnya pada aturan dari teks.
  9. Jika nama dari pengarang dua hingga tiga orang maka harus ditulis semuanya.
  10. Nama pengarang harus ditulis sesuai dengan nama asli, pangkat dan juga gelar tidak perlu ditulis.
  11. Judul buku dan sumber harus diberikan garis bawah, jika diketik menggunakan komputer maka harus dicetak miring.
  12. digunakan ketika catatan yang satu dengan yang lain berketerangan sama dan tidak diselingi oleh catatan lain. Penulisan dilakukan jika catatan tersebut berda di satu halaman.
  13. cit. digunakan ketika mengutip dari dua sember yang sama tetapi ditulis pada catatan yang tidak berurutan dan letaknya juga pada halaman yang berbeda.
  14. cit. digunakan sama seperti yang diatas, tetapi digunakan pada halaman yang sama yang sudah disisipi oleh refrensi yang lainnya dari halaman yang sama.
  15. Sedangkan keterangan mengenai refrensi suatu artikel maupun buku yang penulisannya hampir sama seperti daftar pustaka tetapi nama penulisannya tidak dibalikan.

Pengertian Catatan Kaki Dan Cara Penulisannya Lengkap

Sekian penjelasan yang dapat kami berikan tentang Pengertian Catatan Kaki dan Cara Penulisannya (Terlengkap), dalam penulisan karya ilmiah diperlukan catatan kaki didalam penulisan catatan tersebut ada beberapa aturan yang harus dipatuhi, semoga bermanfaat 🙂

Check Also

Seputar Pengetahuan

Contoh alinea pembuka surat lamaran pekerjaan yang tepat berdasarkan iklan lowongan pekerjaan adalah

Daftar IsiContoh alinea pembuka surat lamaran pekerjaan yang tepat berdasarkan iklan lowongan pekerjaan adalahJawaban : …