√ Pengertian Agresi, Bentuk, Jenis, Aspek Beserta Contohnya

Pengertian Agresi, Bentuk, Jenis, Aspek Beserta Contohnya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Pengertian Agresi. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian agresi, bentuk, jenis, Aspek beserta contohnya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih mudah dalam memahaminya silahkan simak artikel tentang pengertian agresi berikut ini.

Pengertian Agresi, Bentuk, Jenis, Aspek Beserta Contohnya

Pengertian agresi adalah suatu perilaku atau tindakan, baik secara verbal ataupun fisik yang dilakukan secara terencana atau sengaja yang bertujuab untuk merusak, menyengsarakan dan menyakiti orang lain baik individu atau kelompok manusia.

Menunjau dari segi psikologi dan ilmu sosial lainnya, pengetian agresi merupakan perilaku yang bertujuan agar dapat membuat objeknya mengalami kesakitan atau bahaya. Perilaku agresi ini bisa dilakukan secara fisik atau verbal. Dalam hal ini ketegasan tidak sama dengan agresi yang mana agresi lebih cenderung mengarak pada tindakan perilaku destruktif dan pengrusakan barang atau perilaku lainnya

Ada 4 (empat) hal yang penting pada agresi, antara lain yaitu:

  1. Agresi adalah perilaku
  2. Terdapat unsur kesengajaan.
  3. Sasaran atau objek yakni mahluk hidup, khususnya manusia
  4. Terdapat upaya untuk menghindar yang dilakukan oleh korban.

Sedangkan pada pengertian agresi militer adalah sebauh tindakan dengan kekuatan militer yang dapat membahayakan dan menyakiti jiwa manusia, perusak barang dan tidakan destruktif lainnya. Semisal pada agresi militer Belanda I dan II di Indonesia atau lainnya.

Pengertian Agresi Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa pengertian agresi menurut para ahli antara lain yaitu:

  • Menurut Buss dan Perry

Pengertian Agresi menurut Buss dan Perry adalah suatu perilaku atau tindakan yang berniat untuk dapat menyakiti orang lain baik itu secara fisik maupun psikologis.

  • Menurut Harding

Pengertian Agresi menurut Harding ialah kecenderungan seseorang dalam melakukan kekerasan atau tindakan yang dimanifestasikan dalam bentuk tindakan yang merusak.

  • Menurut Ramirez

Pengertian Agresi menurut Ramirez yaitu suatu fenomena kompleks yang dimunculkan didalam berbagai bentuk perilaku.

  • Menurut Myers

Pengertian Agresi menurut Myres adalah perilaku atau juga tindakan dalam bentuk fisik atau verbal yang memiliki tujuan untuk menyakiti orang lain.

  • Menurut Berkowitz

Pengertian Agresi menurut Berkowitz adalah suatu perilaku yang dilakukan oleh individu atau kelompok manusia dengan berlandaskan niat untuk bisa melukai individu lain, baik itu dengan secara fisik ataupun secara psikologis.

  • Menurut Atkinson

Pengertian Agresi menurut Atkinson adalah suatu tingkah laku yang memiliki tujuan untuk merugikan orang lain, perilaku atau tindakan yang dimaksud untuk melukai orang lain, baik itu dengan secara fisik atau verbal, atau juga merusak harta benda.

  • Menurut Murray

Pengertian Agresi menurut Murray ialah sebuah cara yang dilakukan seseorang untuk dapat mengatasi segala bentuk perlawanan atau konflik dari pihak lain.

Jenis Agresi

Jenis agresi dijelaskan oleh Moyer (1068) dimana terdapat 6 (enam) bentuk agresi melihat dari segi pandang biologis antara lain yaitu:

  1. Agresi Instrumental merupakan sebuah suatu agresi yang memiliki tujuan untuk mencapai tujuan tertentu ialah sebagai respon terhadap suatu situasi.
  2. Agresi Pemangsa merupakan sebuah tindakan menyerang yang dilakukan oleh pemangsa terhadap mangsanya.
  3. Agresi Maternal merupakan sebuah tindakan menyerang untuk melindungi anaknya dari ancaman bahaya.
  4. Agresi Antar Jantan merupakan sebuah pertarungan antara dua spesies jantan untuk saling memperebutkan betina,teritorial, serta sumber makanan.
  5. Agresi Teritorial merupakan sebuah tindakan menyerang untuk mengusir penyusup dari daerah teritorial.
  6. Agresi Akibat Ketakutan merupakan sebuah tindakan menyerang untuk membela diri serta juga menghindari ancaman.

Aspek dan Bentuk Perilaku Agresi

Menurut Buss dan Perry bahwa aspek perilaku agresi dibagi menjadi 4 (empat) bagian, yaitu:

  • Agresi Fisik

Agresi fisik merupakan perilaku agresi yang dilakukan dengan secara fisik untuk melukai atau menyakiti orang lain. Semisal menendang, memukul, dan lain sebagainya.

  • Agresi Verbal

Agresi verbal adalah perilaku agresi yang dilakukan untuk mengancam, menolak, mengganggu, atau menyakiti perasaan orang lain. Semisal mengumpat, mengancam, membentak, mengejek dan lain sebagainya.

  • Agresi Kemarahan

Agresi kemarahan merupakan perilaku emosi negatif sebagai bentuk ekspresi karena harapan yang tidak terpenuhi. Kemarahan itu bisa menyakiti diri sendiri atau\ orang lain. Semisal temperament, tidak bisa mengendalikan amarah, kesal, sebal dan lain sebagainya.

  • Agresi Hostility

Agresi hostility merupakan tindakan mengekspresikan permusuhan, kemarahan dan kebencian pada orang lain. Agresi ini sering kali tidak terlihat, namun akan berakibat buruk bagi orang lain.

Pengertian Agresi Bentuk Jenis Aspek Beserta Contohnya

Faktor Penyebab Agresi

Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan agresi, antara lain yaitu:

  • Faktor Biologis

Melihat dari segi biologis, gen sangat berpengaruh pembentukan sistem neural otak yang mengatur sikap prilaku agresia.pada sistem otak akan mempengaruhi dalam menghambat atau memperkuat sirkuit neural yang mengotrol agresi.

  • Faktor Naluri

Faktor naluri terbagi menjadi 2 jenis yakni insting kehidupan (eros) dan insting kematian (thanatos). Dalam hal ini agresi masuk kedalam naluri thanatos.

  • Faktor Emosi

Faktor emosi merupakan suatu ekspresi yang menunjukkan pada perasaan baik suka, senang, marah atau sedih. Hal ini yang termasuk dalam agresi adalah emosi marah.

  • Faktor Frustasi

Dalam hal ini faktor frustasi akan mempengaruhi sikap agresi seseorang, hal ini dapat terpicu sebab merasa frustasi tidak bisa memenuhu kebutuhan, keinginan dan mencapai tujuan.

  • Faktor Sosial Learning

Faktor sosial learning merupakan tindakan agresi pada anak serta remaja yang terjadi karena melihat adegan kekerasan yang ditayangkan pada televisi atau pada games, dan pada kehidupan nyata.

Demikian penjelasan tentang Pengertian Agresi, Bentuk, Jenis, Aspek Beserta Contohnya, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Daftar Isi